Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul, Yogyakarta

Desa Tepus, Tepus, Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia, Gunungkidul, Yogyakarta

23 Ulasan

“The Hidden Paradise” atau surga yang tersembunyi. Istilah ini mungkin cocok untuk pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul. Eksotisme pantai ini berada tersembunyi di balik perbukitan karst yang membentenginya.

Meskipun terpencil di balik bukit, lokasi wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik weekend maupun libur panjang. Terdapat banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke pntai ini. Mulai dari kegiatan ringan seperti berenang, berjemur, berfoto, diving, snorekling hingga aktivitas ekstrem semisal rock climbing.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pok Tunggal

Pergi berwisata ke pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul tidaklah mahal karena biaya tiket masuk maupun parkirnya relatif murah. Pengelola pantai ini membanderol tiket masuk kepada pengunjung dengan kisaran harga Rp 3.000,- untuk motor, Rp 5.000,- untuk mobil, dan Rp 10.000,- untuk minibus. Selanjutnya, bagi Anda yang berniat untuk melakukan kegiatan camping di lokasi ini, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya sewa area camping yang harus Anda bayarkan adalah Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- untuk setiap tenda per malamnya. Sementara itu, apabila Anda ingin camping di area ini disarankan untuk membawa peralatan seperti dome, sleeping bag, matras, dan perlengkapan lainnya sendiri. Hal ini dikarenakan tempat penyewaan peralatan camping di sekitar area pantai Pok Tunggal masih terbatas.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Pok Tunggal

Secara geografis, pantai Pok Tunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keberadaannya juga terletak di tengah dua pantai lainnya yaitu Pulang Syawal atau Indrayanti dan Siung. Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan beberapa modal transportasi seperti motor, mobil hingga kendaraan umum. Jalan menuju pantai Pok Tunggal relatif mudah diakses dari kota-kota seperti Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten maupun Solo.

Apabila Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta maka jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil. Secara singkat, rute yang harus Anda tempuh jika dimulai dari Yogyakarta, anda harus menuju arah Wonosari lalu berbelok ke selatan menuju Tepus. Hanya saja setelah melewati gerbang retribusi dan menemui pertigaan pilih arah kiri untuk menuju ke pantai Pok Tunggal.

Obyek wisata di Pantai Pok Tunggal

Keindahan Pantai Pok Tunggal

1. Aliran sungai bawah tanah

Ada satu hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung yaitu mengenai adanya sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal. Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai.

2. Diving danSnorekling

Layaknya ketika berkunjung ke pantai Nglambor maupun Sadranan, disini Anda juga dapat melakukan aktivitas akuatik seperti diving dan snorekling. Anda tidak perlu khawatir terseret arus karena ombak di area pantai ini cukup tenang. Selain itu, kondisi air lautnya masih alami, tenang dan bening sehingga sangat mendukung aktivitas ini. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling disarankan untuk membawa peralatan sendiri.

3. Spot foto menarik

Tren kekinian yang sedang berkembang adalah mengupload berbagai foto traveling menarik ke sosial media. Salah satu sosial media yang sering menjadi media utama untuk menunjukkan eksistensi Anda adalah Instagram. Nah, jika tujuan traveling Anda adalah untuk memburu foto-foto berkualitas maka dapat mengunjungi spot foto menarik di pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Ada banyak sekali spot foto yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah menaiki tangga untuk menuju puncak bukit karst dan membidik sunrise maupun sunset terbaik. Jika Anda malas untuk menaiki puncak bukit karst, maka berfoto dengan latar laut serta langit yang biru pun lumayan bagus. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai properti yang ada seperti deretan payung berwarna-warni guna memperindah komposisi gambar.

4. Wisata ekstrem rock climbing

Pantai Pok Tunggal memang terdiri dari tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan. Keberadaan tebing yang menjulang ke langit bagai benteng ini jelas merupakan daya tarik bagi Anda para pecinta rock climbing. Disini, Anda dapat menguji adrenalin Anda dengan menjajal untuk menaiki maupun menuruni tebing-tebing karst yang cadas.

5. Camping

Seperti pada pantai-pantai lainnya, tentu saja area camping atau perkemahan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi pada hari-hari tertentu misalnya pada akhir pekan dan hari libur. Kawasan camping di Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri para wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata alam jenis ini. Tentunya suasana camping malam hari dengan teman-teman selalu menjadi aktivitas favorit ketika camp.

Berbagai daya tarik objek wisata diatas tentunya merupakan hal yang wajib dibuktikan ketika anda pergi berlibur ke Pantai Pok Tunggal. Berlibur ke destinasi pantai yang satu ini juga tidak akan banyak memakan budget/uang, ditambah lagi liburan akan semakin menyenangkan ketika anda berkunjung dengan orang terkasih.

23 Ulasan untuk Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul, Yogyakarta

  1. Perjalanan ke Pantai Pok Tunggal memang tak terduga. Awalnya disuguhi jalan yang sulit, ternyata berujung pada surga tersembunyi yang memikat hati dan menantang nyali. Sebatang pohon yang ikonik membuat pantai ini makin cantik.. Lepas dari perjalanan yang mendebarkan, sebuah pemandangan cantik pun terbentang di depan mata. Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi penawar lelah setelah menyusuri jalan sempit bebatuan tadi. Terlihat beberapa remaja yang asyik bermain ombak pantai sambil sesekali bergaya di depan kamera. Sebatang pohon Duras tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai ini. Pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, jadi jangan heran bila ada teguran jika memanjat pohon tersebut.. . Namun pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan (Sept 2012). Semoga tak lama lagi ada pemanjat yang menaklukkan tebing ini dan membuka jalurnya.. . Di tebing-tebing karang pantai ini masih terdapat primata liar. Ketika YogYES berkunjung, terlihat kawanan monyet liar melompat dari balik tebing di sebelah timur. Anehnya di pantai ini juga terdapat mata air tawar, kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Sumber air itulah yang memenuhi kebutuhan warung-warung makan dan kamar mandi umum hasil swadaya masyarakat setempat.. . Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Tadi sore kami bahkan bertemu dengan rombongan bule yang menggendong ransel besar, sepertinya mereka akan berkemah di pantai ini. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, Anda harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali.. . Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplorasi. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.. Pantai pok tunggal buka 24jam . Hanya membayar 10.000 bisa menikmati Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Indrayanti, dan Pok Tunggal

  2. Nyaman… Ga terlalu ramai,,, ombaknya besar,,tapi landai bisa bwt main air dipinggir pantai… Pantainya luas,,, tempat makanan juga harganya oke ga terlalu mahal,, jadi nunggu yg main air,, bnyak ngemilnya,, toilet dan tempat sholat oke.. akses jalan k pantainya aza yg aga sedikit rusak,, tapi keseluruhan oke…

  3. Pantai yang saya kunjungi tgl 19 Juni 2018. Alternatif di kala Pantai yang lainnya penuh sesak lautan manusia…. Dan bisa di nikmati Deburan ombak biru dan Hamparan pasir putih…. Ada tumpukan tebing yang bisa menikmati foto dari ketinggian…

  4. pantai yg satu ini viewnya bagus jug ko. ga kalah dgn pantai2 lainya.. karang2 dipinggir pantainya bisa buat spot selfie yg ciamikk.😊

  5. Pantai yang termasuk di Jogja ini adalah pantai yang sangat bagus karena terletak di Gunung Kidul dan kita juga harus berusaha melewati jalan yang berkelok-kelok untuk mencapai di pantai ini dan pantai ini mempunyai pasir-pasir yang lembut dan juga air ombak yang tidak terlalu tinggi. Rajanya gunung kidul.

  6. pok tunggal pantai pasir putih yg masih alami bersih dan tdk panas..menanti ikan2 dipermukaan pantai ketika ombak surut…dg karang yg tidak curam membuat anak nyaman bermain

  7. Pantainya bagus. Jarak dari jalan aspalnya 2km.. Bisa ngecamp dipantainya, dan cuma bayar parkir saja Rp5.000,00 / motor. Rp10.000,00 / mobil.

  8. Tempat wisata yang bisa dijadikan alternative liburan, meski jalan menuju lokasi masih jalan berbatu dan Ada beberapa pungutan liar di beberapa tempat. Pastikan roda kendaraan yang digunakan dalam keadaan prima. . Di lokasi pantai, banyak yang berjualan makanan dan tentu saja ada kelapa muda. . Namun Saya tidak menjumpai masjid tersedia disana. Mudah-mudahan, mereka bisa menyediakan mushola/masjid di kemudian Hari.

  9. Sejujurnya pantai ini indah sekali, pasir nya pun lembut. Tapi sayangnya, akses jalan masuk ke areal pantai ini selain sempit, juga masih sangat jelek 🙁 semoga dinas pariwisata lebih memerhatikan kondisi wisata nya, alih² asal percaya bisa diurus warga secara mandiri seutuhnya

  10. Pantai ini bagus, hanya sangat disayangkan akses jalan kesana kurang baik. Jalan masih berbatu dan ada bbrp pungli disana. Kemarin kesana mau ditarikin uang 2x diluar parkir

  11. Pantai pasir putih paling sepi menurutku dibandingkan dengan pantai indrayanti ataupun ngobaran atau nguyahan. Pantai di pok tunggal cukup luas dan memanjang. Fasiltas Kamar mandi, toilet ataupun tempat bilas juga ada. Tempat spot yang baik Bagi anak² yang ingin bermain di pinggir pantai, baik bermain dipasir putih ataupun mencari keong laut dipinggir pantai. Untuk lokasi memang agak jauh, dari pantai indrayanti lurus terus ikuti jalan itu saja sampai di pantai pok tunggal.

  12. Tempat wisata yang sangat sayang jika tidak ter expose pastinya… Sangat bersih,nyaman,dan untuk spot foto pun sangatlah pas.. Hanya kendala nya di akses jalan menuju ke pantai nya saja yang perlu dibenahi… Semoga kedepannya bisa semakin bagus lah pantai ini… ❤❤

  13. Pantai nya cantik, ombaknya tidak terlalu tinggi saat saya kesini. Akses jalan masuknya masih kurang bagus. Sisi kiri pantai ada tempat bagus untuk berswafoto.

  14. Gak perlu jauh2 buat penduduk jateng, karena deretan pantai ginung kidul menyajikan keindahan Yang luar biasa,,, di balik kondisi geografis gunung kidul yg gersang, warga setempat masih bisa mendapatkan sedikit rejeki dari pantai2 tersebut,,,

  15. pemandanganya bagus tp tidak bisa buat berenang karna banyak karang2nya ,jln masuk nya juga kecil hanya mobil pribadi yg bisa masuk

  16. Pantai Pok Tunggal,. Begitulah nama pantai ini dikenal oleh masyarakat umum, namun ada istilah lain, yaitu “the hidden paradise” (surga yang tersembunyi) . Pantai ini masih berada dikawasan segaris paket pantai di Gunung Kidul (Satu kali masuk bisa memilih banyak pantai). Pantai ini memiliki nilai tersendiri, . Dikala matahari belum menampakkan sinarnya,. Pantai ini juga masih terlelap, alias terselimuti kabut yang cukup tebal seperti di Gunung pada umumnya, ya walaupun di kawasan Gunung Kidul bukan berarti semuanya berkabut, hehe. Disini juga sangat recommended buat camping bersama kekasih ataupun beramai-ramai, karena kontur pasir yang rata dibagian atasnya, tetapi tetap jaga sopan santun dan kebersihan yak…. Fasilitas juga cukup lengkap, mulai dari kamar mandi yang memadai dengan air tawar, pos penjaga, parkir, persewaan alat, dan bahkan warung makan disini masih cukup terjangkau harga makanannya, untuk penjelajah yang masih berdompet tipis seperti saya pasti sangat meringankan, hehe. Namun akses ke Pantai Pok Tunggal masih cukup rusak dan cukup membahayakan, semoga pemerintah atau pengelola setempat segera mengadakan perbaikan :). Dan untuk tiket, seperti yang saya katakan diawal tadi, tiket yang digunakan adalah tiket terusan seharga 10 ribu, parkir 3 ribu untuk motor dan mobil 15 ribu atau menyesuaikan (sampai hari ini). Ingat pesan saya,. Jangan ambil apapun kecuali gambar dan oleh-oleh dari masyarakat setempat (bayar dulu), jangan merusak alam, dan jaga kebersihan baik perbuatan, lisan maupun tulisan. Salam lestari,. And enjoy your trip:)

  17. Pantai Pok Tunggal dengan pasir putihnya yang bersih banyak dihiasi payung-payung pantai yang berwarna warni jadi spot foto yang keren, meski letaknya sedikit terpencil di balik perbukitan kapur khas Gunung Kidul ini tidak pernah sepi pengunjung apalagi weekend. Letaknya yang berdekatan dengan pantai Indrayanti yang lebih dulu terkenal cocok buat liburan keluarga dan bersantai bersama teman-teman. Banyak kegiatan ringan yang bisa dilakukan disini Camping, bermain air dipinggir pantai, berjemur, berswafoto tentunya, bahkan snorkeling ada disini..

  18. Pertama kali kesana kesan begitu menyenangkan, hamparan pasir lumayan luasbagus untuk obyek foto. Maju mendekati pantai, bisa bersantai dengan memandang laut atsupun berendam, atau bermain air laut di sepanjang pantai, mencari rumah kerang dan siput ataupun duri landak laut yang sudah mati.. Kali kedua kesana, masih menyenangkan meskipun tak bisa bermain air karena kebetulan air Surut, hanya jalan dan jalan di atas karang sambil mengamati tanaman laut dan ikan kecil yang terjebak di antara karang pantai.. Ketiga kalinya kesana, kesan kumuh mulai muncul, spot pohon tunggal di tepi jalan di ujung lahan pasir yang dulunya nampak indah sebagai mascotnya telah tertutup warung….hamparan pasir mulai berkurang terisi bangunan warung.

  19. Pantai Pok Tunggal adalah salah satu wisata pantai yang paling sering dikunjungi oleh banyak wisatawan khususnya dikawasan Gunungkidul. Di Indonesia khususnya Kota Jogja sendiri memiliki banyak sekali pantai yang populer dan indah. Tak jika heran Jogja merupakan kawasan obyek wisata yang paling di kunjungi wisatawan setelah Bali.. . Alamat Desa Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa YogyakartaOpen 24 JamTicket Rp. 3000 – Rp. 10.000Contact –. . Nah, buat anda yang bosan liburan ke tempat wisata alam dan modern, pantai adalah alternatif untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan.. . Selain anda dapat bermain air ataupun pasir, anda juga dapat menikmati alam sekitar yang berbeda tentunya. Pantai di Jogja khususnya didareah Gunungkidul memang sangat terkenal dan sangat mudah di jangkau bagi wisatawan dareah Jawa.

  20. Suasana pantainya baik, hari minggu tidak terlalu ramai. sayangnya, jalan akses menuju pantai belum bagus.

  21. Sayang aksesnya masih belum memadai, jalannya seram kalau hujan karena masih cor coran kanan kiri (khas jalan pegunungan) dan beberapa ruas ada yang rusak, jadi hati hati aja sich. Per orang masuk 10rb, bayarnya di gerbang depan. Kalau ga salah 10rb untuk banyak pantai yang masih sederetan

  22. Buka tenda disini pakai sewa tenda 60rb dan memang saat itu malam senin, jadi pas hari seninnya bener2 berasa banget private beach nya. Serasa punya pantai sendiri. Ombak juga alhamdulillah bersahabat, masih banyak banget klomang, kepiting, bintang laut, ular laut, ikan-ikan, bulu babi, karang dan apapun yang ada di laut. Pantainya terjaga kok, gak banyak sampah.

  23. Salah satu pantai yang berada di daerah gunung kidul..
    Bibir pantai nya luas, dan pemandangan nya indah sekali..
    Anda bisa berenang, dan berjemur di tepi pantai..
    Ada tempat penginapan, sewa tenda..
    Ada sewa gazebo di atas tebing untuk melihat pemandangan lepas pantai..
    Harganya 20rbu..
    Parkir motor dan mobil..
    Hanya jalan sedikit rusak..
    Dan agak jauh dari jalan besar..
    Jika kesini harus membawa kendaraan pribadi atau rental motor..

Berikan Ulasan