pantai sawarna

Pantai Sawarna

Alamat: Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, Indonesia

(5/5) Baca ulasan

Pantai Sawarna, sebuah kawasan pantai di Banten yang membentangkan berbagai pantai-pantai yang menjadi ikon Banten. Tempat wisata rekomendasi para traveller ini menjadi destinasi liburan yang seru untuk Anda karena pesona alamnya yang unik sekaligus sangat eksotis. Disebut-sebut nama pantai ini berasal dari nama seseorang yang menjadi kepala desa Swarna yang hidup pada tahun 1900 silam.

Pantai Sawarna yang memiliki satu goa dan juga tujuh pantai dengan panorama alam yang berbeda satu sama lain ini mempunyai beragam jenis obyek wisata. Letak pantai Sawarna yaitu di desa Sawarna, sebuah desa pinggir pantai yang ada di kecamatan Lebak, Banten. Jarak pantai dari Jakarta sekitar 183 hingga 234 kilometer. Meski jauh, pantai Sawarna menjadi tujuan para wisatawan dan peselancar.

Harga Tiket Masuk

Perlu Anda ketahui nantinya di pantai Sawarna ini Anda akan disambut berbagai macam obyek wisata lengkap dari mulai wisata kuliner hingga wisata surfing. Untuk menikmati itu Anda cukup membayar biaya masuk seharga Rp 5.000,-/orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk mobil. Harga yang sangat terjangkau untuk mendapatkan liburan menyenangkan dan istimewa di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi

Terkadang wisatawan enggan mendatangi suatu tempat wisata lantaran akses menuju tempat tersebut yang susah. Namun Anda tidak perlu khawatir untuk akses menuju pantai Sawarna, karena sangat mudah dan lancar sehingga meminimalisir kendala dalam perjalanan. Selain itu rute untuk menuju ke pantai luas nan eksotis ini terbilang mudah dan banyak alternatifnya.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan untuk pergi berwisata ke pantai Sawarna. Jalur yang pertama adalah jalur barat. Di Jalur ini perjalanan dimulai dari Jakarta menuju ke Serang. Lalu dilanjutkan ke Pandeglang menuju ke Saketi, Malingping , lalu desa Bayah, hingga tibalah di Sawarna. Atau lewat rute Rangkasbitung ke Gunung Kencana kemudian ikuti jalur ke Malingping menuju ke Bayah lalu Sawarna.

Anda juga bisa lewat jalur timur. Jika melalui jalur timur, perjalanan dimuai dari Jakarta untuk kemudian lanjut ke Ciawi (Bogor) lalu melewati Cibadak. Dari Cibadak menuju ke Pelabuhan Ratu lalu ke Cisolok hingga tibalah Anda di Sawarna. Atau bisa juga dari Bogor Anda ke Cikidang lalu rutenya sama dengan rute sebelumnya, melewati pelabuhan ratu terlebih dahulu lalu Anda akan segera tiba di pantai Sawarna.

Selain rute-rute di atas, jika Anda ingin memulai perjalanan dari kota Bandung, Anda bisa melewati jalur menuju Cianjur. Dari Cianjur kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Sukabumi. Setelah itu Anda menuju ke Cibadak lalu menuju ke Pelabuhan Ratu dan Cisolok. Dari situ Anda akan segera sampai di pantai Sawarna dengan mengikuti jalur yang diarahkan penunjuk jalan.

Obyek Wisata

Lalu apa saja obyek wisata Andalan yang ditawarkan oleh pantai Sawarna Banten ini? Berikut penjelasan semua obyek wisata di pantai tersebut yang bisa membuat liburan Anda akan bertambah seru.

1. Pantai Karang Taraje Sawarna

Pantai di kawasan Sawarna yang pertama yaitu pantai Karang Taraje Sawarna. Jika anda mencari pantai antimainstream dan sangat berbeda dari pantai pada umumnya, anda bisa memilih pantai Karang Taraje. Mengapa? Tak lain karena spot pantai eksotis yang tek lepas dari keunikannya.

Di pantai Karang Taraje ini terdapat dereta batu karang yang bertingkat-tingkat. Bentuknya sangat mirip dengan tangga. Uniknya lagi, ombak yang menghantam karang dari sisi yang berbeda membuat karang ini seolah-olah seperti air terjun. Ditampah lagi view di sekitarnya yang berpadu dengan indahnya langit biru. Sungguh pantai yang sangat memukau.

2. Pantai Tanjung Layar Sawarna

Pergi ke pantai Sawarna tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi pantai yang bernama Tanjung Layar Sawarna ini. Uniknya, di pantai ini terdapat karang raksasa yang menancap di tengah laut dan menyerupai layar kapal. Konon, layar kapal tersebut adalah milik Sangkuriang yang menurut legenda telah membalikkan kapalnya hingga menjadi tangkuban perahu.

Pemandangan karang berbentuk layar kapal inilah yang menjadi magnet tempat wisata ini sehingga menarik banyak pengunjung. Menjadikannya sebagai background selfie adalah pilihan yang sangat bagus. Anda akan mendapatkan hasil foto yang menarik dan beda dari yang lain. Tidak hanya itu, objek wisata di pantai ini juga sangat banyak dan beragam rupa.

3. Pantai Karang Seupang Sawarna

Tidak hanya pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas. Anda pun bisa mendapatkan keseruan liburan dengan mengunjungi pantai Karang Seupang Sawarna. Letaknya pun tidak jauh dengan desa Sawarna. Begitu indahnya pemandangan di pantai tersebut, sampai-sampai banyak pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata indah ini untuk menghiasi liburan mereka.

4. Pantai Ciantir Sawarna

Pantai yang bisa dikunjungi selanjutnya yaitu pantai Ciantir Sawarna. Sebuah pantai indah nan epik yang memikat siapa saja yang mengunjunginya. Anda bisa menemukan pemandangan eksotik saat matahari terbenam yang berpadu dengan ombak dari kejauhan. Tentunya pemandangan ini sangat menarik hati. Selain itu, anda yang hobi surfing, bisa melakukan kegiatan seru tersebut di Pantai ini.

Pantai Ciantir Sawarna dikenal masyarakat sebagai pantai yang sejuk dan bersih. Pemandangan yang epik dan memukau mampu membuat setiap pengunjung tertarik untuk mengunjunginya lagi dan lagi. Uniknya lagi, ombak di pantai ini sangat tinggi, bisa mencapai tujuh meter di bulan tertentu.

5. Pantai Teluk Legon Pari Sawarna

Salah satu pantai keren yang ada di kawasan Sawarna ini adalah Pantai Teluk Legon Pari Sawarna. Letaknya dari desa Sawarna pun tidak terlalu jauh, bahkan lebih dekat jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Jadi, anda bisa memanfaatkan kendaraan pribadi untuk menuju ke pantai rekomendasi para wisatawan ini.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Banten, anda bisa menikmati segala sajian keindahan dari pantai Legon Pari ini berupa pemandangan matahari terbit dan tenggelam. Pertama kali masuk ke pantai anda akan disambut suara deburan ombak dengan pemandangan karang-karang. Saat surut, pantai ini memiliki pesona yang indah lagi memukau.

6. Pantai Karang Bokor Sawarna

Tak hanya pantai-pantai tersebut, ternyata pantai Sawarna masih menyimpan keindahannya. Adalah pantai Karang Bokor Sawarna, sebuah pantai dengan pesona yang tak kalah meskipun tidak terlalu populer. Pantai ini memiliki karang yang besar seperti melindungi pantai dari ganasnya ombak. Gelegar ombak menambah keeksotisan pantai dengan sejuta pesona alam ini.

Setelah mengetahui semua obyek wisata yang sangat lengkap di pantai Sawarna yang menggoda untuk dicoba, tentunya Anda sudah tidak sabar menuju ke pantai populer di Banten yang satu ini. Pergi berlibur ke pantai Sawarna tidak akan menyesal karena suguhan obyek wisata dan pesona alamnya yang tak habis-habis.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sawarna

  1. Tempatnya kereeen, cocok untuk bersantai bareng keluarga dan juga kerabat sahabat serta cocok juga untuk pemotretan praweding serta cocok untuk berselancar juga.. . Kalau ingin ke batu layarnya Aksesnya cukup jauh dari gerbang/parkiran mobil, mobil bisa diparkir di pelataran rumah warga yang diseawakan untuk parkir, tentu saja tarifnya bisa melambung.. . Untuk menuju pantai,dari parkiran bisa diakses dengan jalan kaki atau dengan jasa ojek setempat.. . Dilokasi banyak penjual makanan terutama warkop dan tempat penginapan yang disewakan serta banyak penjual pernak pernik serta souvenir khas pantai sehingga memudahkan untuk belanja oleh oleh.. . Tambahan, pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting salah satu iklan rokok terkenal di indonesia yang bernuansa adventure. Sehingga menarik banyak orang orang turis-turis asingbule yang berselancar disana selain ombaknya yang bagus untuk berselancar pemandangannya juga yang exsotis menjadi pendukung menariknya wisatawan asing datang. 👍👍☺

    11 Mei 2018, 19:32 WIB

  2. Harus ada pengelola bagian kebersihan, pantai nya klo momen liburan bnyak sampah berserakan. . Pantainya penuh pengunjung. . Untuk kamar dan villa banyak, harga dari 200-500/kamar atau vila lokasi pinggir pantai. . Sebagian kamar atau villa sangat panas dan tidak ada kipas angin, listrik sudah ada. . Home stay ada di pintu masuk pantai, lokasi adem fasilitas ac dan non ac, namun jarak homestay ke pantai sangat jauh. . . Saran, pandai memilih dan nego harga kamar/villa, bawa kipas angin portable.. . Untuk pantai nya, hati hati ombak disini sangat besar, anak2 wajib di awasi ortu.

    17 Juni 2018, 23:14 WIB

  3. Kondisi Pantai Sawarna sangat berbeda dengan tempat wisata pantai lain di Indonesia, khusunya di daerah Jawa Barat dan Banten. Pantai Sawarna punya keunikan tersendiri mulai dari keindahan pantai (ombak, hamparan pasir, cuaca, pemandangan), akses transportasi, jalur ekstrim, akses ATM, hingga cara berhadapan/berinteraksi dengan warga yang tinggal di sekitar pantai.

    26 Juni 2018, 05:18 WIB

  4. Pertama kali ke Sawarna dan perjalanan berjam-jam dengan kondisi jalan yg rada jelek (jalan pas masuk setelah diminta uang partisipasi)terbanyak dengan pantainyaa yang indaah banget dan pasirnya putih. Disini udah banyak homestay dan pedagang yang jualan baju dan topi pantai jadi walaupun gak bawa baju bisa tetep nyebur ke laut. Dan katanya kalau ke Sawarna harus ke Tanjung Layarnya, dan emang iya gue sendiri tertantang buat ngerasain nyebrang pantai untuk sampai ke bagian yang ada karang batunya. Waktu gue nyebrang kondisi laut lagi surut dan pas baliknya laut udah mulai pasang jadi kudu hati-hati banget jalannya. Tapi seruu si apalagi kalau kesana sama temen-temen dan buat ngilangin penat atau stres kerjaan udah cocok banget buat bikin pikiran fresh lagi.

    27 Juni 2018, 16:37 WIB

  5. Pantai sawarna adalah tempat yang sangat nyaman untuk di datangi, baik yang datang sendirian maupun berkeluarga. Naik motor dan mobil sama tidak nyamannya. Kalau bawa motor, akan sulit berkendara di dalam karena jalannya yang berpasir. Kalau menggunakan mobil, parkiran yang di sediakan terlalu jauh. Dari parkiran ke pantai / penginapan terdekat bisa memakan waktu 10-20 menit, kalau datang di saat terang mungkin akan tidak terlalu masalah, lain hal jika datang saat gelap, hal tersebut akan menjadi masalah. Karena, saat malam penerangan sangat minim

    28 Juni 2018, 03:18 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sawarna

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *