Pantai Porok

Alamat: Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Pantai Porok berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini tidak jauh dengan pantai Sepanjang dan panti Kukup. Jadi, jika berwisata ke pantai Porok bisa sekaligus mampir ke kedua pantai tersebut.

Pantai Porok merupakan salah satu surga tersembunyi di Gunungkidul, sebab belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini.Tidak heran jika pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya di hari-hari biasa atau selain hari libur. Meskipun demikian bukan berarti pantai Porok tidak mempunyai daya tarik, justru banyak daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Porok

Untuk masuk ke pantai Porok dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk untuk ke pantai lain yang berada di sekitarnya seperti pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Krakal, Sundak, dan Indrayanti. Biasanya pembayaran tersebut dilakukan ketika hendak masuk ke pantai Baron.

Rute Menuju Lokasi Pantai Porok

Ada beberapa rute yang bisa dilewati menuju pantai Porok pertama adalah dari Yogyakarta melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading atau lapangan terbang belok kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Porok.

Rute kedua juga dari Yogyakarta kemudian melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading atau lapangan terbang – Kota Wonosari – Jalan Baron – Tepus – Indrayanti – Sundak – Pantai Sepanjang – Pantai Porok.

Rute ketiga cukup pendek namun sama saja dari Yogyakarta melewati Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading atau lapangan terbang – Siono – Kota Wonosari – Jalan Baron – Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Porok. Jadi pengunjung tidak bisa melalui pantai Kukup maupun Sepanjang terlebih dahulu untuk mencapai pantai Porok, tergantung jalannya dari arah mana.

Untuk menuju pantai Porok kendaraan pribadi pengunjung tidak bisa langsung parkir di pantai Porok sendiri. Biasanya harus diparkir di sekitar pantai Sepanjang ataupun pantai Kukup karena jalan menuju pantai Porok masih sulit dan hanya bisa dilewati dengan cara jalan kaki.

Obyek Wisata di Pantai Porok

1. Pemandangan Tebing dan Bukit Karst yang Hijau

Sebagaimana pantai yang berada di Gunungkidul lainnya, pantai Porok juga dikelilingi oleh tebing atau bukit karst yang hijau. Pemandangan semacam itu memang sudah menjadi ciri khas pantai yang ada di Gunungkidul. Hal itu menambah pesona keindahan pantai dan terlihat sangat alami.

Hijaunya bukit kasrt bisa menjadi latar belakang foto pengunjung ataupun sebagai objek foto, khususnya bagi pengunjung yang menyukai dunia fotografi. Terlebih lagi dengan pemandangan laut sekitar pantai yang terlihat kebiruan berpadu dengan keindahan alam tebing yang berdiri kokoh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Pemandangan Pohon Sekitar Pantai

Pantai Porok di kelilingi oleh banyak pohon, khususnya dalam jalan menuju pantai tersebut. Banyaknya pohon hijau yang rimbun menambah kesan alami pada pantai ini. Selain itu juga memberi efek kesegaran dan kesejukan bagi para pengunjung. Jadi, pengunjung bisa sekedar berteduh atau santai di bawah pohon rindang sekitar pantai.

3. Kawasan Karst yang Menghasilkan Buah Melon

Kawasan pantai ini pernah menjadi objek observasi pengembangan tanaman melon oleh Universitas Gajah Mada. Hal itu dikarenakan tanah di sekitar pantai Porok sangat cocok untuk ditanami buah tersebut.Bisa jadi pengunjung bisa sekedar melihat pemandangan perkebunan melon bahkan bisa memetik sendiri pastinya dengan seizin yang bersangkutan.

4. Kondisi Bibir Pantai yang Landai

Pantai Porok mempunyai bibir pantai yang landai sehingga relatif aman bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekedar bermain air di tepi laut. Selain itu didukung dengan ombak air laut sekitar pantai yang cukup tenang dan membawa suasana di pantai ini lebih tenang dan nyaman untuk bersantai.

Sementara itu bagi pengunjung yang membawa anak-anak juga relatif aman ketika sekedar bermain pasir, bermain sepakbola, maupun volli. Selain itu juga bisa foto-foto dengan latar belakang pasir putih serta laut yang biru. Meskipun demikian, pengunjung harus tetap hati-hati demi menjaga keselamatan diri.

5. Pemandangan Kawasan Rumput Laut

Pantai Porok mempunyai kawasan khusus rumput laut, dimana hal itu merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Setidaknya pengunjung bisa mengetahui tanaman rumput laut secara langsung dan asli yang banyak menempel pada batu karang. Tanaman rumput laut akan semakin jelas terlihat ketika air laut sedang surut.

Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat setempat untuk membudidayakan rumput laut serta menjadikannya sebagai mata pencaharian. Di sana akan terlihat pemandangan beberapa warga sedang memanen rumput laut dan beberapa memancing.

6. Bisa untuk Camping

Pantai Porok termasuk tempat yang cocok untuk dijadikan camping baik bersama teman atau keluarga. Namun pengunjung harus membawa kebutuhan dan perlengkapan camping sendiri dari rumah, sebab di sana tidak menyediakan kebutuhan semacam itu. Meskipun demikian bagi pengunjung yang camping harus tetap menjaga kebersihan pantai.

7. Berwisata Sambil Trekking

Mengingat jalan dari pantai Sepanjang maupun Kukup menuju pantai Porok yang tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, menjadikan lokasi tersebut cocok untuk trekking. Pengunjung harus berjalan kaki menapaki jalan setapak sambil melihat pemandanga alam sekitar berupa bukit karst hingga perkebunan atau pertanian warga setempat.

8. Pemandanga Sunrise dan Sunset

Pantai Porok menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang indah dan sangat instagramable. Pengunjung harus mengabadikan momen pemandanga tersebut dengan baik karena di sana pemandangan matahari terbit dan tenggelam terlihat sangat jelas dan seolah sangat dekat.

Demikian ulasan tentang pantai Porok yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Gunungkidul. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Yogyakarta sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Porok

  1. Ini nih salah satu pantai favorit di gunung kidul. Pantai yg masih sepi banget bahkan di hari libur. Lokasinya berada di antara pantai sepanjang dan pantai kukup. Buat sampai di lokasi, kita perlu berjalan menyusuri bukit dan perkebunan sekitar 15-20 menit. Parkir di pantai kukup, atau masuk kawasan pantai sepanjang ke barat terus sampai mentok ketemu parkiran.. Fasilitas di pantai porok cuma parkiran itu aja. Toilet dan warung terdekat ya di pantai sepanjang. Jadi kalau kesini jangan lupa bawa logistik ya.. Pantai ini juga cocok banget buat camping. Berasa pantai pribadi deh. 😋😎. Btw kalau kesini pas cerah, view nya lebih bagus lagi, langit biru, laut biru, pepohonan ijo, pasir putih, ombak tenang, sunset nya juga keliatan indah.. . ✨✨. Jasa tour guide / tour leader Jogja & Dieng. Line: raa1804. Dm instagram: @ratihsukmaresi

    22 Februari 2018, 12:17 WIB

  2. Pantai nya bagus banget lur. Seperti pantai milik sendiri. Untuk sampai sini kalian harus jalan kaki dari parkiran pantai lolang. Saya sangat menikmati perjalanan kali ini

    11 Mei 2018, 06:23 WIB

  3. Pantainya bagus banget, masih sepi. Akses jalan masuk susah krn lewat jalan kecil di tengah ladang jadung

    5 Juli 2018, 06:31 WIB

  4. Pantainya mantap untuk ngerjain camp.. . Pantainya terpisah dengan pantai sampingnya. Butuh usaha yg ekstra untuk mencapainya karena belum ada jalan kendaraan sampai ke pantai. Perlu jalan kaki lewat jalan setapak.

    6 Agustus 2018, 20:09 WIB

  5. Pantai masih sangat bersih. Buat ya g cari pantai yang berasa seperti milik pribadi ya disini 😅. Sayangnya aksesnya masih agak susah.

    4 September 2018, 17:17 WIB

  6. November 2018. Datang kesini karena ada urusan pekerjaan. . Pantai ini kelihatannya bukan objek wisata resmi, karena selain lokasinya merupakan lahan milik sultan, tempat ini merupakan area penelitian biologi yang dikelola oleh Universitas Gadjah Mada. . Untuk bisa mencapai tempat ini, pengunjung harus memarkirkan kendaraan di lokasi parkir di pantai sebelah, baru berjalan kaki melewati bukit hingga sampai kelokasi. . Mungkin kendaraan sepeda motor bisa melewati jalan masuknya, namun karena melewati pekarangan milik warga jadi perlu minta izin terlebih dahulu

    14 November 2018, 17:44 WIB

  7. Pantainyq cukup bagus, serasa pantai pribadi, masih jarang pengunjung, akses dari pantai sepajang ke barat sampai pantai nglolang, kendaraan tidak bisa sampai ke tkp harus jalan kaki selama kurang lebih 10-15 menit,

    28 November 2018, 01:50 WIB

  8. Masih sepi, bersih, udara fresh untuk menghilangkan stress. Terkesan pantai pribadi

    23 Desember 2018, 20:03 WIB

  9. Dari pantai kukup bisa jalan kaki sekitar 10 menit ke arah timur menaiki bukit, kemudian turun melewati ladang jagung dan melintasi pematang antara sawah dan ladang jagung. Bisa juga, kalau lagi surut, lewat pantai kecil tersembunyi di balik tebing photo spot paling timur pantai kukup, kemudian menyusuri karang atau pantai ke arah timur.. . Sering dipakai camping oleh muda-mudi karena aksesnya yang sulit. Tidak ada fasilitas apa-apa kecuali sumur petani padi dan jagung.

    31 Desember 2018, 16:58 WIB

  10. Jejeran pantai sepanjang, dengan suasana pabtai dikelilingi perbukitan…mantap buat selfie2..

    5 Februari 2019, 04:52 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Porok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *