Pantai Pok Tunggal

12x dibaca

Keindahan Pantai Pok Tunggal
Nama Pantai Pok Tunggal
Lokasi Desa Tepus, Tepus, Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

“The Hidden Paradise” atau surga yang tersembunyi. Istilah ini mungkin cocok untuk pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul. Eksotisme pantai ini berada tersembunyi di balik perbukitan karst yang membentenginya.

Meskipun terpencil di balik bukit, lokasi wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik weekend maupun libur panjang. Terdapat banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke pntai ini. Mulai dari kegiatan ringan seperti berenang, berjemur, berfoto, diving, snorekling hingga aktivitas ekstrem semisal rock climbing.

Harga Tiket Masuk

Pergi berwisata ke pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul tidaklah mahal karena biaya tiket masuk maupun parkirnya relatif murah. Pengelola pantai ini membanderol tiket masuk kepada pengunjung dengan kisaran harga Rp 3.000,- untuk motor, Rp 5.000,- untuk mobil, dan Rp 10.000,- untuk minibus. Selanjutnya, bagi Anda yang berniat untuk melakukan kegiatan camping di lokasi ini, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya sewa area camping yang harus Anda bayarkan adalah Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- untuk setiap tenda per malamnya. Sementara itu, apabila Anda ingin camping di area ini disarankan untuk membawa peralatan seperti dome, sleeping bag, matras, dan perlengkapan lainnya sendiri. Hal ini dikarenakan tempat penyewaan peralatan camping di sekitar area pantai Pok Tunggal masih terbatas.

Rute

Secara geografis, pantai Pok Tunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keberadaannya juga terletak di tengah dua pantai lainnya yaitu Pulang Syawal atau Indrayanti dan Siung. Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan beberapa modal transportasi seperti motor, mobil hingga kendaraan umum. Jalan menuju pantai Pok Tunggal relatif mudah diakses dari kota-kota seperti Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten maupun Solo.

Apabila Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta maka jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil. Secara singkat, rute yang harus Anda tempuh jika dimulai dari Yogyakarta, anda harus menuju arah Wonosari lalu berbelok ke selatan menuju Tepus. Hanya saja setelah melewati gerbang retribusi dan menemui pertigaan pilih arah kiri untuk menuju ke pantai Pok Tunggal.

Objek wisata

Keindahan Pantai Pok Tunggal

1. Aliran sungai bawah tanah

Ada satu hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung yaitu mengenai adanya sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal. Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai.

2. Diving danSnorekling

Layaknya ketika berkunjung ke pantai Nglambor maupun Sadranan, disini Anda juga dapat melakukan aktivitas akuatik seperti diving dan snorekling. Anda tidak perlu khawatir terseret arus karena ombak di area pantai ini cukup tenang. Selain itu, kondisi air lautnya masih alami, tenang dan bening sehingga sangat mendukung aktivitas ini. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling disarankan untuk membawa peralatan sendiri.

3. Spot foto menarik

Tren kekinian yang sedang berkembang adalah mengupload berbagai foto traveling menarik ke sosial media. Salah satu sosial media yang sering menjadi media utama untuk menunjukkan eksistensi Anda adalah Instagram. Nah, jika tujuan traveling Anda adalah untuk memburu foto-foto berkualitas maka dapat mengunjungi spot foto menarik di pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Ada banyak sekali spot foto yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah menaiki tangga untuk menuju puncak bukit karst dan membidik sunrise maupun sunset terbaik. Jika Anda malas untuk menaiki puncak bukit karst, maka berfoto dengan latar laut serta langit yang biru pun lumayan bagus. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai properti yang ada seperti deretan payung berwarna-warni guna memperindah komposisi gambar.

4. Wisata ekstrem rock climbing

Pantai Pok Tunggal memang terdiri dari tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan. Keberadaan tebing yang menjulang ke langit bagai benteng ini jelas merupakan daya tarik bagi Anda para pecinta rock climbing. Disini, Anda dapat menguji adrenalin Anda dengan menjajal untuk menaiki maupun menuruni tebing-tebing karst yang cadas.

5. Camping

Seperti pada pantai-pantai lainnya, tentu saja area camping atau perkemahan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi pada hari-hari tertentu misalnya pada akhir pekan dan hari libur. Kawasan camping di Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri para wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata alam jenis ini. Tentunya suasana camping malam hari dengan teman-teman selalu menjadi aktivitas favorit ketika camp.

Berbagai daya tarik objek wisata diatas tentunya merupakan hal yang wajib dibuktikan ketika anda pergi berlibur ke Pantai Pok Tunggal. Berlibur ke destinasi pantai yang satu ini juga tidak akan banyak memakan budget/uang, ditambah lagi liburan akan semakin menyenangkan ketika anda berkunjung dengan orang terkasih.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Pok Tunggal

  1. Ini pantai asyik sekali kalau ngajak anak-anak…karena kita bisa turun ke air yg dangkal dengan dasar batu karang yang nanyak hewan lautnya, seperti bintang laut, nani laut rumput laut, ikan kecil-kexil ulyang warna warni dan ombaknya juga tidak besar….. Posisinya timurnya pantai Indrayanti kurang lebih 2 km…. Tapi sayang akses jalan masuknya cor semen sudah agak rusak…..dan kalau mau cari makan susah, walaupun banyak warung tapi hanya mie instan dan kalau mau makan ikan harus nunggu lama…karena mereka tidak sedia ikan segar yang siap dimasak, mereka para pemilik warung di sini hanya menyediakan ikan beku, sehingga akan lebih lama proses masaknya…

  2. Untuk lokasinya, pantai indah ini berada tidak jauh dari Pantai Pulang Syawal atau yang sering disebut dengan Pantai Indrayanti. Belakangan, kedua pantai tersebut begitu banyak diminati oleh para wisatawan dari Jogja atau pun luar kota Jogja.. . Pantai Pok Tunggal dibuka oleh masyarakat setempat menjadi sebuah objek wisata pantai di Gunungkidul sejak tahun 2012. Setiap tahunnya, Pantai Pok Tunggal selalu mengalami peningkatan pengunjung, hal tersebut tidak terlepas dari pengelolaan yang cukup baik dari masyarakat setempat.. . Masyarakat setempat di Pantai Pok Tunggal yang juga merangkap menjadi pengelola begitu menjaga kebersihan pantai dari yang namanya sampah.. . Pihak pengelola atau pun masyarakat setempat tidak akan segan-segan memberikan sanksi berupa denda kepada setiap wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarang atau tidak pada tempatnya. Denda yang diberikan kepada wisatawan yang membuang sampah sebarangan tersebut sebesar Rp 10.000,00.

  3. Pantai paling favorit di gunung kidul dah tiga kali kesini dan nggak pernah bosen. jalan ke arah pantai masih jelek dan belum beraspal. dulu pernah kesini malam sekitar jam 2 malam pantai masih tetap buka. sangat cocok untuk camping, banyak warung warung yang jualan makanan dan menyediakan perlengkapan camping

  4. Kalo nyari sunset disini bagus, tp fasilitas umum macem warung kok kayanya ga eksis ya? Trus jalan masuknya coba bisa dialusin lg tambah bagus..

  5. Pantainya indah dan romantis. Sayangnya akses menuju lokasi jalannya sangat jelek dan terkesan tidak ada perhatian dari pemerintah setempat untuk membangun infrastruktur penunjang seperti jalan diperlebar dan diperhalus supaya wisatawan lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *