Pantai Greweng

19x dibaca

Pantai Greweng
Nama Pantai Greweng
Lokasi Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883, Indonesia
Ulasan (4.5 / 5)

Bukan hanya menawarkan kekayaan seni dan tradisi saja, Yogyakarta adalah kota dengan sejuta destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu destinasi wisata yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi para wisatawan adalah Pantai Greweng. Pantai yang sering disebut-sebut pantai perawan ini memang sangat memikat para wisatawan terutama yang hobi travelling.

Pantai yang terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta ini bukan satu-satunya pantai yang ada di deretan Gunungkidul. Selain Greweng, Anda dapat menemui Pantai Sedahan, Pantai Wediombo maupun Pantai Jungwok. Lokasi beberapa pantai tersebut dapat dijumpai hanya dengan cukup berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk

Pantai yang indah di pesisir utara Kota Gudeg ini tidak kalah indah dengan pantai pasir putih lainnya. Walaupun dengan lokasi yang sulit untuk ditempuh, dan jarak yang cukup jauh, tidak menghalangi para wisatawan untuk mencari pantai ini berada. Untuk mengakses ke lokasi, Anda cukup merogoh kocek Rp 5.000,- dan cukup dikenakan Rp 2.000,- untuk parkir kendaraan roda dua.

Rute

Untuk menuju ke kawasan Pantai Greweng Anda dapat menggunakan kendaraan darat baik roda dua maupun roda empat melalui beberapa pilihan rute. Rute yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:

1. Melewati Piyungan

Piyungan-Patuk-Gading-ambil ke kiri kea rah Wonosari-Siono-Wonosari kota-Jalan Baron-Pertigaan Mulo ambil kea rah Tepus-ambil kiri ke arah Ndakbong-Purwodadi-Balong-Jepitu-ke arah Wediombo-ambil ke kiri kea rah Pantai Jungwok-menuju arah Pantai Greweng

2. Melewati Jalan Wonosari

Piyungan-Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari-Semanu-Pasar Munggi-Cuwelo-Giri Panggung-Cikal-Ngawar-awar-Balong ke kiri-Jepitu-Ambil arah menuju Pantai Wediombo-Menuju Pantai Jungwok-Ambil kea rah Pantai Greweng

Kedua rute tersebut dapat dipilih apabila Anda ingin menuju ke pantai ini. Perjalanan yang harus dibutuhkan untuk sampai di lokasi kurang lebih sekitar 2 hingga 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan menuju ke Pantai Greweng yang sejalur dengan arah Pantai Wediombo ini memang terbilang pantai terjauh disbanding pantai pasir putih lainnya seperti Sepanjang, Indrayanti, maupun Ngobaran.

Objek Wisata

Objek Wisata Pantai Greweng

Setibanya di area pantai, Anda akan langsung disuguhi dengan jalanan setapak yang luas dan lapang. Lokasi pantai yang sedikit terpencil membuat pantai ini susah untuk dijangkau oleh wisatawan, terutama bagi yang masih baru pertama kali datang. Pantai Greweng berada di sisi balik bukit dari Pantai Jungwok, jadi untuk wisatawan yang datang harus menempuh jalanan setapak tersebut selama hampir 20 menit untuk menuju Pantai Greweng.

Jadi bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, harus rela berjalan kaki dari parkiran menuju pantai tujuan Anda. Namun jangan menyesel jika sudah tiba di lokasi karena akan disuguhi dengan pemandangan yang indah, pepohonan yang alami, pegunungan yang memberikan hawa sejuk yang seolah menghilangkan lelah Anda sekaligus.

Berikut beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan untuk Anda selaku traveller yang hendak mengunjungi Pantai Greweng :

1. Bisa Digunakan Untuk Memancing

Bagi Anda yang gemar memancing, pantai ini bukan hanya untuk berwisata namun juga dapat dimanfaatkan untuk memancing di bukit karang. Bukit karang ini sudah diyakini banyak wisatawan karena menghasilkan banyak ikan laut. Namun di kawasan pantai ini tidak ada persewaan alat pancing, jadi Anda harus membawa alat pancing sendiri.

2. Adanya Mata Air dan Sungai Kecil

Bukan hanya hamparan pantai yang indah dengan perbukitan di sekelilingnya, namun di Pantai Greweng memiliki sungai kecil yang airnya langsung dari mata air murni. Tentu air ini sangat bening dan terlihat batu karangnya.

3. Gua

Gua ini juga dapat ditemui di dalam area pantai. Tempat ini juga seringkali dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto.

4. Bisa Untuk Camping

Camping Pantai Greweng

Tempat ini biasa digunakan untuk camping bersama teman-teman karena area di pantai pasir putih ini cukup luas. Terlebih lagi di malam minggu, pantai ini akan ramai sekali oleh anak-anak muda yang mengadakan api unggun atau sekedar bakar-bakar ikan maupun jagung.

5. Kuliner

Sayangnya, kuliner di Pantai Greweng belum sebanyak seperti di pantai pasir putih lainnya di Gunungkidul. Di dalam kawasan ini hanya dapat ditemukan beberapa warung kopi saja yang menjual makanan pengganjal perut saja seperti minuman kemasan, pop mie, atau pun roti-rotian saja.

Pantai ini terasa kurang dimanfaatkan oleh warganya, misalnya saja belum memadainya warung yang menjajakan aneka masakan laut padahal di pantai ini bisa mudah sekali ditemui ikan-ikan laut yang mudah dipancing. Selain itu, kurangnya fasilitas persewaan alat pancing padahal seringkali wisatawan yang datang ke pantai ini hanya ingin memancing di bukit karang.

Namun di tengah kekurangan yang dimiliki pantai ini, tidak mengurangi sedikitpun keindahan alami yang diberikan pantai pasir putih ini. Bahkan masih banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara yang masih mengincar Pantai Greweng menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Masing-masing pantai di Gunungkidul memberikan keunikan dan penawaran yang berbeda-beda. Pantai Greweng memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai yang lainnya, dimana disini wisatawan dapat dengan bebas memancing di bukit karang karena pantai ini memiliki banyak ikan-ikan yang dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Oleh karena itu, apabila Anda mampir ke Kota Pelajar ini untuk mengelilingi beraneka ragam pantai di daerah Gunungkidul, sebaiknya Pantai Greweng masuk ke dalam daftar liburan Anda karena disana Anda akan menemukan kepuasan dalam berlibur dan bersenang-senang.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Greweng

  1. Pantai greweng berjarak 2jam dari jogja berrsebelahan dgn wediombo dan jungwok di barat dan dadapan,sedahan pulau kalong di timur pantai ini, bisa ditempuh via pantai wediombo dan trekking sekitar sejam melewati sawah,ladang warga dan perbukitan karst suasana masih sepi cocok buatt yg suka camp pantai bersama kawan , ada warung juga di sisi” pantai sehingga tidak perlu bekal berlebih ….

  2. pantainya bersih.. air jernih.. cocok buat wisata dan camp.. perjalanan ditempuh dari parkiran wedi ombo ke timur.. nanti ada parkiran lagi.. dilanjut jalan kaki melewati sawah, bukit dan lembah… perjalanan jalan kaki dari parkiran kurang lebih setengah jam.. disarankan memakai sandal/sepatu gunung.

  3. Pantai greweng cocok untuk wisatawan yg suka dengan tantangan karena untuk menuju pantai ini harus melewati medan yg terjal yg harus ditempuh dg berjalan kaki, jangan lupa bawa bekal air minum, recomended untuk camping. Bagi wisatawan yg tidak suka jalan kaki atau kondisi badan sedang tidak fit tidak disarankan deh mending lurus ke pantai Jungwok aja. Untuk area parkir lebih bagus yg deket pantai Jungwok perjalanannya lebih deket, jangan parkir di area parkir Wediombo karena perjalanannya lebih jauh tapi kalo mau parkir disana juga gapapa biar lebih menantang…

  4. Kondisi pantai masih alami, bersih, dan sepi. Butuh tenaga yang ekstra untuk mencapai pantai ini karena jalanan masih berlumpur dan berbatu. Ditambah lagi harus berjalan melewati bukit yang jalannya juga berbatu. Pantai ini juga cocok untuk foto-foto karena diapit oleh dua tebing. Namun pantai ini tidak cocok untuk bermain air karena terdapat karang-karang yang membuat luka disekujur tubuh.

  5. pantai greweng, pantai dengan ombak yang sangat besar dan sangat indah, garis pantai di sini sangat kecil dapat dijangkau dengan berjalan kaki yang lumayan jauh, bisa dimulai perjalanan dari terminal pantai jungwok . . #LetsGuide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *