Pantai Atuh

Alamat: Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771, Indonesia

(4.9/5) Baca ulasan

Pantai Atuh adalah salah satu pantai yang paling indah di Bali. Untuk mencapainya, memang dibutuhkan perjalanan yang agak menantang dan masih dilanjutkan dengan jalan kaki hingga mencapai pantai. Namun saat anda mencapai lokasi, perjuangan anda akan langsung terbayar. Di sekitar pantai ini, anda bisa melihat berbagai pemandangan dari sudut pandang yang berbeda.

Beberapa foto Pantai Atuh yang bisa anda lihat di internet memang terlihat berbeda satu sama lain, tetapi jangan khawatir karena anda sekarang juga bisa menikmati semua pemandangan itu. Mari ketahui lebih banyak tentang Pantai Atuh dalam artikel ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Atuh

Pantai Atuh tepatnya terletak di Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk masuk kekawasan ini, anda cukup membayar Rp 5.000 per orang ditambah retribusi parkir. Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam, maka anda bisa mengunjunginya kapan pun anda suka.

Rute Menuju Lokasi Pantai Atuh

Seperti banyak tempat di Nusa Penida, perjalanan ke Pantai Atuh bisa dibilang sangat menantang. Banyak bebatuan dan lubang terbuka di jalan, juga masih banyak lagi tantangan sebelum anda bisa mencapai pantai. Meskipun anda bisa berjalan sambil menikmati pemandangan, selalu berhati-hati karena sedikit saja salah langkah bisa mengakibatkan kecelakaan atau luka.

Jika anda menginap di Bali, namun tetap ingin menikmati suasana Pantai Atuh dan Nusa Penida, anda bisa menikmati day trip ke Nusa Penida untuk mengelilinginya selama seharian dipandu tour guide yang berpengalaman sehingga anda bisa menikmati semua keindahannya. Budget yang perlu anda keluarkan pun tak begitu tinggi jika dilihat fasilitasnya.

Perjalanan ke Pantai Atuh akan diiringi dengan pemandangan indah dan paling baik dinikmati dengan sepeda motor. Setelah sampai kelokasi, ada tangga akses di sisi kiri dan kanan, namun kebanyakan orang memilih masuk dari sisi kiri. Alasannya adalah karena tak perlu membayar parkir di tempat ini.

Dari Bali, tak sulit untuk mencapai Pantai Atuh. Banyak sekali pelabuhan yang bisa anda gunakan sebagai sarana menuju Pantai Atuh. Beberapa di antaranya adalah pelabuhan Padang Bai, Pesinggahan, dan dermaga Sanur.

Jika anda sudah mencapai Nusa Penida, sekarang anda bisa melanjutkan perjalanan kearah Timur, menuju Pantai Atuh. Dari Pulau Seribu, anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapainya. Namun jika anda membawa mobil, anda tak bisa membawanya kelokasi. Anda harus parkir dahulu di tempat parkir, setelah itu lanjutkanlah perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit.

Obyek Wisata di Pantai Atuh

1. Lompat Tebing

DI lokasi Pantai Atuh, anda bisa menemukan spot lompat tebing ke mana pun anda pergi. Dibandingkan lokasi wisata alam lainnya, ini adalah salah satu tempat yang paling epik. Di sini, bisa dilihat banyak penikmat tantangan mencoba keberanian mereka. Ada beberapa titik yang mempunyai kedalaman sekitar 3 meter.

Sebenarnya lokasi ini tidak terlalu aman, namun bisa dicoba jika anda sudah memiliki pengalaman. Mungkin awalnya anda akan ragu mencoba, namun cobalah dan anda tidak akan menyesal. Disarankan untuk mencoba melompat hanya jika anda sudah mengecek kedalamannya dan tidak ragu untuk melompat.

Jika ingin mencoba lokasi lompat yang lebih aman, pergilah ke Nusa Ceningan untuk lompat tebing Blue Lagoon.

2. Melihat Pemandangan Alam

Saat anda sudah berada di pantai, anda bisa naik ketangga yang anda temui. Jika sudah berada di ketinggian, nikmatilah pemandangan Pantai Atuh dari atas.

3. Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit

Selain dari tangga, anda juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit di view point kepulauan seribu. Namun untuk memasuki tempat ini, anda harus membayar retribusi sebesar Rp 10.000. Tapi jangan salah, harga itu tak seberapa dibandingkan dengan pemandangan yang akan anda nikmati.

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Semua pantai memang cocok dijadikan tempat menikmati matahari terbit, tak terkecuali Pantai Atuh. Datanglah di pagi hari untuk menikmati ketenangan dan matahari terbit yang indah. Jika anda sempat bersantai di pantai ini sampai sore, luangkanlah waktu sejenak untuk menikmati matahari terbenam sebelum anda melanjutkan perjalanan ketempat wisata lain.

5. Melakukan Fotografi Alam

Karena banyaknya objek menarik di lokas iini, persiapkanlah memori kamera sebanyak-banyaknya karena anda akan sulit berhenti mengambil foto.

6. Menikmati Kuliner di Pantai

Sambil menikmati pemandangan dan suasana pantai, tak ada salahnya sekaligus mencicipi kuliner lokal yang tersebar di sepanjang pantai ini.harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan kualitasnya lumayan terjaga.

7. Mengamati Bebatuan

Salah satu hal menarik dari Pantai Atuh adalah susunan bebatuan yang indah. Ambillah foto sepuasnya dan bagikan ke media sosial anda.

Setelah mengetahui kelebihan Pantai Atuh, sekarang Anda tak perlu bingung lagi mencari tempat liburan yang tak terlalu ramai. Masukkan Pantai Atuh dalam daftar tujuan wisata Anda dan nikmati keasyikan liburan tanpa harus berdesakan.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Atuh

  1. Lokasinya disebelah timur nusa penida. Jalanan menu kesana juga bagus dengan view yang spectacular di kiri kanan jalan. Kalau mau turun ke pantai jalanan tangganya sudah di plester bagus dan tidak curam. Kemaren kesana pas air laut lagi pasang jd gak sempet main2 air di pantainya. Ada warung juga dengan tempat duduk sofa dan payung2 sepanjang pantai sangat cocok buat nyantai sambil minum kelapa muda. Best banget lah lokasinya bisa sampe lupa waktu kalau udah duduk sante sambil nikmatin view pantainya. Jalanannya searah dengan arah menuju ke Rumah Pohon “Tree House”

    15 Juni 2018, 18:40 WIB

  2. Salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di Bali adalah Pantai Atuh yang berada di Nusa Penida. Kecantikannya bahkan sudah dikenal oleh traveler lokal maupun mancanegara. Tak seperti pantai-pantai lain di Bali, Pantai Atuh terhitung masih sepi pengunjung meskipun namanya sudah dikenal.. . Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena pantai yang berlokasi di Desa Pejukutan, Nusa Penida, ini cukup jauh dengan permukiman warga dan akses menuju ke sana pun terhitung sulit.. . Kamu butuh waktu sekitar 45 menit dengan berjalan kaki atau naik motor untuk bisa sampai ke sana. Saat menuju pantai ini, bersiap-siaplah untuk menghadapi jalan yang rusak, tebing curam, dan jalur yang berkelok-kelok.. . Meski tantangan yang akan dihadapi terlihat cukup berat, kamu enggak akan menyesal ketika sampai di pantai tersebut. Sebab, pemandangan alam nan cantik dan eksotis akan kamu temui di sana.. . Kamu yang membutuhkan ketenangan untuk melepas stres pasti akan merasa damai ketika berada di sana. Suasananya sangat tenang karena tak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini.. . Sejauh mata memandang, hanya ada lanskap pantai berpasir putih dengan laut biru yang jernih, tebing yang megah, serta pohon-pohon yang asri.

    25 Juni 2018, 06:18 WIB

  3. Salah satu tempat favorite yang wajib di kunjungi ketika kalian ke nusa penida, atuh beach adalah raja ampat mininya bali, kereen recomended banget deh pokonya bagi yang mau berkunjung kesini.

    18 Juli 2018, 17:45 WIB

  4. amazed banget sama pemandangan Atuh beach atau juga sering disebut ‘Raja Lima’ yang hampir mirip Raja Ampat. saya dan teman-teman memilih untuk mengejar matahari terbit dari tebing Atuh dan terlihat luar biasa cantik! tebing cukup tinggi dengan medan menuju lokasi cukup challenging karena berbatu kecil dan batu karang. Angin cukup besar dan tebing cukup tinggi jadi gak disarankan untuk berpose terlalu dekat dengan pinggir tebing. Untuk turun ke pantainya cukup menantang karena jalurnya yang juga berbatu bila berjalan kaki. Tapi dengan mengunjungi pagi hari, pantai jadi tidak terlalu panas atau terlalu ramai. Tiket masuk dihitung Rp.5000/org.

    20 Agustus 2018, 21:17 WIB

  5. Pantai atuh adalah salah 1 pantai yang bagus di nusapenida. Jalan menuju pantai harus menurunin anak tangga yang banyak dan terjal. Tangganya terbuat dari semen namun berpasir. Harus hati-hati saat menuruni atau menaikinya (tidak ada pengaman di pinggir tangga). Namun terbayarkan ketika sudah sampai di pantai. Pantainya sangat sepi. Ada penjual namun tidak banyak. Tersedia toilet yang cukup bersih. Ombaknya cukup tenang sehingga aman untuk anak2 main di pantai. Ada 1 pantai lagi di dekat atuh yang sedang dibuatkan anak tangga ke bawahnya. Semoga kedepannya, dapat dibuatkan pengaman dipinggir tangga dan promosi wisatanya lebih dapat ditingkatkan

    20 Agustus 2018, 21:46 WIB

  6. Jalannya susah sekali menuju ke Atuh Beach, jalan sudah aspal, tetapi tanjakan dan turunannyaenurut saya cukup tajam. tapi terbayarkan dengan tempat yang tidak ramai dan pemandangan yang menyejukkan mata. Kalau tidak diburu waktu, pasti sudah seharian di sana. Anginnya sangat kencang. Banyak rute yang bisa dilalui untuk sampai ke atuh beach. Jadi jangan bingung kalau papan penunjuk jalan terdapat 2 arah menuju atuh beach. Dan papan tersebut, berbeda dengan arahan dari google maps. Sama2 menuju atuh beach kok.

    28 Agustus 2018, 20:11 WIB

  7. Pantai indah ini sangat cocok untuk menikmati Sunrise,. . Jika ingin menikmanti sunrise di Atuh Beach berangkat subuh dari homestay (toya pakeh),usahakan sebelum berangkat, kendaraan sudah full BBM, karena setelah melewati kecamatan akan sedikit susah menemukan BBM.. . Akses jalan menuju Pantai Atuh,terkadang menanjak maupun menurun, jadi hati-hati.

    1 September 2018, 00:31 WIB

  8. Atuh beach berlokasi di pulau Nusa Penida bisa ditempuh dengan motor atau Mobil. Akan ada dua tempat yang berbeda untuk melihat secara langsung laut bisa dari atas bukit atau bisa menuruni bukit untuk sampai ke pantai dan bisa menikmati langsung laut lepas tapi untuk menuju ke bawah lumayan curam dan jauh. Selain spot pantai masih banyak juga spot foto yang baik di sekitaran pantai Atuh. Tebing tebing yang menjulang tinggi dan bebrapa tebing yang terlihat sudah membentuk pulau pulau kecil menjadi pemandangan yang sangat indah disekitar pantai Atuh. Pengunjung juga bisa menikmati suasana pantai sambil menikmati kesegaran air kelapa yang dijual di warung kecil di dekat pantai. Tempat ini cocok untuk yang suka berlibur ke pantai atau yang suka dengan liburan yang penuh tantangan.

    28 September 2018, 10:12 WIB

  9. Pantai yg masih asri dan alami. Diapit bukit batu kapur yg sangat tunggi.. . Perlu tenaga dan kondisi yg fit menuju pantai

    28 September 2018, 18:49 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Atuh

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *