pantai baron

Pantai Baron

Alamat: Pantai Baron, Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Yogyakarta memang tak akan ada habisnya jika mengulas kekayaan yang dimiliki kota bertajuk ‘Daerah Istimewa’ ini. Bukan hanya kaya akan budaya, seni, dan kearifan lokalnya saja, namun Yogyakarta juga menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah menakjubkan dibandingkan kota lain. Salah satu jenis tempat wisata yang paling diincar oleh kaum muda sampai saat ini adalah pantai.

Yogyakarta dikenal kota yang memiliki puluhan pantai, baik pantai pasir putih maupun pasir hitam. Diantara beberapa pantai yang ada, Pantai Baron salah satu pantai yang masih mendapatkan tempat di hati para pengunjung. Tidak sedikit pengunjung ke tempat ini yang berasal dari luar kota atau bahkan dari tamu dari mancanegara.

Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kec. Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menempuh ke lokasi ini perlu melewati perjalanan kurang lebih 1 jam dengan jarak kira-kira 40km dari pusat Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk di Pantai Baron

Untuk akses masuk ke lokasi Pantai Baron sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,-/orang saja. Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung bukan hanya dapat menikmati Pantai Baron saja, namun juga dapat menjelajah ke tiga pantai lainnya yang masih dalam satu kawasan seperti Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal.

Apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Baron

Jika Anda berasal dari Yogyakarta, ada beberapa alternatif rute perjalanan menuju ke Pantai Baron. Berikut rute yang dapat dilewati:

Melalui Piyungan, Jogja

Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan-Jl. Girisubo-Wonosari- Jl. Saptosari-Tepus-Pantai Baron

Melalui Imogiri, Jogja

Panggang-Jl.Saptosari-Tepus-Ikuti arah ke Pantai Baron

Sedangkan jika Anda berasal dari luar Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah Terminal Giwangan. Dari perempatan ambil ke arah Selatan menuju Jl.Imogiri. Dari situ akan mendapatkan banyak petunjuk jalan untuk menuju ke daerah Gunungkidul dimana Pantai Baron berada.

Obyek Wisata di Pantai Baron

Pantai Baron masih menjadi destinasi wisata yang tepat karena di tempat ini pengunjung bukan hanya dapat menikmati pemandangan alam dan suasana sejuk di pantainya saja, melainkan pengunjung juga dapat menikmati berbagai masakan kulinernya. Selain itu, disana juga memiliki banyak spot menarik yang dapat diakses oleh pengunjung untuk sekedar hunting foto atau menikmati keindahannya saja.

Seperti yang dibahas seperti di atas, Pantai Baron bukan hanya memiliki pantai yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan, namun disini juga memiliki banyak tempat menarik yang dapat dinikmati seperti:

1. Teluk dan Sungai

pantai baron

Teluk ini berasal dari sungai di bawah tanah. Aliran air yang dikeluarkan sangat deras sehingga pengunjung dapat bermain sepuasnya ke arah laut. Air disini sangat tawar namun tetap terlihat segar karena sangat jernih, ditambah lagi dengan adanya bukit di area ini yang dapat dimanfaatkan melihat keindahan pantai pasir putih ini dari ketinggian.

2. Mercusuar

pantai baron

Salah satu spot menarik yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya adalah ‘mercusuar’. Disini pengunjung dapat melihat keindahan alam di sekitar pantai dari ketinggian.

3. Kapal Nelayan

Deretan kapal nelayan yang ada di pantai ini seringkali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto karena desain dari kapal yang menarik.

pantai baron

4. Kuliner

Tidak cukup hanya dimanjakan dari pemandangan dan spot-spot unik di dalamnya, pantai yang penuh dengan hamparan pasir putih ini juga menyajikan banyak pilihan kuliner laut. Disana berjajar warung yang menjual beraneka menu seperti kepiting, ikan kakap, udang, tongkol, udang windu, dan masih banyak lainnya.

pantai baron

Pengunjung dapat memilih sendiri ikan yang ingin disantap, bahkan tidak sedikit dari warung disana yang memberikan kebebasan pengunjung untuk memilih ikan sendiri. Inilah yang membuat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang betah untuk berlama-lama di Pantai Baron, selain diberikan sajian pemandangan yang elok, juga dapat menikmati ikan segar yang ditangkap langsung dari laut.

Jika Anda merasa tertarik untuk berkunjung ke pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, luangkan lah waktu untuk menyambangi Pantai Baron di Desa Kemandang, Gunungkidul ini. Disana bukan hanya keindahan pemandangannya saja yang dapat Anda dapatkan, namun sewaktu pulang pun Anda juga akan mendapatkan sensasi dari memanjakan perut yang tidak akan dapat ditemukan di tempat lain.

14 Ulasan dari Pengunjung Pantai Baron

  1. Pantai tertua di Gunungkidul, mengalami berkali kali perubahan bentuk karena faktor alam. Namun tetap Eksotis. Ada sungai bawah tanah yang airnya tawar dan bersih bagus untuk renang. Tapi hati hati kadang. Kadang berbahaya.. . Pantai Baron bisa dibilang salah satu pantai unik di Gunungkidul karena di tempat wisata ini kita bisa menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai. Tak sekedar aliran sungai biasa, aliran sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron dimana langsung mengalir kearah laut. Uniknya, setiap 5 tahun sekali aliran sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir ke timur terlebih dahulu (membelah pasir pantai) sebelum bermuara di laut. Sama halnya dengan beberapa pantai di laut jawa, setiap hari 1 Syura di Pantai Baron selalu diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih dari masyarakat setempat atas panen ikan yang melimpah.

    6 Mei 2018, 23:20 WIB

  2. Lokasi gampang ditempuh.. Pantainya terjadi perubahan, jadi kita ga bisa nyebrang langsung ke pantai, karena ada air yg cukup dalam.. Harus menyebrang menggunakan kapal.. Hal ini yg buat yg punya kapal aji mumpung, nyebrang 4 meter, ditagih 10rb/org.. Dan juga dilokasi ada pengeringan anak kepiting, jadi udaranya jadi bau.. Tp pantai dan viewnya lumayan bagus lah..

    26 Mei 2018, 17:09 WIB

  3. Pantai favorit aku selain parangtritis. Bisa mandi sepuasnya. Tapi kok sekarang harus nyebrang sungai yg lumayan deras. Mau ga mau harus naik kapal. Disebelah timur ada pantai kecil yg serasa pantai pribadi.

    17 Juni 2018, 07:47 WIB

  4. sekarang di ada trick dari nelayan kapal dan petugas SAR . yg mau nyebrang dari air tawar ke air laut harus naik perahu per orang 10K . seakan memaksa harus naik gtu. kedalaman di air tawar itu di kerukk lebih dalaam lagi . sehingga arus nya lebih deras dan orang2 yg mau berenang nyebrang jadi gak berani . terpaksa harus naik kapal . ahh . politikuss

    17 Juni 2018, 23:48 WIB

  5. Pantai dengan pasir hitam diantara pantai pasir putih di gunung kidul. Bisa buat nyemplung main di pantai, tp hati2 keseret ombak, hati2 jg bagian sungai sebelah pantai itu.. Bosen main di pantai, bisa naik ke bukit sebelahnya, beli makan atau cemilan di deket parkir seperti peyek dan lain-lain terus dibawa ke bukit atasnya, makan disana sambil bersantai lihat pemandangan oke juga. Bosen disitu tinggal pindah pantai di sebelahnya atau yang satu kompleks disitu ada pantai kukup, krakal, sundak, sepanjang, ngandong, drini, indrayanti.. Etc (banyak)

    18 Juni 2018, 16:53 WIB

  6. Pantai berpasir hitam. Banyak kapal nelayan di sini. Anda bisa berbelanja makanan laut dan cinderamata di sini atau sekedar menikmati hidangan seafood di warung makan. Suasana pantai kurang bagus untuk dinikmati tidak seperti pantai yang lain di Gunung Kidul.

    26 Juni 2018, 02:52 WIB

  7. Pantai yang cukup ramai dengan para nelayan. Selain menangkap ikan, mereka juga menyewakan perahunya untuk berkeliling di sekitar tepian pantai tersebut. . Tersedia juga tempat makan di sekitar pantai. Harga yang dikenakan pun cukup terjangkau dan enak. Disana juga terdapat penjual keripik rumput laut, keripik ikan, rempeyek udang, dll

    4 Juli 2018, 05:58 WIB

  8. Pantai tertua digunung kidul. Mengalami berkali kali perubahan karena faktor alam. Tapi tetap indah, nyaman, sejuk. Cocok buat liburan bersama keluarga atau teman, ada juga berbagai kuliner laut.

    4 Juli 2018, 06:02 WIB

  9. Saya pernah ke pantai ini ini adalah salah satu pantai pasir hitam no.1 selain pantai parangteritis saya suka karena pemandangan alam yg tak kalah indah dan saya mengaku bahwa saya itu jomblo 😂ok.saya pun suka karena terdapat satu mercusuar disana . Saya tidak tau apa lagi yg harus saya sampaikan . . I💝U INDONESIA

    12 Juli 2018, 07:56 WIB

  10. Ayo kita piknik yogya

    8 September 2018, 12:17 WIB

  11. hmm. pantainya biasa aja sih,ga terlalu istimewa banget. . kalau buat sekedar main air dipingiran ya lumayan sih. . fasilitas pendukung juga belum lengkap,. tapi its oke buat alternatif liburan pantai buat yang lagi wisata ke jogja. akses lumayan gampang pakai kendaraan pribadi,. pakai angkutan umum agak susah

    11 September 2018, 00:57 WIB

  12. Pantainya sebenernya bagus cuma sayang banyak sampah 🙁 coba aja kalau pengunjung lebih sadar kalau menjaga lingkungan itu penting. Tapi overall bagus sih, lengkap, ada warung, penyewaan tikar dan payung. Oh iya, jangan lupa naik mercusuarnya biar bisa liat pantai baron dari atas. Cuma bayar 10rb kalau ngga salah. Asik banget!

    14 September 2018, 05:41 WIB

  13. Bagus..ombak tidak terlalu besar. Jd aman untuk anak2 .saran diperbaiki lagi fasilitasnya dan kebersihan nyA

    27 September 2018, 02:38 WIB

  14. akses jalan sudah bagus, tempat parkir luas, banyak penjual ikan segar atau pun olahan dan ada banyak juga yang jual cinderamata dll

    1 Oktober 2018, 23:49 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Baron

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *