Pantai Seruni

16x dibaca

Pantai Seruni
Nama Pantai Seruni
Lokasi Jl. Seruni, Pallantikang, Kec. Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan 92451, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Jika Anda sedang berlibur ke daerah Gunung Kidul, sempatkanlah untuk mampir sejenak atau merasakan bermalam di Pantai Seruni yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Nama Seruni sendiri di ambil dari nama sebuah bunga, yaitu Bunga Seruni atau yang disebut dengan istilah lain Chrysanthemun/Chrysous yang memiliki arti Emas. Entah bagaimana awal mula sejarah pantai itu di beri nama Pantai Seruni yang berarti emas, namun kehadirannya pantai ini sudah menjadi tambang emas bagi para penduduk sekitar untuk mengais rejeki dari berjualan hingga menyediakan jasa penyewaan lainnya.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda juga akan mendapatkan suasanan pantai yang tenang dan eksotis. Tentunya cocok untuk Anda yang ingin berlibur tanpa keramaian. Ciri khas dari pantai ini adalah air terjun dan hamparan pasir putih sekitar 500 meter.

Selagi masih belum terjamah oleh banyak orang, sudah wajib bagi Anda untuk menjadikan wisata ini sebagai destinasi liburan di akhir pekan. Pantanya yang cukup sepi memungkinkan Anda untuk bisa merasakan kealamian, kebersihan, dan ketenangan bersama keluarga, teman-teman, ataupun pasangan.

Harga Tiket Masuk

Walaupun pantai Seruni belum ramai pengunjung, tetapi fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup memadai. Terdapat area parkir motor dan mobil, warung-warung kecil hingga kamar mandi/WC.

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orangnya ditambah biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Biaya tersebut sebenarnya sudah termasuk biaya retribusi Kawasan Pantai Krakal, Pantai Baron, dan Pantai Pok Tunggal.

Rute

Ada 2 rute untuk menuju ke pantai Seruni. Pertama yaitu dari Kota Yogyakarta, Anda bisa terus saja berjalan kearah Wonosari, kemudian ikuti petunjuk plang yang menuju ke arah pantai Baron. Masuk ke arah Pantai Kukup, kemudian ke arah Pantai Krakal. Masuk ke jalur menuju ke arah Pantai Indrayanti, tidak jauh dari sana, Anda akan tiba di Pantai Seruni.

Kedua, dari Kota Yogyakarta menuju ke arah Wonosari. Namun kali ini Anda bisa mencari keberadaan Desa Tepus dengan menanyakan ke warga sekitar. Tidak jauh dari sana, Anda akan tiba di Pantai seruni.

Rute menuju Pantai Seruni searah dengan rute menuju Pantai Pok Tunggal, hanya berbeda di persimpangan jalan setelah jalan cor habis. Pada persimpangan jalan, untuk menuju Pantai Pok Tunggal Anda bisa belok kiri sementara untuk ke Pantai Seruni bisa belok kanan.

Karena pantainya tidak banyak diketahui orang, jangan heran jika jalanannya berupa bebatuan krakal, bergelombang, dan kasar. Anda juga harus hati-hati karena ada jurang di sebelah kanan dan ada tebing di sebelah kiri.

Walaupun akses menuju pantai tidak semudah yang kita bayangkan karena harus melewati jalan yang menanjak dan menurun sekitar 2 kilometer, ditambah lagi jika hujan turun jalanan akan menjadi lumpur, namun ketika Anda tiba disana, rasa capek seolah terbayar dengan keindahannya. Menurut warga sekitar, beberapa resort mewah akan banyak dibangun dan jalanan akan diaspal oleh pemerintah dalam waktu dekat ini.

Obyek Wisata

1. Spot Foto Terbaik

Objek Wisata Pantai Seruni

Tentunya jika kita datang ke tempat baru, hal yang pertama kita cari adalah spot untuk berfoto. Anda bisa berfoto dengan latar tulisan SERUNI, tebing di sisi timur yang menjulang dengan gemercik air tawar, berfoto di atas pasir putih, dan lain-lain.

Agar bisa mengabadikan foto dengan baik, disarankan untuk datang pada weekday atau bukan hari libur. Dengan begitu, tempat wisata ini tidak terlalu ramai, malahan bisa sepi pengunjung. Anda juga bisa merasakan Pantai Seruni ini seolah-olah pantai pribadi milik Anda sendiri. Tidak hanya spot alamnya saja yang menarik, lingkungannya yang terbebas dari sampah juga terlihat sangat alami.

2. Olahraga Seru di Pantai

Anda bisa melakukan banyak aktifitas bersama teman-teman Anda, seperti bermain volley pantai, sepak bola pantai atau hanya sekedar bersantai dengan mendengarkan deburan ombak dan melihat pemandagan air laut yang indah.

Seperti pantai-pantai lainnya, Anda juga diperbolehkan mendirikan tenda camping untuk sekedar melihat matahari terbenam ataupun bermalam. Pada saat air pasang, ombak di sini cukup besar dan dapat memenui sebagian area pasir putih pantainya. Bahkan batu karang yang biasanya terlihat dari permukaan saat laut surut dan tenang bisa tertutup oleh air laut pada saat pasang. Hal ini lah yang menyebabkan para pengunjung tidak disarankan untuk berenang.

3. Air Terjun

Mungkin pada biasanya pengunjung yang datang ke suatu pantai ingin menyaksikan keindahan air laut, pasir putih, serta tebing-tebing yang menjulang indah. Namun, jika Anda mengunjungi Pantai Seruni, tidak hanya pemandangan itu saja yang akan Anda nikmati.

Anda bisa melihat penampakan tebing yang berubah menjadi air terjun. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan ini adalah ketika musim hujan. Namun, jangan khawatir, jika Anda datang di musim kemarau pun, tebing ini masih bisa mengeluarkan air dari celah-celah namun dengan kuantitas yang tidak terlalu banyak.

Pantai Seruni Gunung Kidul

4. Sunset dan Sunrise yang Indah

Sudah hal wajib sepertinya untuk melihat keindahan sunset dan sunrise dari pantai. Pastikan untuk datang pada saat cuaca cerah sehingga pemandangan ini akan terlihat lebih jelas. Melihat matahari terbenam dan matahari terbit dari Pantai Seruni bisa disebut merupakan hal yang wajib Anda lakukan ketika mengunjungi pantai ini.

5. Bak Penampungan Warga

Warga sekitar membuat bak penampungan yang di lengkapi dengan pipa-pipa pancuran yang bisa ada gunakan untuk mencuci muka, mencuci kaki, ataupun mencuci peralatan yang kotor selama di perjalanan atau camping di pantai ini. Meskipun bak nya sederhana, namun sangat membantu para wisatawan yang mengunjungi Pantai Seruni.

Itulah berbagai informasi mengenai Pantai Seruni dengan sejuta keindahannya. Tentu saja hanya dengan bermodalkan bacaan saja tidak akan membuat anda bisa merasakan keindahan dan pesona wisata Pantai Seruni. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi destinasi wisata ini dengan orang tersayang!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Seruni

  1. Pantai yang terletak di kota Bantaeng ini sangat nyaman dan bersih. Terdapat masjid yang cukup besar di wilayah ini. Malam hari ditempat ini sangat enak karena terdapat banyak sekali pedagang kaki lima di sekitar pantai ini dan cocok untuk tempat nongkrong kawula muda.

  2. Pantai ini sangat terkenal di bantaeng. Pertama ke bantaeng saya sudah jatuh cinta dengan tempat ini. Mengapa tidak? Looknya kereeeeeeen banget. Pinggir pantai namun g panas karena banyak pepohonan hijau yang membuat kita merasa nyaman dan sejuk. Gazebo beristirahat, dekat dari mesjid, taman bermain, lapangan untuk kegiatan forml, bahkan ada rah sakit terdekat. Buat kalian yang ada atau baru ke bantaeng, jangan lupa ke pantai seruni yah. Bakal ngerasa pengen lama2😍😍

  3. Pantai Seruni Bersih dan Nyaman. pada malam hari sangat cocok untuk nongkrong bersama keluarga dengan teman-teman. pagi dan sore hari tempat ini ramai untuk kegiatan olah raga dan jogging. dekat dengan fasilitas pelayanan publik dan bebas biaya parkir. tempat ini sangat layak untuk direkomendasikan bagi yang cari tempat nongkrong sekaligus menikmati kuliner didaerah bantaeng

  4. Tempat kongkow anak mudanya Bantaeng.. Banyak pilihan untuk makan2 n minum… U selfie bnyak spot2 menarik. Area sangat bersih n wifi free nya…

  5. Pantai seruni memberikan kenyamanan.layanan kuliner terlengkap di kab. bantaeng. . kita dapat berkunjung dan menikmati suasana yang nyaman memberikan arti dalam segala hal…. . seruni adalah miniatur kota jepang.. hal ini di ulas dalam beberpa majalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *