Pantai Jungwok

Alamat: Pantai Jungwok, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Pantai Jungwok berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini sebenarnya berdekatan dengan pantai Wediombo hanya sekitar 500-1000 meter. Selain itu juga masih dekat dekat dengan pantai Greweng, tepatnya di sebelah baratnya.

Pantai Jungwok dikenal sebagai pantai yang angker, namun hal itu tidak menyurutkan pengunjung untuk tetap berwisata ke sana. Selain itu juga lebih kecil dan sempit jika dibanding dengan pantai Wediombo. Pantai ini juga mempunyai daya tarik tersendiri serta menyuguhkan banyak pesona alam yang indah di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok

Harga tiket masuk menuju pantai Jungwok sangat murah yaitu hanya Rp 5.000 per orang dan sudah termasuk untuk ke pantai Wediombo, karena memang lokasinya yang berdekatan. Sementara itu bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jungwok

Rute untuk mencapai pantai Jungwok bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Jika dimulai dari Yogyakarta maka melewati Jalan Bausasran lurus hingga ke SMA N 8 Yogyakarta – PLN Yogyakarta  mengikuti Jalan Nasional III dan Jalan Yaogyakarta – Wonosari – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo baru bisa sampai ke Pantai Jungwok.

Sementara itu jika dari Bantul bisa melewati Jalan Imogiri Timur atau Playen Dlingo – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo hingga sampai ke Pantai Jungwok. Jadi, rute ini terbilang lebih pendek dan cepat dibanding yang sebelumnya di atas.

Jika pengunjung menggunakan transportasi umum, maka bisa dimulai dari terminal Giwangan kemudian menuju arah desa Jepitu dan dari sana pengunjung bisa naik ojek langsung menuju pantai Jungwok. Hanya saja membutuhkan biaya yang lebih mahal karena untuk ongkos ojeknya saja sekitar Rp 40.000-Rp 50.000 per orang.

Obyek Wisata di Pantai Jungwok

1. Mempunyai Tiga Aliran Sungai Air Tawar

Ada tiga aliran sungai air tawar yang bermuara ke lautan pantai Jungwok. Hal itu membuat seolah dapat membelah bibir pantai menjadi tiga bagian sekaligus. Selain itu juga menjadikan perpaduan air tawar dari sungai dengan air asin dari lautan. Pemandangan ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

2. Bentuk Garis Pantai yang Melengkung

Pantai Jungwok mempunyai bentuk garis yang melengkung dan terlihat sangat eksotis, apalagi jika dilihat dari kejauhan atau atas. Bentuk semacam itu yang kemudian menjadi asal mula penamaan pantai ini yaitu Jungwok.

Bentuk garis pantai yang indah terpadu dengan pasir putih yang bersih memberi suasana yang damai dan nyaman bagi pengunjung. Wisatawan bisa sekedar bermain air di tepi laut, bermain pasir yang lembut hingga bermain voli dan sebagainya.

3. Cocok Sebagai Tempat Camping

Pantai Jungwok juga sering digunakan sebagai lokasi camping karena memang suasananya yang cukup sepi dan nyaman. Pastinya pengunjung yang melakukan camping harus tetap menjaga kebersihan pantai. Di sana tidak menyediakan peralatan dan kebutuhan camping sehingga pengunjung harus membawa sendiri dari rumah.

Demikian, pantai ini sangat cocok untuk sekedar camping dan santai bersama teman atau keluarga di hari libur. Jika pengunjung membutuhkan kayu bakar untuk membuat api penghangat bisa membeli di sana atau ke warga sekitar. Jadi, tidak perlu mencari di hutan atau ladang sekitar pantai, sebab hal itu sebenarnya tidak diperbolehkan.

4. Pemandangan Pulau Kecil

Ketika pengunjung sudah berada di pantai Jungwok akan melihat pulau kecil yang membentang di tengah laut. Pulau tersebut terlihat kehijauan dan menambah keindahan pemandanga laut. Pengunjung bisa memanfaatkan pemandangan tersebut sebagai backround foto sefie ataupun sebagai objek fotografi.

5. Pemandangan Batu Karang di Sekitar dan Tengah Laut

Di pantai Jungwok pengunjung akan dimanjakan dengan pemandanga batu karang besar yang membentang di tengah lautan. Batu tersebut sering disebut sebagai batu topi atau watu topi dalam bahasa jawa oleh masyarakat setempat. Batu ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing bagi warga juga beberapa pengunjung, namun harus tetap hati-hati.

Selain itu, juga terdapat batu karang yang menyebar di sekitar pantai ataupun di tepi laut.Di balik batu tersebut biasanya terdapat binatang laut yang menempel seperti ikan, lobster, dan sebagainya. Hal itu menjadi pemandangan yang menarik bagi pengunjung termasuk sebagai objek foto dan sebagainya.

6. Pemandangan Lautan yang Kebiruan

Laut di pantai Jungwok mempunyai warna kebiruan yang cerah dan indah. Tidak ada sampah yang berserakan ataupun terbawa arus ombak laut. Hal itu menjadikan laut serta pantai terlihat sangat bersih dan alami.

Paduan birunya laut dan pasir putih pantai Jungwok menjadi daya tarik tersendiri dan menambah keindahan pemandangan alam. Pengunjung bisa sekedar bermain air di tepi laut ataupun bermain pasir khususnya untuk anak-anak. Selain itu juga cocok untuk menjadi spot ataupun backround foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen. Namun harus tetap hati-hati demi menjaga keselamatan diri.

7. Dekat dengan Wisata Menarik Lainnya

Pantai Jungwok tidak hanya dekat dengan pantai Wediombo dan Greweng saja, namun juga dekat dengan Pantai Jogan dan Nglambor. Pantai Jogan mempunyai eksotisme tersendiri yang berupa air terjun berpadu dengan lautan. Sementara itu, pantai Nglambor sangat cocok untuk melakukan snorkling. Jadi, alangkah baiknya pengunjung pantai Jungwok tidak melewatkan kedua pantai tersebut saat berwisata.

Demikian ulasan tentang pantai Jungwok yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai besar yang ada di Gunungkidul. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Yogyakarta sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Jungwok

  1. Pantai jugwok itu bagi saya adalah harta karun yang tersembunyi. Dimana untuk mencapainya kita harus berjuang dulu. Ya untuk menuju pantai ini kira-kira 200 meter dari jalan utama kita di suguhkan jalanan yang uhh… yahoed. Gimana nggak yahoed, goyangan demi goyangan harus kita lewati. Saran aja nih, kalau mau ke sini jangan pakai motor matic ya… tapi pakai lah motor gigi.an atau triil. Untuk mobil ya… masih bisa masuklah he-he itupun kalau yang berani. Tapi, saran aja lebih srek pakai motor pokoknya !. Disana kita nggak hanya duduk dan main air, serta foto doang lho… tapi, kita juga bisa tuh nge-camp (kemah) pantainya panjang dan luas, pasirnya putih, dan disana juga murah-murah mulai dari parkirnya, jajanannya, dan penyewaan tikar sampai tenda nya uluhh… murah banget dahhh ! Inget ya ! Kalau kalian bisa bahasa jawa lebih baik berbahasa jawa aja saudara/i, karena sebagian besar kalau saya amati. Jika kita pakai bahasa jawa mereka akan cenderung open ma kita dan nggak mungkin membuat harga yang bikin kantong meleleh !

    23 Juni 2018, 17:03 WIB

  2. Pesisir Selatan Pulau Jawa memiliki pesona tersendiri untuk dijelajahi. Di sana terdapat deretan pantai dengan berbagai karakter yang cocok menjadi pelepas penat. Salah satunya adalah Pantai Jungwok yang masuk wilayah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.. . Berjarak tempuh tiga jam berkendara dari Kota Yogyakarta, wisatawan akan mendapati pantai berpasir putih dengan air laut jernih dan pemandangan karang-karang besar sebagai pemecah ombak.. . Jauhnya jarak ke Pantai Jungwok bisa jadi membuat pantai ini kurang populer dibanding pantai lainnya daerah selatan Yogyakarta. Namun karena itu pula, Pantai Jungwok justru jadi kian menarik.

    15 Juli 2018, 16:14 WIB

  3. Pantainya masih belum terlalu banyak pengunjung. Untuk mencapai pantai ini harus melewati medan yang banyak gronjalannya. Masih bersih dan enak untuk main ombak. Tapi jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya supaya pantai ini tetap bersih.

    2 Agustus 2018, 16:51 WIB

  4. Pantai yang indah, cukup luas pasir putih pantainya untuk sekedar bermain pasir dan air. Banyak spot berswafoto bagi yang suka selfie. Di sana ada penjual baju ganti ataupun persewaan tikar. Parkir juga luas dan banyak tersedia. Kamar mandi juga banyak disertai dengan adanya musholla bagi yang hendak menunaikan ibadah shalat. . . Akses menuju pantai sedikit berbatu dan dibutuhkan kesabaran karena belum diaspal untuk memudahkan perjalanan menuju ke sana. Bagi yang suka melakukan camp (bermalam di alam terbuka menggunakan tenda, pantai ini bisa dijadikan pilihan).

    11 Agustus 2018, 05:59 WIB

  5. Bagus banget. Adem, masih belum terlalu ramai pengunjung. Cocok banget buat ngecamp. Fasilitas kamar mandi ada, warung makan juga ada. Udah 3kali ke sini tidak pernah bosan.

    25 Agustus 2018, 01:03 WIB

  6. Camping di sini nyaman.banyak temen.Pantainya ombaknya tidak terlalu besar jd anak anak bisa bermain, tempatnya juga dari parkiran roda 2 maupun roda 4 tidak terlalu jauh.Toilet juga banyak yang menyediakan.Ada karang di bagian tengah laut dekat pantai bagus buat background foto.Buat yang berburu sunrise bagus sekali di pantai Jungwok ini.Main drone juga oke.

    10 September 2018, 09:04 WIB

  7. Pantai ini masih cukup sepi untuk quality time dengan teman-teman dan keluarga. Jenis pantai ini adalah pantai karang, pemandangan sangat bagus. Dan semacam pantai yg tersembunyi.

    17 September 2018, 07:28 WIB

  8. Cukup bintang 4 saja, kenapa? Saat mengunjungi pantai ini (23 September 2018, musim kemarau) akses jalannya masih tergolong kurang baik, memang ada jalan cor blok buatan PT HPM tetapi tidak semuanya, awal jalan masuk menunju pantai masih jalan tanah berbatu kapur, saat memasuki jalan cor ada beberapa jalan yang menurun curam, dipastikan kalau musim hujan bakal licin. Jika ke sini sebaiknya jangan gunakan motor matik, lebih enak lagi pakai mobil atau kendaraan roda 4 lainnya. Untuk kondisi pantainya memang masih sepi & ombak relatif kecil sehingga cocok untuk bermain air. Fasilitas sudah lengkap tapi sepertinya belum ada aliran listrik di bibir pantai. Selebihnya jika kondisi jalan menuju pantai tidak menjadi masalah utama, pantai ini sangat direkomendasikan daripada pantai wediombo yang ada di sebelahnya

    23 September 2018, 19:01 WIB

  9. Pantai jungwok paling pas buat ngecamp bareng temen2 atau keluarga. Fasilitas WC nya juga sudah banyak, jadi gak usah takut kalau mau buang air. Ada kolam kecil di bibir pantai, jadi berasa berendem di kolam sendiri. Saran, jangan kesini pas hari libur panjang, karena bakal gak bisa nikmatin banget suasana pantainya

    19 Maret 2019, 17:40 WIB

  10. Pantainya terbentang luas, ditengahnya ada bekas letusan. Hati2 200 meter menuju parkiran, jalanan dari tanah liat dan batu karst, jadi harus hati2. Kalo selain sabtu dan minggu, jarang warung/toilet yg buka. Tpi, kalo toilet, ttp ada kok, gratis malah kalo selain hari sab-minggu. Wkwk

    19 Maret 2019, 22:44 WIB

  11. Pantai ini terletak di samping Pantai Wedi Ombo, namun jalannya masih tanah sehingga harus berhati-hati saat musim hujan. Disini terdapat batu besar dipinggir pantai dan tempat duduk bagi wisatawan yang berkunjung

    2 April 2019, 16:47 WIB

  12. Pantai yg terletak di gunung kidul ini adalah destinasi yg tepat untuk berlibur di saat membutuhkan indah nya alam indonesia. Tempat nya yg nyaman, sejuk, indah, banyak spot foto yg bagus dan keren dan air nya yg jernih dan segar sangat cocok untuk di nikmati. Terdapat bukit yg bisa di daki untuk mencari spot foto keren dari atas bukit dan yg paling penting adalah disini kalian bisa juga untuk ngecamp bersama teman, sahabat atau keluarga kalian. Tapi ingat ya tetap jaga kebersihan pantai dan menjaga fasilitas pantai supaya tetap bersih, nyaman dan indah pantai nya. Dan yg paling minus dari pantai ini adalah akses menuju ke pantai nya, mulai dari pintu masuk pantai jungwok ke pantai nya itu kalian akan melewati kurang lebih 1km dengan track yg parah banget, banyak bebatuan yg tajam dan jalan nya abstrak tidak rata, jadi saya saranin mending parkir di atas saja dan jalan ke bawah 1km daripada nanti ban kendaraan kalian bocor di tengah jalan, semoga akses jalan nya bisa segera di perbarui supaya pengunjung tetap nyaman dan aman, sayang sekali pantai seindah ini tapi akses jalan nya kacau parah.. ~ Happy Holiday ~

    8 April 2019, 20:43 WIB

  13. Pantai nya indah tp akses jalan masih kurang karna berupa bebatuan di awal perjalanan masuk wisata nya lalu di tengah perjalanan nanti ada jalan cor halus sampai lokasi, motor / mobil bisa di bawa sampai lokasi

    9 April 2019, 04:31 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Jungwok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *