Pantai Jogan

95x dibaca

Pantai Jogan
Nama Pantai Jogan
Lokasi Pantai Jogan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Ulasan (4 / 5)

Diantara beberapa pantai pasir putih di Gunungkidul, Yogyakarta, yang hanya memberikan keindahan alam dengan hamparan pasir putihnya saja, Pantai Jogan hadir dengan kealamiannya yang mengundang dercak kagum banyak wisatawan. Jika berkunjung ke Pantai Jogan, Anda akan mendapatkan sebuah pemandangan elok dari sebuah air terjun yang mengucur dengan deras.

Pantai ini dinilai pantai yang unik, namun sayangnya belum tidak terlalu dikenal banyak orang, berbeda seperti Pantai Indrayanti atau pun Pantai Parangtritis yang sudah familiar terdengar namanya di kalangan para traveller. Oleh karena itu Pantai Jogan dinilai menjadi pantai yang masih perawan karena jarang dijamah oleh wisatawan. Jumlah pengunjung yang datang setiap harinya pun masih tergolong sedikit.

Dilihat dari namanya, pantai ini mengandung arti yang sangat dalam. Jika diartikan dalam Bahasa Jawa, ‘jogan’ berarti ‘lantai’. Entah bagaimana filosofi sebenarnya dari pantai ini, yang pasti nama Pantai Jogan ini sesuai dengan keindahan dari destinasi wisatanya. Pantai ini juga dilewati air sungai yang mengalir deras bak air terjun. Mungkin dari situ diberi nama Pantai Jogan karena airnya akan mengalir dari atas ke dasar atau bibir pantai secara langsung.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan pantai ini hanya dengan Rp 3.000,- saja, sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua hanya Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk roda empat. Dengan harga tiket masuk yang masih murah dibanding pantai pasir putih lainnya, sebanding dengan fasilitas yang didapat.

Disana fasilitasnya belum lengkap seperti area parkir yang belum luas, jalanan yang belum di cor sehingga kendaraan roda empat tidak bisa lewat dan harus parkir di jarak yang cukup jauh dari Pantai Jogan, serta warung makan yang belum banyak di sekitar pantai.

Rute

Lokasi yang masih asri dan bersih ini menjadikan Pantai Jogan tetap terjaga keindahannya, ditambah dengan gemericik air terjun yang dapat didengar setiap saat. Air terjun  tersebut berasal dari sungai yang mengalirkan airnya langsung ke tepi pantai. Lokasi kawasan Pantai Jogan ini terletak di Dusun Dawet, Tepus, Gunungkidul yang sebagian wisatawan menganggap kawasan tersebut adalah kawasan sejuta pantai.

Rute perjalanan menuju ke Pantai Jogan cukup mudah, hanya melewati Jalan Wonosari dan menuju ke Kota Wonosari. Sebelum kantor Polres, ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Pantai Siung, Pantai Nglambor, dan Pantai Jogan. Ambil rute yang mengarahkan ke Pantai Jogan.

Objek Wisata

Walaupun tidak dalam musim penghujan sekalipun, wisatawan tetap dapat menikmati air terjun tersebut karena berasal dari sungai langsung yang memiliki air yang sangat bersih. Air yang mengalir deras dari atas akan turun dan menerjal batu karang di bibir pantai. Biasanya wisatawan yang datang sengaja berdiri di bawah air terjun untuk merasakan sensasi diguyur air dari atas.

Wisata

1. Air Terjun

Air Terjun Pantai Jogan

Pantai ini adalah pantai satu-satunya di Gunungkidul yang memiliki air terjun di dalamnya. Jadi selain ombak, pasir putih, dan karang yang menjadi hiburan pengunjung selama di pantai, air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 12 meter dari atas, terlebih lagi jika datang sewaktu musim penghujan, air yang mengucur akan semakin deras. Air yang dihasilkan dari sungai adalah air tawar, namun jika sudah turun sampai bawah terasa asin karena bercampur dengan air laut.

Air yang dihasilkan di Pantai Jogan ini konon berasal dari sumber air perbukitan karst yang terletak di bagian utara pantai. Selain air terjun, di area pantai ini dipenuhi dengan Pohon Palma yang membuat tempat wisata ini menjadi semakin rindang dan sejuk. Untuk menikmati keindahan pantai yang menyatu dengan air terjun ini Anda dapat menempuh selama 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km dari pusat kota Yogyakarta.

2. Pantai Nglambor

Biasanya wisatawan mengunjungi Pantai Jogan hanya sebentar untuk sekedar menikmati air terjunnya, lalu melanjutkan perjalanan lagi ke Pantai Nglambor untuk snorkeling. Namun sayangnya, akses menuju pantai satu dengan pantai yang lainnya masih terjal dan tidak bisa dilalui kendaraan pribadi.

pantai-nglambor

Jadi sebagian wisatawan yang ingin menuju Pantai Nglambor harus rela berjalan kaki melewati perbukitan batu karang dari Pantai Jogan. Jika ingin membawa kendaraan pribadi langsung, sharus memutar arah dan sangat lebih jauh. Biasanya wisatawan lebih memilih untuk berjalan kaki karena dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Kuliner

Salah satu kekurangan dari wisata Pantai Jogan ini adalah minimnya tempat untuk memburu kuliner. Berbeda dengan pantai lainnya yang mayoritas menyajikan menu laut, di pantai ini hanya tersedia beberapa warung yang menjual minuman dan makanan cepat saji seperti pop mie.

Jadi untuk Anda yang penasaran dengan keindahan di Pantai Jogan, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman karena pantai ini masih sedikit sulit untuk mendapatkan makanan. Pantai ini masih terbilang sepi pengunjung, namun pemandangan dan keindahan yang diberikan tidak kalah elok dibanding pantai lainnya.

Walaupun perjalanan dari Pantai Jogan ke Pantai Nglambor yang memakan usaha yang sangat keras karena harus naik turun bukit, dan beberapa fasilitas yang kurang memadai lainnya, namun perjalanan Anda tidak akan terlupakan. Jadi jika Anda ingin berwisata ke berbagai pantai pasir putih di Gunungkidul, Yogyakarta ini sempatkan mampir di Pantai Jogan. Selamat berlibur ke Jogja!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

6 ulasan untuk Pantai Jogan

  1. Pantai Jogan bisa dikatakan berbeda dr pantai2 lainnya di pesisir pantai selatan Jogja.. Klo boleh saya bilang ini adalah McWay Beach Waterfall nya Jogja.. Lokasi berada di sebelah barat Pantai Siung.. Untuk ke Pantai Jogan diperlukan kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Jogja.. Jalan menuju Pantai Jogan bisa dibilang cukup mudah.. Sesampainya di pos retribusi Pantai Siung artinya Pantai Jogan sudah dekat kurang lebih 400 meter dari pos tersebut.. Selanjutnya akan terlihat papan kayu penunjuk arah Pantai Jogan.. Barulah jalan block cor akan memandu teman2 menuju Pantai Jogan.. Untuk bisa menikmati guyuran air dari atas tebing teman2 bisa turun ke bawah.. Ada 2 cara untuk turun, pertama dengan teknik canyoning alias rappeling di air terjun.. Hal ini dilakukan karna jembatan bambu yang dipasang oleh warga rusak dikarenakan dihantam ombak besar saat kami ke sana.. Dan kedua menapaki turunan licin dan basah.. Untungnya tersedia kayu2 pegangan sbg penopang tubuh.. Tapi teman2 harus dan wajib berhati2 karna turunan yang sangat curam.. Teman2 juga akan melihat ribuan bayi2 kepiting berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm.. Nah setelah itu sampailah teman2.. Nikmatilah.. Tataplah ke arah Samudera Hindia dan lihatlah Poseidon melempar gulungan ombak yg seolah siap melahap dan dibalik punggung suara air terjun memekakkan telinga.. Tak perlu merasa ngeri, nikmatilah keramahan percikan air saat kaki2 air menjamah kerasnya batuan karang.. Jangan lupa alangkah baiknya teman2 ke sana saat musim penghujan karna debit air cukup deras sedangkan saat musim kemarau debit air sangatlah kecil.. Dan tetap jaga lingkungan yaa.. NO NYAMPAH..!!!

  2. Tempatnya asyik,,, masih sejuk dan belum banyak yg datang. Air terjunnya juga bagus,, cocok kalo mau main air. Aksesnya lumayan mudah, gak terlalu sulit dan ada warung untuk tempat nyantai atau pesan makanan

  3. pantai bertebing,,ya cuma sekedar bisa brfoto,,bagus la,,kalo mandi di laut gak bisa,,fasilitas lengkap,,tempa bersih,agak bertaman/berrumput bagus,,,banyak persewaan untuk tempat berfoto

  4. Pantai yang unik karena dihiasi air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Berada di sebelah Barat Pantai Siung, jalan yang dilalui berupa corblok yang bagian tengahnya tidak dibeton. Sangat disarankan untuk datang pada penghujung musim penghujan karena pada puncak musim hujan jalan akan menjadi licin, sedangkan pada musim kemarau air terjun menyusut, bahkan kering. Pada saat sunset pemandangan di pantai ini akan semakin eksotis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *