Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima

Kuta, Kecamatan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur 87116, Indonesia

15 Ulasan

Pulau Sumba merupakan pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur atau merupakan pulau yang berada di ujung selatan Indonesia. Pulau Sumba sendiri merupakan pulau yang memiliki bentang alam yang sangat unik.

Keindahan alam Pulau Sumba saat ini telah lebih banyak dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang berada di timur Indonesia ini dikenal dengan keindahan alamnya antara lain air terjun, savana, perbukitan dan yang paling terkenal adalah pantainya.

Pulau yang  dikelilingi laut dan samudra ini memberikan karakter dan keindahan pantai yang ada di Sumba tidak dimiliki oleh pantai lain. Ada yang merupakan pantai karang terjal, pantai landai dan juga berpasir bahkan gabungan antara keduanya yakni pantai berpasir dan juga berkarang.

Salah satu pantai dengan pesona keindahan alam Pulau Sumba adalah Pantai Londa Lima yang ada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima Sumba Timur

Pantai Londa Lima berada di Desa Kuta, yang kurang lebih berjarak 15 kilometer arah barat laut dari ibukota Kabupaten Waingapu, Nusa Tenggara Timur. Nama Londa Lima sendiri dalam bahasa Sumba yang berarti bergandengan tangan atau beramai-ramai .

Tempat ini menjadi obyek kawasan wisata dimulai sejak tahun 2001 atas inisiatif kepala desa yang pada waktu itu baru saja dilantik oleh masyarakat sekitar. Tujuannya adalah untuk mengenalkan keindahan pantai Londa Lima ke seluruh penjuru nusantara dan juga mancanegara.

Pantai Londa Lima memiliki keindahan serta keunikan-nya tersendiri sehingga pantai ini cocok sebagai tempat libur keluarga atau bersama orang-orang terdekat.Pantai Londa Lima juga sering disebut sebagai ‚ÄúPantai Kuta‚Ä̬† oleh masyarakat sekitar karena terletak di Desa Kuta.

Pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna putih ini sangat ramai dikunjungi  pada hari libur oleh masyarakat lokal atau luar kota sebagai tempat favorit untuk liburan.

Harga Tiket Masuk Pantai Londa Lima

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini Anda diharuskan untuk membeli tiket yang dibagi atas beberapa rincian yakni Rp 4000 untuk orang dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak.

Sementara Anda akan membayar biaya tambahan untuk karcis masuk kendaraan baik roda dua atau roda empat sebesar Rp 2500 untuk tiap kendaraan.

Tarif masuk ini telah sesuai dengan Perda Kabupaten Sumba Timur Nomor 11 Tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha.

Pantai Londa Lima sendiri dibuka untuk umum selama 24 jam, jadi Anda dapat berkunjung ke pantai ini kapan saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Londa Lima

Untuk dapat menuju ke kawasan wisata Pantai Londa Lima tidaklah sulit karena jaraknya yang juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu.

Anda dapat melakukan perjalanan menuju Pantai Londa Lima dengan menggunakan kendaraan pribadi  maupun kendaraan umum dari Kota Waingapu dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Jalan ke Pantai Londa Lima ini searah dengan Pantai Puru Kambera. Jadi jika Anda  akan berkunjung ke Pantai Puru Kambera biasanya Anda akan melewati Pantai Londa Lima. Jalan ke pantai ini juga sudah beraspal namun sebagian masih ada yang rusak.

Di sepanjang jalan menuju ke Pantai Londa Lima Anda akan disuguhi pemandangan tanah pertanian penduduk Sumba yang mayoritas di tanam sayur-sayuran.

Obyek Wisata Pantai Londa Lima

Selama di pantai ini banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengisi liburan Anda. Banyak hal-hal menarik yang dapat Anda lakukan  di Pantai Londa Lima ini, silahkan simak di bawah ini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Londa Lima Sumba

Pantai Londa Lima juga dijuluki sebagai ‚ÄúCermin Dunia‚ÄĚ karena setiap mata yang melihat pantai ini akan dimanjakan oleh pesona keindahan alamnya.

Keindahan di Pantai Londa Lima cukup menarik wisatawan untuk datang ke pantai ini, hal ini dikarenakan pantainya yang landai dan juga menukik tajam menjadi laut dalam diantara Flores dan  Sumba.

Dengan pasir putih dan laut yang tenang, pohon-pohon rindang yang ada di sekitar pantai menjadikan Pantai Londa Lima menjadi pantai favorit yang ramai dikunjungi saat liburan tiba.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Londa Lima

Dan saat terbaik adalah menjelang terbenam-nya matahari dimana Anda hanya akan mendapatkan keindahan sunset yang mungkin tidak akan Anda dapatkan di tempat lain.

Sebaran cahaya matahari yang berpendar dengan sempurna ke setiap sudut pantainya ditambah dengan biru-nya air laut membuat panorama di pantai Londa Lima Ini terlihat sangat menakjubkan.

Anda bisa menyaksikan panorama yang indah setelah waktu subuh sambil  menghirup udara segar pagi di Pantai Londa Lima.

3. Pohon Jomblo

Pohon Jomblo Di Pantai Lunda Lima

Terdapat satu pohon yang sangat unik di Pantai Londa Lima ini, pohon yang tumbuh berjarak sekitar 5 sampai 7 meter dari pesisir pantai. Pohon ini merupakan icon dari Pantai Londa Lima dan menjadi spot foto incaran bagi para wisatawan.

Banyak dari pengunjung pantai yang mengatakan bahwa pohon ini bernama Pohon Jomblo karena hanya terdapat satu pohon saja tanpa ada pohon lainnya di sekitar pohon tersebut.

Anda juga bisa menaiki batang ini lalu kemudian mengambil foto. Daun-nya akan berwarna hijau saat musim hujan dan akan berubah oranye kekuningan saat musim kemarau. Di saat laut mengalami pasang maka pohon ini akan terendam air laut.         

3. Berkuda

Naik Kuda Di Pantai Londa Lima

Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat mengunjungi suatu tempat, begitu juga saat mengunjungi Pantai Londa Lima ini, dimana Pulau Sumba memang sangat terkenal akan kudanya.

Anda bisa mengelilingi pesisir pantai dengan berkuda sambil menikmati keindahan alam Pantai Londa Lima. Bagi Anda yang belum pernah menunggang kuda jangan khawatir karena Anda akan didampingi oleh seorang pemandu kuda saat naik kuda.

4. Banana Boat

Pantai Londa Lima Sumba Timur Ntt

Terdapat wahana air Banana Boat di Pantai Loda Lima. Untuk Ada yang menyukai permainan air yang memacu adrenalin maka Anda bisa mencoba wahana yang satu ini.

Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 30.000 untuk bisa memainkan wahana ini.

5. Berjemur dan Bermain Pasir      

Dengan pasir putihnya, Anda dapat memanfaatkannya dengan berjemur atau  bermain-main dengan pasir yanga da di pantai.

Anda dan keluarga Anda dapat membangun istana pasir atau sekedar berjalan keliling pantai dengan tanpa alas kaki di Pantai Londa Lima ini.

6. Memancing

Sebagian wisatawan bahkan memanfaatkan momen memancing saat berkunjung ke Pantai Londa Lima ini. Anda bahkan dapat membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat disini.

Fasilitas di Pantai Londa Lima

Karena telah dikelola oleh pemerintah daerah setempat menjadikan fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Londa Lima ini sudah lumayan lengkap. Sudah tersedia tempat bilas dan kamar mandi meski kondisinya sedikit tidak terawat.

Sebagian pintu kamar mandi bahkan telah rusak dan ketersediaan air yang minim, namun kedepannya berharap kepada pengelola dan pemda setempat untuk dapat lebih memperhatikan kebersihan dan perbaikan sarana dan prasarana di pantai ini.

Selain itu terdapat fasilitas permainan anak-anak seperti jungkat-jungkit, perosotan dan juga ayunan, ada juga taman dan juga jembatan buatannya.

Anda juga bisa mendapati rumah-rumah yang dibuat mirip seperti rumah adat Sumba yang bisa Anda gunakan untuk bersantai, atau bahkan untuk acara meeting kantor dimana Anda bisa memakainya secara gratis.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Londa Lima Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari tempat berlibur untuk akhir pekan nanti.

15 Ulasan untuk Pantai Londa Lima, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

  1. Pantai Londa Lima adalah pantai indah dengan gradasi laut yang berwarna biru. Dilengkapi dengan pondok-pondok untuk bersantai, ayunan dan pohon rindanh membuat pantai ini semakin nyaman dan indah. Untuk para pecinta sunrise, lokasi ini tepat untuk dijadikan tempat camp karena pandangan langsung ke timur dimana matahari terbit. Untuk para fotografer, jangan lewatkan untuk memotret milkyway, di desa Kanatang ini, paling cocok untuk memotret milky way saat sebelum bulan terbit atau sekitar jam 18:00 – 20:00. It is a nice beach, chill and relax your body and soul. Crystal clear and blue water is good for your eyes. This is the place that you can used to camp and taking a milky way by your cam. Dont forget to keep it clean! ūüėÄ

  2. Pesona Pantai-pantai di kawasan timur Indonesia memang sangat indah semua… Indonesia memang indah pemandangan alamnya..

  3. Pantai londalima bersih, indah dan. Mksh nyaman.tersedia rumah’ panggung untuk pertemuan atau santai pepohonan rimbun,. Sejuk hamparan pasir putih nan pesona biru beningnya air laut teduh dan tenang.

  4. Lumayan Bagus…

  5. Salah satu tempat untuk bersantai dan masih banyak pepohonan untuk berteduh dan sangat dingin tempatnya

  6. Pantai wisata yang sudah dikelola dengan baik. Bulan Juli lalu sedang dalam proses perbaikan terutama penambahan tempat parkir, dan beberapa bangunan. Waktu tempuh dari Waingapu hanya 15 menit dengan kecepatan sedang. Menjadi lokasi favorit bagi warga Waingapu untuk menghabiskan akhir pekan dan merayakan hari besar seperti tahun baru, lebaran maupun natal serta hariibur lain. . Pohon yang rindang untuk berteduh, bale bale, sangat cocok bagi keluarga yang ingin piknik akhir pekan dan tidak mau menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

  7. Ni hari ini saya disini… udah nambah bangunan2 ūüĎć

  8. pantainya masih bersih, air lautnya jernih

  9. Tempatnya bagus. Ada lopo dan bisa duduk santai-santai disana. Pokoknya ini obyek wisata terdekat di kota Waingapu.

  10. Sangatt baguss dan Adeem juga Aman untuk bersantai bersama keluarga dan Teman..

  11. Masih alami

  12. Pantai tidak Jauh dr kota maupun pelabuhan di waingapu. Air sangat jernih,kondisi Pantai cukup bersih. Tiket masuk hanya Rp. 4.000 utk dewasa, Rp. 2.000 untuk Anak2. Akses menuju tempat wisata bagus.

  13. Bagus pantainya, sekitar 20 menit dari pusat kota waingapu, jalannya aspal,
    Disana bisa sewa banana boat cuma 30.000, karcis masuk dewasa 4.000 mobil 2.500 murah.
    Di dalam pantainya bersih, pasir putih, ombak ga gede, angin kenceng, bisa mandi

  14. Ingin bersantai… Ini salah satu tempat yg di rekomendasikan karna tempat nya aman dan nyaman…

  15. Tempatnya rindang..perlu tambahan tempat sampah agar tidak banyak sampah yang dibuang sembarangan

Tinggalkan Balasan