Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis, kecamatan Kretek, Bantul, DIY

5 Ulasan

Siapa sih yang tidak mengenal Yogyakarta, tempat yang begitu populer dan merupakan salah satu destinasi  wisata Indonesia yang paling banyak di kunjungi selain Bali.

Salah satu provinsi di Jawa ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun turis asing untuk selalu kangen berkunjung ke kota pelajar ini.

Ada banyak hal mengapa wisatawan rela menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta. Selain biaya murah, transportasi yang mudah, Jogya merupakan surga-nya tempat wisata.

Dari mulai yang bertema edukasi, wisata alam, sejarah dan masih banyak yang lainnya. Dan salah satu wisata yang paling banyak di minati oleh wisatawan saat berkunjung ke Jogya adalah pantainya.

Banyak pantai terkenal di Yogyakarta, misalnya pantai Kukup, Pantai baron, Pantai Krakal dan masih banyak lagi.

Salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta adalah pantai Parangtritis. Pantai ini sudah terkenal hingga mancanegara. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritits merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Selain karena terkenal akan keindahan alamnya, pantai yang menjadi salah satu andalan di Jogja ini juga terkenal akan  karena aroma spiritual-nya yang kental.

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Sejarah Pantai Parangtritis lekat dengan kepercayaan masyarakat setempat akan legenda Nyi Rorokidul sebagai penguasa laut selatan. Nyi Rorokidul sendiri menurut legenda merupakan sosok wanita yang memiliki paras cantik jelmaan makhluk halus penguasa dari Samudra Hindia.

Nyi Rororkidul selalu menggunakan pakaian berwarna hijau. Hal ini dipercayai jika ada orang yang berpakaian hijau di Pantai Parangtritis maka dia bisa terseret ombak dan di bawa ke kerajaan laut kidul.

Pantai ini juga erat dengan Keraton Yogyakarta, dimana di katakan jika garis peta ditarik lurus dari Pantai Parangtritis sampai ke Gunung Merapi, maka Keraton Jogja akan sejajar atau berada dalam garis imajiner tersebut.

Maka tidak mengherankan jika Pantai Parangtritis memiliki peran penting bagi Yogyakarta.

Selain legendanya, keindahan Pantai Parangtritis tidak bisa diragukan lagi, karena Parangtritis merupakan pantai terluas di Yogyakarta yang memiliki luas berkilo-kilo meter persegi.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar Yogyakarta. Seperti pantai di Bantul, Gunung Kidul yang ukurannya relatif kecil.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Biaya tiket masuk yang di kenakan tidaklah mahal, Anda cukup membayar Rp 10.000 per orang untuk bisa masuk ke tempat ini. Untuk tarif parkir sebesar Rp. 3.000 untuk kendaraan bermotor, sedang Rp 5.000 untuk mobil

Jam operasional-nya, pengelola sendiri tidak membatasi jam buka dan tutup, dalam artian Anda dapat memasuki kawasan ini setiap waktu selama 24 jam.

Anda bahkan dapat mengunjungi pantai ini saat malam hari untuk sekedar menikmati suasana pantai saat matahari telah tenggelam.

Rute Menuju Pantai Parangtritis

Pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Parangtritis berjarak kurang lebih 27 kilometer dari pusat kota Jogja. Akses menuju ke pantai ini juga tergolong mudah untuk di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Mengawali perjalanan dari arah Yogyakarta, Anda langsung saja menuju arah Jokteng Timur, kemudian langsung ke Jl. Parangtritis dan ikuti jalurnya ke arah selatan.

Di jalur arah selatan ini Anda akan melewati ringroad, dan Anda cukup lurus ke arah selatan hingga Manding. Setelah sampai di Manding berati Anda sudah dekat dengan area Pantai Parangtritis, Anda hanya perlu lurus ke Kretek.

Dari Kretek lanjutkan perjalanan ke selatan, hingga Anda menemukan TPR (Tempat Pemungutan Retribusi). Dari sinilah Anda sudah dapat mencium aroma khas air laut Pantai Parangtritis.

Sedangkan jika Anda menggunakan transportasi umum dari Malioboro ke Parangtriris, Anda bisa menggunakan Bis Trans Jogja trayek atau rute 3A dari Terminal Giwangan ke Malioboro atau rute yang sebaliknya.

Setelah turun di Terminal Giwangan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Parangtritis.

Objek Wisata Pantai Parangtritis

Begitu uniknya Parangtritis membuat Pemkab Bantul turun tangan untuk mengembangkan fasilitas-fasilitas pendukung, demi kepuasan dan kenyamanan para pengunjung.

Dan fasilitas yang telah tersedia juga tergolong lengkap. Mulai dari wahana permainan, toilet, musholla, gazebo, penyewaan payung, warung makan, toko souvenir hingga penginapan dan hotel.

Pantai Parangtritis juga menyajikan berbagai macam kegiatan menyenangkan yang bisa di lakukan para pengunjung atau sekedar menikmati pemandangan alamnya yang eksotis.

Belum lagi semilir hembusan angin dan deburan ombak yang menyapu hamparan pasir hitamnya, akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Ombak di Pantai Parangtritis sangat besar, sehingga wisatawan tidak di perkenankan untuk berenang terlalu jauh ke tengah laut, hanya di izinkan berenang atau bermain di pinggiran-nya saja.

Pada saat musim kemarau, ombak di pantai selatan ini bisa mencapai tinggi 2 hingga 4 meter, sehingga cukup membahayakan apabila digunakan sebagai area untuk berenang.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali hal menarik dan juga menyenangkan yang bisa di lakukan di Pantai Parangtritis ini.

Untuk itu silahkan simak keseruan apa saja yang terdapat di pantai ini.

1. Pemandangan Alam

Pemandangan Di Pantai Parangtritis

Kawasan Pantai Parangtritis benar-benar menyuguh-kan pemandangan pantai alami dan cantik, berpasir besi hitam dan sangat luas sehingga kita bisa menikmatinya secara 360 derajat.

Belum lagi deburan ombak-nya yang besar disertai sepoi-sepoi angin membuat Anda semakin betah untuk menikmati keindahan pantai ini.

Selain itu jika Anda mengunjungi Parangtritis lebih awal, maka Anda memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan pantai dari atas tebing yang dinamai Tebing Gembirawati yang berada di belakang Pantai Parangtriris.

Di tebing ini Anda akan menemukan reruntuhan candi yang diberi nama Candi Gembirawati. Candi ini berlokasi di sebelah timur tebing dan jaraknya dari bibir Pantai hanya beberapa meter saja.

Di kawasan Pantai Parangtritis juga terdapat resort yang terinspirasi dari legenda pantai selatan yakni Hotel Queen of the South. Ini adalah sebuah tempat yang layak untuk Anda kunjungi karena memiliki fasilitas dan juga penampakan keindahan Pantai Parangtritis yang mempesona.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Parangtritis

Saat terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah waktu sore hari yaitu saat terbenam-nya sinar matahari. Anda akan bisa melihat sunset yang cukup mempesona dengan panorama bibir pantai yang begitu memikat.

Di Parangtritis ini Anda bisa menikmati proses terbenam-nya matahari dengan sempurna tanpa terhalang pepohonan, tebing atau apapun.

Dengan ke unggulan ini, Anda bisa mengabadikan-nya dengan jepretan kamera menjadi siluet-siluet gambar yang unik dan mempesona.

2.Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Di Parangtritis

Pantai Parangtritis juga memiliki panorama yang unik yaitu adanya gunung-gunung pasir atau biasa disebut ‘gumuk pasir’. Gumuk pasir sendiri adalah fenomena alam dimana gurun pasir terbentuk di daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi.

Gumuk pasir menurut penelitian terbentuk dari material vulkanik dari Gunung Merapi dimana terbawa arus sungai hingga ke laut. Material ini kemudian terbawa ke daratan yang selanjutnya dibawa oleh angin hingga terbentuk gurun dengan pola guratan yang khas.

3. Bermain Air dan Pasir

Para pengunjung biasanya memadati bibir pantai untuk bermain air di pantai ini. Bermain pasir di Parangtritis sangat cocok untuk anak-anak. Karena Parangtritis memiliki bibir pantai yang sangat luas sehingga anak-anak bisa dengan leluasa bermain pasir di pantai ini.

Di saat cuaca dingin, wisatawan di himbau untuk berhati-hati karena angin berhembus sangat kencang. Anda juga harus waspada akan kemunculan ubur-ubur.

karena binatang ubur-ubur tersebut akan muncul di permukaan pantai dengan sengatan yang menyebabkan rasa nyeri dan panas. Untuk mengobati-nya, Anda cukup mengoleskan salep atau minyak untuk meredakan rasa nyeri serta beristirahat sebentar.

3. Berkuda

Naik Kuda Di Pantai Parangtritis

Anda bisa mendapatkan pengalaman berkuda di Parangtritis. Biasanya sang penyewa kuda turut mengiringi wisatawan saat memacu kuda.

Berjalan-jalan keliling pantai berpasir di atas pacuan kuda sambil menikmati indahnya pantai akan menjadi sensasi tersendiri untuk liburan Anda.

4. Naik Delman

Naik Delman Di Pantai Parangtritis

Anda juga bisa berkeliling di pantai sambil bersantai dengan menaiki delman yang ditarik oleh kuda.

Dengan tarif sebesar Rp 20.000 untuk bolak balik sepanjang Pantai Parangtritis, dimana Anda sudah cukup puas menikmati pantai.

5. Mengendarai ATV

Selain berkuda ada juga ATV yang disewakan untuk Anda yang ingin menjelajah dengan kendaraan di Pantai Parangtritis.

Biaya yang dikenakan menyewa ATV adalah Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000, tergantung durasi pemakaiannya.

6. Kolam Pemandian

Tidak perlu merasa kecewa karena tidak bisa berenang di pantai, karena terdapat pemandian di Pantai Parangtritis bernama Parangwedang yang konon airnya mengandung belerang.

Air pemandian Parangwedang ini dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

7. Surfing

Surfing Di Pantai Parangtritis

Karena ombak-nya yang sangat besar, maka Pantai Parangtritis ini sangat cocok sekali untuk olahraga surfing. Di musim kemarau angin bertiup lebih kencang dan ketinggian ombak bisa mencapai 3 meter. Dengan begitu Anda dapat berselancar di waktu pagi hingga sore hari.

Pantai Parangtritis ini juga kerap digunakan sebagai lokasi kompetisi surfing tingkat internasional. Acara tersebut bertujuan mengenalkan Parangtritis sebagai salah satu tempat surfing di Indonesia.

Para peselancar dapat memanfaatkan gelombang tinggi di Pantai Parangtritis untuk melakukan manuver saat menaklukkan ombak.

Dengan adanya kompetisi tersebut, kegiatan berselancar mulai dilakukan di pantai ini. Terhitung sejak tahun 2012, para peselancar telah secara sporadis menggunakan Parangtritis sebagai tempat latihan dalam meningkatkan kemampuannya.

8. Paralayang

Dari atas bukit, paralayang akan membawa Anda melayang di atas pantai Parangtritis. Anda dapat menikmati pemandangan serta biru-nya laut dari atas ketinggian.

Wahana ini sangat cocok untuk Anda yang pemberani dan juga menyukai kegiatan yang memacu adrenalin.

9. Hunting foto

Kegiatan yang tidak mungkin Anda lewatkan selama berada di Pantai Parangtritis adalah melakukan selfie. Jadi jangan lupa untuk membawa perlengkapan kamera untuk mengabadikan momen-momen cantik di pantai ini.

Gumuk pasir, gulungan ombak, bukit nan hijau serta momen sunset adalah pemandangan yang sayang untuk di lewatkan saat berkunjung disini.

Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa apabila mengabadikan gambar di pantai ini memakai kamera apapun, maka akan terlihat indah. Oleh karenanya Parangtritis dianggap surga-nya oleh para fotografer.

10. Bermain Layang-Layang

Angin laut Parangtritis yang kencang sangat membantu membuat layang-layang untuk terbang tinggi, bahkan jika Anda belum pernah memainkan layang-layang sekalipun.

Selain itu, lokasi Parangtritis kerap di jadikan tuan rumah festival layang-layang dari tingkat daerah maupun nasional.

11. Gelaran Acara

Air Show Jogja

Banyak gelaran yang di langsungkan di kawasan Pantai Parangtritis ini. seperti saat malam Tahun Baru Jawa, Jogja Air Show dan juga Lenterne Festival De Paris.

Pada acara gelaran tersebut biasanya kawasan wisata Parangtritis akan di penuhi oleh para wisatawan tertarik untuk melihat acara ini.

Gelaran budaya biasa di adakan sebagai bagian dari tradisi masyarakat setempat. Selain itu gelaran acara ini turut serta mendukung promosi guna meningkatkan potensi wisata pantai Parangtritis.

Itulah hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Parangtritis. Jangan lupa untuk berbelanja souvenir atau oleh-oleh yang banyak di sediakan oleh pedagang keliling atau toko-toko penyedia souvenir di sekitar pantai.

Jangan lupa juga mencicipi menu khas laut Parangtriris yang tersedia di warung-warung di sepanjang tepi Pantai Parangtritis.

Anda juga tidak perlu khawatir apabila kemalaman di pantai ini karena di sediakan penginapan-penginapan dan juga hotel bagi wisatawan yang ingin menginap. Beberapa penginapan bahkan berlokasi di atas bukit yang menawarkan pemandangan pantai dari atas ketinggian.

Nah apakah Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini?

Jika Anda belum memutuskan destinasi wisata untuk akhir pekan ini, maka wisata Pantai Parangtritis adalah tempat yang tepat untuk menjadi destinasi Anda berlibur selanjutnya.

5 Ulasan untuk Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta

  1. Keindahan surga mana yang bisa kau dustai. Pantai Parangtritis memang sangat indah. Deburan ombak yang sangat besar dan bibir pantai yang sangat luas dengan pasir putihnya. Exotis Beach pokoknya.

  2. Tempat rekreasi pantai yang legendaris di Yogyakarta, tempat parkir luas kurang tempat bilas saja. Pemandangan langsung ke laut samudera Hindia membuat deburan ombak yang sangat besar dan indah. Jangan lewatkan untuk mampir ke pantai Parangtritis jika Anda berlibur ke Jogja.

  3. Kalo pagi-pagi kesini enak, solanya udaranya masih seger. Sangat cocok untuk dijadikan tempat buat liburan.

  4. Pantainya bagus banget, Top Markotop pokoknya. Namun sayang kalo musim hujan banyak sampah yang kedampar ke pinggir pantai. Harus rajin-rajin membersihkan bibir pantainya jika musim hujan. Namun tetap saja puas ketika berlibur ke pantai Parangtritis ini.

  5. Seru utk liburan keluarga, awasi anak-anak, soalnya ombaknya kadang besar. Apalagi ketika ada hujan di tengah laut, ombaknya bisa sampai setinggi rumah. Namun ketika suasan cerah dan tenang, berlibur ke pantai Parangtritis memang sangat menyegarkan pikiran. Hamparan pasir putihnya membuat ingin berjalan-jalan terus sambil menikmati segarnya udara pantai. Kalau bersama anak-anak bisa diajak naik andong atau naik kuda menyusuri pantai. Pokoknya asyik dan menyenangkan ketika berlibur ke pantai Parangtritis. Pokoknya jangan lewatkan kalau Anda sedang berlibur di Jogja dengan menyambangi tempat ini.

Tinggalkan Balasan