Pantai Melur

Alamat: Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Riau 29485, Indonesia

(3.3/5) Baca ulasan

Anda ingin berlibur dengan latar belakang air yang membiru? Tentu saja pilihannya akan jatuh pada pantai yang mana menampakkan nuansa sesuai dengan keinginan Anda. Pantai memang tetap menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

Tak terkecuali dengan Pulau Batam, dimana terhitung ada belasan pantai yang tersebar dari ujung yang satu ke ujung yang lain. Salah satunya tepat di Pulau Galang, objek wisata itu bernama Pantai Melur. Dikenal dengan pemandangan alamnya yang eksotis dan kawasan pesisir yang indah dipandang mata.

Harga Tiket Masuk di Pantai Melur

Karena lokasinya yang berada di dekat negara tetangga yakni singapura dan Malaysia, pastinya membuat Anda berfikiran bahwa kota Batam ini dikenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Akan tetapi, tak perlu lah Anda merasa khawatir dengan rencana berlibur dan berwisata ke Pantai Melur ini. Para pengunjung tak dikenakan biaya sepeserpun untuk tiket masuk pantainya.

Namun, hanya saja ada pngecualian mengenai fasilitas yang ditawarkan seperti menyewa pelampung dan banana boat yang akan dikenakan biaya sekitar Rp 10.000 sampai dengan Rp 50.000 tergantung masing – masing pengelola. Untuk tempat peristirahatan seperti hotel dan juga resort juga sudah disediakan oleh para pengelola pantai dengan kisaran harga per malam dari Rp 300.000 – Rp 900.000.

Rute Menuju Pantai Melur

Bila Anda berniat untuk menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi liburan Anda, maka Anda perlu untuk mempelajari tentang rute menuju Pantai Melur ini. Dimana akan melewati Jembatan Barelang yang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini merupakan penghubung antara beberapa pulau kecil dengan ketiga pulau besar tersebut di kota Batam.

Untuk transportasi umumnya yang dapat digunakan untuk menuju pantai itu sebenarnya masihlah minim. Namun, ada pengecualian untuk taksi yang mana bisa menjangkau kawasan tersebut. Tetapi, tetap saja Anda perlu berpikir ulang lagi karena biasanya biaya yang dipatoknya mahal.

Obyek Wisata di Pantai Melur

Setiap para pengunjung yang berwisata ke pantai ini pastinya ingin menikmati pesona alam secara nyata yang ditampilkan oleh Pantai Melur. Belum lagi kawasannya yang memang terkenal masih asri dan juga alami. Sehingga, membuat para wisatawan berbondong – bondong memilih pantai ini untuk mengisi waktu luang atau liburan panjang.

Selain itu, pantai ini juga menampilkan keunikan tersendiri yang apik bila dibandingkan dengan pantai yang lain disekitar kawasan Pulau Batam. Nah, berbicara mengenai keunikannya, kira – kira apa saja ya? Yuk, mari langsung saja simak informasinya berikut ini.

1. Pemandangan Bawah Laut

Dengan disuguhi oleh pemandangan laut dengan arus yang terbilang cukup tenang menjadikan Pantai Melur ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta diving maupun snorkeling. Area di sekitar pantai ini bebas dari batu karang sehingga akan aman – aman saja bagi para pelancong yang ingin menyelam dan berenang di sini.

Selain itu, pemandangan akan bawah lautnya pun tak kalah menariknya dengan kawasan yang lain. Dengan menyuguhkan pesona akan terumbu karang yang dihuni oleh ribuan ikan dengan ukuran yang beragam, membuat pemandangan semakin apik. Belum lagi, ditambah dengan hewan biotik lainnya yang semakin menambah berlipat – lipat keindahan disini.

2. Air yang Membiru

Daerah sekitar pesisir pantai memang menampilkan akan pesona airnya yang membiru sejauh mata memandang. Belum lagi kondisi air lautnya yang terbilang jernih, bening dan juga membiru di Pantai Melur ini. Pokoknya Anda tak akan henti – hentinya mengucap rasa takjup dari surga kecil di Pulau Batam ini.

Selain itu, Anda bisa juga mengabadikannya dengan kamera terbaik milik Anda. Sebagai bukti bahwa Anda pernah berkunjung ke pantai ini atau bisa juga untuk mempercantik halaman media social Anda.

3. Wahana Air

Pantai memang identik dengan air ya, oleh karena itu tak lupa juga bagi para pengelola untuk menyiapkan wahana yang mendukung dengan pantai tersebut. Akan tetapi, untuk Pantai Melur ini tidak terlalu banyak wahana yang disediakan. Disini Anda hanya menemukan banana boat dan juga pelampung khusus untuk para pengunjung yang ingin berenang.

Namun, walaupun wahananya terhitung masih kurang lengkap, Anda tetap akan terhibur dengan pemandangan apik dari Pantai Melur ini.

4. Terdapat Perahu Nelayan

Disekitar pantai Anda akan melihat beberapa perahu nelayan yang berlabuh di Pantai melur ini, selain itu terdapat juga kapal pesiar kecil. Dimana perahu dan kapal kecil tersebut biasanya disewakan untuk para pengunjung yang ingin melihat pemandangan sekitar pantai dan juga Pulau Galang.

5. Wisata Kuliner

Bagi Anda yang sedang berlibur ke sini namun tidak membawa perbekalan yang lengkap untuk mengisi perut Anda. Tenang saja tak perlu khawatir merasa kelaparan nantinya. Karena untuk mengisi perut, Anda bisa berkunjung ke daerah pesisir pantai ini yang biasanya terdapat jejeran warung dan juga rumah makan yang menyediakan kuliner khas daerah pantai atau seafood.

Kebanyakan kuliner yang dihidangkan disini adalah masakan – masakan lokal khas daerah sumatera dan juga olahan dari hasil tangkapan laut. Wah, pastinya berwisata kuliner disini tidak akan menyesal deh.

6. Olahraga Pantai

Letak dari pantai ini memang diapit oleh daratan yang menjorok ke dalam laut, yang mana membuatnya tidak mempunyai pemandangan luas dari garis pesisir pantai. Akan tetapi, malah membuat arus air laut menjadi tidak besar dan cocok untuk para pengunjung yang ingin bermain olahraga pantai, seperti voli pantai, sepak bola, dan lain sebagainya.

7. Spot Foto Menarik

Pada siang hari biasanya pantai ini akan cenderung sepi oleh para pengunjung karena tersorot oleh terik matahari yang cukup menyengat di kulit. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan kesunyian di Pantai Melur ini untuk menikmati keindahannya. Dengan pemandangan yang cukup cantik menjadikan tempat ini menjadi spot menarik untuk berfoto.

Dengan latar belakang terik matahari yang menyengat, tentunya dengan pengambilan gambar yang cukup pas akan menjadikan hasil foto Anda terlihat menakjupkan. Cocok sekali untuk menghiasi media social Anda.

8. Sunset yang Apik

Waktu kunjung pantai ini adalah 2 jam, tentunya bila Anda datang pada sore harinya akan disuguhkan oleh pemandangan sunsetnya yang apik. Walaupun mungkin terlihat biasa oleh sebagian orang. Tetap saja pemandangan pergantian dari waktu siang ke mala mini menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pengunjung.

Nah, itu saja tadi penjelasan mengenai Pantai Melur yang apik. Tentunya, pemandangan alamnya cocok untuk mengisi waktu bersantai Anda.

4 Ulasan dari Pengunjung Pantai Melur

  1. Pantai bagus.tapi kurang terawat.padahal kan masuk bayar.jadi kalau bayar harunya ada penjaga pantai yang membersihkan daerah sekitar

    28 November 2017, 19:48 WIB

  2. Sudah tidak layak untuk dikunjungi. Akses jalan masuknya susah karena lahan sudah d blok untuk pembangunan resort. Perlu di tata ulang dan dibenahi mulai dari tempat, kamar mandi dan pelayanannya

    19 Maret 2018, 23:39 WIB

  3. Enak buat piknik, walau panjangny pantai nggak begitu lebar, tpi sarana dah lengkap. Parkiran dapat yg teduh. Bnyak pohon bikin adem sekitar situ

    15 Juni 2018, 19:09 WIB

  4. Pasirnya lembur

    15 Juli 2018, 23:22 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Melur

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *