Keindahan Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

“The Hidden Paradise” atau surga yang tersembunyi. Istilah ini mungkin cocok untuk pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul. Eksotisme pantai ini berada tersembunyi di balik perbukitan karst yang membentenginya.

Meskipun terpencil di balik bukit, lokasi wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik weekend maupun libur panjang. Terdapat banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke pntai ini. Mulai dari kegiatan ringan seperti berenang, berjemur, berfoto, diving, snorekling hingga aktivitas ekstrem semisal rock climbing.

Harga Tiket Masuk

Pergi berwisata ke pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul tidaklah mahal karena biaya tiket masuk maupun parkirnya relatif murah. Pengelola pantai ini membanderol tiket masuk kepada pengunjung dengan kisaran harga Rp 3.000,- untuk motor, Rp 5.000,- untuk mobil, dan Rp 10.000,- untuk minibus. Selanjutnya, bagi Anda yang berniat untuk melakukan kegiatan camping di lokasi ini, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya sewa area camping yang harus Anda bayarkan adalah Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- untuk setiap tenda per malamnya. Sementara itu, apabila Anda ingin camping di area ini disarankan untuk membawa peralatan seperti dome, sleeping bag, matras, dan perlengkapan lainnya sendiri. Hal ini dikarenakan tempat penyewaan peralatan camping di sekitar area pantai Pok Tunggal masih terbatas.

Rute

Secara geografis, pantai Pok Tunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keberadaannya juga terletak di tengah dua pantai lainnya yaitu Pulang Syawal atau Indrayanti dan Siung. Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan beberapa modal transportasi seperti motor, mobil hingga kendaraan umum. Jalan menuju pantai Pok Tunggal relatif mudah diakses dari kota-kota seperti Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten maupun Solo.

Apabila Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta maka jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil. Secara singkat, rute yang harus Anda tempuh jika dimulai dari Yogyakarta, anda harus menuju arah Wonosari lalu berbelok ke selatan menuju Tepus. Hanya saja setelah melewati gerbang retribusi dan menemui pertigaan pilih arah kiri untuk menuju ke pantai Pok Tunggal.

Objek wisata

Keindahan Pantai Pok Tunggal

1. Aliran sungai bawah tanah

Ada satu hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung yaitu mengenai adanya sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal. Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai.

2. Diving danSnorekling

Layaknya ketika berkunjung ke pantai Nglambor maupun Sadranan, disini Anda juga dapat melakukan aktivitas akuatik seperti diving dan snorekling. Anda tidak perlu khawatir terseret arus karena ombak di area pantai ini cukup tenang. Selain itu, kondisi air lautnya masih alami, tenang dan bening sehingga sangat mendukung aktivitas ini. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling disarankan untuk membawa peralatan sendiri.

3. Spot foto menarik

Tren kekinian yang sedang berkembang adalah mengupload berbagai foto traveling menarik ke sosial media. Salah satu sosial media yang sering menjadi media utama untuk menunjukkan eksistensi Anda adalah Instagram. Nah, jika tujuan traveling Anda adalah untuk memburu foto-foto berkualitas maka dapat mengunjungi spot foto menarik di pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Ada banyak sekali spot foto yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah menaiki tangga untuk menuju puncak bukit karst dan membidik sunrise maupun sunset terbaik. Jika Anda malas untuk menaiki puncak bukit karst, maka berfoto dengan latar laut serta langit yang biru pun lumayan bagus. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai properti yang ada seperti deretan payung berwarna-warni guna memperindah komposisi gambar.

4. Wisata ekstrem rock climbing

Pantai Pok Tunggal memang terdiri dari tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan. Keberadaan tebing yang menjulang ke langit bagai benteng ini jelas merupakan daya tarik bagi Anda para pecinta rock climbing. Disini, Anda dapat menguji adrenalin Anda dengan menjajal untuk menaiki maupun menuruni tebing-tebing karst yang cadas.

5. Camping

Seperti pada pantai-pantai lainnya, tentu saja area camping atau perkemahan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi pada hari-hari tertentu misalnya pada akhir pekan dan hari libur. Kawasan camping di Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri para wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata alam jenis ini. Tentunya suasana camping malam hari dengan teman-teman selalu menjadi aktivitas favorit ketika camp.

Berbagai daya tarik objek wisata diatas tentunya merupakan hal yang wajib dibuktikan ketika anda pergi berlibur ke Pantai Pok Tunggal. Berlibur ke destinasi pantai yang satu ini juga tidak akan banyak memakan budget/uang, ditambah lagi liburan akan semakin menyenangkan ketika anda berkunjung dengan orang terkasih.

Ulasan Pengunjung

  • uLand
    sebulan yang lalu
    Pantai Pok Tunggal cocok banget buat yang suka ngecamp di pinggir pantai karena hamparan pasir yang luas dan bersih. Selain itu saat malam tiba kami disuguhi angin dan suhu yang dingin menambah keasikan ngecamp dipantai ini. Kerlap-kerlip bintang saat langit cerah dapat pula dinikmati dsini. Saat kami bermalam disana, berkali-kali terlihat jelas suasana bintang jatuh di langit. Gak perlu khawatir juga soal fasilitas karena di sini juga sudah banyak fasilitas nya seperti toilet, parkiran, rumah makan, warung, penginapan.
  • muba shiroh
    2 minggu yang lalu
    Lokasi sedikit masuk dari jalan utama Terdapat parkiran luas untuk kendaraan roda dua, roda empat, bus dan lainnya. Terdapat banyak kamar mandi dan toilet untuk keperluan bilas dan mandi. Terdapat banyak penjual snack, makanan, dan juga warung makan seafood. Dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua, empat, bus dan lainnya baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika tidak suka bermain air, bisa memilih ke puncak untuk menikmati pemandangan lautan lepas. Cocok untuk anak anak, remaja, dan orangtua.
  • thomas anggraono
    dalam minggu terakhir
    Better than indrayanti Ada dua bukit di kanan kirinya Bisa sewa tenda buat menginap Saran saya ke sini pagi jam 5-8 agar tudak terlalu panas
  • mahardhika ardha dwiputra
    3 bulan lalu
    Pantai pok tunggal, gunung kidul. Pantai ini cocok untuk para pemburu matahari terbenam / sunset. Sembari menikmati matahari terbenam, anda juga disuguhkan pemandangan para penduduk setempat yang berburu bulu babi ataupun memancing ikan ketika air laut sedang surut. Di pantai ini, anda bisa bermalam dengan tenda yang bisa dibawa sendiri dari rumah ataupun tenda yang disewakan di sekitar pantai. Harga sewa tenda yaitu 50-80 ribu per malam. Harga bisa kurang tergantung sepandai apa anda menawarnya. Oh ya, biasanya pada tengah malam akan ada pungutan sebesar 5-10 ribu rupiah untuk 'parkir tenda'. Entah itu pungutan resmi ataupun tidak karena beberapa kali saya diminta pungutan tp pernah juga tidak. Sebagai saran, kalo mendirikan tenda jangan terlalu dekat dengan laut, karena tengah malam biasanya pasang. Bisa-bisa tenda anda kemasukan air laut, atau yang lebih parahnya bisa terseret ombak pasang hehe. Untuk parkirnya, 10ribu untuk satu mobil.
  • Andhi Triyanto
    dalam minggu terakhir
    Salah satu Pantai pasir putih deretan pantai selatan.