Pantai Sundak

30x dibaca

Pantai Sundak
Nama Pantai Sundak
Lokasi Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Ulasan (4.3 / 5)

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini dapat di jangkau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Kata Sundak sendiri berasal dari sebuah kisah tentang seekor Anjing yang berkelahi dengan landak.

Sehingga masyarakat menggabungkan nama keduanya menjadi Sundak. yang berlarian di sekitar pantai dan masuk ke dalam goa yang ada di sebuah karang. Di dalam goa Anjing tersebut bertemu dengan seekor Landak Laut, karena Anjing itu merasa lapar, Anjing itu pun berniat untuk memakan Landak Laut yang ada di dalam goa itu.

Tetapi Landak Laut pun tetap berusaha mempertahankan diri dengan menghindari serangan dan melakukan perlawanan terhadap Anjing itu, akan tetapi Landak tersebut gagal mempertahankan dirinya, Anjing tersebut pun berhasil memakan separuh dari tubuh Landak Laut itu. Karena perkelahian itu lah nama Sundak berasal, Asu (Anjing) dan Landak.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Rp. 5000,-/orang. Di sana juga tersedia area parkir kendaraan, untuk kendaraan motor atau mobil bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir kendaraan dekat dengan pantai. Tersedia mushola yang memudahkan umat islam untuk beribadah di tempat wisata pantai ini jadi tak perlu repot mencari tempat beribadah.

Sebelum tahun 1930, area ini masih menjadi area yang terendam air laut. Bahkan air laut pun dulu sampai merendam masjid di tempat parkir dan goa di batu karang itu. Seiring berjalannya waktu, air di pantai itu pun surut yang sekarang sudah kita bisa nikmati keindahan pantainya dengan nama Panta Sundak.

Di sana juga sudah ada fasilitas Kamar Mandi/WC, sangat di butuhkan hampir semua para pengunjung pantai untuk buang air kecil atau besar, mau pun hanya sekedar membasuh anggota tubuh atau berwudhu. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat di sediakan gazebo atau seperti rumah panggung untuk para pengunjung yang ingin tiduran sejenak atau hanya duduk santai sambil beristirahat, harga sewanya sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-.

Dan juga ada warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan olahan laut dan udang yang enak serta ada toko souvenir, menjual souvenir khas daerah sekitar

Akses Lokasi

Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa langsung saja melalui jalan yang menuju ke arah Wonosari atau pun Imogiri. Jalan yang ke arah Wonogiri lebih mudah dan lebih besar karena sering di lalui para wisatawan yang ingin berwisata ke daerah Gunung Kidul. Jalan yang ke arah Imogiri memang sepi tetapi memiliki pemandangan yang tidak kalah indah selama dala perjalanan, namun jalanaanya sempit karena ini seperti jalur alternatif.

Obyek Wisata

Suasana Pantai Sundak

1. Menikmati Suasana Pantai

Anda bisa duduk di gazebo pantai yang sudah di sediakan atau pun di bawah pohon yang ada di tepi pantai, sambil menikmati suasana pantai yang indah dengan suara deburan ombak dan angin yang semilir ataupun membeli makanan olahan laut yang tersedia di sana.

2. Bermain Pasir

Di pantai ini, anda tidak bisa melakukan aktivitas berenang karena airnya yang dangkal dan terdapat banyak karang-karang kecil yang tajam, anda bisa bermain air di bibir pantai dan berjalan sejauh 40 meter ke tengah laut jika penasaran ingin melihat penampakan karang kecil dari dekat. Bermain pasir pun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan jika di lakukan bersama dengan teman, keluarga ataupun pasangan.

3. Berfoto

Di pantai ini pun banyak spot untuk berfoto yang bagus, anda bisa foto sepuasnyaa bersama keluarga, teman atau pun pasangan anda di pantai ini dengan bebas karena pantai ini sepi sehingga anda bisa lebih leluasa untuk mengekspresikan gaya atau pose saat berfoto bersama.

4. Mencicipi Makanan

Anda juga bisa menikmati aneka makanan olahan laut lezat di sekitaran pantai sambil menunggu matahari terbenam ataupun hanya sekedar mengisi perut saja bersama keluarga.

Wisata Pantai Sundak

5. Penginapan

Penginapan, bagi yang ingin menikmati matahari terbenam di sore hari, menikmati pemandangan hamparan bintang-bintang di lautan luas ketika malam dan menikmati aejuknya udara pagi dan indahnya matahari terbit dari tepi pantai. Tetapi penginapan yang tersedia hanya Hotel kelas melati dan hotel-hotel kecil lainnya.

6. Goa Air Tawar

Di sebelah utara pantai, tampak perbukitan batu kapur dan batu karang dengan tinggi kurang lebih sekitar 12 meter. Di salah satu bukit batu karang ada goa atau lorong, anda bisa memasukinya. Di sebelah barat, ada masjid dan ruangan kosong yang ekarang sudah menjadi tempat parkir. Di sebelah timur terdapat batu karang yang ada goa nya, dengan ketinggian goa kurang lebih sekitar 2 meter. Di sana terdapat sumur alami yang dijadikan tempat untuk mengambil air tawar oleh warga sekitar.

Karena sejarah pantai yang pernah terjadi tentang Anjing dan Landak, akhirnya warga sekitar dapat menemukan sumber mata air yang ada di dalam goa tersebut. Setelah lama kampung itu mengalami kekeringan, sumber air ini pun di temukan oleh si pemilik Anjing yang bingung pada saat melihat tubuh Anjingnya basah setelah keluar dari goa, karena penasaran si pemilik Anjing mencari tahu goa tersebut lalu memasukinya dan melihat ada sumber mata air tersebut.

Dan akhirnya warga sekitar dapat menggunakan sumber mata air dalam goa itu untuk kebutuhan sehari-hari bahkan warga pun memasang pipa khusus untuk menyambung air dari goa itu ke pemukiman para warga.

7. Melihat Ikan-ikan Kecil

Pemandangan di Pantai Sundak ini masih terbilang alami, dengan pantai pasir putih yang masih bersih dan air lautnya yang jernih sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke pantai ini. Jika kita berjalan ke arah laut sejauh 40 meter, anda akan menemukan karang-karang kecil yang menjdi tempat persembunyian ikan-ikan kecil.

Semoga kedepannya akan terus ada peningkatan mengenai fasilitas, akomodasi dan akses jalan menuju pantai, sehingga meningkatkan minat pengunjung untuk datang ke panati ini sekali ataupun berkali-kali.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Sundak

  1. Asyik untuk kumpul sama keluarga. Pantainya cukup bersih, tersedia tempat parkir yang luas, sarana kamar mandi cukup banyak dengan kebersihan rata-rata. . . Enaknya lagi, kalau ke pantai sundak bisa snorkling, dan bisa sekaligus ke pantai ngandong, srili, krakal, kukup, baron, sepanjang, watu kodok, ngetun, siung, nglambor, sadranan, dan sederet pantai keren lainnya.

  2. Waktu air surut , banyak cekungan air tertinggal dikarang yg bisa di pakai balita berenang ,main air dan cari ikan dengan aman. Makanan harga tidak mahal tapi rasa ya seadanya ,minuman es degan saja segar 1 buah cuma 12 ribu.

  3. Kami berkemah keluarga di area pantai Sundak. Jadi bisa menyaksikan laut surut pagi-pagi. Keliatan rumput lautnya dan bisa jalan di pantai. Ombak naik sekitar jam 9 pagi.

  4. Pantai sundak salah satu pantai yang menyediakan kuliner terutama seafood, . Fasilitas yang ada di pantai ini antaralain kamar mandi, tempat ibadah, penginapan, parkir luas, jalan menuju pantai ini sangatlah mudah.

  5. Banyak penyewaan saung / gazebo disini. Harga makanan d warung jg relatif tidak mahal. Hati hati jika berenang, walaupun disini ada penjaga pantai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *