Pantai Drini

38x dibaca

Pantai Drini
Nama Pantai Drini
Lokasi Pantai Drini, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Gunungkidul adalah salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan kekayaan pantainya. Disana banyak pantai yang sudah sangat dikenal oleh wisatawan di seluruh penjuru dunia, bahkan bukan hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja melainkan juga wisatawan mancanegara, Pantai Drini salah satunya.

Pantai yang berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, Pantai Baron, dan Pantai Nglambor ini memiliki keindahan pemandangan alamnya yang sangat indah. Dengan mengandalkan perbukitan dan dataran tinggi, tempat ini dapat digunakan untuk melihat pemandangan dari atas dari tebing-tebing sekitar pantai. Sampai saat ini alasan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Drini hanya karena ingin mendapatkan pemandangan atau view yang bagus.

Harga Tiket Masuk

Agar dapat memasuki kawasan pantai ini, Anda cukup merogoh kocek yang cukup murah yaitu dengan membayar tiket masuk seharga Rp 4.000,- setiap orang. Apabila sudah sampai di area lokasi, akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan yaitu Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp 3.000,- untuk kendaraan roda dua. Harga retribusi tersebut sudah dapat digunakan untuk berkeliling di berbagai pantai yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Drini.

Namun apabila Anda sudah mendarat di kawasan pantai, akan langsung disambut oleh pemandangan indah dan deru ombak. Harga tiket masuk ke kawasan tersebut tidak sebanding dengan apa yang akan didapat apabila sudah memasuki kawasan pantai, seolah lelah perjalanan akan tertebus di pantai yang sering disapa dengan ‘Drini Beach’ ini.

Rute

Untuk menuju ke lokasi pantai, Anda dapat mengakses dari berbagai rute karena untuk menuju kawasan sejuta pantai di Gunungkidul ini dapat diakses dari arah mana saja. Berikut beberapa rute yang bisa dipilih untuk menuju Pantai Drini :

1. Dari arah Solo

Dari arah Solo ada dua pilihan rute yang dapat dipilih yaitu melewati Klaten dan Sukoharjo.

  • Klaten kota-Cawas-Semin-Watukelir-Tanjungsari-ikuti arah menuju ke Pantai Drini
  • Sukoharjo-Solo-Tawangsari-Semin-Watukelir-Karangmojo-Tanjungsari-ikuti arah menuju ke Pantai Drini

2. Dari arah pusat Yogyakarta

Jogja kota-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Landasan Udara TNI Gading-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Wonosari-Jalan Baron-Tanjungsari-ikuti kea rah Pantai Drini

Beberapa pilihan rute tersebut dapat menjadi acuan Anda dalam perjalanan menuju Pantai Drini. Darimanapun Anda berangkat sebaiknya mengikuti acuan rute seperti di atas. Dilihat dari rute perjalanannya, perjalanan melewati jalur alternatif Jogja lebih memakan banyak waktu disbanding jika melewati Klaten dari arah Solo.

Objek Wisata

Pantai Drini bukan hanya memberikan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan saja, namun pantai ini juga memiliki berbagai kelebihan lainnya yang dapat memanjakan wisatawan yang datang agar berlama-lama disana. Berikut beberapa faktor yang membuat pantai di pesisir selatan Jogja ini tetap memikat hati wisatawan :

  1. Memiliki Daya Tarik Wisatanya
  2. Pasir putih lembut

Apabila Anda ingin menyusuri area pantai Anda tidak perlu takut melukai kaki karena di Pantai Drini ini memiliki pasir yang lembut, bahkan sedikit sekali ditemukan bebatuan di antara pasir-pasir seperti kebanyakan pantai lainnya.

Objek Wisata Pantai Drini

1. Area pantai yang luas dan landai

Area kawasan pantai ini cukup terbilang luas yang bisa digunakan wisatawan untuk berjemur, berenang, dan bermain pasir.

2. Air laut yang jernih

Ombak yang tidak terlalu keras dan air laut yang jernih adalah salah satu yang menjadi daya tarik di pantai ini. Ditambah lagi pantai ini sangat terjaga kebersihannya, jadi lebih membuat wisatawan dapat berlama-lama disini.

3. Pemandangan indah dari ketinggian tebing

Ini yang menjadi salah satu alasan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Drini karena pemandangan dapat dinikmati dari ketinggian. Di atas perbukitan ini dilengkapi dengan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

4. Fasilitas yang Lengkap

Bukan hanya spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk hunting foto di kawasan pantai, namun area ini juga memiliki banyak fasilitas yang memadai seperti toilet, gazebo, resto, penginapan, parkir yang luas, dan tempat ibadah. Jadi wisatawan yang ingin bersantai menikmati waktu berlibur bersama kerabat maupun teman-teman kantor, di pantai ini sudah dapat menyediakan berbagai kebutuhan Anda tanpa harus keluar dari area pantai.

Kuliner

Kuliner Pantai Drini

Berkeliling dan bermain-main di sekitar area pantai tidak cukup jika tidak memanfaatkan mencicipi aneka ragam kuliner yang ada di Pantai Drini. Disana sudah banyak warung-warung yang memberikan aneka pilihan kuliner, dari masakan lokal hingga serba seafood. Salah satu menu yang sering diburu oleh wisatawan adalah ikan bakar yang sepaket dengan es the dan nasi putih.

Harga yang ditawarkan di berbagai warung disana cukup murah, karena mereka masih sebatas warung sederhana bukan resto. Jadi bagi Anda sebagai wisatawan backpacker atau berniat menghemat biaya berlibur, tempat ini adalah tempat yang sangat tepat.

Bukan hanya  pemandangan yang indah dan pilihan kuliner yang beragam, Pantai Drini ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sebelum destinasi wisata milik sendiri dijamah oleh wisatawan asing, sebaiknya Anda sebagai wisatawan domestic harus berbangga memiliki kekayaan alam yang tidak dimiliki di negara lain.

Oleh karena itu, jika Anda sedang berkunjung ke Kota Pelajar ini, sempatkan lah berkunjung ke Gunungkidul dan jelajahi seluruh pantai disana salah satunya Pantai Drini. Walaupun masing-masing pantai memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang pasti di pantai yang memiliki area yang cukup landau ini dapat dimanfaatkan untuk berlibur, hunting foto, atau pun sekedar camping bersama teman-teman. Selamat berlibur dan menikmati Pantai Drini sebagai destinasi wisata yang tidak terlupakan dalam perjalanan Anda.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

8 ulasan untuk Pantai Drini

  1. Pasir pantainya mengagumkan, pantai Drini ini memiliki 2 muka pantai dengan 2 karakteristik yang dipisahkan oleh sebuah “pulau”. . . Pantai pertama karakternya sangat tenang, ombak posisinya sangat jauh dari bibir pantai, pantai ini sering digunakan untuk canoeing dan snorkeling ketika laut pasang, pada saat surut agak sulit karena akan terlalu dangkal. Pengalaman banyak menemukan makhluk panjang berwarna abu-abu disini, katanya belut laut, tidak yakin itu berbahaya atau tidak.. . Pantai kedua ombaknya cukup besar, disini banyak digunakan untuk bermain air dan pasir. Di sisi banyak terdapat payung yang dapat disewa dengan kisaran 20 ribu rupiah.. . Pulau Drini ini sendiri cukup menarik, dengan biaya masuk tambahan seharga 2 ribu rupiah per orang, setelah menaiki beberapa puluh anak tangga kita akan disuguhi pemandangan 360 derajat pantai Drini.. . Secara keseluruhan fasilitas di pantai ini cukup baik. Tempat mandi dan wc cukup bersih dan terjangkau, berkisar 2 ribu – 5 ribu rupiah. Tempat makan juga harganya masih terjangkau, makan seporsi ikan bakar disini seharga 25 ribu rupiah, dengan degan sebuah seharga 10 ribu rupiah.

  2. Pemandangannya sangat indah di sini. Kalau bisa pas air pasang, air akan menggenangi kawasan dangkal yang tidak berombak penuh dengan batu karang & ikan-ikan. Sehingga kita bisa snorkeling di sini. Kedalaman air cuma skitar 60-80 cm.. . Jangan lupa, pesona pasir putihnya juga merupakan daya tarik tersendiri. Semoga bisa dikelola scara profesional dan tarif masuk & parkir tetap terjangkau (murah)

  3. Pantai drini memiliki view yang bagus dengan pemandangan di atas karang, pasir pantai ya bagus, ombaknya relatif kecil jadi aman jika bermain air tetapi saran jika bermain air memakai alas kaki karena disana banyak terdapat batu karang yang runcing dan bulu babi yang cukup banyak,,, tapi bagi yang suka fotografi ada banyak spot yang bisa di ambil dipantai ini,,, untuk parkir dipantai drini tidak terlalu jauh bahkan dekat sekali selain itu disewakan gazebo untuk duduk

  4. Pantai ini terdiri dari 2 bibir pantai yang di batasi dengan sebuah pulau, untuk pantai yg kecil lumayan buat main air, aman, ada perahu perahu kecil dan pelampung, bisa buat mengarungi teluk kecilnya. . Untuk parkir lumayan luas, kamar mandi juga banyak, sayangnya gazebo perlu disamakan biar lebih bagus lagi. . Pemandangan jangan diragukan lagi pasti memuaskan, buat yg santai santai maupun yg mau nyari foto foto lumayan keren…

  5. Di pantai Drini ini terdapat penyewaan fotografer dan fotonya langsung jadi cuma nunggu beberapa menit saja. Namun dengan adanya ombak yang cukup besar daerah pantai ini semakin menyempit dan mengakibatkan abrasi. Tempat parkirnya luas tapi jalan menuju pantai ini belum begitu lebar..

  6. Kesini sama suami tepat jam 07.30 widiih, berasa pantai pribadi 😀😄. Pengunjungnya baru sedikit. Pasirnya putih, airnya bersih, namun seperti pantai selatan lainnya, ombaknya besar. Jadi hati-hati ya yang main air disini 😊. Ah ya, degan disini seger banget lho 😀

  7. Salah satu pantai selatan di DIY yang aman untuk berenang, karena pantai ini berbentuk teluk, dan memiliki benteng tebing. Lokasinya jauh dari Kota Yogyakarta. Namun apa yang tersaji di pemandangan ini, membayar lunas semua kelelahan dan rasa mabuk sepanjang perjalanan!

  8. Salah satu pantai di Pesisir Selatan Jawa yg pernah saya kunjungi. Termasuk dlm area wisata pantai di Gunung Kidul Yogya yg berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, Pantai Sadranan, Pantai Indrayanti serta Pantai Baron dan juga bbrp pantai lain yg memang berjajar di pesisir Pantai Selatan Jawa. Pantai Drini ini sangat bersahabat utk para wisatawan keluarga. Anak kecil hingga dewasa tergolong aman untuk sekedar berbasah ria merasakan terjangan ombak pantai selatan yg cukup tinggi. Kontur pasir putih yg lembut bercampur dgn karang berlumut menjadikan warna pantai ini cukup unik. Terdapat kios warung makan serta kamar mandi untuk berbilas. Lahan parkir jg cukup leluasa. Banyak jajanan yg disajikan dgn harga yg masih cukup murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *