Pantai Pasir Putih

Alamat: Sapia, Gili Ketapang, Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia

(3.4/5) Baca ulasan

Terletak di perbatasan Selat Madura, siapa yang tidak kenal Pantai Pasir Putih yang memang terkenal dengan hamparan pasir putih nya yang lembut. Arek-arek Surabaya khusus nya yang tinggal di Wilayah Probolinggo Provinsi Jawa Timur tentu sudah tidak asing lagi dengan pantai yang khas dengan pasir putih dan terumbu karangnya ini.

Pantai yang sekilas mirip dengan pantai yang ada di Batam seperti Pantai Marina atau Pantai Nongsa ini memang seringkali dijadikan pelarian baik dari warga sekitar Probolinggo, luar kota hingga mancanegara karena di Pantai Pasir Putih ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa namun juga jajaran terumbu karang yang dihuni ikan-ikan kecil pelengkap ekosistem air di pantai tersebut.

Tidak hanya dapat menikmati ombak biru laut, hamparan pasir putih, rimbun pepohonan, jajaran terumbu karang dengan ikan-ikan laut, kepiting dan kerang kecil yang menghuni di dalam nya, pengunjung juga dapat menikmati sewa kano atau perahu, memancing, berenang hingga daratan nya yang sering diadakan konser band-band ternama.

Tidak hanya fasilitas itu saja, pantai yang terletak di Probolinggo ini juga menawarkan pemandangan sosial berupa aktivitas melaut warga dimana tempat ini merupakan pelabuhan utama para nelayan lokal serta transaksi jual beli hasil laut yang masih segar dan alami sehingga pengunjung dapat menjumpai langsung ikan, kepiting, kerang dan cumi di sini yang masih segar dan tentu nya masih murah.

Bagi yang tidak ingin repot memasak tidak perlu khawatir, karena di Pantai Pasir Putih ini banyak tersedia penjual makanan laut mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran yang menyediakan makanan laut yang sudah diolah mulai dari goreng tepung, goreng biasa, bakar, saus mentega, sambal dan lain-lain yang tentunya dibalut dengan rempah-rempah khas Jawa Timur yang menggoda.

Selain akan dimanjakkan dalam hal cita rasa makanan dari pedangang-pedangang di sekitar pantai, pengunjung juga akan menemukan fasilitas umum lain di Pantai Pasir Putih ini berupa mushola, kamar mandi, tempat duduk hingga tempat parkir yang luas sehingga liburan kuliner dan alam keluarga semakin lancar.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pasir Putih

Tarif masuk ke pantai ini setiap pengunjung hanya akan dikenai tariff sebesar Rp 5.000 per orang untuk dapat menikmati pemandangan alam yang tiada habisnya selama 24 jam buka dengan ditemani hamparan pasir putih yang luas hingga pasar seafood dengan variasi makanan laut yang khas. Untuk biaya parkir hanya dikenai biaya standar yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih ini secara detail lokasi terletak di wilayah Gili Ketapang, Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Pantai yang letaknya di ujung utara provinsi Jawa Timur ini terhubung langsung dengan Laut Jawa yang luas. Bagi warga yang berada di dalam wilayah Probolinggo dapat bergerak terus ke utara dengan mengikuti arahan petunjuk dan GPS. Sementara bagi pengunjung dari Surabaya dapat menempuh jalur Raya Pantura sejauh 103.9 km.

Pengunjung dari Jawa Tengah dapat melewati jalur Tol Soker sejauh kurang lebih 449 km dari Semarang sementara pengunjung dari Jawa Barat dapat menggunakan jalur Raya Pantura sejauh 902.5 km dari pusat kota Bandung.

Obyek Wisata di Pantai Pasir Putih

1. Spot sunrise dan sunset

Bagi pantai dengan berjuta pesona ini memang tidak heran bahwa sunrise dan sunset nya akan begitu mempesona di tambah dengan kedamaian suasana yang dapat dinikmati baik dari daratan, perahu sewa mau pun di bawah pohon kelapa.

2. Spot foto

Sangat disayangkan apabila pengunjung tidak memanfaatkan momen. Hamparan pasir putih dikelilingi batu karang, pasir putih, perahu-perahu nelayan hingga hewan-hewan kecil di daratan menjadikan pantai ini memiliki banyak spot foto yang luar biasa ditambah ramainya suasana pasar ikan yang segar untuk berburu makanan laut yang sehat, berkhasiat dan terjangkau.

3. Sewa perahu

Di Pantai Pasir Putih ini pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk sekadar menikmati indahnya lautan biru bermandikan cerahnya awan dengan ombak yang mendayu-dayu serta ditemani ikan-ikan laut yang tentu akan menambah pengalaman berharga.

4. Wisata kuliner laut

Tidak hanya keindahan alamnya saja, di Pantai Pasir Putih ini banyak tersedia penjual makanan laut mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran yang menyediakan makanan laut yang sudah diolah mulai dari goreng tepung, goreng biasa, bakar, saus mentega, sambal dan lain-lain yang tentunya dibalut dengan rempah-rempah khas Jawa Timur yang menggoda.

5. Pasir putih

Meskipun tidak 100{5f40dc3f4664eee0c75d4e948fa54497bae4e568186e30f2bc8b58bf53381e4d} pasir di pantai ini berwarna putih namun tetap saja ikon khas pantai ini masih disebut warga sebagai Pantai Pasir Putih dengan keindahan yang menggoda.

Terletak di Provinsi Jawa Timur, pantai ini menghadirkan nuansa berjuta panorama mulai daro sunrise hingga wisata kuliner hidangan laut yang nikmat di tepi Pantai Pasir Putih.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pasir Putih

  1. Pantainya bening…anak-anak sangat senang karena dapat melihat bintang laut, ikan kecil dan ubur2

    25 Desember 2017, 22:56 WIB

  2. Cukup panas harus pakai sunblock dan kaca mata 👁hitam pasir nya mantul banget

    14 Februari 2018, 06:07 WIB

  3. “Panas, Sampah dan Mahal”. Saran saya untuk wisatawan bawalah Sunblock, Bekal pribadi dan Baju kain tipis. Sebab cuaca sangat panas, makanan mahal dan lingkungannya tidak sesuai dengan berita sosial media.. Terutama kebersihan lingkungan sangat jauh dari layak disebabkan menumpuknya sampah perairan selat Madura dan tidak ada kesadaran warga lokal terhadap bahayanya membuang sampah di perairan.

    22 Februari 2018, 00:07 WIB

  4. Tempat asik buat nongkrong, pasirnya putih dan lautnya apik. Cocok buat rekreasi kluarga maupun kluar dengan teman. Sangat indah dan lokasinya jg dekat dengan jalan, membuat aksesnya gampang dijangkau. Coba datang kesini pagi hari atau sore hari, suasana dan pemandangannya indah sekali. Cukup melegakan untuk rekreasi pantai

    24 Maret 2018, 01:46 WIB

  5. Menikmati ujung kecebong yang paling asyik adalah pagi hari, saat wisatawan lain belum berdatangan. Berasa pantai pribadi. Sayangnya.. Kebersihan pantai perlu ditingkatkan.

    30 Maret 2018, 08:34 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pasir Putih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pantai Keren Lainnya