Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Alamat: Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Ingin berlibur santai dan menyenangkan di pantai namun dengan suasana dan obyek wisata yang antimainstream? Pantai Nglambor adalah rekomendasi yang tepat untuk referensi destinasi berlibur Anda. Alasannya adalah karena salah satu pantai di Gunungkidul ini menyimpan pesona yang akan membuat Anda rindu setelah mengunjunginya. Pantai satu ini memiliki bentuk yang indah, membuat siapa saja menjadi bangga terhadap wisata Indonesia.

Pantai Nglambor ternyata berbatasan dengan Samudera Hindia oleh karena itu ombak di pantai ini cukup keras. Namun tersedia area agar Anda bisa melakukan wisata snorkeling dan menyelam. Letak pantai ini sangat strategis, diapit oleh dua pantai yang juga terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Jogan serta Siung. Dahulu tidak banyak yang mengunjungi pantai Nglambor namun setelah berkembangnya teknologi dan sosial media, pengunjung pun bertambah banyak.

Harga Tiket Masuk di Pantai Nglambor

Merasakan asyiknya snorkling, melihat terumbu karang dan ikan-ikan di pantai Ngalmbor, maupun menikmati pemandangan pantai yang menarik hati, bisa Anda dapatkan semuanya. Untuk itu, Anda hanya cukup membayar biaya tiket masuk yang terjangkau, bahkan wisata yang Anda dapatkan lebih bagus dan banyak sekali.

Biaya tiket tersebut hanya sebesar Rp 6.000,-/orang. Kemudian untuk biaya parkir motor hanya Rp 2.000,- dan pakir kendaraan roda empat seperti mobil Rp 5.000,-. Dengan harga yang sangat murah tersebut, liburan di pantai tak perlu jauh dan mahal untuk mendapatkan pemandangan dan obyek wisata yang menarik. Beberapa obyek wisata di pantai Nglambor akan dijelaskan di bawah ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nglambor

Akses dan rute menuju pantai Nglambor disebut-sebut sebagai rute yang sedikit susah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena perjalanan akan terbayar tuntas dengan obyek wisata di Pantai Nglambor. Untuk menuju ke pantai unik ini Anda bisa mulai dari kota Yogyakarta. Melajulah menuju ke Jalan Wonosari untuk tiba di Piyungan.

Ketika sampai di Piyungan Anda akan melewati bukit bintang. Kemudian menuju ke Patuk dan Sambipitu. Setelah itu melaju ke arah Pemda Kota Wonosari. Jika sudah sampai di sana, silakan Anda menuju ke arah Tepus, Menthel, Cabean, lalu Bintaos. Dari Bintaos Anda akan sampai di kantor kecamatan Tepus, kemudian menuju ke desa Tepus, Gesing, setelah itu Purwodadi.

Dari Purwodadi ini Anda sudah hampir dekat dengan pantai Nglambor. Arahkan kendaraan Anda menuju simpang tiga Nagun menuju ke jalur pantai Siung. Dari sini Anda akan segera menemukan tempat pos pemungutan retribusi. Setelah membayar retribusi, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Nglambor yaitu di simpang tiga kedua.

Obyek Wisata di Pantai Nglambor

Panorama alam di pantai Nglambor sangat menarik dan indah. Namun tak hanya itu, bahkan di pantai Nglambor terdapat banyak obyek wisata yang bisa Anda nikmati bersama keluarga maupun teman. Apa saja obyek wisata yang disediakan di pantai di Gunungkidul ini? Inilah obyek wisata di pantai Nglambor.

1. Wahana Snorkeling

Snorkling Pantai Nglambor

Melihat secara langsung biota laut berupa kerang-kerang dan ikan-ikan khas laut yang bermacam-macam adalah kegiatan yang menyenangkan dan bikin ketagihan. Di pantai satu ini, aktivitas tersebut dapa dilakukan. Tenang saja, meskipun ombak cukup besar, namun snorkeling dilakukan di area yang aman. Area ini diapit oleh dua kerang besar yang kata orang disebut seperti kura-kura raksasa penjaga pantai.

Selain itu, disediakan juga alat-alat untuk snorkeling yang lengkap dengan harga sewa yang terjangkau. Saat melakukan aktivitas seru snorkeling ini Anda boleh menikmati hingga puas. Namun perlu diperhatikan agar tetap berhati-hati terutama agar tidak menginjak terumbu karang. Jika Anda menginjaknya, maka akan berdampak pada terumbu karang yang menjadi rusak.

Terdapat dua tempat penyewaan alat snorkeling di pantai Nglambor ini. Anda bisa memilihnya salah satu. Namun sebelum itu lebih baik Anda hubungi pihak penyewa alat untuk memastikan agar tidak kehabisan saat di tempat. Siapkan juga alam untuk mengabadikan momen snorkeling dan pemandangan bawah laut ala pantai Nglambor tersebut.

2. Foto di Bawah Air

Akhir-akhir ini foto di bawah permukaan air laut menjadi populer di sosial media. Anda pun bisa melakukannya di pantai Gunungkidul ini. siapkan pembungkus kamera yang anti air dengan kualitas yang baik agar air laut tidak masuk dan merusak handphone Anda. Atau jika ada, gunakan kamera khusus underwater.

3. Susur Pantai Nglambor

Objek Wisata Pantai Nglambor

Setelah mencoba berbagai obyek wisata seperti snorkeling dan trekking, saatnya berjalan santai menikmati indahnya pantai Nglambor. Menyusuri pinggiran pantai sambil bermain pasir ataupun mencicip pinggiran ombak akan sangat menyenangkan. Anda juga bisa mampir ke pantai-pantai lainnya yang berdekatan dengan pantai ini.

4. Jalur Trekking

Pantai Nglambor terletak di daerah yang mempunyai banyak tebing dan perbukitan. Jika Anda menginginkan wisata alam yang menantang, Anda bisa mencoba wahana trekking ini. kemudia jika Anda sudah sampai dipuncak, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan dari atas bukit. Lengkap dengan pemandangan area snorkeling, dua batu karang raksasa, dan landscape pantai serta horizon. Anda juga bisa melihat pemandangan pantai-pantai di sekitar pantai Nglambor.

Setelah mengetahui berbagai obyek wisata di pantai Nglambor seperti wahana snorkeling, foto di bawah laut, susur pantai, sekaligus trekking bukit di sekitar pantai Nglambor, tentunya Anda sudah tak sabar untuk berlibur ke sana. Pastikan peralatan Anda siap seperti kamera dan wadah anti air. Sehingga liburan menjadi lebih seru dan asyik.

16 Ulasan dari Pengunjung Pantai Nglambor

  1. destinasi wisata baru yg masih alami .. shg fasilitas penunjang masih sangat terbatas..persiapkan fisik yg prima kalo mau ke tempat ini. ..pastinya ga akan menyesal..rasa capek akan terbayar tunai setelah sampai ke tempat ini…

    22 Juni 2018, 08:07 WIB

  2. Dr parkiran ngojek 5rb sampe deket pantai.. Utk biaya snorkling 45rb, pendaftaran terakhir jam.16..pemandu nya baik²..ramah.. . Takkan terlupakan coz kmrn cincin emas putih hilang ntah kemana.. Nyadar hilang pas dt4 sholat sblm kita pulang..😢

    23 Juni 2018, 04:20 WIB

  3. Waktu itu masuk dari pantai siung cuma bayar parkir 3rb lewat garden beach kebetulan ga ada yg jaga jadi gratis banyak spot foto di garden beach, lumayan jalan kaki 15 menit sampe pantai nglambor, rekomendasi snorkeling sore hari bayar 45rb

    23 Juni 2018, 17:28 WIB

  4. Puas snorkling di pantai Nglambor. Cuma kalau mau snorkling harus pas waktunya karena kalau siang dikit air pantai surut, jd ga bs buat snorkling lagi. Yg naik mobil untuk menuju ke pantai harus naik ojek atau jalan kaki lumayan jauh, krn jalan menuju pantai sempit

    26 Juni 2018, 02:05 WIB

  5. Pantai nglamor …. Salah satu wisata pantai gunung kidul yang bagus buat snorkeling pemula karena gak dalam dan ombak tenang, banyak ikan, bintang laut, udang, gurita … Bagus deh …. . Tempat bersih … . Dan penyewaan terjangkau . Saya lupa harganya. Untuk menuju ke pantai ini . Kita jalan menurun ±200 meter lah dari parkiran. For all ok lah. Kamar mandi ada . Tampat makan juga ada. Ok lah …

    27 Juni 2018, 09:39 WIB

  6. Pantai ini emang bagus, cocok buat Snorkeling, jarang – jarang loh pantai selatan bisa buat berenang

    28 Juni 2018, 20:28 WIB

  7. Pantai nglambor. . Pantai indah. Ada spot snorkeling. Ada spot seperti di pantai timang naik jembatan gantung.. tapi sy tifak berani haha. . Snorkeling Biaya 45rb untuk sewa alat lengkap dikasih sepatu juga do foto memakai gopro dibawah air.. . Sayang terumbu karang disini sudah mulai rusak.. Dan sayang sekali kami saat datang kesini air laut sedang dingin dan air sedang sedikit pasang jadi ikan2nya hanya sedikit… . Saran kata pengelola disana utk datang saat musim hujan dan menelpon dulu untuk menanyakan kondisi cuaca laut dll . . Sangat bersahabat sekali… . Oh ya untuk yg bawa mobil tdk bisa parkir didalam ya jadi harus parkir diatas yang jaraknya cukup jauh. . Untuk yg pakai motor aman tinggal masuk turun ke bawah..

    5 Juli 2018, 17:28 WIB

  8. Bagus,banyak ikan-ikannya. Pantai Nglambor memiliki kondisi yang menguntungkan untuk kegiatan snorkeling di kawasan ini. Pantai ini memang beda dengan kebanyakan pantai lain di Kabupaten Gunungkidul, yang harus menghadapi gulungan ombak Samudera hindia yang dahsyat. Jika di sana kebanyakan orang tertarik dengan aktivitas surfing, maka buat kamu yang menyukai snorkeling, di sini tempatnya.. . Kenapa sepertinya para penggemar snorkeling begitu yakin dengan ketenangan laut di pantai ini? Di sekitar pantai ini memang terdapat 2 buah pulau karang besar. Pulau berbentuk kura-kura itulah yang memecah gelombang ombak ganas sampai ke pantai. Otomatis, ombak di sekitar pantai ini cukup tenang. Dan menariknya lagi, air lautnya cukup jernih, sampai kamupun bisa melihat kehidupan bawah laut itu, bahkan dari atas laut.. . Sebelum dipromosikan oleh kelompok Nglambor Bintang Snorkeling, tadinya potensi yang dimiliki Nglambor belum dikenal oleh siapapun. Namun untungnya sekarang kawasan ini sudah dikembangkan menjadi salah satu destinasi yang cukup favorit di Kabupaten Gunungkidul.. . Meskipun sudah dikembangkan, namun mengingat lokasinya yang tidak begitu luas, harap maklum juga kalau kamu tidak bisa membawa kendaraanmu ke bibir pantai. Malahan kamu perlu menyewa ojek dari area parkir kendaraan. Kamu harus melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut terlebih dahulu untuk tiba di tepi pantai.. . Di sebelah timur Nglambor terdapat pantai Siung. Sedangkan di barat kamu bisa mampir ke Pantai Jogan, dan beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Ngetun dan Pantai Timang. Meskipun garis Pantai Nglambor tidak begitu besar dan terbatas untuk aktivitas pantai tanpa basah-basahan, kamu tetap punya beberapa pilihan untuk liburan santaimu di sini. Seperti fotografi alam, dengan menyusuri beberapa tepian pantai dan mendaki bukit-bukit.. . Rutenya, dari kota jogja arahkan perjalanan melalui Wonosari. Lalu dari sana lanjut ke arah Pantai Baron. Sesampai di pertigaan Mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bontaos hingga Tepus, dan pertigaan Pule. Dari sana belok kiri menuju Desa Tepus lewat Purwodadi, lalu lanjutkan sampai pertigaan Nangun, baru kemudian belok kanan untuk sampai di pos retribusi Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

    12 Juli 2018, 20:50 WIB

  9. Cuma ngeluarin 50rb kamu bisa ngerasain gimana serunya snorkeling udah dapet fotonya juga. Ini super murah si. Cuma sayangnya akses ke pantai ini kalau kamu pake kendaraan roda empat memang engga bisa masuk sampai tujuan kamu harus jalan sekitar 2km dulu tapi gapapa worth it ko tapi kalo kamu males jalan di situ ada ojek ko cuma keluarin 5 rb aja perorang kamu engga usah jalan udah di anterin dehh tinggal disana mau snorkling bareng keluarga atau temen pasti seru!!! Jangan sendiri ya nanti kamu galau wkwkwk

    21 Juli 2018, 11:59 WIB

  10. Pantainya bagus tapi klo buat renang ga bisa karena banyak karang tapi klo buat snorkling bagus .disini menyewakan peralatan buat snorkling juga ada fotografer nya jadi bisa buat kenang kenangan .tapi sayang jalan ke pantai dari tempat parkir lumyan jauh klo naik bis

    26 Juli 2018, 04:23 WIB

  11. Asik nih snorkling disini ikannya banyak (jika beruntung ya 😁) ,untuk biaya snorkling cukup terjangkau kok cukup 45k (waktu itu) sudah termasuk sepatu alat snorkling + go pro , oh ya waktu sy snorkling disini lagi musim ubur2 jadi sangat disarankan menggunakan pakaian tertutup agat terhidar dari sengatan ubur2 , selain itu juga agar tidak terkena karang yg bisa melukai kulit

    2 Agustus 2018, 09:21 WIB

  12. Saat pertama kesini, langsung ditawarin ojek yang harganya cukup murah untuk sampai ke pantai. Daripada jalan kaki lumayan jauh banget soalnya… . Pantai nglambor memiliki view yang bagus, dan kalau pas sedang bagus cuacanya bisa lihat banyak ikan ikan yang berenang bebarengan.. Di nglambor yang paling terkenal adalah jembatan gantung dan arena snorkling. Kalau gak bawa alat Snorkling disini juga menyediakan peralatan snorkling dan sekaligus foto dengan gopro.. . Untuk toilet dan kamar ganti juga banyak disediakan, jadi tak perlu terlalu antri. Makanan dan minuman disini juga harganya masih masuk kategori murah walaupun di dalam tempat wisata.. . Rekomended buat wisata kesini pokoknya.

    26 September 2018, 10:30 WIB

  13. Salah satu dari sekian banyak pantai yang tak terhitung jumlahnya di Gunung Kidul, Yogyakarta ini menawarkan berbagai kelebihan diantaranya penyewaan alat snorkling sederhana berupa google, alat bantu nafas dan sepatu karet. Kalau berenang di sini cukup dekat dengan pantai kita bisa merasakan ombak pantai selatan tersebut. Tidak perlu jauh-jauh dari bibir pantai, karena berbahaya. Yang memakai google bisa melihat keindahan ikan-ikan cantik di dalam air.

    2 Oktober 2018, 15:45 WIB

  14. Untuk pantai nya si bisa di bilang ckup kecil tapi emg bagus ai pemandanganya,pas waktu itu sya ksini langsung dari kota jogja nya jadi jauh bgt kira2 3 jam dan untuk rute nya kita nglewatin hutan2 gtu sma desa2 kecil.. Dsana smpe sana pas mlm jam 10 mlm an jdi saya nginap dan sewa penginapan,untu pnginapan dsana si mnurut sya krang enak untuk kamar nya ala kadarnya bgt soalnya emg ga smpet nyari dlu!. Pas disana saya langsung nyobain snorkling dan bayar 50rbu/orang dan yahh lmayan bagus sih pmandangan bwah laut nya pas itu waktu msh pagi juga jdi air msih rada surut to mkin siang mkin pasang airnya jdi bahaya buat snorkling.

    4 Oktober 2018, 09:34 WIB

  15. Lokasinya agak jauh dari kota tapi cukup mudah diakses, pas masuk ke pantai lumayan jauh, bisa jalan kaki atau jasa ojek disana kalau kalian pakai mobil… Bisa untuk snorkeling juga dan banyak ikan kecilnya… Suka banget sama ombak dan buih yang banyak(yg mana gabisa ditemukan di pantai Utara)… Selain itu, biayanya juga worth it sih, bukan yang mahal banget…

    6 Oktober 2018, 07:45 WIB

  16. Setelah 3 taun gak berkunjung. Jalanny udh bagu. Udh d cor jadi bisa langsung k dekat pantai. Cuman khusus sepeda motor dan hati2 bny polisi tidur. . Menikmati wahana snorkling sangat bergantung dr alam. (bejo bejan). Karena jam pasang tidak pasti. Bisa d pagi dan sore. Tapi bisa juga d sianh hari. . Tpi jgn kecewa klo blum bisa menikmati wahana snorkling bisa uji nyali melewati jembatan gantung (30rb) atau gondola (100rb).

    7 Oktober 2018, 18:16 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Nglambor

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *