Pantai Jogan

Pantai Jogan

Alamat: Pantai Jogan, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Diantara beberapa pantai pasir putih di Gunungkidul, Yogyakarta, yang hanya memberikan keindahan alam dengan hamparan pasir putihnya saja, Pantai Jogan hadir dengan kealamiannya yang mengundang dercak kagum banyak wisatawan. Jika berkunjung ke Pantai Jogan, Anda akan mendapatkan sebuah pemandangan elok dari sebuah air terjun yang mengucur dengan deras.

Pantai ini dinilai pantai yang unik, namun sayangnya belum tidak terlalu dikenal banyak orang, berbeda seperti Pantai Indrayanti atau pun Pantai Parangtritis yang sudah familiar terdengar namanya di kalangan para traveller. Oleh karena itu Pantai Jogan dinilai menjadi pantai yang masih perawan karena jarang dijamah oleh wisatawan. Jumlah pengunjung yang datang setiap harinya pun masih tergolong sedikit.

Dilihat dari namanya, pantai ini mengandung arti yang sangat dalam. Jika diartikan dalam Bahasa Jawa, ‘jogan’ berarti ‘lantai’. Entah bagaimana filosofi sebenarnya dari pantai ini, yang pasti nama Pantai Jogan ini sesuai dengan keindahan dari destinasi wisatanya. Pantai ini juga dilewati air sungai yang mengalir deras bak air terjun. Mungkin dari situ diberi nama Pantai Jogan karena airnya akan mengalir dari atas ke dasar atau bibir pantai secara langsung.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan pantai ini hanya dengan Rp 3.000,- saja, sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua hanya Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk roda empat. Dengan harga tiket masuk yang masih murah dibanding pantai pasir putih lainnya, sebanding dengan fasilitas yang didapat.

Disana fasilitasnya belum lengkap seperti area parkir yang belum luas, jalanan yang belum di cor sehingga kendaraan roda empat tidak bisa lewat dan harus parkir di jarak yang cukup jauh dari Pantai Jogan, serta warung makan yang belum banyak di sekitar pantai.

Rute

Lokasi yang masih asri dan bersih ini menjadikan Pantai Jogan tetap terjaga keindahannya, ditambah dengan gemericik air terjun yang dapat didengar setiap saat. Air terjun  tersebut berasal dari sungai yang mengalirkan airnya langsung ke tepi pantai. Lokasi kawasan Pantai Jogan ini terletak di Dusun Dawet, Tepus, Gunungkidul yang sebagian wisatawan menganggap kawasan tersebut adalah kawasan sejuta pantai.

Rute perjalanan menuju ke Pantai Jogan cukup mudah, hanya melewati Jalan Wonosari dan menuju ke Kota Wonosari. Sebelum kantor Polres, ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Pantai Siung, Pantai Nglambor, dan Pantai Jogan. Ambil rute yang mengarahkan ke Pantai Jogan.

Objek Wisata

Walaupun tidak dalam musim penghujan sekalipun, wisatawan tetap dapat menikmati air terjun tersebut karena berasal dari sungai langsung yang memiliki air yang sangat bersih. Air yang mengalir deras dari atas akan turun dan menerjal batu karang di bibir pantai. Biasanya wisatawan yang datang sengaja berdiri di bawah air terjun untuk merasakan sensasi diguyur air dari atas.

Wisata

1. Air Terjun

Air Terjun Pantai Jogan

Pantai ini adalah pantai satu-satunya di Gunungkidul yang memiliki air terjun di dalamnya. Jadi selain ombak, pasir putih, dan karang yang menjadi hiburan pengunjung selama di pantai, air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 12 meter dari atas, terlebih lagi jika datang sewaktu musim penghujan, air yang mengucur akan semakin deras. Air yang dihasilkan dari sungai adalah air tawar, namun jika sudah turun sampai bawah terasa asin karena bercampur dengan air laut.

Air yang dihasilkan di Pantai Jogan ini konon berasal dari sumber air perbukitan karst yang terletak di bagian utara pantai. Selain air terjun, di area pantai ini dipenuhi dengan Pohon Palma yang membuat tempat wisata ini menjadi semakin rindang dan sejuk. Untuk menikmati keindahan pantai yang menyatu dengan air terjun ini Anda dapat menempuh selama 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km dari pusat kota Yogyakarta.

2. Pantai Nglambor

Biasanya wisatawan mengunjungi Pantai Jogan hanya sebentar untuk sekedar menikmati air terjunnya, lalu melanjutkan perjalanan lagi ke Pantai Nglambor untuk snorkeling. Namun sayangnya, akses menuju pantai satu dengan pantai yang lainnya masih terjal dan tidak bisa dilalui kendaraan pribadi.

pantai-nglambor

Jadi sebagian wisatawan yang ingin menuju Pantai Nglambor harus rela berjalan kaki melewati perbukitan batu karang dari Pantai Jogan. Jika ingin membawa kendaraan pribadi langsung, sharus memutar arah dan sangat lebih jauh. Biasanya wisatawan lebih memilih untuk berjalan kaki karena dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Kuliner

Salah satu kekurangan dari wisata Pantai Jogan ini adalah minimnya tempat untuk memburu kuliner. Berbeda dengan pantai lainnya yang mayoritas menyajikan menu laut, di pantai ini hanya tersedia beberapa warung yang menjual minuman dan makanan cepat saji seperti pop mie.

Jadi untuk Anda yang penasaran dengan keindahan di Pantai Jogan, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman karena pantai ini masih sedikit sulit untuk mendapatkan makanan. Pantai ini masih terbilang sepi pengunjung, namun pemandangan dan keindahan yang diberikan tidak kalah elok dibanding pantai lainnya.

Walaupun perjalanan dari Pantai Jogan ke Pantai Nglambor yang memakan usaha yang sangat keras karena harus naik turun bukit, dan beberapa fasilitas yang kurang memadai lainnya, namun perjalanan Anda tidak akan terlupakan. Jadi jika Anda ingin berwisata ke berbagai pantai pasir putih di Gunungkidul, Yogyakarta ini sempatkan mampir di Pantai Jogan. Selamat berlibur ke Jogja!

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Jogan

  1. Pantai yang unik karena dihiasi air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Berada di sebelah Barat Pantai Siung, jalan yang dilalui berupa corblok yang bagian tengahnya tidak dibeton. Sangat disarankan untuk datang pada penghujung musim penghujan karena pada puncak musim hujan jalan akan menjadi licin, sedangkan pada musim kemarau air terjun menyusut, bahkan kering. Pada saat sunset pemandangan di pantai ini akan semakin eksotis.

    11 April 2018, 16:33 WIB

  2. SERU NYOBAIN CANYONING-NYA. Airnya juga masih bersih dan jernih, cukup indah lah. Sama seperti pantai-pantai selatan Jogja yang area Siung sampai Wedi Ombo, kekurangan di Jogan adalah insfrastruktur jalan yang belum rapi. Tapi setelah main ke sana, ya soal akses bisa dimaklumi karena terbayar oleh serunya.

    19 April 2018, 11:18 WIB

  3. PantI nya indahh bangettt ya. Bner2 wahhhhh. Tpi hati2 dengan batunya. Licinnn bangettt guys. Trus siapin uang kecil. Krna di setiap spot foto ada tarif nya.

    26 April 2018, 08:48 WIB

  4. Ini pengalaman baru yang saya temukan, karena saya bisa melihat air terjun langsung kelaut, sayangnya saya datang di waktu yang salah, debit air terjunnya sangat kecil, kalau mau berkunjung kesini kata si penjaga bagus dari bulan desember hingga februari.

    10 Juni 2018, 16:16 WIB

  5. pantai yang sangat recomended bagi penikmat keindahan alam.disini kita dapat menemukan keindahan pepohonan yang hijau,pantai dengan air jernih,serta air terjun sekaligus dalam 1 lokasi.ombaknya pun cukup indah untuk dinikmati.sunset disini terasa indah berbeda dengan pantai2 yg lain.terutama di akhir musim penghujan karena air terjunnya jg masih cukup besar.kekurangan hanya akses jalan kesininya yang masih belum baik,serta perlu penertiban dari pemerintah terhadap pungutan2 liar spot foto

    25 Juni 2018, 01:40 WIB

  6. Pantai yang sangat bagus, walaupun perjalanan ke lokasi sangat susah sehingga terdapat penyewaan jeep dan ojek dari warga setempat, tetapi ketika sudah sampai, anda akan sangat puas dengan hamparan alam yang di suguhkan, jangan lupa untuk mengecek kendaraan anda jika anda kesana, karena medan yang di lalui cukup berat, jangan pernah buang sampah sembarangan, jagalah alam yang telah di bentuk dengan sangat baik oleh tuhan, tempat yang sangat-sangat rekomen bagi para wisatawan, mantaaaaaaapppppppppppppppppppp

    29 Juni 2018, 23:22 WIB

  7. Pantai yang sangat indah, bisa buat snorkeling, selfie dan juga banyak wahana. Namun untuk sampai ke sini bisa menggunakan ojek dari parkirannya.

    12 Agustus 2018, 22:16 WIB

  8. Very good place…. Tempat yang menunjukkan keindahan waterfall yang langsung terjun mengarah ke Laut lepas… Untuk sampai ke sana membutuhkan waktu 2 jam dari jogja… Lokasi tempatnya sebelahan dengan pantai timang, dari jalan aspal ke pantai ini melalui jalan yang masih berbatu dan ngk terlalu jauh kok… Disana hanya bayar parkir (3rb) dan tiket masuknya sekitar 10rb/orang… Perjalanannya Emng jauh sih guys tapi kalau sampai sana kalian dilanjutkan minum kopi Beuhhh Asikkk smbil liat laut lepas…. Recommended kok tapi liat cuaca ya guys kalau mau datang ke sana… Hayoookk monggo di coba…

    21 Agustus 2018, 03:07 WIB

  9. Air terjun langsung menembus ke pantai, bagus pantainya, tapi sayangnya masih sepi pengunjung & ga ada penjual

    2 September 2018, 06:34 WIB

  10. Salah satu pantai yang menyajikan pemandangan yang romantis, selain disajikan deburan ombak, hembusan angin ada juga spot goa yang bisa kita telusuri dan juga pemandangan air terjun yang indah langsung mengalir ke laut lepas, tersedia tempat istirahat berupa gubuk yang nyaman dan bersih, warung makan, mushala dan fasilitas umum lainnya, tersedia juga mushala yang bersih, yang berada dipinggir jalan menuju pantai nya. Untuk akses lokasinya cukup mudah dan untuk kendaraan beroda dua bisa langsung ke dekat pantai, sedangkan kendaraan bermotor roda empat hanya sampai khusus tempat parkir yang sudah di sediakan, nanti setengah itu jalan kaki sekitar kurang lebih 50meter

    9 Oktober 2018, 17:12 WIB

  11. Ingin menikmati keindahan air terjun yang berada di tepi pantai? Datang ke Pantai Jogan adalah pilihan yang paling tepat. Sama seperti Pantai Banyu Tibo di Pacitan, Pantai Jogan adalah sebuah pantai yang memiliki air terjun sangat indah.. . Pantai Jogan memiliki tebing-tebing menjulang khas pegunungan kapur, Air terjun yang terdapat di pantai ini jatuh dari atas tebing langsung menuju laut. Di sini, selain menikmati indahnya pantai dan deburan ombak. Anda juga bisa menikmati guyuran air terjun yang segar. Meskipun memiliki keindahan yang unik, sayangnya pantai ini sering luput oleh perhatian para wisatawan.

    14 November 2018, 04:06 WIB

  12. Penasaran sm pantai ini krn katany mirip pantai banyutibo ny pacitan. Udh bela2in mampir ksini ternyata air terjunny ky air kencing, kecil bgt nyaris gak kliatan air yg jatuh. . Kl curah hujanny tinggi mau ksini lg lah..

    16 November 2018, 01:35 WIB

  13. Pantai yg indah. Bagus kalo sdah musim hujan

    20 November 2018, 02:52 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Jogan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *