Pantai Lampon

Alamat: Hutan, Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Tak banyak yang mengenal dan mengetahui aneka macam wisata yang ada di Kebumen, yang diketahui dari Pantai tersebut hanyalah seputar Pantai ayah dan menganti saja. Namun selain daripada kedua Pantai tersebut, ada sebuah Pantai yang juga tak kalah indahnya. Yakni Pantai lampon.

Bila ingin menelusuri, kebumen sebenarnya memiliki banyak sekali Pantai yang dapat dijejaki. Bahkan dalam sektor wisata tak hanya Pantai saja, ada goa, ada bukit dan lain sebagainya. Misalnya saja goa jatijajar yang sangat terkenal sekali. Saat hari libur tiba, Pantai tersebut akan banyak sekali didatangi oleh pengunjung. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mendatangi Pantai ketika hari biasa saja.

Ukuran garis Pantai ini hanya 100 meter saja, lebih mirip Pantai pribadi ketimbang Pantai pada umumnya. Pantai ini lebih seperti cekungan air yang menjorok ke dalam. Ketika Anda baru pertama kali menginjakkan kaki di Pantai ini, Anda akan menyaksikan keindahan dan ketenangan ombak. Ada pula sebuah goa kecil di tepi pantai, namun sayangnya goa tersebut hanya dapat dijangkau ketika Pantai sedang surut saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampon

Pantai ini adalah Pantai baru yang dibuka setahun yang lalu. Pantai ini dikelola oleh warga setempat yang memberi nama kawasan Pantai sebagai pesona bahari wisata indah. Bentuknya adalah sebuah teluk sumpit yang ada di bagian selatan perbukitan karst gombong. Harga tiket masuk ke Pantai ini lumayan murah, yakni hanya sekitar 5000 rupiah saja untuk masuk. Tiket parkir 2000 untuk motor dan 4000 untuk parkir mobil.

Letak Pantai ini memang tersembunyi dari keramaian yang ada, sebab Pantai ini tertutupi oleh bukit-bukit yang mengapit pantai. Pantai ini sekaligus menjadi sumber penghidupan para nelayan yang ada di sana. Anda bisa pula melakukan aktivitas trekking bila ingin hal yang lebih menantang. Bukit yang landai dan tinggi di Pantai tersebut cocok untuk Anda daki dan lihat keindahannya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Lampon

Pantai lampon ini ada di antara Pantai tanjung karang penganten dan Pantai pasir kebumen. Pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang berundak-undak hingga sampai pada bagian puncak. Seperti kebanyakan Pantai lainnya, ada pula pohon kelapa yang dapat membawa keteduhan ketika Anda duduk di bawahnya. Suasana santai dan damai akan Anda dapatkan.

Pantai ini berada di desa pasir kecamatan ayah, masih berdekatan sekali dengan Pantai ayah yang juga ada di Kebumen. Jaraknya dari pusat kota kebumen adalah sekitar 38 kilometer, dapat ditempuh dengan menuju ke arah barat daya. Anda akan sangat mudah menemukan Pantai ini apabila merunut jalan menuju Pantai pasir, sebab lokasi keduanya sangat berdekatan.

Dari Pantai suwuk ataupun Pantai karang bolong, Pantai ini juga akan sangat mudah sekali ditemukan. Setelah melewati Pantai karang bolong, Anda akan menemukan sebuah masjid dipertigaan jalan. Di pertigaan tersebut akan ada yang namanya papan penunjuk arah untuk memudahkan Anda sampai pada tujuan Anda.

Setelah sampai pada jalanan menanjak yang ada di jalan menuju Pantai lampon, Anda kemudian bisa masuk segera ke perkampungan pasir, melalui jalanan tersebut Anda akan dimudahkan untuk sampai di atas bukit. Jalannya sudah mulus dan bagus serta dapat dilalui oleh mobil. Ada sebuah warung yang letaknya ada di atas sebuah tebing, dari situ Anda bisa menyaksikan keindahan pantai.

Setelahnya Anda bisa segera menuruni bukit untuk melihat atau menyaksikan keindahan Pantai lampon tersebut dari dekat.

Objek Wisata yang Ada di Pantai Lampon

1. Goa lampon

Goa ini dapat dikunjungi hanya ketika air Pantai sedang surut saja, bila air sedang pasang, maka tidak akan ada yang bisa masuk ke dalam goa tersebut. Goa lampon tersebut letaknya ada di tepi Pantai lampon, tepatnya di bawah perbukitan. Ukurannya kecil namun sangat indah.

2. Pantai Pasir

Anda bisa mengunjungi Pantai pasir telebih dahulu sebelum sampai di Pantai lampon. Sebab keduanya memiliki letak yang berdekatan sekali. Hanya dalam hitungan menit saja, Anda sudah akan berganti pantai

3. Pantai tanjung karang penganten

Setelah puas menikmati panorama yang ada di Pantai tersebut, selanjutnya Anda bisa menuju Pantai tanjung karang penganten. Sebab Pantai ini sendiri letaknya diapit kedua Pantai tersebut yakni Pantai pasir dan Pantai tanjung karang penganten.

4. Rumah makan seafood nelayan lokal

Pantai ini dikelola oleh warga sekitar sendiri, ada pula rumah makan seafood yang menyajikan tangkapan lokal dari nelayan.

5. Telaga tanjung

Anda bisa menikmati telaga yang ada tak jauh dari Pantai lampon ini sendiri. Hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sampai kesana. Anda dijamin tidak akan menyesal sebab pemandangan yang ada sangatlah indah. Anda harus datang ke Kebumen!

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Lampon

  1. Ini pantai layak menjadi tujuan wisatamu. Karena apa? Pantai ini menawarkan pesona keindahan samudra Hindia lebih dekat dan menawan. Semua fasilitas ada dari parkir motor dan mobil. Musola toilet. Anda bisa berkemah disini. Perorang cukup membayar 10rb saja. Dengan berkemah anda bisa menikmati sunrise yg keren. Akses jalannya udah halus ber aspal. Jalannya berkelok naik dan turun. Lebar jalannya tidak luas jadi hati hati yaa??? Selamat berwisata.

    11 April 2018, 06:34 WIB

  2. Harga tiket masuk 10rb dan parkir 2rb utk roda dua. Anak” gratis… Di surumanis pun demikian… Konsepnya hampir sama dg menganti

    25 April 2018, 18:20 WIB

  3. Di pantai ini ada mas Hery dan mas Basyir, orangnya baik dan bisa nemenin kamu camping dari pagi sampai pagi lagi. Kalau butuh kontak, bisa via instagram “pasir official” dan kamu juga bisa dapat update terbaru dari situ. . . Saya pernah nginep disini selama satu minggu dan rasanya kayak pantai gua sendiri, nggak tau kenapa tapi landscape-nya bikin kita merasa private. Bahkan mau ee, mandi, pipis, sholat, cuci sempak dan lain-lain ada tempatnya tanpa ketauan orang lain, ada WC dan Musholla. . . Kalau buat selfie ya standar lah ndak nonjol2 amat, kalau buat beduaan ya banyak juga spot private (no mesum please) hargai norma kesopanan lah, dan overall masih lebih bersih dari pantai lainnya. . . Mancing? . Yups, ada banyak spot karangan yang bisa buat hunting GT, Kakap, etc dan kalau musim layur, yang mancing sampai puluhan orang bejejer. . . Minus…? . 1. Akses ke lokasi nanjak, jalan rusak, dan sempit. . 2. Akses ke spot jauh dari parkiran jadi kamu harus jalan naik turun bukit berbukit, capedeeeh.. 3. Warung-warung suka tutup kecuali pas liburan, yang aktif buka cuma warungnya bu Paijem dan rasakan kemantapan lotek plus mendoan segabannya.. . Butuh info lebih spesifik komen aja nanti saya detailkan lagi.

    5 Mei 2018, 17:13 WIB

  4. Di pantai ini ada mas Hery dan mas Basyir, orangnya baik dan bisa nemenin kamu camping dari pagi sampai pagi lagi. Kalau butuh kontak, bisa via instagram “pasir official” dan kamu juga bisa dapat update terbaru dari situ. . . Saya pernah nginep disini selama satu minggu dan rasanya kayak pantai gua sendiri, nggak tau kenapa tapi landscape-nya bikin kita merasa private. Bahkan mau ee, mandi, pipis, sholat, cuci sempak dan lain-lain ada tempatnya tanpa ketauan orang lain, ada WC dan Musholla. . . Kalau buat selfie ya standar lah ndak nonjol2 amat, kalau buat beduaan ya banyak juga spot private (no mesum please) hargai norma kesopanan lah, dan overall masih lebih bersih dari pantai lainnya. . . Mancing? . Yups, ada banyak spot karangan yang bisa buat hunting GT, Kakap, etc dan kalau musim layur, yang mancing sampai puluhan orang bejejer. . . Minus…? . 1. Akses ke lokasi nanjak, jalan rusak, dan sempit. . 2. Akses ke spot jauh dari parkiran jadi kamu harus jalan naik turun bukit berbukit, capedeeeh.. 3. Warung-warung suka tutup kecuali pas liburan, yang aktif buka cuma warungnya bu Paijem dan rasakan kemantapan lotek plus mendoan segabannya.. . Butuh info lebih spesifik komen aja nanti saya detailkan lagi.

    5 Mei 2018, 17:13 WIB

  5. Panorama yg indah dan bersih suatu saat kami pasti kembali ke pantai lagi,tapi kok belum ada tempat peristirahatan dan penginapan. Thanks.

    30 Mei 2018, 17:34 WIB

  6. Tempat wisata yang indah cocok untuk refreshing bersama keluarga wisata ini terletak di kampung halaman saya , di desa pasir kec ayah kab kebumen Jawa tengah Indonesia

    19 Juni 2018, 23:16 WIB

  7. Salah satu deretan pantai selatan yaang recomended di kebumen buat di kunjungi…. . Jalan menuju pantai lampon sudah lumayan bagus.motor pun bisa sampai atas.. Pemandangan di sini cukup bagus, di dukung dengan berbagai media top selfie untuk foto…. pantai nya ada di bawah pun bersih..

    7 Juli 2018, 05:17 WIB

  8. Bagus banget gilaaa. Kalau km mengujungi pantai ini, km jg bisa dapet 2 pantai sekaligus yaitu pantai grujugan. Eittsss buat yg mau kesana, kalian harus berhati2 karena dibutuhkan tenaga yg lebih❤😘

    17 Juli 2018, 01:30 WIB

  9. Kondisi pantai masih bersih, udara segar,ada banyak spot foto selfi,spot sunset bagus,rekomendasi transportasi pake sepeda motor,hati hati saat kesana karena licin kalo habis hujandan jalan curam.cek foto lain di ig saya @putra.risang

    27 Juli 2018, 01:15 WIB

  10. Pemandangan indah, bisa menikmati udara sejuk di pesisir pantai Lampon. Perahu terlihat seperti tatanan perabot yang rapi dan nikmat dipandang mata. Tidak kecewa kalau Anda berkunjung ke Pantai Lampon. Jalan menuju lokasi pun terbilang sudah bagus, sudah beraspal dan belum rusak.

    1 Agustus 2018, 07:33 WIB

  11. Emang kebumen surganya pantai indah💞 lampon salah satunya… Banyak bgt spot fotonya🤗

    9 September 2018, 19:52 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Lampon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *