Pantai Indrayanti

146x dibaca

Pantai Indrayanti
Nama Pantai Indrayanti
Lokasi Pantai Indrayanti, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Ulasan (4.3 / 5)

Yogyakarta atau ‘Jogja’ bukan hanya kota dengan sejuta sejarah, budaya, dan seni, namun Kota Gudeg ini menyimpan banyak destinasi wisata yang mampu menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata yang hingga saat ini menjadi pilihan utama para wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur adalah pantai.

Terdapat puluhan pantai di Jogja yang dapat dijadikan pilihan para wisatawan untuk berlibur, mulai dari pantai yang masih berpasir hitam hingga berpasir putih. Pantai berpasir putih dapat ditemukan di daerah Gunungkidul, Wonosari, Yogyakarta. Sedangkan pantai yang berpasir hitam dapat ditemui di selatan kota Jogja yaitu di daerah Bantul.

Salah satu pantai berpasir putih yang sampai saat ini tidak sepi dipenuhi para pengunjung adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini menjadi satu-satunya pantai yang selalu ramai dipadati wisatawan dari berbagai daerah dan bahkan negara. Pantai Indrayanti akan dipadati pengunjung ketika memasuki waktu akhir pekan, namun di hari biasa pun juga tidak kalah padat.

Harga Tiket Masuk

Pantai Indrayanti menjadi pantai di Jogja yang wajib untuk dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga, sahabat, atau sebagai tempat gathering dengan rekan kerja sekalipun. Pemandangan indah bercampur dengan deru ombak disana akan berpadu dengan suasana segar hawa di area pantai.

Untuk tiket masuk ke area Pantai Indrayanti ini sangat terjangkau yaitu Rp 15.000,- setiap orang dan harus membayar tiket parkir kendaraan Rp 4.000,- untuk roda dua, dan Rp 15.000,- untuk roda empat.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi Pantai Indrayanti dapat ditempuh dengan kendaraam kurang lebih 2 jam dari kota Yogyakarta. Jarak tempuh sejauh 70km ini dapat melalui dua rute yaitu :

  1. Melalui Jalan Wonosari : Ringroad Timur Jogja-Piyungan-Patuk-Wonosari-Karangrejek-Hargosari-Tepus-ikuti arah petunjuk ke Pantai Indrayanti
  2. Melalui Jalan Imogiri : Siluk-Panggang-Saptosari-Trowono-Baron-ke arah timur ambil ke arah Pantai Pulang Syawal/Indrayanti

Dari dua pilihan rute di atas dapat Anda pilih sesuai dengan letak lokasi Anda saat itu berada. Namun jika Anda adalah wisatawan dari luar Jogja yang hendak mengunjungi Pantai Indrayanti, dari Bandara Adi Sutjipto, Anda dapat memilih rute melalui Jalan Imogiri.

Objek Wisata

Harga tiket tersebut bukan hanya harga untuk masuk ke kawasan Indrayanti saja, namun Anda dapat mengakses seluruh pantai di daerah Gunungkidul, Wonosari tersebut. Hanya dengan membayar Rp 15.000,- , Anda dapat berkeliling seluruh area Desa Tepus, Kec. Tepus, Gunungkidul ini.

Beberapa destinasi wisata pantai yang dapat dikunjungi dan masih dalam satu Kawasan dengan Pantai Indrayanti:

  1. Pantai Sepanjang
  2. Pantai Ngandong
  3. Pantai Sundak
  4. Pantai Sadranan
  5. Pantai Omadeng
  6. Pantai Drini
  7. Pantai Jogan
  8. Pantai Jungwok
  9. Pantai Nglambor
  10. Pantai Greweng
  11. Pantai Gesing
  12. Pantai Pok Tunggal

Masing-masing pantai yang berada di kawasan Gunungkidul ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Biasanya para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai di Gunungkidul tidak cukup untuk mengunjungi satu pantai saja. Misalnya dalam satu hari wisatawan bisa berkeliling ke tiga pantai atau bahkan empat pantai dan mencari pantai yang saling berdekatan.

Seperti dari Pantai Indrayanti, wisatawan dapat berkunjung ke pantai Sadranan yang sama-sama terletak di area Timur dari Gunungkidul. Disana selain dimanfaatkan untuk snorkeling, Pantai Sadranan juga bisa digunakan untuk melihat momen tradisi tahunan yaitu Nyadran. Namun jika Anda adalah wisatawan yang ingin memilih pantai yang memiliki segudang fasilitas, Anda harus memilih Pantai Indrayanti.

Fasilitas

Di antara beberapa pantai yang ada di Gunungkidul, memang Pantai Indrayanti yang sangat menarik minat pengunjung. Pantai ini terkenal dengan kebersihannya dan memiliki fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang dimaksud antara lain :

1. Payung pantai

fasilitas pantai indrayanti

Anda dapat menyewa sebuah payung pantai lengkap dengan alasnya hanya sekitar Rp 20.000,-. Biasanya payung pantai dipasang di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan dan suara deru ombak.

2. Jet sky

Bagi Anda yang hobi bermain jet sky, dapat memanfaatkan jasa persewaan motor jet sky seharga Rp 250.000,- kepada pengelola pantai dan bermain selama 15 menit.

3. Wahana permainan anak-anak

Fasilitas ini diberikan oleh pihak pengelola pantai untuk mengantisipasi anak-anak yang rentan dengan kebosanan secara gratis. Jadi bagi Anda yang hendak datang berlibur bersama buah hati jangan khawatir, karena di Pantai Indrayanti menyediakan banyak fasilitas yang membuat wisatawan betah disana.

4. Gazebo

wisata pantai indrayanti

Untuk menyewa gazebo harganya kisaran Rp 30.000,- yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul dengan kerabat, keluarga, maupun teman-teman sambil menikmati keindahan pantai dengan cemilan yang dibawa.

5. Mushola

Disana juga disediakan fasilitas Mushola untuk beribadah sholat bagi pengunjung muslim

6. Toilet

Harga penggunaan toilet untuk buang air kecil dan berganti pakaian Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk buang air besar dan mandi.

Kuliner

Bagi pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan, jangan khawatir karena di kawasan Pantai Indrayanti memiliki berbagai jajaran kuliner dari café hingga resto yang bisa dijadikan pilihan. Harganya pun cukup bersahabat, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung menu yang akan Anda pilih. Menu yang ditawarkan bukan hanya olahan laut saja, namun juga makanan lokal seperti nasi goreng, soto, penyetan, dan masih banyak lagi.

Pantai ini memiliki label pantai sejuta fasilitas oleh para pengunjung, terlebih lagi pengunjung yang sudah seringkali bertandang ke Pantai Indrayanti. Disana juga seringkali dimanfaatkan untuk memburu sunset atau matahari tenggelam.

Semakin bertambahnya tahun, semakin banyak perubahan yang diberikan oleh pengelola Pantai Indrayanti ini. Saat ini terobosan baru yang diberikan adalah dengan adanya homestay di depan area pantai. Jumlah homestay dari bambu yang ada saat ini hanya sekitar 6-7 jumlahnya, dan biasanya ini dimanfaatkan oleh beberapa keluarga yang hendak menginap.

Jadi bagi Anda yang datang dari luar kota dan membawa keluarga atau kerabat, tidak perlu mencari penginapan di luar area pantai, cukup reservasi homestay di depan pantai saja. Namun, pemesanan homestay ini sebisa mungkin juga jangan mendadak, karena untuk mengantisipasi apabila sudah dipesan oleh orang lain.

Selain berbagai fasilitas yang diberikan, Pantai Indrayanti juga memiliki suatu peraturan yang unik dan dijamin tidak dimiliki oleh tempat wisata yang lain. Peraturan tersebut berupa tidak boleh membuang sampah sembarangan di area pantai, laut, maupun resto yang berada di satu kawasan. Disana akan banyak pengelola pantai yang berlalu lalang, dan apabila Anda terlihat membuang sampah sembarangan akan dikenakan charga senilai Rp 10.000,-.

Peraturan ini dibuat oleh pengelola pantai setempat untuk mengantisipasi agar wisatawan juga dapat dengan bijak menjaga kebersihan pantai dan keindahan pantai. Hal ini juga dilakukan agar semua merasa nyaman, baik pengelola maupun wisatawan agar sama-sama mendapatkan haknya. Jadi, selamat menikmati liburan Anda dan tetap menjaga keindahan alam kita ya!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

9 ulasan untuk Pantai Indrayanti

  1. Sekitar 50km dr yogyakarta, riding boncengan bareng temen, dengan motor yg kondisinya yg bisa dibilang kurang sehat. Dengan jarak yg lumayan jauh ditambah track yg naek turun dan berliku. Tracknya asik, lewatin bukit naik turun dan rindang pohon, jd agak adem sepanjang jalan. Sampe disana viewnya oke, tp liatnya harus dr atas bukit karangnya. Ternyata sepanjang jalan, pantainya bukan cuma indrayanti, ada beberapa, yg mungkin ga kalah keren dr indrayanti. Baru sempet ke sana aja, waktu tempuh kurang lebih 5 jam pake motor bolak balik yaa. Disana banyak yg jualan makanan, minuman, sarikaya dan belalang goreng.

  2. Sudah 2x berkunjung k pantai ini..perjalanan yg menantang berliku2 naek turun ekstrim dgn kanan kiri jurang dan tebing utk bisa ke daerah pantai gunung kidul..tetapi saat sampai disana sesuai dgn pemandanganny yang indah… Selain indrayanti ada beberapa pantai lainny yg tidak kalah indahny..seperti pantai sepanjang, krakal, kukup, drini, sadranan dll… Minggu kmrn kesana pas hujan deras..syg bgd jd g bisa maen air dan pasir sepuasnya..

  3. Sangat pantas mendapat julukan The Yogyakarta Hidden Paradise, karena tempatnya yang agak terpencil dan natural. Anda akan melalui perjalanan agak melelahkan, sekitar 2,5 jam dari Kota Yogyakarta melalui jalan yang agak sempit dan berliku, melewati bukit-bukit. Namun rasa lelah anda itu akan terbayar dengan pemandangan pantai menghadap Samudra Hindah yang sangat indah, bersih, dengan hiasan batu karang besar, lengkap dengan ekosistemnya yang masih terjaga. Serasa ada di Pantai-pantai Bali.

  4. Gunung kidul merupakan tempat wisata pantai yang recomended. Murah tiket masuk, pengelilaan bagus dan sangat asri.. . Di pantai ini, cocok untuk bermain air dan pasir. Namun harus berhati-hati karena ombak yang besar. . Apalagi saat kesana saya setelah gerimis diperjalanan dapat pelangi. Tidak pernah bosan menikmati Yogya istimewa.

  5. Pantainya keren banget.. Kalau mengambil jalur perjalanan dr Jl Imogiri Barat,maka kita akan melalui jalur naik turun bukit yang cukup curam,tapi disuguhkan pemandangan yang menakjubkan… Dari Jalan Pantai Selatan, Pantai Indrayanti ini berada di deretan terakhir setelah Pantai Baron,Krakal,dll… Walaupun jarak tempuhnya cukup jauh dan memerlukan waktu lama,tapi terbayar lunas dengan pemandangannya yang spektakuler dan pasir putihnya yang lembut… Bener2 layak utk mendapat bintang 5.

  6. Sangat pantas mendapat julukan The Yogyakarta Hidden Paradise, karena tempatnya yang agak terpencil dan natural. Anda akan melalui perjalanan agak melelahkan, sekitar 2,5 jam dari Kota Yogyakarta melalui jalan yang agak sempit dan berliku, melewati bukit-bukit. Namun rasa lelah anda akan terbayar setelah disuguhi pemandangan pantai menghadap Samudra Hindia yang sangat indah, bersih, dengan hiasan batu karang besar, lengkap dengan ekosistemnya yang masih terjaga. Serasa berada di Pantai-pantai di Pulau Bali.

  7. WOW !!!. Rasa penat segera terbayar dengan indahnya karya tuhan yang dititipkan di jogja ini. Walaupun (maaf) pantat terasa panas karena perjalan dari kota jogja menuju kesini. Jalan yang bak tikungan-tikungan di motoGP membuat jantung deg-degan (inikah namanya cinta???). Pantai indrayanti adalah salah satu dari paketan pantai di gunung kidul, anda dapat masuk ke beberapa pantai sekaligus dengan cukup membayar mahar senilai Rp10.000/orang. Pantai indrayanti memiliki pemandangan yg lebih bagus menurut saya daripada pantai yang lain karena pantai berpasir putih dan air lautnya yang biru dan bukit disamping bertuliskan pantai indrayanti semakin sempurna rasanya untuk menambah koleksi photo-photo di media sosial. Namun saran saya jangan mencoba berenang ketika ombak besar. Parkir motor Rp2.000, banyak tempat makan dan oastikan anda menanyakan harga terlebih dahulu sebelum membelinya, jaga kebersihan, anda buang sampah sembaranagan denda rp10.000. ada penginapan juga disekitar sini, WC umum berbayar. Saran saya pulang jangan terlalu malam, jalanan gelap dan kalau musim liburan dijamin mancetnya mibta ampun untuk mendapati kota jogja lagi.

  8. Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) atau disingkat dengan Pantai Pulsa adalah salah satu pantai yang menarik dan eksotis berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.[1] Lokasi Pantai Indrayanti, Kabupaten Gunungkidul terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul.. . Pantai Pulang Sawal. (Pantai Indrayanti). InformasiLokasiKabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.Negara IndonesiaJenis objek wisataWisata pantai. Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti.[2] Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan. Karena itu Indrayanti menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

  9. Pantai Indrayanti adalah salah satu tujuan wisata di Gunung Kidul yang sangat dikagumi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Pantainya luas, indah dan bersih, kita bisa bersenang- senang menikmati indahnya pantai bersama teman ataupun keluarga dengan leluasa. Untuk istirahat kita bisa menyewa beruga hanya dengan membayar 25 rb saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *