Pantai Payung

Alamat: No. 47, RT. 2 RW. 2, Batu Besar, Kampung Melayu, Batu Besar, Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau 29467, Indonesia

(3.8/5) Baca ulasan

Wisata alam yang pesonanya tidak pernah pudar untuk masyarakat Indonesia adalah pantai. Dimana tersebar luas di beberapa kawasan seperti Cilacap, Malang, Pacitan, Jakarta, Jogja, Bali, Jakarta, Batam dan lain sebagainya yang mana banyak mempunyai wisata andalan pantai untuk para wisatawan.

Salah satu pantai yang telah dikenal luas oleh para wisatawan adalah Pantai Payung terletak di Kampung Melayu No. 47, RT 2 RW 2, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam. Nama Pantai Payung sebenarnya terdengar umum sekali ya, karena selain di Pulau Batam masih ada lagi objek wisata yang menggunakan nama hampir sama. Misalnya seperti Pantai Payung di Bali.

Harga Tiket Masuk di Pantai Payung

Pantai Payung di Batam terkenal akan keunikannya sendiri yang mana menarik para wisatawan baik domestic maupun mancanegara untuk berkunjung. Bagi Anda yang tertarik menjadikan Pantai Payung menjadi salah satu tujuan destinasi utama Anda untuk mengisi liburan dan bertanya – tanya mengenai harga tiket masuknya.

Tenang saja untuk berlibur di Pantai Payung di Batam ini tidaklah membutuhkan biaya yang mahal. Anda cukup hanya membayar tiket masuk berkisar Rp 5.000 –  Rp 10.000 saja per orang dan ditambah biaya parkir yang biasanya diminta oleh pengelola disana sekitar Rp 1.000 sampai Rp 5.000. Biaya parkir ini berlaku bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi ketempat itu.

Namun, ketika hari – hari tertentu seperti liburan panjang atau hari besar tertentu harga tiket masuk ke Pantai Payung biasanya mengalami kenaikan tapi masih bisa dijangkau oleh Anda. Walaupun mengalami kenaikan tidak menyurutkan minat Anda untuk berkunjung kepantai tersebut kan?

Selain itu, tidak ada batasan waktu untuk menikmati pemandangan di Pantai Payung. Sehingga Anda bisa bebas berkunjung di jam manapun. Entah itu siang atau sore atau pagi, Pantai Payung tetap terbuka untuk menyambut kedatangan Anda.

Rute Menuju Lokasi Pantai Payung

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Payung, namun merasa bingung dengan rute yang menuju kearah sana. Anda bisa dengan berpaatokan pada Bandara Internasional Hang Nadim. Dimana hanya berjarak sekitar 6 sampai dengan 7 km menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga taksi. Hal inikarena kendaraan umum disekitar Batam cenderung masih jarang sekali ditemukan.

Setelah itu, pengunjung diarahkan untuk mengikuti jalur dari arah Jalan Hang Nadim. Kemudian, beralih lagi kearah kanan ke Jalan Hang Tuah dan masuk kembali kearah kanan yang mana mengikuti Jalan Hang Kesturi. Kendaraan Anda hanya perlu untuk berbelok kearah kiri sebanyak dua kali setelahnya sebelum menemukan lokasi pesisir objek wisata ini.

Pantai Payung sendiri sebenarnya berjejeran dengan pesisir di area pesisir Pulau Batam ini. Salah satu diantaranya meliputi Pantai Ketapang, Pantai Melayu Besar, dan juga Pantai Boneta.

Obyek Wisata di Pantai Payung

Setiap pantai memang memiliki daya pikat tersediri untuk menarik para wisatawan agar mau berkunjung ke pantai tersebut. Salah satunya adalah Pantai payung ini. Dimana bisa menjadi tempat bersantai paling mengasyikan ala pantai – pantai kekinian di Pulau Batam.

Selain bersantai Anda pun bisa menikmati panorama indah yang bisa Anda nikmati selagi melepas lelah disini. Selain itu, terdapat juga keunikan lain yang membuat para wisatawan tetap menjadikan objek wisata ini sebagai salah satu destinasi wisatanya.

1. Berdekatan dengan Kampung Melayu

Siapa yang tak kenal dengan sebuah kampung tersohor yang dikenal dengan nama Kampung Melayu. Nah, Pantai Payung ini pun letaknya cukup berdekatan dengan kampung tersebut. Dimana dianggap sebagai tempat bersejarah dan ditinggali oleh masyarakat melayu yang berasal dari berbagai kawasan di Pulau Sumatera.

Oleh karena itu, tentunya menjadi nilai tambah ya bagi para wisatawan karena selain menikmati suasana pantai yang asri plus dapat berkunjung juga ketempat bersejarah. Tentunya, bisa menambah spot foto Anda kan?

2. Gazebo

Pantai Payung juga menampilkan keunikan lain yakni banyak terdapat gazebo yang letaknya berjejer di pinggir pantai. Bagi anda yang ingin menikmati waktu bersantai di pinggir pantai bisa nih memanfaatkan fasilitas satu ini.

3. Nuansa Alami

Walaupun letaknya tergolong di kawasan kota yang maju, namun para pengelola Pantai Payung Batam ini tetap mempertahankan nuansa alamnya yang terkesan alami. Sehingga, akan membuat para pengunjung termanjakan dengan pesona alamnya dan tidak merasa kecewa ketika berkunjung ke objek wisata ini.

4. Sunset atau Sunrise

Bagi Anda yang sering memburu pemandangan pantai ketika sunset atau sunrise, tentunya Pantai Payung menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Hal ini karena menampilkan pemandangan yang apik ketika dalam kondisi tersebut. Nuansa pergantian waktu dari langit yang gelap berganti terang atau sebaliknya tentunya cocok untuk Anda nikmati.

Selainitu, Anda juga bisa mengabadikannya dengan kamera terbaik Anda dan menjadikannya sebagai foto andalan Anda di media social.

5. Pepohonan Hijau

Biasanya di kawasan pantai, sangat jarang sekali ya terdapat pepohonan hijau yang berjejer rapi. Namun, ini pengecualian untuk Pantai Payung yang mana di daerah pinggirnya masih mempertahankan kondisi alamnya yang menghijau. Sehingga, tidak terlihat gersang dan membuat suasana pantai menjadi sejuk karena terpaan angin laut yang sepoi – sepoi.

Selain itu, sambil berteduh di bawah pepohonan tersebut tentunya membuat Anda bisa menikmati pemandangan laut yang membiru dengan leluasa tanpa takut kulit Anda akan menghitam nantinya.

6. Bermain Ayunan

Bagi Anda yang memiliki anak kecil dan sangat senang untuk bermain ayunan. Mungkin, Anda bisa membawanya ke Pantai Payung Batam ini. Karena disini tersedia juga ayunan – ayunan yang mana masih berbentuk tradisional. Sehingga, akan membuat anak – anak betah sambil bermain ayunan disini.

7. Pemandangan Laut Membiru

Laut memang identik dengan warna biru yang terkesan indah bila dipandang mata. Dengan pemandangan laut yang membiru di Pantai Payung tentunya membuat siapa saja yang memandang akan terpesona dengan ciptaanTuhan satu ini. Hal ini karena warna airnya yang bila dilihat dari tempat yang tinggi akan terlihat seperti hamparan warna membiru yang apik.

Selain itu, juga dapat membuat  rasa lelah Anda setelah bekerja atau aktivitas berat lainnya serasa terangkat karena menyaksikan pemandangan yang tak biasa ini. Anda juga bisa mengabadikannya dengan kamera Anda, agar sewaktu – waktu bisa menjadi pengingat bahwa Anda pernah berkunjung ke Pantai Payung ini.

8. Alam Bawah Laut

Objek wisata pantai selain menampakan keindahan daerah pinggir pantainya, keindahan akan pemandangan alam bawah lautnya pun sebenarnya tak kalah kerennya. Hal ini karena di alam bawah laut Pantai Payung masih terlihat asri dan belum terjamah oleh siapapun. Sehingga, keadaan alamnya masih utuh cocoklah untuk mempelajari ragam bawah laut pantai ini.

Bagi Anda yang memiliki hobby diving bisa juga menyelam di alam bawahl aut Pantai Payung. Karena Anda akan dimanjakan dengan pemandangan ikan dan juga terumbu karang yang cantik.

Nah, itu tadi ulasan mengenai keindahan Pantai Payung yang berada di Pulau Batam. Bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan Anda, mending langsung saja berkunjung ke Pantai Payung saja ya.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Payung

  1. Buat yang suka tur kepantai dan bingung nih cari tempat yang bagus, nih aku rekomendasi kan pantai payung buat dijadikan tempat istirahat di akhir pekan. Cuaca nya adem banget, bersih juga lebih lagi pasir pantai nya juga bagus.

    15 April 2018, 07:56 WIB

  2. Tempatnya bagus tapi sayang akses jalannya kurang lebar sehingga bus rombongan kami tidak bisa masuk kelokasi dan diharapkan kedepannya tlg do perlebar jalannya..terima kasih

    14 Mei 2018, 03:33 WIB

  3. Pantainya bagus hanya pengelola masih kurang siap jadi blm ada hiburan dan tidak ada kelihatan pemantau orang yg berkunjung disana

    30 Mei 2018, 03:39 WIB

  4. Tiket masuk rombongan bisa dinego, pantai masih bersih, tempat piknik berpasir dan luas, mushola dadakan dirumah terdekat nyaman dan pemilik rumah ramah.

    13 Juli 2018, 00:21 WIB

  5. Tempat ini lumayan bagus kalo mau jadi tempat wisata atau sekedar bersantai bersama teman atau Keluarga….dan sering juga Turis mancanegara datang ke sini….

    19 Juli 2018, 20:47 WIB

  6. Perlu ditambahi kuliner jajanan lokal

    16 Agustus 2018, 02:38 WIB

  7. Pantai alami yg indah, cukup bersih dengan harga tiket yg murah, bawa family berlibur akan sangat menyenangkan sekali…

    16 Agustus 2018, 22:38 WIB

  8. Destinasi wisata pantai yang nyaman dan cocok untuk wisata keluarga. Pasir Putih, Batu karang, pemandangan lepas pantai, toilet, warung makan ada di pantai ini… Perlu digali potensi unik lainnya dari wilayah pantai ini… Tetapi tetap menjadi destinasi wisata keluarga anda yang menarik..

    9 September 2018, 04:39 WIB

  9. Butuh lagi perbaikan terutama di kamar mandi nya.. Sudah dipungut biaya tapi kamar mandi nya diharapkan lebih baik lagi…

    7 Juli 2019, 01:53 WIB

  10. Tempat y adem tenang

    28 Agustus 2019, 08:06 WIB

  11. Kawasan yg blm tereleisasi,, msh banyak sampah beserakan dimana,toilet umum tdk ada,/rusak berat fasilitas umum nol

    31 Agustus 2019, 22:58 WIB

  12. Salah satu pantai yang cukup bagus di kota batam, dekat pantai tersebut ada tempat sarapan yang enak dan harga yang terjangkau

    2 September 2019, 04:07 WIB

  13. Sampai sini malam. Tdk terlihat apa2. Cuma makan malam di Hankang resto yg mahal dan taste yg kurang enak. Seafood kering tdk ada saus lada hitam, tdk ada saus mentega. Pokoknya garing. Tdk sesuai pesanan

    4 September 2019, 07:32 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Payung

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *