Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 70 km dari Kota Yogyakarta. Walaupun pantai ini sudah banyak di datangi para pengunjung namun kebersihan pantai dan lautnya tetap terjaga.

Destinasi wisata ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing indah yang tinggi. Tentu merupakan tempat yang sangat cocok untuk di jadikan destinasi tujuan wisata bersama teman-teman, keluarga, ataupun pasangan. Menariknya lagi, Pantai Siung ternyata sudah memiliki 250 jalur panjat tebing dengan standar internasional.

Ada sebuah tebing yang menjulang tinggi dari arah timur ke barat yang mirip dengan bentuk gigi kera atau dalam bahasa Jawa dikenal juga dengan sebutan Siung Wanara. Itulah yang mendasari nama pantai ini. Informasi tersebut berdasarkan cerita penduduk sekitar dengan berbagai mitos yang berkembang di Pantai Siung ini.

Pantai Siung bisa dibilang mempunyai lokasi cukup dekat dengan pantai lainnya di selatan Yogyakarta, seperti Pantai Wedi Ombo, Pantai Kukup, Pantai Nglambor, Pantai Kawuru, dan Pantai  Sepanjang. Semua destinasi pantai ini hanya di pisahkan oleh tebing-tebing yang tinggi.

Harga Tiket Masuk

Biaya masuk ke Pantai Siung Rp 10.000,-/orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya retribusi Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Jika Anda membawa kendaraan, Anda bisa memarkirkannya pada area parkir yang sudah tersedia dengan biaya dari Rp 2.000,-/motor atau Rp 5.000,-/mobil. Namun jika Anda berencana untuk melakukan camping dan memarkir kendaraan dalam waktu yang lama, akan dikenakan biaya tambahan.

Rute

Ada beberapa rute untuk menuju ke Pantai Siung, yaitu:

1. Dari Kota Yogjakarta

Anda bisa masuk dari arah Jalan Piyungan kemudian menuju Wonosari, terus ke selatan menuju arah Pantai Baron. Tidak jauh dari sana sekitar 9 km, ada pertigaan di Desa Mulo, kemudian lurus terus menuju arah Pantai Baron, kemudian masuk jalur Mentel – Bintaos – Tepus – Pertigaan Winangun. Setelah itu, belok kanan langsung menuju Pantai Siung.

Jarak perjalanan yang di tempuh dari Wonosari ke Pantai Siung kurang lebih sekitar 40 km, kondisi jalan di beberapa tempat agak sempit, berkelok-kelok, dan medanya naik turun sehingga akan membuat perjalanan terasa lebih lama.

2. Jalur Alternatif dari Kota Yogyakarta

Masuk ke arah Wonosari terus saja menuju ke Desa Mulo, kemudian dari pertigaan Mulo ini lurus terus ke arah Pantai Baron. Dengan jarak kurang lebih 1 km sebelum Pantai Baron, terdapat suatu pertigaan, kemudian Anda bisa belok kiri arah ke Pantai Kukup, kemudian Pantai Sepanjang – Pulau Drini – Pantai Krakal – Pantai Sundak, hingga tiba di Pantai Indrayanti, terus menuju ke Desa Tepus kemudian dari pertigaan Winangun belok ke kanan arah Pantai Siung. Sebenarnya jarak ini lebih jauh dan memakan waktu lebih lama dibandingkan rute yang pertama, namun kelebi0han yang didapat yaitu Anda bisa menyusuri pantai lainnya yang berada di sekitar Gunung Kidul.

3. Dari Klaten

Masuk ke arah Semanu – Giripanggung – Sumberwungu – Klayu – Gude – Blekonang – Winangun hingga kemudian sampai di Pantai Siung. Anda juga bisa menggunakan rute dari Giripanggung – Cuelo ke arah selatan – Winangun – kemudian tiba di Pantai Siung.

4. Dari Solo

Bergerak dari arah Praci, kemudian ambil jalan ke arah Kecamatan Rangkop atau Kecamatan Baran. Setelah itu lanjut ke arah Nglindur di selatn selatan, kemudian Anda akan dihadapkan dengan pertigaan sebelum pasar Ngrancah, belok kanan dari sana masuk ke Pasar Jepitu. Kemudian lurus terus ke arah pertigaan Winangun, belok kiri, dan tiba di Pantai Siung.

5. Jalur Alternatif Dari Solo

Anda bisa masuk ke arah timur ataupun utara menuju  ke arah Song Banyu atau Pantai Sadeng, kemudian setelah menemukan pertigaan, belok ke kanan arah Pasar Ngrancah. Anda juga bisa belok kiri dengan arah ke Pantai Sadeng, kemudian menuju Pasar Jepitu, lurus terus hingga pertigaan Winangun, kemudian belok kiri untuk tiba di Pantai Siung.

Obyek Wisata

1. Panjat Tebing

Tebing Pantai Siung

Pada tahun 1989 karang di sekitar Pantai Siung digunakan oleh pecinta alam yang berasal dari negara Jepang untuk melakukan aktivitas panjat tebing. Hingga saat ini, pemerintah Yogyakarta pun terus mengembangkan kegiatan panjat tebing yang berpotensi menjadi daya tarik wisata.

Menariknya lagi, destinasi wisata ini juga pernah dijadikan sebagai tempat untuk lomba panjat tebing dalam rangka ASEAN Climbing Gathering dimana pesertanya mencapai 250 orang dan berasal dari beberapa negara Eropa dan Asia. Dengan begitu, pantai ini juluki Siung beach, The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

2. Camping

Bagi para pengunjung yang ingin lebih lama menikmati keindahan Pantai Siung, Anda dapat mendirikan tenda di area camping yang sudah disediakan yaitu di bagian timur dari pantai. Jika senja tiba, Anda dapat melihat indahnya pemandangan matahari terbenam dengan angin sepoi-sepoi, suara deburan ombak, serta harum lautan yang khas.

Bila malam tiba, Anda bisa menikmati pemandangan langit luas dengan taburan bintang-bintang yang indah jika tidak mendung. Di area camping ini juga tersedia rumah panggung yang di gunakan untuk melihat pemandangan laut agar lebih luas jangkauannya. Rumah panggung ini mampu menampung hingga 15 orang pengunjung.

3. Melihat Kera

Tidak hanya floranya dan pemandangannya saja yang indah, di atas tebing juga terdapat gerombolan kera yang akan turun ke pantai jika kondisi pantai sepi. Tenang saja,  kera-kera tersebut tidak akan mengganggu selama Anda juga tidak mengganggu mereka. Anda bisa berfoto dengan kera-kera itu tetapi dari kejauhan, hati-hati dengan barang bawaan jika ingin melihat kera dari dekat.

4. Bermain Di Pantai Pasir Putih

Pasir Putih Pantai Siung

Seperti beraktivitas saat berada di pantai pada umumnya, Anda bisa bersantai di bawah pohon sambil mendengarkan deburan ombak dan angin darat, berfoto, bermain air dengan teman-teman, dan membuat permainan atau menggambar sesuatu pada pasir.

5. Menaiki Bukit

Anda juga dapat menjelajahi tepian-tepian Pantai Siung di sebelah timurnya untuk menaiki sebuah bukit. Sudah tersedia jalur yang dapat di gunakan oleh para pengunjung sehingga mempersingkat waktu kita dan mempermudah para pengunjung jika ingin tiba di puncak bukit.

Dihimbau untuk para wisatawan, tetap harus berhati-hati ketika mendaki karena ada jurang yang curam dan terjal di sebelahnya. Dari atas bukit ini pemandangan Pantai Siung dapat kita lihat secara keseluruhan dan merupakan spot yang cocok untuk menyaksikan sunset.

6. Berfoto

Jangan sampai Anda lupa untuk mengabadikan momen terbaik yang ada di Pantai Siung. The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta yang satu ini sudah pasti memiliki spot foto terbaik yang wajib Anda abadikan momennya mengingat zaman sekarang berfoto/update merupakan hal yang wajib dalam sebuah aktivitas wisata. Bahkan, di hari libur atau weekend, banyak sekali beberapa fotografer yang sengaja datang untuk mencari spot foto terbaik di Pantai Siung.

Berbagai spot wisata tersebut tentu tidak akan bisa dirasakan secara langsung jika Anda sendiri tidak mengunjunginya. Jadi, tentukan tanggal dan waktu yang cocok untuk berlibur, buktikan sendiri keindahan Pantai Siung secara langsung!

Ulasan Pengunjung

  • Diiana ayu
    seminggu yang lalu
    Pantainya baguss pake bangettt... bersihnya minta ampun deh.. nggk bakal nyesel.. walaupun agak jauh dari pusat kota tapi memuaskan... waktu itu puasa dan sore banget jadinya nggak terlalu ramai.. hanya penduduk lokal... dan pedagang warung di pinggir pantainya jual ikan" segar yang sudah di olah... tehnya pakai gula batu seger sekali wkwk... jarak tempat parkir mobil dan pantai itu deket jadi kita nggak perlu jalan jauh seperti di pantai nglambor... spot foto yang banyak dan instragamable deh... pasir putih bersih ... guddd place👍👍👍 sekitar 1 jam lebih sedikit dari pusat jogja dan sekitar 45menit dari wonosari..
  • Aylin Alicia
    seminggu yang lalu
    Aku suka sama pantai siung karena simbah ku tinggal disana persis didekat pantai dan kamar mandi² yg banyak itu punya simbah saya 👍👍👍🤗🤗🤗aku beneran lo sumpah suer ✌✌✌
  • willy alnect
    sebulan yang lalu
    Pantai ini salah satu dari deretan pantai eksotik di Gunungkidul. Begitu sampai kita disambut hembusan angin laut yg yg hanya berjarak belasan meter dari tempat parkir yang luas. Pemandangan indah dengan batu karang yg besar berbentuk Siung ( tunas bawang). Deretan bukit yang mengapit pantai inipun adalah destinasi indah. Sebelah kiri (timur) kita bisa tracking melintasi perbukitan menuju bukit Ragil yg indah, air terjun banyu tibo yg luar biasa. Dan camping di bukit Pengilon yg hijau.. Bukit sebelah barat pantai siung tak kalah indahnya dan sdh dikelola berupa jembatan gantung, area panjat tebing skala internasional, dan Songlibek yg indah. Untuk masuk kearea ini dipungut biaya 25rb (cukup mahal).
  • Rintan Titisari
    seminggu yang lalu
    pertama kesini dulu ngecamp brg temen kampus dan pas lg pertamanya ngecaml di pantai.. sayhdu banget suasana pantai siung.. pemandangannya juga top
  • Tryanto 1992
    dalam minggu terakhir
    Skrang sudah ada tempat untuk selfie diatas batu karang dan juga ada jembatan diatas tebing,bayarnya tidak terlalu mahal,bagi yg suka selfi2 silahkan datang ke sini.