Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera

Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur 87153, Indonesia

11 Ulasan

Pantai merupakan salah satu wisata alam yang pada saat ini menjadi destinasi favorit untuk berlibur. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang pastinya banyak menyimpan pantai-pantai yang sangat indah.

Saking indahnya bahkan banyak turis mancanegara menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata dengan spot wisata salah satu pantai terbaik di dunia.

Anda bahkan tidak asing dengan Pulau Bali yang namanya telah mendunia karena keindahan pantainya yang memang tidak terbantahkan.

Namun tahukah Anda, bahwa bukan hanya sekedar Bali saja yang memiliki spot-spot pantai dengan view yang indah. Ada banyak pantai yang bahkan menyimpan keindahan yang setara dengan yang dimiliki Bali dan Sumba adalah salah satunya.

Pulau Sumba kini sekarang telah banyak di lirik wisatawan karena memiliki pemandangan alam yang indah. Keindahan alam Pulau Sumba bahkan dikenal denga “surga yang tersembunyi” karena memang Pulau ini menyimpan banyak keindahan alam yang belum terexpose.

Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera Sumba

Salah satu pantai yang memiliki view indah di Pulau Sumba adalah Pantai Puru Kambera. Pantai ini terletak di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa tenggara Timur. Lokasinya berjarak 25 kilometer dari kota Wangaipu, ibukota Kabupaten Sumba Timur.

Dihiasi dengan pasir putihnya serta laut-nya yang biru membuat pemandangan  yang sejuk di mata. Apalagi ditambah dengan rimbun-nya pohon cemara di sepanjang pantai ini menambah keteduhan sehingga pantai ini disebut pula dengan Pantai Cemara.

Keindahan Pantai Puru Kambera masih sangat alami dan juga bersih dan juga sepi pengunjung sehingga pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan berlibur dengan suasana yang tenang. Hal ini didukung dengan hampir tidak adanya penduduk di sekitar kawasan wisata ini

Harga Tiket Masuk Pantai Puru Kambera

Anda bisa menikmati semua keindahan yang ada di kawasan wisata ini tanpa mengeluarkan biaya seperpun alias gratis.

Jam operasional buka tutup pun tidak dibatasi di pantai ini, yang artinya Anda dapat berkunjung kesini kapan saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera berada di sekitar 30 kilometer dari pusat Kabupaten Sumba Timur. Untuk bisa sampai ke Pantai Puru Kambera, dari Waingapu Anda tinggal mengikuti jalur Negara Trans Sumba.

Setelah Anda sampai di Patung Sapi Kambawaja, belok ke arah kanan menuju ke Pantai Londalima. Kemudian setelah sampai di Pantai Londalima, Anda dapat jalan lurus mengikuti jalur pantai utara dan setelah menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer Anda akan sampai di pantai Puru Kambera.

Kondisi jalannya dapat dilalui oleh kendaraan motor ataupun mobil. Nantinya Anda akan melewati daerah dengan banyak diumbuhi pohon sakura di sepanjang jalannya.

Selain itu Anda akan melewati hamparan savana yang luas,dengan beberapa hewan yang sedang mencari makan disana.

Tidak ada angkutan umum menuju ke kawasan pantai ini. Bagi Anda yang ingin berkunjung di pantai namun tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda dapat menyewa ojek untuk sampai ke pantai ini.

Obyek Wisata Pantai Puru Kambera

Dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Pantai Puru Kambera, apa saja?  Silahkan simak ulasannya di bawah ini:

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Puru Kambera Sumba Timur

Puru Kambera memiliki pantai yang membentang kurang lebih sejauh 5 kilometer dengan hamparan pasir putih yang sangat cantik. Ditambah biru-nya air laut membuat pantai ini terlihat begitu menakjubkan.

Airnya yang cukup tenang membuat anak-anak bisa bermain pasir atau air di pinggiran bibir pantai Puru Kambera. Anda juga bisa duduk dan berjemur santai di atas hamparan pasir putihnya menikmati keindahan panorama Pantai Puru Kambera.

Dengan mendengarkan deburan ombak yang memecah pantai, diiringi semilir-nya angin yang menghembus mesra akan membuat Anda ingin berlama-lama berada di pantai ini.

2. Deretan Pohon Cemara

Wisata Pantai Puru Kambera

Ikon dari Pantai Puru Kambera adalah keberadaan pohon cemara yang berjejer di sepanjang bibir pantainya, dan uniknya pohon-pohon cemara ini tumbuh dengan sendirinya di pantai ini.

Pohon-pohon cemara tersebut sudah dapat Anda lihat ketika pertama kali berada di pantai ini. Keberadaan pohon-pohon cemara ini membuat Pantai Puru Kambera terlihat semakin asri dan menyejukkan.

Rindang-nya pepohonan cemara ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berteduh sambil bersantai bersama keluarga tercinta, daun yang rindang akan melindungi Anda dari panasnya paparan sinar matahari.

3. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera memiliki perairan yang sangat jernih dan juga bersih, Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling di pantai ini.

Meskipun Pantai Puru Kambera  ini bukanlah spot snorkeling terbaik yang ada di Puau Sumba, namun Anda akan dapat melihat coral-coral batu karang  yang cantik disini.

Anda juga akan bisa menyaksikan beberapa jenis ikan yang berenang mengelilingi terumbu karang. Untuk dapat melakukan kegiatan ini Anda perlu membawa peralatan sendiri dari rumah, karena belum adanya penyewaan peralatan snorkeling di pantai ini.

4. Savana Puru Kambera

Savana Di Pantai Puru Kambera

Jika Anda ke pantai Puru Kambera tidak ada salahnya Anda juga mengunjungi sebuah padang savana yang ada di kawasan ini.

Padang savana ini berjarak 2 hingga 3 kilometer dan kerap dijadikan destinasi utama wisatawan yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas.

Panorama alam savana yang berwarna kuning keemasan dan dibalut dengan langit yang biru membuat suasana di savana ini mirip dengan suasana alam di Afrika.

Bukan itu saja, hamparan biru laut dari kejauhan seakan kontras dengan warna kuning savana ketika musim kemarau.

Gerombolan kuda Sumba akan sering muncul pada saat musim kemarau di bandingkan dengan pada saat musim hujan.

Hal ini disebabkan pada saat kemarau, savana di Puru Kambera menjadi sangat  kering yang menjadikan kuda-kuda liar Sumba akan lebih aktif merumput diluar hutan untuk mencari makan.

Kuda-kuda liar ini sangat peka, jadi bagi Anda yang ingin mendekati gerombolan kuda ini disarankan untuk ekstra pelan-pelan. Hal ini agar tidak membuat kaget kuda-kuda ini, yang akan menyebabkan mereka berlari menjauh.

Padang savana ini berada di tengah perjalanan ketika Anda menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera. Savana ini dapat Anda jadikan sebagai destinasi alternatif bagi kalian yang ingin mengeksplorasi Sumba Timur.

Fasilitas di Pantai Puru Kambera

Pantai ini memang tidak seramai pantai-pantai lain yang ada di wilayah Waingapu seperti Pantai Londo Lima. Pantai ini masih sangat sepi pengunjung bahkan pantai ini belum maksimal di kelola oleh pemerintah daerah atau pengusaha.

Hal inilah yang yang membuat  Pantai Puru Kambera kurang memiliki fasilitas yang memadai hanyalah ada sebuah gazebo, restoran sederhana dan juga beberapa penginapan.

Terdapat sebuah penginapan dan juga restoran bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Ada baiknya jika Anda ingin menjelajah Pantai Puru Kambera maka Anda perlu menyiapkan segala sesuatunya sendiri.

Anda perlu menyiapkan makanan atau minuman mengingat Sumba memiliki cuaca panas yang cukup ekstrim.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Puru Kambera Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jika Anda belum memutuskan kemana Anda akan berlibur, maka Pantai Puru Kambera ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda selanjutnya di akhir pekan.

11 Ulasan untuk Pantai Puru Kambera, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

  1. Ke sumba, kalo ngga ke pantai ini? NYESEL. salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Banyak pohon cemara di pantai ini dan sangat bagus.

  2. Pantai berpasir putih yang tenang untuk berenang dan snorkeling. Ada juga penginapan yang baik di dekat pantai dengan berbagai aktivitas dan memiliki restoran dengan berbagai pilihan menu nusantara maupun internasional. Dekat dengan spot-spot lokasi pemotretan pre-wedding. Pantai yang indah untuk menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam.

  3. Pantainya bagus

  4. Pantai yang sangat bagus. Airnya biru, banyak pohon cemara di tepi pantai menjadi ciri khas pantai ini. Pantainya bersih, masih alami, mungkin karena jarak yang cukup jauh dari kota sehingga tidak terlalu banyak yang berkunjung kesini.. Mandi di pantai ini serasa mandi di pantai pribadi, tapi tidak tahu apakah kedepannya akan semakin ramai.. Tidak ada biaya masuk ke pantai ini, gratis. Sepanjang perjalanan kesini akan melihat pemandangan savana yang indah.. Rekomendasi kesini sore hari.. Sebaiknya bawa bekal sendiri. Ada restoran dan penginapan (namanya pantai cemara) di dekat sini juga, tapi ya harganya lumayan ya.

  5. Pantai ini sangat sepi cocok untuk bersantai ria.serasa milik sendiri

  6. Pantai Puru Kambera berpasir putih memanjang dengan deretan pohon Cemara sehingga juga dengan nama pantai Cemara. Untuk duduk bersantai oke namun tidak bisa untuk berenang karena banyak batuan

  7. Tempat nya nyaman dan tidak terlalu ramai

  8. Savanna + horse + tiang listrik

  9. Pantai terindah dan masih perawan selama saya di ntt , banyak pantai tapi cuma pantai ini yang pasirnya putih bersih,airnya jernih banget , bisa buat bersantai jauh dari hiruk pikuk keramaian, notif. Selalu jaga kebersihan ya, jangan buang sampah sembarang an, kalau bisa barang dari kota bawa ke kota ,termasuk sampah bekas makanan yang kalian bawa.

  10. Biasa aja

  11. Tempat yang nyaman untuk bersantai menikmati pantai di sumba timur.

Tinggalkan Balasan