Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong

Alamat: Kp. Cibobos, Karangkamulyan, Karangkamulyan, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten 42392, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Anda mungkin bosan berwisata ke pantai yang didominasi pasir putih. Lalu, mencari pantai mana yang dapat menghadirkan sensasi panorama berbeda. Cobalah datang ke pantai Karang Songsong yang berada di selatan wilayah Banten, maka Anda akan menemukan perbedaannya. Pantai ini memang berbeda dengan pantai-pantai lainnya karena didominasi oleh bebatuan karang cadas yang menjorok ke laut lepas.

Asal muasal nama pantai ini pun seolah memiliki makna “karang yang menyongsong”. Meskipun didominasi oleh bebatuan karang yang cadas, area pantai juga masih memiliki pasir putih. Destinasi wisata pantai Karang Songsong terletak di wilayah selatan provinsi Banten. Tepatnya berada di kampung Cibobos, desa Karangkamulyan, kecamatan Cihara, kabupaten Lebak.

Harga tiket masuk

 Selain karena eksotisme panorama alam serta lokasinya yang masih asri, terdapat aspek lain yang membuat pantai ini ramai dikunjungi. Aspek yang dimaksud adalah murahnya biaya retribusi, dimana tiket masuknya hanya dibanderol sekitar Rp 2.000,-Rp 5.000,-/orang. Kemudian, tarif parkir yang dipatok oleh pengelola hanya berkisar Rp 2.000,-/motor dan Rp 10.000,-/per mobil. Anda dapat berkunjung ke pantai ini setiap hari, baik weekday, weekend maupun libur nasional.

Akses dan rute

Lokasi pantai Karang Songsong ini termasuk ke dalam wilayah Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Cibobos. Anda dapat berkunjung kesini dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa motor dan mobil.

Jarak yang harus Anda tempuh dari kota Jakarta untuk menuju pantai Karang Songsong adalah 193,6 km. Apabila dikonversikan ke dalam hitungan jam, maka waktu tempuh yang Anda butuhkan sekitar 4-5 jam. Sementara itu, jika Anda memulai perjalanan dari kota Tangerang, maka waktu perjalanan berkisar 3-4 jam dan jarak tempuhnya 171,2 km.

Transportasi yang sangat disarankan untuk Anda gunakan menuju lokasi adalah kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Hal ini dikarenakan lokasi pantai Karang Songsong yang berada di pelosok membuatnya sulit diakses oleh angkutan umum. Selain itu, Anda juga harus berkendara dengan hati-hati karena akses jalan menuju lokasi ini tidak terlalu bagus. Disamping tidak terlalu bagus, jalur ini juga rawan kecelakaan karena banyak dilalui kendaraan bermuatan besar.

Terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk menuju lokasi jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta. Pertama adalah melalui tol Jakarta-Merak kemudian keluar di pintu tol Serang Timur. Kemudian arahkan laju kendaraan Anda menuju terminal Pangkupatan Serang. Setelah Anda tiba di terminal Pangkupatan, ambillah jalur ke arah kanan menuju Palima.

Perjalanan dari Palima akan Anda lanjutkan menuju Baros. Lalu, Anda harus mengendarai kendaraan Anda menuju Pandegelang. Setelah sampai, ambillah jalur menuju Saketi yang akan membawa Anda pada persimpangan antara jalur Malingping dan Labuan. Apabila tujuan Anda adalah pantai Karang Songsong, maka ambil arah Malingping.

Jalur kedua yang dapat Anda tempuh adalah jalan non tol. Jika berangkat dari Jakarta, maka ambil arah jalan Daan Mogot menuju kawasan kota Tangerang. Sesampainya di kota Tangerang, Anda dapat mengambil arah menuju Cimone. Setelah sampai di Cimone, Anda dapat langsung mengarah ke Cikupa lalu Balaraja, Cikande hingga kota Serang.

Jika sudah sampai di terminal Pakupatan, maka ambil arah Palima dan belok kiri menuju Baros untuk kemudian mengarah ke Pandegelang. Setibanya di Pandegelang, Anda dapat mengambil jalur Saketi yang akan mengarahkan Anda pada persimpangan Malingping dan Labuan. Selanjutnya, pilih persimpangan menuju Malingping, Lebak.

Rute perjalanan menuju lokasi pantai Karang Songsong memang sangatlah jauh dan rumit. Akan tetapi, sepanjang perjalanan mata Anda tidak henti-hentinya dimanjakan oleh pemandangan pesisir laut pantai selatan. Kemudian, setelah tiba di lokasi Anda akan langsung disuguhi oleh pemandangan unik berupa bebatuan karang yang mendominasi area pantai.

Objek Wisata

Inilah beberapa objek wisata di pantai Karang Songsong yang menjadi daya tarik para pelancong.

1. Wisata fotografi

Wisata Pantai Karang Songsong

Bagi Anda pecinta fotografi, pantai ini sepertinya memiliki daya tarik tersendiri. Pesona karang yang menjorok ke lautan dan bertebaran di tepian pantai tentu akan menjadi spot foto menarik. Apalagi ketika deburan ombak menghempas batuan karang di tepian pantai dipastikan komposisi foto yang dihasilkan semakin bagus. Anda juga dapat memburu foto panorama sunrise dan sunset terbaik di lokasi ini.

2. Memancing

Kondisi pantai Karang Songsong dengan karang-karang cadas sangat tidak cocok untuk olahraga air seperti jet ski, banana boat bahkan sekedar berenang. Akan tetapi, keberadaan batuan karang yang menjorok ke laut lepas tersebut tentu sangat ideal untuk aktivitas memancing. Disini, Anda dapat memancing berbagai macam ikan dan udang dari atas batuan karang. Namun, ketika memancing Anda tetap harus berhati-hati untuk tidak terlalu ke tepian pinggir karang karena berisiko tercebur.

3. Camping

Objek Wisata Pantai Karang Songsong

Pantai selalu menjadi lokasi yang ideal untuk aktivitas camping selain gunung. Selain persiapannya lebih simple, aktivitas ini juga akan menghadirkan momen tersendiri bagi Anda. Apabila Anda ingin melupakan padatnya kehidupan kota beserta rutinitas harian, maka camping di pantai Karang Songsong adalah obat mujarab.

Hal ini dikarenakan pemandangan laut lepas, suara debur ombak dan udara pantai akan membantu diri Anda relaksasi. Jika ingin bermalam dengan berkemah maka Anda disarankan untuk membawa perlengkapan beserta logistiknya sebelum menuju lokasi. Pihak pengelola pihak Karang Songsong memang menyediakan lahan berkemah tetapi tidak menyewakan peralatan camping.

4. Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Cibobos

Pantai Karang Songsong memang berada di area Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Cibodas. Dengan demikian, Anda pun dapat mengunjugi resort tersebut ketika datang ke pantai ini. RPH Cibobos mempunyai luas sekitar 3 hektare. Anda dapat menjelajah hutan di tepian pantai dan mengamati beragam tumbuhan seperti jati dan mahoni beserta fauna di dalamnya.

5. Bermain pasir dan air

Pasir Pantai Karang Songsong

Meskipun didominasi oleh bebatuan karang, Anda tetap dapat melakukan aktivitas ringan seperti bermain air dan pasir di tepi pantai. Bermain air disini bukan diartikan sebagai berenang karena terlalu riskan sebab bebatuan karang cadas banyak bertebaran. Anda sebaiknya cukup berada di tepian pantai sambil berendam maupun bermain pasir dan merasakan hempasan ombak yang datang.

6. Fasilitas yang Lengkap

Walaupun lokasinya terpencil dan suasananya masih sepi karena belum begitu populer, pantai ini sudah memiliki berbagai fasilitas pendukung. Fasilitas yang telah tersedia di pantai ini adalah berupa kamar mandi, tempat sampah di tiap sudut, area parkir dan penginapan. Anda disarankan untuk membawa logistik berupa makanan sendiri karena disini masih minim warung-warung.

setelah mengetahui berbagai keseruan yang ditawarkan tempat wisata alam bahari ini, tentunya anda harus mencobanya langsung untuk mencicipi indahnya pemandangan dan keseruan di sana. Jangan ragu untuk datang kemari bersama orang tersayang anda.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Karang Songsong

  1. Pantai ini tdk trlalu ramai cocok untuk orang yg hatinya sedang galau… Luapkanlah teriaklah sepuas hati mu…

    26 Oktober 2017, 02:39 WIB

  2. Ombaknya besar2, karangnya juga besar, semuanya besar2. Yah buat refreshing, lumayan lah, apalagi buat yg jomblo atau gak yg br dputusin pacarnya. Tp hati2 jangan banyak ngelamun di bibir pantai, terbawa ombak, hilanglah kau tu..

    10 Januari 2018, 02:57 WIB

  3. Tempat masih sepi, pasir putih kekuningan,, banyak karang-karang yang aduhai

    29 Maret 2018, 11:54 WIB

  4. Sangat bagus untuk pemandangan karang ny

    10 Mei 2018, 22:15 WIB

  5. cocok untuk liburan

    14 Mei 2018, 20:58 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Karang Songsong

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *