Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang

Tarimbang, Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur 87161, Indonesia

5 Ulasan

Indonesia merupakan negara agraris dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Namun Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang tentu saja juga kaya akan perairan-nya.

Ada banyak pulau-pulau di Indonesia dengan beragam keindahan serta pantainya yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, dari pantai yang sudah dikenal sampai mancanegara hingga pantai-pantai yang masih tersembunyiย  keindahannya.

Banyak yang telah mengenal pulau Bali adalah surga bagi pecinta wisata pantai, namun tahukah Anda bahwa banyak pulau-pulau lainnya di Indonesia yang juga memiliki pantai yang tidak kalah cantik-nya.

Saking kayanya, banyak pantai di Indonesia yang bahkan butuh di explore agar keberadaannya lebih dikenal masyarakat. Salah satunya adalah Pantai Tarimbang yang ada di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Tarimbang Sumba

Pantai Tarimbang Sumba Timur

Pulau Nusa Tenggara Timur memang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain terkenal dengan Pulau Komodo, NTT juga terkenal dengan Pulau Sumba yang keindahannya bahkan mendunia.

Adalah Pantai Tarimbang yang merupakan kawasan wisata yang terletak di wilayah Sumba Timur. Mungkin banyak dari Anda yang belum banyak mengenal pantai ini, namun mungkin foto-foto dari pantai ini pernah Anda lihat di beberapa media sosial.

Pantai Tarimbang merupakan pantai yang lebih dikenal oleh turis mancanegara sebagai surganya selancar karena ombaknya sangat pas untuk olahraga satu ini. Disamping itu Pantai Tarimbang Sumba juga dikenal dengan pemandangan alamnya yang begitu indah dan menakjubkan.

Lokasi pantai yang cukup jauh dan lumayan terpencil membuat tempat ini sepi pengunjung namun memunculkan kesan yang tenang dan juga kebersihannya yang masih sangat terjaga.

Harga Tiket Masuk Pantai Tarimbang

Anda tidak akan dipungut biaya saat memasuki kawasan ini, dengan kata lain wisata Pantai Tarimbang iniย  untuk umum alias gratis.

Untuk jam operasional buka dan tutup kawasan pantai, pengelola tidak menetapkan batasan waktu yang berarti Anda dapat mengunjungi pantai ini kapan saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang Sumba Timur Ntt

Pantai Tarimbang berada tepatnya di Kecamatan Tabundung, sebelah selatan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lokasi pantai ini lumayan jauh dari pusat Kota Waingapu, dimana Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk bisa sampai di kawasan Pantai Tarimbang ini.

Ada dua pilihan rute untuk bisa menuju Pantai Tarimbang ini yaitu via Sumba Barat (Waikabubak) atau rute dari arah Sumba Timur (Waingapu). Baik keduanya rute Wakaibubak dan rute Waingapu telah banyak terdapat maskapai penerbangan.

Penerbangan ini melayani penerbangan ke kedua kota dengan lebih dulu melakukan transit di Pulau Bali.

Dari Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, jarak Pantai Tarimbang kurang lebih 89 kilometer. Apabila Anda memulai perjalanan dari Waingapiu maka Anda harus mengikuti jalur lalu lintas Sumba menuju ke arah barat Sumba (Wakaibubak).

Dengan jarak kurang lebih 10 kilometer dari dari pusat Kota Waingapu, pengunjung akan melintasi batas Waingapu yang ditandai dengan keberadaan patung kuda disisi kanan dan kiri jalannya.

Berbeda dengan jalan di trans Sumba yang telah beraspal halus, kondisi di jalan ini berbatu dan cukup jauh perjalanan menuju ke pantai Tarimbang.

Namun ada tidak perlu khawatir karena selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam Sumba yang begitu eksotis dan indah di kanan kiri jalannya.

Kurang lebih setengah jam lamanya Anda akan menemukan sebuah pertigaan yang disebut dengan Simpang Tarimbang, maka Anda lurus saja. Kemudian Anda akan tiba di jalan menuju Pantai Tarimbang sekitar 1 jam perjalanan, pantai berada dibalik hutan yang asri.

Obyek Wisata Pantai Tarimbang

Selama berada di pantai ini, ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan. Banyak obyek wisata dan spot photo yang dapat Anda ambil selama di pantai ini. Silahkan simak aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan selama di pantai Tarimbang ini.

1. Pemandangan Pantai

Pantai Tarimbang Sumba

Hamparan pasir putih yang begitu halus dipadukan dengan kombinasi warna hijau tosca air laut-nya menjadi panorama yang sangat cantik dan menawan. Sekilas Pantai Tarimbang ini mirip sebuah teluk yang diapit oleh tebing di sisi-sisinya.

Belum lagi pemandangan perbukitan hijau yang berderet di atas tebing tersebut. Perbukitan yang ditumbuhi dengan banyak pepohonan lebat sehingga terlihat sangat asri dan membuat suasana menjadi teduh di pantai ini.

2. Pasir Putih

Wisata Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang memiliki pasir putih yang putih dan juga lembut, kondisi inilah yang sangat disukai oleh para wisatawan. Anda dapat melakukan banyak hal menyenangkan seperti bermain istana pasir dan juga bermain air di pantai ini.

Dengan tekstur pasir-nya yang lembut akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama berwisata di Pantai Tarimbang ini.

3. Surfing

Surfing Di Pantai Tarimbang

Seperti yang telah diketahui bahwa Pantai Tarimbang cukup populer dikalangan para peselancar. Hal ini karena salah satu keunikan pantai ini adalah memiliki sembilan gulungan ombak yang datang silih berganti.

Pantai ini menjadi surga baru bagi para peselancar yang gemar olahraga dengan memacu adrenalin. Dengan ombak yang tinggi, airnya yang biru serta pasir-nya yang putih sudah jadi pesona yang menggoda bagi para peselancar.

Karena menjadi spot selancar yang menarik, Pantai Tarimbang Sumba ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan sebagai tempat surfing paling populer pada tahun 2017.

4. Spot Foto

Pantai Tarimbang Sumba Ntt

Pantai Tarimbang memiliki memiliki panorama alam yang begitu memukau sehingga tak jarang tempat ini sering dikunjungi oleh para fotografer atau sebagai tempat foto pre-wedding.

Terdapat banyak ranting pohon yang sudah kering dan memiliki ukuran batang yang cukup besar menjadikan Pantai Tarimbang ini terlihat sangat indah dan menarik.

Pantai Tarimbang ini memiliki karakter yang mirip dengan Nihiwatu Beach, bisa dikatakan sebagai Hawai-nya Sumba yang mana memiliki bukit-bukit hijau nan indah yang bisa menjadi background indah saat berfoto.

5. Laguna Air Tawar

Pantai Tarimbang memiliki laguna mini yang berada di daratan yang letaknya tak jauh dari bibir pantai dengan airnya yang tawar, dingin serta menyegarkan. Laguna ini memisahkan air laut dengan sungai-sungai yang bermuara ke Pantai Tarimbang.

Meskipun laguna tidaklah besar namun cukup unik karena dapat ditemukan didekat pantai yang dapat dijangkau oleh para wisatawan.

Fasilitas di Pantai Tarimbang

Secara umum Pantai Tarimbang masih sangat terjaga kebersihan serta ekosistemnya. Hal tersebut disebabkan minimnya pengunjung yang memungkinkan membuang sampah sembarangan di Pantai Tarimbang ini.

Letak pantai yang terpencil menjadikan Pantai Tarimbang ini tergolong sepi serta menyebabkan kurang tersedianya fasilitas pendukung disini. Oleh karena itu Anda harus mempersiapkan segala hal yang dapat menunjang kenyamanan wisata Anda saat berkunjung ke pantai ini          .

JikaAnda menginginkan untuk menginap, maka Anda tidak perlu khawatir karena tersedia 2 pilihan lokasi hotel yang tak jauh dari lokasi Pantai Tarimbang.

Hotel tersebut adalah Peter Magic Paradise Resort dan Homestay Marthen dengan kisaran harga yaitu Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 per malamnya.

Nah menarik bukan Pantai Tarimbang yang ada di Pulau Sumba Timur ini?

Jika Anda belum memutuskan destinasi wisata berlibur untuk minggu ini, maka Pantai Tarimbang adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda berlibur selanjutnya.

5 Ulasan untuk Pantai Tarimbang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

  1. tempat yang bgus untk bersantai bersama keluaraga.juga terdapat penginapan. akses jalan ksn sdh bagus dr waingapu membutuhkan 2 jam perjalan (kendaraan pribadi)

  2. Tempat ini sungguh indah dan jauh dari keramaian. Tempat yang cocok untuk piknik bersama keluarga maupun bersama komunitas. Banyak pepohonan yang rindang sehingga suasananya sejuk.

  3. Pantai yg sangat indah utk berekreasi…. Mantap jiwa… ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

  4. Wow….pantainya pasir putih…bersih..buaguss, akses menantang

  5. Bagi kalian yang suka surfing ataupun berfoto ria , tarimbang sangat bagus untuk kalian .. . Perjalanan ke sini kurang lebih 2,5 jam , jalan ke sini tidak begitu bagus , karena masih ada jalan yang belum di aspal .. . Tapi sesampainya di tempat ini rasa lelahmu akan terbayar dengan indahnya pandangan batu kapur yang menjulang tinggi , ombak yang bagus , dan pasir putih belum lagi sampah di tempat ini hampir tidak ada , hanya sampah kayu alami aja (kayu)

Tinggalkan Balasan