Pantai-Sadranan

Pantai Sadranan

Deretan pantai-pantai di pesisir selatan merupakan objek wisata andalan dari kabupaten Gunung Kidul. Terdapat beragam sisi menarik berupa keindahan alam bawah lautnya serta berbagai fasilitas penunjang yang ditawarkan. Kondisi ini pun membuat pantai-pantai di Gunung Kidul selalu ramai dikunjungi wisatawan baik ketika weekend maupun libur panjang tiba. Salah satu pantai yang kerap dikunjungi turis karena daya tarik utama berupa aktivitas snorkeling dan berkano-nya yaitu Sadranan.

Harga tiket masuk

Pantai-pantai di Gunung Kidul memang menghadirkan beragam keindahan panorama alam yang memanjakan mata pengunjungnya. Tidak seperti objek wisata lain yang membanderol tiket dengan harga mahal, biaya retribusi pantai ini lumayan bersahabat bagi wisatawan. Pihak pengelola pantai Sadranan telah mematok tiket seharga Rp 10.000 per orang.

Jumlah biaya retribusi tersebut akan bertambah Rp 2.000 apabila Anda membawa kendaraan bermotor. Sementara itu, bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat berupa mobil, maka akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Setelah tiba di Pantai Sadranan, maka Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia seperti Snorekling, menyewa perahu kano, gazebo maupun dome untuk camping.

Rute

Pantai Sadranan yang merupakan salah satu pantai khas Gunungkidul ini secara administratif berlokasi di dusun Pulegundes II, desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Sadranan terletak berderetan dalam satu komplek dengan pantai-pantai lainnya di pesisir Gunung Kidul. Apabila lalu lintas normal, Anda hanya membutuhkan waktu dua jam untuk menuju ke area ini dari kota Yogyakarta dengan kendaraan bermotor. Rute yang harus anda lalui agar bisa sampai di pantai ini pun sangat mudah.

Adapun gambaran rute perjalanan yang harus Anda tempuh adalah dimulai dari kota Yogyakarta menuju arah Wonosari. Selain melalaui arah Wonosari, Anda juga dapat menempuh jalur alternatif melewati jalan Imogiri-Panggang. Jika Anda mengambil rute Wonosari, maka ambil rute ke arah selatan menuju pantai Baron. Setelah tiba di pos retribusi Anda akan menemukan pertigaan lalu lurus saja ke arah pantai Krakal karena pantai Sadranan terletak persis di sebelah timurnya.

Objek wisata

Berwisata memang paling seru jika sambil menikmati bermacam-macam obyek wisata yang ditawarkan destinasi wisata yang anda pilih. Oleh sebab itu, penting sekali untuk anda mengetahui terlelbih dahulu apa saja obyek wisata yang ada di sana. Jika anda ingin pergi ke pantai Sadranan ini, berikut akan dijelaskan mengenai obyek wisata di sana yang bisa anda nikmati.

1. Wisata Biota laut dengan Snorekling

Snorkeling-Pantai-Sadranan

Selain Nglambor, pantai Sadranan adalah spot alternatif terbaik untuk melakukan aktivitas snorekling. Keindahan bawah laut pantai ini sungguh sayang untuk Anda lewatkan karena terdapat berbagai spesies terumbu karang dan jenis biota laut di dalamnya. Apabila Anda ingin melakukan aktivitas snorekling, maka tidak perlu khawatir karena biaya penyewaan alat hanya ditarif sebesar Rp 50.000 per jamnya.

2. Mendayung perahu kano

Aktivitas lain disamping snorekling yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah mendayung kano. Kini, Anda tidak perlu mendatangi pantai Pandawa di pulau Bali untuk sekedar menikmati sensasi mendayung kano. Datanglah ke pantai Sadranan, maka Anda dapat mendayung kano sembari menikmati hempasan ombak, birunya air laut, dan bukit-bukit karang. Kegiatan berkano ini dapat Anda lakukan dengan tarif Rp 50.000 untuk sewa perahu per jamnya.

3. Menikmati sunrise dan sunset ala pantai Sadranan

Tidaklah afdal rasanya apabila Anda berkunjung ke pantai tanpa mengabadikan momen berupa sunrise maupun sunset. Ya, kedua momen inilah yang selalu diburu dan dinanti oleh para wisatawan ketika berkunjung ke pantai Sadranan. Ketika sunrise maupun sunset tiba, Anda dapat mengabadikan momen ini melalui lensa kamera untuk menghadirkan foto yang instagramable.

4. Aktivitas berjemur di Pantai Sadranan

Wisata-Pantai-Sadranan

Kegiatan paling ideal ketika Anda berkunjung ke pantai di siang hari adalah berjemur. Anda dapat bersentuhan langsung dengan lembutnya pasir pantai, menikmati deru ombak serta angin yang sepoi-sepoi. Keadaan ini tentu saja menghadirkan harmoni tersendiri dan membuat jiwa Anda semakin tenang. Anda juga dapat menyewa jasa payung yang berderet tepian pantai dengan tarif Rp 30.000 per jamnya.

5. Camping Ground dan Api Unggun

Melakukan camping dengan kerabat saat malam minggu tentu akan menjadikan liburan akhir pekan jadi tidak membosankan. Di pantai Sadranan ini ada area yang cukup memadai untuk dimanfaatkan sebagai tempat kemah sambil menikmati api unggun. Banyak sekali wisatawan yang memilih mendirikan tenda di sini lantaran area yang cukup dan keelokan alam yang tiada duanya. Tak jarang wisatawan dari jauh melakukan kegiatan seru ini.

Berjemur, mendayung kano dan snorekling adalah aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam satu hari. Beberapa dari Anda mungkin ingin lebih lama lagi menikmati keindahan panorama laut pantai Sadranan. Nah, aktivitas terbaik dan menarik yang dapat Anda lakukan adalah camping di tepian pantai sembari berkumpul bersama teman. Tidak perlu repot untuk membawa peralatan camping karena pihak pengelola menyewakan dome kapasitas 4 orang seharga Rp 50.000.

Banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan ketika datang berkunjung ke Pantai Sadranan. Mulai dari sekedar berjemur, memburu foto sunrise dan sunset terbaik, berkano hingga snorekling. Beragam aktivitas tersebut tentu sangatlah cocok untuk agenda berlibur Anda dan keluarga dalam rangka rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Ulasan Pengunjung

Belum ada ulasan untuk tempat ini