Pantai Baron

335x dibaca

pantai baron
Nama Pantai Baron
Lokasi Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Ulasan (4.2 / 5)

Yogyakarta memang tak akan ada habisnya jika mengulas kekayaan yang dimiliki kota bertajuk ‘Daerah Istimewa’ ini. Bukan hanya kaya akan budaya, seni, dan kearifan lokalnya saja, namun Yogyakarta juga menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah menakjubkan dibandingkan kota lain. Salah satu jenis tempat wisata yang paling diincar oleh kaum muda sampai saat ini adalah pantai.

Yogyakarta dikenal kota yang memiliki puluhan pantai, baik pantai pasir putih maupun pasir hitam. Diantara beberapa pantai yang ada, Pantai Baron salah satu pantai yang masih mendapatkan tempat di hati para pengunjung. Tidak sedikit pengunjung ke tempat ini yang berasal dari luar kota atau bahkan dari tamu dari mancanegara.

Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kec. Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menempuh ke lokasi ini perlu melewati perjalanan kurang lebih 1 jam dengan jarak kira-kira 40km dari pusat Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Untuk akses masuk ke lokasi Pantai Baron sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,-/orang saja. Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung bukan hanya dapat menikmati Pantai Baron saja, namun juga dapat menjelajah ke tiga pantai lainnya yang masih dalam satu kawasan seperti Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal.

Apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua.

Rute Menuju Lokasi

Jika Anda berasal dari Yogyakarta, ada beberapa alternatif rute perjalanan menuju ke Pantai Baron. Berikut rute yang dapat dilewati:

Melalui Piyungan, Jogja

Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan-Jl. Girisubo-Wonosari- Jl. Saptosari-Tepus-Pantai Baron

Melalui Imogiri, Jogja

Panggang-Jl.Saptosari-Tepus-Ikuti arah ke Pantai Baron

Sedangkan jika Anda berasal dari luar Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah Terminal Giwangan. Dari perempatan ambil ke arah Selatan menuju Jl.Imogiri. Dari situ akan mendapatkan banyak petunjuk jalan untuk menuju ke daerah Gunungkidul dimana Pantai Baron berada.

Objek Wisata

Pantai Baron masih menjadi destinasi wisata yang tepat karena di tempat ini pengunjung bukan hanya dapat menikmati pemandangan alam dan suasana sejuk di pantainya saja, melainkan pengunjung juga dapat menikmati berbagai masakan kulinernya. Selain itu, disana juga memiliki banyak spot menarik yang dapat diakses oleh pengunjung untuk sekedar hunting foto atau menikmati keindahannya saja.

Seperti yang dibahas seperti di atas, Pantai Baron bukan hanya memiliki pantai yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan, namun disini juga memiliki banyak tempat menarik yang dapat dinikmati seperti:

1. Teluk dan Sungai

pantai baron

Teluk ini berasal dari sungai di bawah tanah. Aliran air yang dikeluarkan sangat deras sehingga pengunjung dapat bermain sepuasnya ke arah laut. Air disini sangat tawar namun tetap terlihat segar karena sangat jernih, ditambah lagi dengan adanya bukit di area ini yang dapat dimanfaatkan melihat keindahan pantai pasir putih ini dari ketinggian.

2. Mercusuar

pantai baron

Salah satu spot menarik yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya adalah ‘mercusuar’. Disini pengunjung dapat melihat keindahan alam di sekitar pantai dari ketinggian.

3. Kapal Nelayan

Deretan kapal nelayan yang ada di pantai ini seringkali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto karena desain dari kapal yang menarik.

pantai baron

4. Kuliner

Tidak cukup hanya dimanjakan dari pemandangan dan spot-spot unik di dalamnya, pantai yang penuh dengan hamparan pasir putih ini juga menyajikan banyak pilihan kuliner laut. Disana berjajar warung yang menjual beraneka menu seperti kepiting, ikan kakap, udang, tongkol, udang windu, dan masih banyak lainnya.

pantai baron

Pengunjung dapat memilih sendiri ikan yang ingin disantap, bahkan tidak sedikit dari warung disana yang memberikan kebebasan pengunjung untuk memilih ikan sendiri. Inilah yang membuat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang betah untuk berlama-lama di Pantai Baron, selain diberikan sajian pemandangan yang elok, juga dapat menikmati ikan segar yang ditangkap langsung dari laut.

Jika Anda merasa tertarik untuk berkunjung ke pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, luangkan lah waktu untuk menyambangi Pantai Baron di Desa Kemandang, Gunungkidul ini. Disana bukan hanya keindahan pemandangannya saja yang dapat Anda dapatkan, namun sewaktu pulang pun Anda juga akan mendapatkan sensasi dari memanjakan perut yang tidak akan dapat ditemukan di tempat lain.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

7 ulasan untuk Pantai Baron

  1. Digunung kidul baron merupakan pantai yang tidak pernah pudar pesonanya, karena selain pemandangan yg indah baron tempat bertemunya air laut dan air sungai bawah tanah yang keluar dari dalam gunung, sehingga wisatawan bisa memilih untik mandi di air yang asin, bisa mandi di air yg tawar , dibaron wisatawan bisa juga membeli ikan hasil tangkapan nelayan ada yg masih segar atau yg sudah di masak, yg terbaru ada wahana permainan flyboard atau terbang diatas angin…

  2. Pantai Terindah dan teramai dikunjungi wisatawan. Letaknya sangat strategis, karena dekat Pintu Masuk Utama. . didalamnya terdapat terminal bus dr terminal giwangan jogja, dan Banyak terdapat penginapan murah di sekitar area pantai tersebut… Posisi pantai berada diantara Bukit Baron..

  3. Salah satu pantai Selatan yang patut dikunjungi karena menawarkan wisata alam yang indah, sangat suka sekali saat ke sini

  4. Pantai baron pantai yang ada pertemuan sungai dan laut. Bisa berenang di sungai atau di laut. Ada tebing dari pegunungan kapur. Menambah spot untuk berfoto

  5. Pantai ini mengalami perubahan. Meski begitu, pantai ini masih tetap indah untuk dinikmati. Jika anda ingin menikmati keindahan laut. Anda perlu menyebrang menggunakan kapal kecil. Dan disebelah kiri pantai terdapat tebing kapur serta menara yang menabah cantik pantai ini.

  6. Pantai baron ini unik. Kalo lagi enggak pasang, ada daratan gitu melingkar ditengah pantai deket daratan. Tapi kalo kesini itu jangan heran kalo ditempat menjelang masuk itu nyium bau ikan karena disini itu banyak nelayan yg jual hasil ikannya. Jadi ada banyak juga tempat makan yg menyajikan seafood. . . Nah menariknya dari pantai baron ini, kita ngeliat view pantainya dari atas. Jadi kalian mesti naik gitu ke sebuah bukit dan menikmati pantainya dari pinggir tebing. Kalo lagi beruntung, bisa dapetin view sunset yg luar biasa. Dan bisa foto ala ala titanic juga diatas bukit ini karena ada semacam perahu yg dibuat diatas bukit. So far, pantai ini bagus

  7. Pantai paling populer di Gunungkidul. Cukup unik karena sendimentasi muara sungai membuat kenampakan pantai ini selalu mengalami perubahan. Pantai Baron dapat disebut sebagai gerbang bagi eksotisme pantai-pantai di Gunungkidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *