Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Alamat: Pantai Indrayanti, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Yogyakarta atau ‘Jogja’ bukan hanya kota dengan sejuta sejarah, budaya, dan seni, namun Kota Gudeg ini menyimpan banyak destinasi wisata yang mampu menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata yang hingga saat ini menjadi pilihan utama para wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur adalah pantai.

Terdapat puluhan pantai di Jogja yang dapat dijadikan pilihan para wisatawan untuk berlibur, mulai dari pantai yang masih berpasir hitam hingga berpasir putih. Pantai berpasir putih dapat ditemukan di daerah Gunungkidul, Wonosari, Yogyakarta. Sedangkan pantai yang berpasir hitam dapat ditemui di selatan kota Jogja yaitu di daerah Bantul.

Salah satu pantai berpasir putih yang sampai saat ini tidak sepi dipenuhi para pengunjung adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini menjadi satu-satunya pantai yang selalu ramai dipadati wisatawan dari berbagai daerah dan bahkan negara. Pantai Indrayanti akan dipadati pengunjung ketika memasuki waktu akhir pekan, namun di hari biasa pun juga tidak kalah padat.

Harga Tiket Masuk di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menjadi pantai di Jogja yang wajib untuk dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga, sahabat, atau sebagai tempat gathering dengan rekan kerja sekalipun. Pemandangan indah bercampur dengan deru ombak disana akan berpadu dengan suasana segar hawa di area pantai.

Untuk tiket masuk ke area Pantai Indrayanti ini sangat terjangkau yaitu Rp 15.000,- setiap orang dan harus membayar tiket parkir kendaraan Rp 4.000,- untuk roda dua, dan Rp 15.000,- untuk roda empat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Indrayanti

Untuk menuju ke lokasi Pantai Indrayanti dapat ditempuh dengan kendaraam kurang lebih 2 jam dari kota Yogyakarta. Jarak tempuh sejauh 70km ini dapat melalui dua rute yaitu :

  1. Melalui Jalan Wonosari : Ringroad Timur Jogja-Piyungan-Patuk-Wonosari-Karangrejek-Hargosari-Tepus-ikuti arah petunjuk ke Pantai Indrayanti
  2. Melalui Jalan Imogiri : Siluk-Panggang-Saptosari-Trowono-Baron-ke arah timur ambil ke arah Pantai Pulang Syawal/Indrayanti

Dari dua pilihan rute di atas dapat Anda pilih sesuai dengan letak lokasi Anda saat itu berada. Namun jika Anda adalah wisatawan dari luar Jogja yang hendak mengunjungi Pantai Indrayanti, dari Bandara Adi Sutjipto, Anda dapat memilih rute melalui Jalan Imogiri.

Obyek Wisata di Pantai Indrayanti

Harga tiket tersebut bukan hanya harga untuk masuk ke kawasan Indrayanti saja, namun Anda dapat mengakses seluruh pantai di daerah Gunungkidul, Wonosari tersebut. Hanya dengan membayar Rp 15.000,- , Anda dapat berkeliling seluruh area Desa Tepus, Kec. Tepus, Gunungkidul ini.

Beberapa destinasi wisata pantai yang dapat dikunjungi dan masih dalam satu Kawasan dengan Pantai Indrayanti:

  1. Pantai Sepanjang
  2. Pantai Ngandong
  3. Pantai Sundak
  4. Pantai Sadranan
  5. Pantai Omadeng
  6. Pantai Drini
  7. Pantai Jogan
  8. Pantai Jungwok
  9. Pantai Nglambor
  10. Pantai Greweng
  11. Pantai Gesing
  12. Pantai Pok Tunggal

Masing-masing pantai yang berada di kawasan Gunungkidul ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Biasanya para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai di Gunungkidul tidak cukup untuk mengunjungi satu pantai saja. Misalnya dalam satu hari wisatawan bisa berkeliling ke tiga pantai atau bahkan empat pantai dan mencari pantai yang saling berdekatan.

Seperti dari Pantai Indrayanti, wisatawan dapat berkunjung ke pantai Sadranan yang sama-sama terletak di area Timur dari Gunungkidul. Disana selain dimanfaatkan untuk snorkeling, Pantai Sadranan juga bisa digunakan untuk melihat momen tradisi tahunan yaitu Nyadran. Namun jika Anda adalah wisatawan yang ingin memilih pantai yang memiliki segudang fasilitas, Anda harus memilih Pantai Indrayanti.

Fasilitas

Di antara beberapa pantai yang ada di Gunungkidul, memang Pantai Indrayanti yang sangat menarik minat pengunjung. Pantai ini terkenal dengan kebersihannya dan memiliki fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang dimaksud antara lain :

1. Payung pantai

fasilitas pantai indrayanti

Anda dapat menyewa sebuah payung pantai lengkap dengan alasnya hanya sekitar Rp 20.000,-. Biasanya payung pantai dipasang di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan dan suara deru ombak.

2. Jet sky

Bagi Anda yang hobi bermain jet sky, dapat memanfaatkan jasa persewaan motor jet sky seharga Rp 250.000,- kepada pengelola pantai dan bermain selama 15 menit.

3. Wahana permainan anak-anak

Fasilitas ini diberikan oleh pihak pengelola pantai untuk mengantisipasi anak-anak yang rentan dengan kebosanan secara gratis. Jadi bagi Anda yang hendak datang berlibur bersama buah hati jangan khawatir, karena di Pantai Indrayanti menyediakan banyak fasilitas yang membuat wisatawan betah disana.

4. Gazebo

wisata pantai indrayanti

Untuk menyewa gazebo harganya kisaran Rp 30.000,- yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul dengan kerabat, keluarga, maupun teman-teman sambil menikmati keindahan pantai dengan cemilan yang dibawa.

5. Mushola

Disana juga disediakan fasilitas Mushola untuk beribadah sholat bagi pengunjung muslim

6. Toilet

Harga penggunaan toilet untuk buang air kecil dan berganti pakaian Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk buang air besar dan mandi.

Kuliner

Bagi pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan, jangan khawatir karena di kawasan Pantai Indrayanti memiliki berbagai jajaran kuliner dari café hingga resto yang bisa dijadikan pilihan. Harganya pun cukup bersahabat, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung menu yang akan Anda pilih. Menu yang ditawarkan bukan hanya olahan laut saja, namun juga makanan lokal seperti nasi goreng, soto, penyetan, dan masih banyak lagi.

Pantai ini memiliki label pantai sejuta fasilitas oleh para pengunjung, terlebih lagi pengunjung yang sudah seringkali bertandang ke Pantai Indrayanti. Disana juga seringkali dimanfaatkan untuk memburu sunset atau matahari tenggelam.

Semakin bertambahnya tahun, semakin banyak perubahan yang diberikan oleh pengelola Pantai Indrayanti ini. Saat ini terobosan baru yang diberikan adalah dengan adanya homestay di depan area pantai. Jumlah homestay dari bambu yang ada saat ini hanya sekitar 6-7 jumlahnya, dan biasanya ini dimanfaatkan oleh beberapa keluarga yang hendak menginap.

Jadi bagi Anda yang datang dari luar kota dan membawa keluarga atau kerabat, tidak perlu mencari penginapan di luar area pantai, cukup reservasi homestay di depan pantai saja. Namun, pemesanan homestay ini sebisa mungkin juga jangan mendadak, karena untuk mengantisipasi apabila sudah dipesan oleh orang lain.

Selain berbagai fasilitas yang diberikan, Pantai Indrayanti juga memiliki suatu peraturan yang unik dan dijamin tidak dimiliki oleh tempat wisata yang lain. Peraturan tersebut berupa tidak boleh membuang sampah sembarangan di area pantai, laut, maupun resto yang berada di satu kawasan. Disana akan banyak pengelola pantai yang berlalu lalang, dan apabila Anda terlihat membuang sampah sembarangan akan dikenakan charga senilai Rp 10.000,-.

Peraturan ini dibuat oleh pengelola pantai setempat untuk mengantisipasi agar wisatawan juga dapat dengan bijak menjaga kebersihan pantai dan keindahan pantai. Hal ini juga dilakukan agar semua merasa nyaman, baik pengelola maupun wisatawan agar sama-sama mendapatkan haknya. Jadi, selamat menikmati liburan Anda dan tetap menjaga keindahan alam kita ya!

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Indrayanti

  1. Pantai di daerah Gunung Kidul Yogyakarta ini memiliki pasir yang berwarna putih….dalam perjalanan menuju pantai ini bisa menikmati keindahan alam yang masih asri melewati bukit bukit pantai ini berbeda dengan yang lain karena perjalanannya melewati bukit,jadi membutuhkan kendaraan yang sehat dan prima agar tidak terjadi kendala saat sedang melakukan perjalanan kesini…..kalau sore jalan minim sekali penerangan usahakan siang atau pagi jika merasa kepanasan saat dipantai ada gazebo yang disewa untuk berteduh meskipun perjalanan melewati bukit akan tidak terasa melelahkan saat melihat indah nya pantai berpasir putih di daerah Gunung Kidul Yogyakata ini

    14 Mei 2018, 04:11 WIB

  2. Pantainya iti.. Ajibb keren..air lautnya.. Pasirnya.. Mantab jiwa pokoknya.. Nggak nyesel lewatin kelokan nan tajam buat sampai kesini.. Terbayar lihat apa yang disajikan pantai ini. Tempat makan dan oleh oleh banyam. Cuman mungkin fasilitas umum kaya toilet yang musti di perhatikan.. Buat yang hobi foto apalagi aplot instagram dan cari spot instagramable.. Pantai ini jadi salah satu tempat yang rekomen lah..

    9 Juni 2018, 09:15 WIB

  3. Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang sering direkomendasikan pada wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan baik lokal ataupun manca negara.. . Sama seperti tipikal pantai selatan di wilayah gunung kidul, pemandangan disini tidak kalah indahnya. Bentang pantai yang cukup luas, pasir halus, dan laut biru lepas yang bersih.. . Terupdate 2018. . Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti. Harga tiket masuk : Rp 10.000. Sewa payung pantai : Rp 20.000. Sewa Gazebo : Rp 30.000. Toilet dan kamar mandi untuk bilas : Rp 2000 – Rp 5000. Sewa jetski : Rp 250.000 / 15 menit

    10 Juni 2018, 21:08 WIB

  4. Sangat pantas mendapat julukan The Yogyakarta Hidden Paradise, karena tempatnya yang agak terpencil dan natural. Anda akan melalui perjalanan agak melelahkan, sekitar 2,5 jam dari Kota Yogyakarta melalui jalan yang agak sempit dan berliku, melewati bukit-bukit. Namun rasa lelah anda akan terbayar setelah disuguhi pemandangan pantai menghadap Samudra Hindia yang sangat indah, bersih, dengan hiasan batu karang besar, lengkap dengan ekosistemnya yang masih terjaga. Serasa berada di Pantai-pantai di Pulau Bali.

    21 Juni 2018, 17:07 WIB

  5. Dari pantai-pantai yang ada di Gunungkidul dan Wonosari, pantai Indrayanti menurut saya menjadi pantai yang mudah di jangkau dan ramah keluarga, karena pantai yang lumayan panjang sehingga tidak terlalu berdesak-desakan saat hari libur. Tetap hati-hati apabila ingin bermain air, karan ombaknya tinggi, pengawasan orang tua sangat dibutuhkan. Patuhi peraturan dan instruksi petugas yang ada di sana.

    24 Juni 2018, 03:28 WIB

  6. Bagus banget pantainyaa masih bersihhhhh bangettt rekomen buat yg mau tenang nikmatin indahnya laut pantai yang santai ga terlalu rame jd bikin tenang banget cuma ga bisa dibuat berenang soalnya pinggrinya banyak karang agak jauh dari pusat kota jogja sekitar 2 jam tp worthit sih trs kalo malam sepi bbgt juga ga banyak yg jual makanan klo mlm jd harus sangat prepare tp klo smpe sore msh ada resto” gituu harganya standar mknnan standar sih trs penginapan di sana cari dadakan juga ada lengkap dri yg ac , ala” rumah kayu atau yg biasa kaya kontrakan 1 rumah juga bisa dengan harga yang lumayan murah buat yg ga bawa kamera jangan khawatir disana ada fotografer cukup bayar 5rb an 1 foto bisa dicetak harganya 10rb atau dikirim ke hp masing”

    9 Agustus 2018, 03:33 WIB

  7. MasyaaAllah😍 lopyu puuuull beach! Kenapa? Karena dia kayak pantai perawan yg bersih bgt dari sampah masyarakat, pasir putih, air bening, serius ini cantik bgt pantainya!😭. Awalnya bingung karena kita tour jadi ikutin travel/guide tournya kan nah d jadwal itu k pantai ini pagi iyaa sampe sana siang sih tapi bayangin deh kenapa nggak ambil sore aja kan dapet sunset tambah wow kan tapi kejawab sudah ketika kita perjalanan menuju kesana, asli jalannyaaa kalo mabuk’an d jamin bakal nyerah saat itu juga haha. Karena emang goyang kanan kiri, belokan tajam menanti, jalan yg cuma muat siji hmm👍. Cuman emang deh kalo liat pantainya udah ilang deh rasa yg pernah ada itu tadi jiah pusing mual maksudnya *yg jomblo jgn baper yaa. Nah buat kalian yg mungkin lupa bawa kamera, udahh gausa khawatir dsini banyak bgt fotografer handal yg bakal arahin kamu gaya dg hasil yg wah nggak malu”in lah kalo masuk k feeds instragram kamu 😉

    9 September 2018, 09:40 WIB

  8. ======Pantai indrayanti=======. ________🏖🏖🏖🏖________. Pantai Yang terdapat di kawasan wisata Gunung kidul. Untuk pengunjung yang hendak ke pantai mengunakan bus besar . Untuk akses jalan menuju pantai sementara baru ada pelebaran . . Pantai nya bagus pemandangan nya indah. Dimanjakan dengan pesona pasir putih dan karang pantai. . Untuk disini pengujung lebih memilih foto2 saja . Dibanding mandi. Karena memang kurang nyaman untuk mandi. . #PantaiIndrayanti. #Gunugkidul . #LestGuide

    14 September 2018, 19:10 WIB

  9. Garis pantainya sangat panjang, pasir putih, dan suasananya sangat menyenangkan meskipun ramai. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Banyak resto yang menyediakan seafood dan menu kerang hijau saos padang wajib dicoba. Jalan menuju pantai sangat bagus dan banyak spot foto disepanjang jalan. Htm sangat murah hanya dengan 10rb kita bisa mengelilingi seluruh pantai yang berada di 1 kawasan gunung kidul. Sayang saat kesana keadaan laut sedang pasang, jadi harus berhati2. Ombak sangat besar dan dihimbau tidak boleh terlalu bermain ke tengah agar tidak tenggelam

    26 September 2018, 19:55 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Indrayanti

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *