Pantai Krakal

Pantai Krakal

Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia

4 Ulasan

Sudahkah Anda menentukan tempat berlibur untuk akhir pekan ini? Kalau belum waktunya sekarang Anda merencanakan segala sesuatu untuk melakukan petualangan di akhir pekan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi tempat untuk melepas lelah sekaligus melakukan hal-hal yang yang menyenangkan.

Ada banyak tempat wisata yang layak untuk dijadikan tempat melepas penat setelah rutinitas yang membuat kita merasa letih dan juga stress. Dan wisata alam merupakan tempat favorit bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Tugu Pantai Krakal

Pantai adalah salah satu wisata alam yang menjadi pilihan favorit bagi masyarakat saat ini. Pesona indah laut-nya serta deburan ombak mampu membuat pikiran lebih rileks lepas dari segala hal rutinitas yang penuh tekanan.

Ada banyak pantai yang indah di Indonesia di antaranya pantai laut selatan dimana menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Banyak pantai di laut selatan ini yang memiliki pemandangan indah seperti pantai Baron, pantai Kukup, pantai Parangtritis atau pantai Depok. Dan salah satu pantai yang terkenal adalah pantai Krakal yang ada di Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunungkidul

Berlibur ke kota Yogyakarta kurang lengkap rasanya apabila tidak mampir ke Gunungkidul. Karena wilayah tersebut menyajikan banyak sekali ragam wisata yang menarik dan juga populer di antaranya adalah Pantai Krakal.

Pantai yang sering dijadikan tempat istirahat oleh wisatawan yang menjelajah area Gunungkidul. Dikarenakan lokasi pantai yang sangat strategis dan menyediakan parkir yang cukup luas.

Pantai Krakal sendiri merupakan destinasi wisata yang layak untuk disinggahi. Selain Anda bisa menikmati keindahan laut-nya, Anda juga bisa mencicipi ragam kuliner-nya.

Lokasi pantai berada sekitar 37 kilometer arah kota Wonosari. Pantainya memiliki luas serta paling panjang apabila dibandingkan dengan Pantai Gunungkidul lainnya.

Tidak jauh dari Pantai Krakal terdapat wisata pantai Drini yang berjarak kurang lebih 2 kilometer disebelah timur. Wisata Pantai Krakal ini masih satu jalur dengan pantai Baron dan juga pantai Kukup.

Sejarah Pantai Krakal cukup unik, dimana terbentuk melalui berbagai proses alam yang panjang. Menurut penduduk sekitar tempat ini dahulunya berada  di dasar laut.

Kemudian terjadi sebuah aktivitas bumi yang bernama epirogenesa negatif dimana kerak bumi bergerak dan mengakibatkan lapisan bumi naik ke atas. Kemudian terbentuklah sebuah pantai yang hingga saat ini disebut Pantai Krakal.

Bukan hanya itu saja, aktivitas alam tersebut juga membuat Pantai Krakal memiliki ciri khas yaitu hadirnya dua karang yang besar berwarna hitam. Warna yang cukup kontras dengan pasir putihnya. Dua batu karang ini juga sebagai pembatas antara pantai satu dengan pantai lainnya.

Seperti yang telah diketahui Pantai Krakal terletak di Gunungkidul. Pantai ini merupakan bagian selatan dari Yogyakarta dimana berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Sehingga menghadirkan pemandangan pantai yang indah dan unik.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Tarif retribusi yang dikenakan saat memasuki kawasan wisata Pantai Krakal adalah sebesar Rp 10.000. Harga tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Sundak dan Pantai Baron.

Untuk parkir, Anda akan di kenakan tambahan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk jam operasional pantai ini, pengelola tidak menetapkan batasan waktu dimana Anda dapat datang kapan saja selama 24 jam.

Rute Menuju Pantai Krakal

Pantai Krakal berada tepatnya di Desa Ngastiharjo, Tanjungsari , Gunungkidul, berjarak 65 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Krakal bisa diakses dari berbagai wilayah, termasuk dari Wonosari yang hanya berjarak 21 kilometer saja.

Salah satu rute yang di tempuh saat ke Pantai Krakal dari pusat Yogyakarta adalah mengambil jalur menuju Jalan Sisimangaraja dan melanjutkan ke Jalan Imogiri Barat.

Ikutilah jalan tersebut lurus hingga ke perempatan. Kemudian belok ke Jalan Bakulan Imogiri dimana Anda akan menemukan SMK Muhammadyah Imogiri, belok ke arah kiri menuju jalan Imogiri Siluk.

Setelah sampai di jembatan Siluk, ikuti jalan hingga sampai di Bukit Dermo yang kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Siluk Panggang dan Jalan Raya Wonosari. Susuri jalan tersebut hingga masuk ke Jalan Pantai Selatan Jawa.

Setelah menemukan SMP Negeri 2 Paliyan belok ke arah kiri dan jalan terus hingga menemukan Taman Bunga Celosia Kemadang. Dari taman bunga tersebut teruskan perjalanan hingga melewati Jembatan Banjarejo. Lanjutkan hingga Anda menemukan wisata Pantai Krakal di ujung jalan.

Jalan ke arah Patai Krakal sudah lumayan bagus dan halus, hanya saja ada beberapa belokan tajam sehingga butuh konsentrasi dan hati-hati dalam mengemudi. Sehingga tidak dianjurkan mengendarai kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Obyek Wisata Pantai Krakal

Pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan para pengunjung  di Pantai Krakal ini.

Diantaranya toilet, musholla, kamar bilas, warung makanan, lahan parkir yang lumayan luas hingga gazebo-gazebo untuk bersantai para wisatawan sambil menikmati keindahan laut Pantai Krakal.

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama lagi, ada banyak penginapan yang ada di sekitar pantai.

Anda bisa menyewa penginapan sekelas Melati dari kisaran harga Rp 150.000 hingga Rp 500.000 per harinya, tergantung fasilitas yang disediakan tiap penginapan.

1. Pemandangan Alamnya

Wisata Pantai Krakal

Pantai Krakal ini  menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena bentang alamnya yang terlihat menawan. Seperti penampakan dua buah batu karang yang terlihat kontras dengan warna pasir putihnya yang lembut

Wisatawan biasanya naik ke batu karang ini untuk mengambil foto dimana tiap sudut dari batu karang tersebut sangat bagus untuk di jadikan latar belakang.

Bukan itu saja, Anda juga dapat menemukan icon Pantai Krakal berupa bangunan yang berbentuk ikan yang terletak di bukit sebelah kanan. Dan untuk mengakses bangunan tersebut Anda diharuskan memanjat bukit yang kurang lebih hanya 200 meter saja.

Pemandangan sunset Pantai Krakal juga tak kalah indahnya dengan pantai lain. Bahkan bukan hanya keindahan di kala senja saja yang dapat Anda nikmati, namun panorama di saat matahari terbit juga tak kalah mempesona-nya.

Anda dapat datang sejak dini hari jika tidak ingin melewatkan setiap momen yang akan terjadi.

2. Berjemur dan Bermain Pasir

Wisata Bahari Pantai Krakal

Hangat serta lembutnya tekstur pasir Pantai Krakal bisa Anda manfaatkan untuk sarana relaksasi alami. Pengelola bahkan menyediakan bangku serta payung bagi para wisatawan yang ingin berjemur dengan santai.

Anda dapat mengatur posisi bangku dan payung ke bibir pantai mirip seperti apa yang dilakukan bule-bule saat berjemur di pantai.

Selain itu bentangan pasir sejauh 4 kilometer akan memudahkan wisatawan melakukan aktvitas apapun.

Seperti olahraga voli atau sepak bola. Anda beserta anak-anak juga dapat mengembangkan kreatifitas dengan bermain pasir, seperti menggali lubang atau membuat istana pasir yang megah.

Tekstur pasir pantai yang lembut dan juga bersih akan memberi rasa aman untuk Anda dan keluarga saat melakukan aktivitas ini.

3. Surfing

Surfing Di Pantai Krakal

Seperti yang telah diketahui bahwa Pantai Krakal merupakan bagian dari potongan laut selatan yang ada di Gunungkidul sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Bagi Anda yang menyukai tantangan bisa memanfaatkan ombak besar yang ada di pantai ini untuk bermain surfing.

Pengelola bahkan menyediakan training untuk pemula dan menyewakan alat surfing dengan biaya sebesar Rp 50.000. Namun disarankan untuk tetap hati-hati karena kondisi pantai yang memiliki banyak karang dan juga hewan laut seperti ubur-ubur dan landak laut.

Anda harus memilih tempat yang tepat dan juga berhati-hati terhadap sengatan ubur-ubur juga terkena duri landak yang bisa saja muncul tiba-tiba saat Anda melakukan olahraga laut ini.

4. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Krakal

Olahraga snorkeling adalah hal yang harus Anda lakukan saat berkunjung disini. Dimana Pantai Krakal memiliki dunia bawah laut yang cukup mengesankan. Pantai Krakal memiliki susunan terumbu karang yang indah dan juga biota laut yang beragam.

Jangan khawatir untuk peralatan snorkeling karena pengelola telah menyediakan tempat penyewaan snorkeling yang terbilang lengkap dan disesuaikan dengan standar internasional.

Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 untuk bisa menggunakan alat ini dan menikmati pemandangan bawah laut Pantai Krakal.

5.Kuliner

Kuliner Pantai Krakal

Anda juga dapat mencicipi berbagai macam olahan seafood di Pantai Krakal, mulai dari yang bakar, goreng hingga olahan seafood lainnya yang terbilang masih segar.

Jangan lewatkan juga untuk mencicipi camilan yang cukup familiar di tempat ini yakni rempeyek umbal. Yakni rempeyek yang terbuat dari umbal sejenis hewan laut yang menempel di karang.

Nah demikianlah ulasan tentang wisata Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta yang menjadi salah satu spot wisata yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan nanti. Jangan lupa mempersiapkan segala sesuatu agar liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

4 Ulasan untuk Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta

  1. Pasir putih yang membentang luas di bibir pantai, ombak yang menari nari, dan Air laut yang jernih dapat dijumpai di pantai ini.¬†Tepat di bibir pantai terdapat batu batu karang yang dihuni oleh ikan karang yang berwarna warni. Salah satu ikan karang yang sangat unik yaitu ikan Damselfish. Damselfish adalah sebuah spesies ikan karang yang berwarna kuning dan aksen biru sebagai warna khasnya.. . Selain bermain pasir, wisatawan juga dapat berjalan jalan ke tengah laut melalui batu batu karang yang menyembul ke permukaan dan menjorok ke laut layaknya sebuah jembatan yang terbuat dari batu.¬†Batu karang ini selain digunakan untuk berjalan jalan oleh wisatawan juga dijadikan tempat memancing oleh para nelayan. Para nelayan biasanya mencari spot yang tepat ketika hendak memancing di bebatuan karang ini.. . Ada juga sebagian nelayan yang lebih memilih menyelam ketika mencari ikan. Dan jenis ikan yang umumnya diburu oleh para nelayan yang menyelam adalah Umbal. Umbal ini hidupnya tidak jauh dari pantai dan biasanya menempel di batu batu karang, oleh karenanya keberadaan nya sangat mudah untuk ditemukan. Dan ketika anda berkunjung ke Pantai Krakal, anda dapat menjumpai salah satu kuliner khas penduduk setempat, yaitu rempeyek yang sangat renyah dan gurih dan bahan dasar nya terbuat dari Umbal.. . Di sepanjang perjalanan menuju pantai, wisatawan akan disuguhkan berbagai kuliner seafood khas jogja yang tersedia di warung warung pinggir jalan. Hal ini menambah daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Krakal. . Selain menjadi tempat surfing favorit, Pantai Krakal juga memiliki Landscape alam yang sangat menawan. . Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini datang untuk berselancar. Bahkan pada momen momen tertentu juga banyak turis asing (baca: bule) yang meramaikan Pantai Krakal untuk berselancar.¬†Umumnya para peselancar menuju batu batuan karang sebagai langkah awal start. Dari bebatuan karang inilah para peselancar menanti ombak yang disebut ‚ÄúReef Break‚ÄĚ, jenis ombak yang cukup ganas dan menantang. Namun untuk peselancar pemula sangat tidak disarankan untuk berselancar di ombak jenis ini.. . Para peselancar harus sangat berhati hati ketika berselancar di pantai ini, mengingat di dasar laut dipenuhi dengan bebatuan karang. Satu hal yang sangat disayangkan jika anda penggiat surfing, yaitu tidak adanya tempat yang menyewakan papan selancar di pantai ini. Jadi wisatawan yang ingin surfing harus membawanya dari rumah.. . Jika anda tertarik dengan pantai Krakal dan berminat untuk berkunjung kesana, anda hanya perlu membayar tiket masuk yang relatif murah, yaitu hanya¬†Rp. 10.000 / orang. Dengan harga yang bersahabat, anda tidak perlu cemas jika anda berniat untuk berkunjung beramai ramai bersama keluarga maupun kerabat.. . Tiket yang anda bayarkan sudah meliputi tiket masuk ke pantai Pantai Sundak, Pantai Kukup, dan Pantai Baron. Ya, satu tiket untuk banyak tempat wisata. Karena keempat pantai ini berada dalam satu kawasan, dimana semuanya dalam satu kawasan pantai Gunung Kidul.

  2. Pantai pelopor di daerah pesisir gunung kidul, sangat menarik bisa mencari karang dan ikan kecil saat air pantai surut, dan sangat bagus untuk wisata keluarga bagi kalian yang ingin menhhabiskan masa libur sekolah atau pun hanya ingin menikmati wisata keluarga

  3. akses jalan belum semua menggunakan aspal untuk memudahkan kendaraan untuk masuk karena masih banyak perbaikan terjadi. pantainya cukup luas dengan pasir putih dan karang yg berlumut. terdapat banyak spot untuk foto dan terdapat panggung untuk acara dan area camp.

  4. Pantainya gampang dicari menurut saya. Tidak terlalu jauh juga. Ini pantainya asik, serius, buat foto-foto gitu doet spot bagus yg banyak. Soal fasilitas, banyak warung dan kamar mandi juga ada. Bisa buat ngecamp ini pantai. Saya camp disini, bahkan waktu ombak lagi gede2nya kemarin, aman selama mengikuti instruksi dri penjaga pantai

Tinggalkan Balasan