Pantai-Parangendog

Pantai Parangendog

Alamat: Parang Reja, Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Banyak destinasi wisata Pantai yang menarik di wilayah pesisir laut selatan Yogyakarta. Mulai dari kabupaten Kulong Progo, Bantul sampai Gunungkidul, semua menawarkan panorama Pantai yang eksotis. Pantai Parangendong yang berada persis di sebelah timur Pantai Parangtritis adalah satu dari destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Lokasi Pantai Parangendog memang berdekatan dengan Pantai Parangtritis sehingga banyak orang yang mengira Pantai ini masih termasuk kabupaten Bantul. Padahal lokasi Pantai ini yang sebenarnya berada di kabupaten Gunungkidul. Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Parangendog, selain itu harga tiket masuknya juga merakyat dan akses menuju lokasi relatif mudah. Berikut ini adalah informasi mengenai ketiga aspek tersebut untuk Anda.

Harga Tiket Masuk di Pantai Parangendog

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata dengan panorama eksotis tapi harga merakyat, maka Pantai Parangendog pilihan tepat. Harga tiket masuk ke lokasi Pantai ini cukup murah yaitu Rp 5.000 per orangnya. Sementara itu, biaya parkir kendaraan yang dibanderol pengelola adalah Rp 2.000 per sepeda motor.

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangendog

Pantai Parangendog yang berlokasi di kabupaten Gunungkidul ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset. Anda dapat mengunjungi Pantai ini dengan datang langsung ke dusun Parangrejo, desa Girijati, kecamatan Purwosari, kabupaten Gunungkidul. Waktu tempuh ke Pantai Parangendog dari pusat kota Yogyakarta pun relatif normal hanya sekitar 1-1,5 jam.

Agar lebih mudah, Anda bisa memulai perjalanan menuju lokasi dari terminal Giwangan. Selanjutnya, ambil arah menuju jalan Parangtritis lurus terus hingga sampai di kecamatan Panggang. Setelah sampai di daerah Panggang, kurangi kecepatan laju kendaraan untuk mencari plang penunjuk arah menuju Pantai Parangendog. Akses jalan menuju lokasi memang sudah halus tetapi banyaknya tanjakan, turunan dan tikungan membuat Anda harus berhati-hati.

Obyek Wisata di Pantai Parangendog 

1. Sunset

Sunset-Pantai-Parangendog

Menikmati panorama matahari tenggelam merupakan salah satu tujuan Anda berkunjung ke Pantai. Disini, Anda dapat mengabadikan momen indahnya Sunset melalui lensa kamera maupun smartphone. Spot terbaik untuk mendapatkan foto Sunset Pantai Parangendog berada di tebing Watugupit. Jika Anda ingin memperoleh foto instragamable tidak ada salahnya untuk mendaki tebing ini dan mengabadikan sunset dengan latar pegunungan seribu.

2. Memancing

Arus laut di sekitar lokasi Pantai Parangendog tidaklah seganas Pantai Parangtritis. Debur ombak disini relatif tenang sehingga sangat mendukung untuk kegiatan melaut para nelayan. Selain itu, laut Pantai Parangendog pun terkenal dengan keanekaragaman biota lautnya. Diantaranya adalah beragam jenis ikan, kerang dan rumput laut.

Bagi Anda yang hobi berkegiatan memancing, maka berkunjung ke Pantai Parangendog tentu sangat direkomendasikan. Anda dapat melakukan aktivitas memancing sepuasnya di pinggir Pantai pada batu-batu pecahan karang. Tidak hanya sekedar memancing, Anda juga dapat langsung membakarnya dan menyantapnya bersama teman-teman.

3. Paralayang

Paralayang-Pantai-Parangendog

Jenis olahraga yang memacu adrenalin ini memang dapat Anda lakukan di Pantai Parangendog. Jajaran tebing-tebing menjulang tinggi yang menjorok ke arah laut sangatlah mendukung Anda untuk melakukan paralayang. Selain itu, kecepatan angin di sekitar Pantai ini pun relatif stabil sehingga aman bagi Anda untuk mengudara. Ketika melakukan aktivitas ini pastikan Anda memakai peralatan standar serta didampingi oleh orang yang profesional.

4. Berenang

Berenang merupakan aktivitas yang sering dilakukan banyak orang ketika datang ke Pantai. Anda pun dapat menikmati dinginnya air laut serta debur ombak dengan berenang di tepian Pantai. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena arus laut di Pantai Parangendog ini relatif tenang. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati dan menahan diri untuk tidak berenang terlalu ke tengah lautan.

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Parangendog mulai dari menikmati sunset, berenang, memancing hingga memacu adrenalin dengan berparalayang. Meskipun namanya tidak sepopuler destinasi wisata lainnya seperti Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan sekalipun tetapi Pantai Parangendog tetap layak untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan sensasi berparalayang dan spot sunset terbaik hanya dapat Anda nikmati disini.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Parangendog

  1. Pantai Parang Endog. Salah satu andalan wisata Jogja, yang memang sudah melegenda. Selain tempatnya yang mudah dijangkau dengan jalur aspal lurus sejauh kurang lebih 30km dari Jogja Kota, Pantai Parangtritis juga merupakan pantai pertama di Jogja yang dipublikasikan sampai kancah internasional.. Pantai pasir hitam khas dataran gumukpasir dari muara sungai Opak berpadu dengan eksotisme pemandangan pegunungan kapur di sisi timur membuat Pantai Parangtritis mempunyai berbagai titik spot sunset yang layak untuk dilihat. Berbagai event internasional sering digelar, terutama olahraga pantai dan juga event seni budaya. Kesakralan Parangtritis tak lepas dari Parangkusumo, yang sejak jaman Mataram menjadi simbol pertemuan antara Raja Mataram dengan Ratu Kidul.. Terlepas dari itu semua, pantai ini memang merupakan salah satu dari ratusan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jogja.. . Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas daerah lokal.. . Selain jip wisata, di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu di pantai ini juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.. . Disini juga terdapat pemandian yang disebut Parangwedang. Konon air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya penyakit kulit karena air dari pemandian tersebut mengandung belerang. Air panas dari Parangwedang juga dialirkan ke Pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak.. . Satu baris ke arah barat kita dapat menemukan Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok yang terkenal dengan kuliner lautnya. Menyusur terus ke arah barat adalah muara sungai Opak, salah satu dari dua sungai besar yang ada di Jogjakarta. Bersamaan dengan sungai Progo, aliran pasir dari Merapi terbawa ke laut untuk kemudian dihempaskan kembali ke pesisir dan dibantu angin menjadi gundukan-gundukan pegunungan mini yang kita kenal dengan gumuk pasir. Terdapat hampir di sepanjang pantai selatan Jogja ke arah barat hingga Kebumen yang dialiri sungai besar.. . Jelajah pesisir selatan serasa tak akan lengkap tanpa eksplorasi adventure di gumuk pasir.

    7 Februari 2018, 07:48 WIB

  2. Pantai Parang Endog. Salah satu andalan wisata Jogja, yang memang sudah melegenda. Selain tempatnya yang mudah dijangkau dengan jalur aspal lurus sejauh kurang lebih 30km dari Jogja Kota, Pantai Parangtritis juga merupakan pantai pertama di Jogja yang dipublikasikan sampai kancah internasional.. Pantai pasir hitam khas dataran gumukpasir dari muara sungai Opak berpadu dengan eksotisme pemandangan pegunungan kapur di sisi timur membuat Pantai Parangtritis mempunyai berbagai titik spot sunset yang layak untuk dilihat. Berbagai event internasional sering digelar, terutama olahraga pantai dan juga event seni budaya. Kesakralan Parangtritis tak lepas dari Parangkusumo, yang sejak jaman Mataram menjadi simbol pertemuan antara Raja Mataram dengan Ratu Kidul.. Terlepas dari itu semua, pantai ini memang merupakan salah satu dari ratusan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jogja.. . Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas daerah lokal.. . Selain jip wisata, di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu di pantai ini juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.. . Disini juga terdapat pemandian yang disebut Parangwedang. Konon air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya penyakit kulit karena air dari pemandian tersebut mengandung belerang. Air panas dari Parangwedang juga dialirkan ke Pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak.. . Satu baris ke arah barat kita dapat menemukan Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok yang terkenal dengan kuliner lautnya. Menyusur terus ke arah barat adalah muara sungai Opak, salah satu dari dua sungai besar yang ada di Jogjakarta. Bersamaan dengan sungai Progo, aliran pasir dari Merapi terbawa ke laut untuk kemudian dihempaskan kembali ke pesisir dan dibantu angin menjadi gundukan-gundukan pegunungan mini yang kita kenal dengan gumuk pasir. Terdapat hampir di sepanjang pantai selatan Jogja ke arah barat hingga Kebumen yang dialiri sungai besar.. . Jelajah pesisir selatan serasa tak akan lengkap tanpa eksplorasi adventure di gumuk pasir.

    7 Februari 2018, 07:48 WIB

  3. Tempat yang masih bersih dan tidak terlalu ramai

    3 Mei 2018, 22:46 WIB

  4. Keren di sore hari apalagi dengan memandang gelombang laut nya

    20 Mei 2018, 04:07 WIB

  5. kalau parangtritis ramai jalan aja kesini lebih sepi dan kalau pantainya surut pemandangan batu2 nya sangat bagus

    5 Juni 2018, 19:15 WIB

  6. Keren abis…

    27 Juni 2018, 02:21 WIB

  7. Ini tempat favorite untuk menikmati senja, hembusan angin dan debur ombak, menjadikan suasana terasa damai dan nyaman. Pantainya masih bersih belum banyak sampah berserak.., pantai ini tepat terletak di bawah bukit parangendog dan the queen of resort

    8 Juli 2018, 08:30 WIB

  8. Jalan jalan sore menikmati keindahan pantai Parangtritis beautiful..😎😎

    14 Juli 2018, 04:00 WIB

  9. Sangat sangat sepi..cocok utk yg mau nyari tenang..pengalaman kesini terakhir air laut naik pasang dan kesulitan kembali ke parang tritis..dari kejauhan keliatan goa langse

    31 Agustus 2018, 04:33 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Parangendog

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *