Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Alamat: Jl. Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Pantai Sepanjang adalah pantai pasir putih yang memiliki luas area yang cukup luas. Sesuai dengan namanya, pantai ini terkenal dengan pantai yang sangat panjang sehingga diberi nama ‘Pantai Sepanjang’. Hamparan pasir putih dan laut yang berwarna biru tosca membuat pantai ini masih diburu wisatawan setiap harinya.

Berbeda dengan pantai pasir putih lainnya di kawasan Gunungkidul, di pantai ini tidak ada batu karang yang berada di tepian pantai, jadi bagi Anda tidak perlu khawatir menginjak batu karang yang membuat kaki Anda sakit karena pantai ini terkenal dengan butiran pasirnya sangat halus.

Lokasi pantai ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai pasir putih di pesisir selatan Kota Gudeg ini, Anda perlu menempuh perjalanan darat sejauh kurang lebih 70 km selama 2 jam dari pusat kota Jogja. Saat Anda sudah sampai di area lokasi pantai ini, lelah Anda akan terbayar dengan desiran ombak dan kesegaran udara alam di area pantai.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengakses ke area Pantai Sepanjang hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- setiap orang sebagai biaya retribusi. Harga tiket retribusi ini sudah termasuk biaya untuk mengakses pantai lainnya di dalam area ini seperti Pantai Sundak maupun Pantai Krakal. Selain itu, Anda harus dikenakan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 3.000,- dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Keunggulan dari pantai ini salah satunya yaitu jarak antara tempat parkir dan tepian pantai tidak jauh, Anda hanya perlu berjalan beberapa meter saja.

Rute

Pantai yang dianggap mirip dengan Pantai Kuta di Bali ini memang masih menarik minat wisatawan domestic maupun mancanegara. Pantai yang luas, panjang, dengan hamparan pasir putih yang halus membuat pantai ini semakin mirip dengan pantai di Pulau Dewata itu. Jalanan menuju pantai ini juga sudah sangat bagus, seluruhnya sudah halus beraspal, jadi Anda bisa membawa kendaraan roda empat maupun dua.

Ada beberapa pilihan alternatif rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke lokasi Pantai Sepanjang yaitu sebagai berikut :

1. Melalui Daerah Piyungan

Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Wonosari-Jalan Baron-Kemadang-Baron pertigaan ambil ke arah timur-Pantai Kukup ambil ke arah timur-Pantai Sepanjang

2. Melalui Piyungan alternatif kedua

Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Wonosari-Mulo ambil ke kiri-Tepus-Pantai Indrayanti-Pantai Sundak-Pantai Krakal-Pantai Sepanjang

3. Melalui Bantul

Yogyakarta-Bantul-Purwosari-Panggang-Saptosari-Pantai Baron ambil ke kiri-Pantai Kukup ambil ke timur-Pantai Sepanjang

Beberapa pilihan rute tersebut memakan waktu yang berbeda-beda, namun sebaiknya Anda memilih rute perjalanan sesuai dengan keberadaan Anda saat itu dan jangan sampai Anda salah dalam memilih jalur perjalanan.

Objek Wisata

1. Gubug-gubug di area pantai

Tempat ini biasanya dimanfaatkan para pengunjung sebagai spot untuk berfoto dan diunggah di media sosial seperti Instagram. Gubug ini terletak di bibir pantai dan beratapkan daun kering. Selain untuk berfoto di gubug ini biasanya digunakan pengunjung untuk istirahat sejenak atau sekedar tempat untuk menaruh barang-barangnya.

2. Spot tempat untuk bersantai

https://www.pantainesia.com/wp-content/uploads/2018/04/Panjang-Sepanjang-Gunung-Kidul.jpg

Bukan hanya gubug, di pantai ini juga memiliki beberapa ‘lincak’ atau kursi panjang dari bambu yang bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk dan bersantai sambil menikmati semilir angin. Spot ini bisa anda jadikan sebagi temapt untuk berkumpul besama keluarga, para kerabat, atau dengan orang terkasih sambil menikmati bekal piknik atau sekedar menikmati pemandangan alam di pantai Sepanjang.

3. Area Perkemahan yang Asyik

Walaupun Pantai Sepanjang digadang-gadang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun pantai ini memiliki keunggulan lainnya yaitu mengajak Anda lebih dekat dengan alam. Disana tidak ada penginapan ataupun vila yang digunakan untuk menginap, jika Anda tertarik untuk bermalam di area pantai Anda dapat membangun tenda di area pantai sambil mengadakan api unggun di malam harinya sambil menikmati suasana pantai dengan teman-teman.

4. Wisata Kuliner yang Patut anda Coba

Selain belum ada penginapan atau villa, pantai juga ini juga tidak ada warung yang menyediakan olahan kuliner laut, beberapa diantaranya hanya menjual minuman botol dan makanan ringan saja sebagai pilihan Anda melepas dahaga dan haus. Karena di tempat ini belum menyediakan warung makan, sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri namun harus tetap menjaga kebersihan area pantai dan jangan membuang sampah di sembarang tempat.

Pantai Sepanjang Jogja

5. Wisata Susur Pantai Sepanjang yang Menarik

Pantai Sepanjang terkenal dengan keindahan pantai yang menyejukkan dan membuat nyaman siapa saja yang mengunjungi tempat wisata alam tersebut. Pantainya pun sangat bersih sehingga sangat cocok sekali untuk melakukan kegiatan wisata menyusuri pantai. Indahnya pasir putih dan panorama laut menjadikan kegiatan berlibur anda bersama keluarga maupun teman semakin berwarna.

Pantai ini juga belum dilengkapi dengan persewaan seperti payung pantai, sepeda, dan lain-lain seperti pantai lainnya. Pantai Sepanjang ini sudah banyak didatangi wisatawan domestic maupun mancanegara walaupun fasilitas yang ditawarkan belum terlalu lengkap seperti pantai lainnya. Salah satu alasan yang membuat pantai ini disukai wisatawan karena pantai ini masih asri dan areanya yang masih bersih.

Walaupun belum memiliki fasilitas yang memadai, fasilitas standart sudah ada di area pantai ini seperti musholla, toilet, dan area parkir yang cukup luas. Apabila Anda sudah merasa puas mengelilingi kawasan pantai ini, Anda bisa melanjutkan mengunjungi Pantai Krakal ataupun Pantai Sundak. Selamat berlibur!

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sepanjang

  1. Pantainya lumayan bagus, tali g bisa berenang karena ombaknya terlalu besar. Pasirnya tidak terlalu bagus. Parkiran dengan pantai tidak terlalu jauh.. . Ada kampung lobster yang harganya tidak terlalu mahal, 1kg 400rb. Menu lainnya juga enak. Ada menu paketan untuk group.. Ada tempat lesehan dan meja.. . Toilet yg dekat restoran bersih, klo yang toilet dekat musholah tidak terlalu bersih, gelap.. . Parkiran luas.

    28 April 2018, 22:06 WIB

  2. Pantainya bersih, . Pemandangannya bagus . Pantai dengan ombak lepas . Banyak yang menawarkan seefood . Rasanya juga lumayan dan gak terlalu mahal. Parkirannya lumayan luas . Toilet dan mushola sudah tersedia . . Lokasi nya berdekatan dengan pantai pantai sekitar. Lumayan lah pokok. Dan gak nyesel kesini . Bagus banget view di pantai gunung kidul. Salah satunya ya pantai sepanjang

    30 April 2018, 22:49 WIB

  3. Pantai didaerah gunung kidul emang semuanya bagus.. Semua pantai berpasir putih..kecuali pantai baron yg agak item pasirnya.. Pantai sepanjang ini cocok buat liburan brg keluarga atau temen.. Papan penunjuk jalannya jelas.. Jlannya mudah diakses pake mobil ataupun motor.. Disepanjang pantai banyak yg jual makanan mulai nasi goreng mie ataupun ikan ikan sejenisnya.. Rata rata harga makanannya pun masih rasional.. Untuk lebih amannya sih cari tempat makan yg cantumin harganga di menu or di banner.. Untuk toilet buat mandi jg banyaaak.. Gaperlu bingung kalau abis maenan air or berenang gtcyu.. Daerah sini juga nyewain tenda kok yg berencana ngecamp.. Atau bisa juga tdur di gasebo gasebo para pedagang sambil ngopi.. Paling enak kesini sekalian bawa gitar.. Uhh syahdu… Jangan lupa siapin batre kamera atau hp buat foto2 ya… Selamat menikmati keindahan pantai jogja dan orang orangnya yg begitu hangatt 😍

    4 Mei 2018, 05:23 WIB

  4. Suka sekali, bisa santai di sebelah tebing karang…hanya perlu ditambah pendopo agak besar jika ada acara berombongan….udang tepungnya murah dan kriukkk

    25 Mei 2018, 13:28 WIB

  5. Pantai dengan pasir putih yg sangat luas dan bersih,, dasar pantai nya terlihat cantik dengan aneka binatang laut dan ikan warna-warni

    16 Juni 2018, 20:29 WIB

  6. Salah satu pantai di daerah gunung kidul yang bagus, dinamakan sepanjang karena mungkin areanya panjang sehingga dapat bermain puas dari ujung ke ujung tanpa harus berdesakan desakan dengan pengunjung lain, terdapat banyak warung makan yang dijadikan tempat istirahat untuk makan sambil menikmati keindahan pantai, harga dan menunyapun terjangkau, tempat parkirnya juga tidak terlalu jauh dari pantai, terdapat pula penjual aneka suvenir dan ikan, bagi yg mau membasuh badan setelah puas bermain2 air pantai disana terdapat banyak toilet dan musholla..

    2 Juli 2018, 00:28 WIB

  7. Dengan pantai yg panjang sesuai namanya. Dengan angin sepoi2 sambil minum air kelapa muda aduh nyaman sekali disini bersama ombak yg besar tapi tdk terlalu berbahaya karena ada agak kemiringan pantainya ada rmh mkn juga disini.

    6 Juli 2018, 22:04 WIB

  8. Fasilitas musholla kurang memadai, terlalu kecil dan kurang bersih tempat wudhunya juga kecil bgt… Tempat makan banyak sih… Penjual oleh2 juga banyak… Sayang pantai kurang bersih dan saya rasa pejangga pantai kurang informatif, atau malah gak ada ya? Tidak ada garis pengaman pantai juga…

    12 Juli 2018, 15:37 WIB

  9. Disinilah tim Bhinneka united melepaskan kepenatan dan bersuka ria…haha…. Salah satu pantai di Gunungkidul…pasir putih dan ombak yang lembut…tempat yg asik buat rekreasi…yuk guys..

    19 Juli 2018, 07:01 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sepanjang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *