Pantai Sawarna

1737x dibaca

pantai sawarna
Nama Pantai Sawarna
Lokasi Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, Indonesia
Ulasan (4.5 / 5)

Pantai Sawarna, sebuah kawasan pantai di Banten yang membentangkan berbagai pantai-pantai yang menjadi ikon Banten. Tempat wisata rekomendasi para traveller ini menjadi destinasi liburan yang seru untuk Anda karena pesona alamnya yang unik sekaligus sangat eksotis. Disebut-sebut nama pantai ini berasal dari nama seseorang yang menjadi kepala desa Swarna yang hidup pada tahun 1900 silam.

Pantai Sawarna yang memiliki satu goa dan juga tujuh pantai dengan panorama alam yang berbeda satu sama lain ini mempunyai beragam jenis obyek wisata. Letak pantai Sawarna yaitu di desa Sawarna, sebuah desa pinggir pantai yang ada di kecamatan Lebak, Banten. Jarak pantai dari Jakarta sekitar 183 hingga 234 kilometer. Meski jauh, pantai Sawarna menjadi tujuan para wisatawan dan peselancar.

Harga Tiket Masuk

Perlu Anda ketahui nantinya di pantai Sawarna ini Anda akan disambut berbagai macam obyek wisata lengkap dari mulai wisata kuliner hingga wisata surfing. Untuk menikmati itu Anda cukup membayar biaya masuk seharga Rp 5.000,-/orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk mobil. Harga yang sangat terjangkau untuk mendapatkan liburan menyenangkan dan istimewa di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi

Terkadang wisatawan enggan mendatangi suatu tempat wisata lantaran akses menuju tempat tersebut yang susah. Namun Anda tidak perlu khawatir untuk akses menuju pantai Sawarna, karena sangat mudah dan lancar sehingga meminimalisir kendala dalam perjalanan. Selain itu rute untuk menuju ke pantai luas nan eksotis ini terbilang mudah dan banyak alternatifnya.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan untuk pergi berwisata ke pantai Sawarna. Jalur yang pertama adalah jalur barat. Di Jalur ini perjalanan dimulai dari Jakarta menuju ke Serang. Lalu dilanjutkan ke Pandeglang menuju ke Saketi, Malingping , lalu desa Bayah, hingga tibalah di Sawarna. Atau lewat rute Rangkasbitung ke Gunung Kencana kemudian ikuti jalur ke Malingping menuju ke Bayah lalu Sawarna.

Anda juga bisa lewat jalur timur. Jika melalui jalur timur, perjalanan dimuai dari Jakarta untuk kemudian lanjut ke Ciawi (Bogor) lalu melewati Cibadak. Dari Cibadak menuju ke Pelabuhan Ratu lalu ke Cisolok hingga tibalah Anda di Sawarna. Atau bisa juga dari Bogor Anda ke Cikidang lalu rutenya sama dengan rute sebelumnya, melewati pelabuhan ratu terlebih dahulu lalu Anda akan segera tiba di pantai Sawarna.

Selain rute-rute di atas, jika Anda ingin memulai perjalanan dari kota Bandung, Anda bisa melewati jalur menuju Cianjur. Dari Cianjur kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Sukabumi. Setelah itu Anda menuju ke Cibadak lalu menuju ke Pelabuhan Ratu dan Cisolok. Dari situ Anda akan segera sampai di pantai Sawarna dengan mengikuti jalur yang diarahkan penunjuk jalan.

Obyek Wisata

Lalu apa saja obyek wisata Andalan yang ditawarkan oleh pantai Sawarna Banten ini? Berikut penjelasan semua obyek wisata di pantai tersebut yang bisa membuat liburan Anda akan bertambah seru.

1. Pantai Karang Taraje Sawarna

Pantai di kawasan Sawarna yang pertama yaitu pantai Karang Taraje Sawarna. Jika anda mencari pantai antimainstream dan sangat berbeda dari pantai pada umumnya, anda bisa memilih pantai Karang Taraje. Mengapa? Tak lain karena spot pantai eksotis yang tek lepas dari keunikannya.

Di pantai Karang Taraje ini terdapat dereta batu karang yang bertingkat-tingkat. Bentuknya sangat mirip dengan tangga. Uniknya lagi, ombak yang menghantam karang dari sisi yang berbeda membuat karang ini seolah-olah seperti air terjun. Ditampah lagi view di sekitarnya yang berpadu dengan indahnya langit biru. Sungguh pantai yang sangat memukau.

2. Pantai Tanjung Layar Sawarna

Pergi ke pantai Sawarna tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi pantai yang bernama Tanjung Layar Sawarna ini. Uniknya, di pantai ini terdapat karang raksasa yang menancap di tengah laut dan menyerupai layar kapal. Konon, layar kapal tersebut adalah milik Sangkuriang yang menurut legenda telah membalikkan kapalnya hingga menjadi tangkuban perahu.

Pemandangan karang berbentuk layar kapal inilah yang menjadi magnet tempat wisata ini sehingga menarik banyak pengunjung. Menjadikannya sebagai background selfie adalah pilihan yang sangat bagus. Anda akan mendapatkan hasil foto yang menarik dan beda dari yang lain. Tidak hanya itu, objek wisata di pantai ini juga sangat banyak dan beragam rupa.

3. Pantai Karang Seupang Sawarna

Tidak hanya pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas. Anda pun bisa mendapatkan keseruan liburan dengan mengunjungi pantai Karang Seupang Sawarna. Letaknya pun tidak jauh dengan desa Sawarna. Begitu indahnya pemandangan di pantai tersebut, sampai-sampai banyak pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata indah ini untuk menghiasi liburan mereka.

4. Pantai Ciantir Sawarna

Pantai yang bisa dikunjungi selanjutnya yaitu pantai Ciantir Sawarna. Sebuah pantai indah nan epik yang memikat siapa saja yang mengunjunginya. Anda bisa menemukan pemandangan eksotik saat matahari terbenam yang berpadu dengan ombak dari kejauhan. Tentunya pemandangan ini sangat menarik hati. Selain itu, anda yang hobi surfing, bisa melakukan kegiatan seru tersebut di Pantai ini.

Pantai Ciantir Sawarna dikenal masyarakat sebagai pantai yang sejuk dan bersih. Pemandangan yang epik dan memukau mampu membuat setiap pengunjung tertarik untuk mengunjunginya lagi dan lagi. Uniknya lagi, ombak di pantai ini sangat tinggi, bisa mencapai tujuh meter di bulan tertentu.

5. Pantai Teluk Legon Pari Sawarna

Salah satu pantai keren yang ada di kawasan Sawarna ini adalah Pantai Teluk Legon Pari Sawarna. Letaknya dari desa Sawarna pun tidak terlalu jauh, bahkan lebih dekat jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Jadi, anda bisa memanfaatkan kendaraan pribadi untuk menuju ke pantai rekomendasi para wisatawan ini.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Banten, anda bisa menikmati segala sajian keindahan dari pantai Legon Pari ini berupa pemandangan matahari terbit dan tenggelam. Pertama kali masuk ke pantai anda akan disambut suara deburan ombak dengan pemandangan karang-karang. Saat surut, pantai ini memiliki pesona yang indah lagi memukau.

6. Pantai Karang Bokor Sawarna

Tak hanya pantai-pantai tersebut, ternyata pantai Sawarna masih menyimpan keindahannya. Adalah pantai Karang Bokor Sawarna, sebuah pantai dengan pesona yang tak kalah meskipun tidak terlalu populer. Pantai ini memiliki karang yang besar seperti melindungi pantai dari ganasnya ombak. Gelegar ombak menambah keeksotisan pantai dengan sejuta pesona alam ini.

Setelah mengetahui semua obyek wisata yang sangat lengkap di pantai Sawarna yang menggoda untuk dicoba, tentunya Anda sudah tidak sabar menuju ke pantai populer di Banten yang satu ini. Pergi berlibur ke pantai Sawarna tidak akan menyesal karena suguhan obyek wisata dan pesona alamnya yang tak habis-habis.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

9 ulasan untuk Pantai Sawarna

  1. Suka bgt sma pemandangan di sini. Pantai 1 ini bsa di bilang msih asri bgt. Krna tmpat.a msih sepi dan jg msih bersih air.a msih jernih pasir.a pun masih enak aj gtu di injek.a. Penginapan.a pun chakep” , org sininya ramah”. Hanya saja arah jln k.tanjung layar byk tmpat” mkn yk gk terawat (hampir rubuh malah) sayangkan. gk nyesel dateng k.sni. Dan gk mao plng sbnr.a πŸ˜‚. Oiia tp jalanan k.sini it wow cukup extrim bgt. crta sdkit aj ni ya aku dan tmn” hrus jln kaki dlu buat nanjak krn jalanan.a bnr” rusak dan bahaya dan saat mobil qta nanjak hampir oleh krn jalanan yk gk seimbang (1.a tinggi 1nya rendah, posisi.a pdhal it di tengah”) depan qta pun sblm.a ad truk yk udh miring nyaris bgt jatoh tp untung wrga”a pd sigap pdhal dulu jalanan ini mulus gk belobang lobang. Tp terlepas dr it smua pkok.a seru deh k.sini hehehhe . See you next time sawarna 😍😘

  2. Lumayan bagus, aksesnya juga gak parah parah banget lah masih gampang dilewatin medannya.. Buat yang mau berenang mending batalin niatnya, karena pantai ini ombaknya gak tenang, kalau sekedar mau main air dipinggiran pantai sih ok aja.. Kalau mau nginep mending nginep diwarung warung pinggir pantai daripada di villa gitu, jauh lebih murah dan enak udah dipantainya tinggal jalan dikit bisa main air.. Saya empat hari 3 malem cuma abis 1.6jt udah termasuk makan dan jajan diwarungnya, puasss.

  3. Lokasi berlibur yang cukup recommended untuk sekedar melepas penat dari kesibukan di kota.. Hanya saja akses jalan menuju lokasi pantai masih kurang baik.. Mohon agar pemda setempat untuk dapat memperbaiki akses jalan menuju pantai tersebut.. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  4. Pantai yang indah. Perlu diatur kendaraan yang lalu lalang terutama motor yang lewat menuju pantai, ketika ramai pengunjung akan sangat mengganggu. Homestay juga banyak tersedia di pantai sawarna

  5. pantainya masih alamai, belum banyak yang dateng (mungkin karena bukan musim liburan). Ombaknya gede jadi gak disarankan berenang.

  6. Pertama kali kesini turing sm club motor 12jam baru sampe karena nyantai dan nyimpang2 dulu di pantai yang dilewatin, bagus ga terlalu rame

  7. Sawarna adalah nama desanya,. ada beberapa pantai di sini, yang paling terkenal Pantai Citarik.. . Blm ada Hotel di sekitar, tapi banyak Homestay yang sudah ber-AC.. . Jalan menuju kesini sangat jelek dan curam kalau dari arah Sukabumi. . Masuk pantainya cuma bayar 1000 per orang, tapi jalan menuju ke sini banyak pak ogah nya, jadi siapin aja banyak recehan di mobil.. Oh ya kalau homestay nya ga termasuk parkir, bayar lagi parkirnya katanya 20ribu/hari

  8. Pantai sawarna indah. Pantai bersih. Ada 5 spot wisata yg jaraknya lumayan jadi harus sewa ojek 2 hri sewa ojek 100rbu dianter ke objek wisata *nawar ya klo bru smpe nawarin ojek. Orangnya ramah2. Makan ikan bakar juga nawar klo gak kasih harganya lumayan. Banyak penginapan murah.

  9. Hamparan pasir putih dan pemandangan yang bisa memanjakan mata bila berkunjung ke tempat ini biaya masuknya pun sangat murah hanya 5rb rupiah untuk 1 orangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *