Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur 87171, Indonesia

13 Ulasan

Berbicara tentang keindahan pantai memang tiada habisnya. Ada banyak pantai di Indonesia yang memiliki pesona keindahan alam yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Terbentang dari ujung barat hingga ke ujung timur dimana Indonesia merupakan negara kepulauan yang otomatis memiliki wilayah pesisir yang sangat indah. Keindahan pantai di Indonesia bahkan dikenal hingga mancanegara, sehingga menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi pantai terbaik di dunia.

Dan Bali merupakan  salah satu kawasan wisata yang namanya tidak perlu lagi diragukan akan keindahan pantainya. Namun apakah Anda tahu ada banyak wilayah di Indonesia yang juga memiliki pantai yang tak kalah cantik-nya dengan Bali.

Pulau Sumba adalah salah satunya, pulau ini dikenal dengan surga tersembunyi yang mana menyimpan banyak sekali keindahan alam didalamnya termasuk pantainya. Dan Pantai Walakiri adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang memiliki panorama indah di Pulau Sumba.

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri Sumba Timur

Secara administratif Pantai Walakiri berada di Desa Watukamba, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, Provinsi NusaTenggara Timur.

Pantai Walakiri adalah salah satu pantai dengan pemandangan indah di  Sumba Timur dengan ciri khas pantai di Sumba yang cenderung tenang, landai dan berpasir putih.

Pantai Walakiri memiliki kesan pemandangan pantai yang sederhana namun hamparan keindahan pantai yang ditawarkan dapat memuaskan para wisatawan yang datang berkunjung.

Karena keindahannya yang memukau inilah membuat Pantai Walakiri di juluki sebagai Panti Surga di Nusa Tenggara Timur.

Sepintas pantai ini tidak berbeda dengan pantai lainnya, mungkin terasa tidak istimewa, namun disaat surut panorama Pantai Walakri akan terasa sangat indah. Pepohonan bakau dan deretan pohon kelapa akan memberi keteduhan serta kenyamanan saat wisatawan berjalan ditepian pantainya.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Sumba Timur yang begitu sepi pengunjung, maka Pantai Walakiri ini cukup ramai karena banyak pemukiman penduduk setempat di sekitar pantai.

Anda akan dapat dengan mudah menemukan warung-warung kecil penjual makanan ringan serta minuman.

Harga Tiket Masuk Pantai Walakiri

Wisata Pantai Walakiri Sumba Timur Ntt

Meskipun Pantai Walakiri banyak dikunjungi wisatawan khususnya pada akhir pekan namun tidak ada biaya tiket yang dibebankan oleh pengelola atau dari pihak Desa kepada pengunjung.

Pengunjung hanya dikenai biaya tarif parkir kendaraan  yakni Rp 5000 untuk motor dan Rp 10000 untuk mobil.

Obyek Wisata Pantai Walakiri ini dibuka setiap hari selama 24 jam, jadi jangan khawatir jika Anda sewaktu-waktu ingin berkunjung ke kawasan wisata ini.

Rute Menuju Pantai Walakiri

Letak Pantai Walakiri tidak jauh dari Kota Waingapu dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini.

Lokasi pantai ini sangat mudah diakses yang mana lokasinya dekat dengan jalan raya arah Melolo, yaitu sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur.

Jika Anda berasal dari luar daerah maka disarankan untuk menyewa mobil atau motor dari Kota Waingapu menuju ke Walakiri, karena rute tersebut sangat minim akan angkutan umum.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Waingapu, maka bisa menuju arah timur menuju Kambajawa, kemudian melewati Jalan Adam Malik kemudian belok kiri menuju Jalan Prof. Yohanes ke arah jalan Suprapto atau jalan Sutomodi Prailiu.

Dari jalan tersebut Anda akan menjumpai belokan menuju jalan Adisucipto ke Watumbaka. Disini Anda akan memulai perjalanan panjang dimana Anda akan melewati Jalan R. Suprapto atau jalan Sutomo, jalan Gatot Soebroto belok sedikit ke kanan menuju Jl Adisucipto.

Obyek Wisata Pantai Walakiri

Meskipun gratis namun pesona Pantai Walakiri sangat menawan dan tidak murahan. Di kawasan wisata ini Anda akan akan disambut oleh keindahan pantai yang memukau, lautan biru yang jernih dan deretan pohon bakau yang cantik.

Namun meskipun memiliki pemandangan yang memukau namun fasilitas yang ada di Pantai Walakiri belumlah memadai. Hal ini terlepas dari status Pantai Walakiri yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat.

Ketersediaan toilet yang seharusnya menjadi fasilitas utama di tempat wisata ternyata masih sulit ditemukan di pantai ini. Namun begitu ada banyak hal yang dapat Anda lakukan Pantai Walakiri ini.

1. Keunikan Pasir Pantai Walakiri

Wisata Pantai Walakiri

Pantai Walakiri memiliki dua jenis pasir yang berbeda, pasir putih yang lembut layaknya pasir pada umumnya namun ketika air laut sedang surut Anda akan menemukan pasir dengan tekstur seperti semen basah atau bedak yang kemudian akan kering dan mengeras.

Ketika laut sedang surut, Anda bisa berjalan jauh menyusuri bibir pantai untuk menemukan air laut, ditambah lagi dasar pantai yang berupa pasir yang mengeras, akan membuat Anda tidak akan merasa nyaman untuk bermain air.

2. Spot Sunset

Sunset Di Pantai Walakiri

Saat berlibur ke pantai maka momen inilah yang pasti Anda tunggu, dan Pantai Walakiri merupakan spot  yang tepat untuk berburu sunset.

Perpaduan cahaya matahari yang berpendar yang dipadukan dengan suasana pantai yang menenangkan merupakan kombinasi yang sempurna saat menikmati sunset.

Ditambah lagi dengan pasir pantainya yang halus dengan cahaya matahari yang berpadu dengan pepohonan mangrove yang ada di bibir pantai. Perpaduan ini sangat indah dimana antara langit senja dan siluet pohon mangrove menghasilkan panorama yang sangat cantik dan juga artistik.

3. Pohon Bakau yang Menari

Pohon Menari Di Pantai Walakiri

Di saat air laut mengalami surut, Anda akan dengan mudah menemukan spot pohon mangrove yang ada di bibir Pantai Walakiri. Anda dapat menghampiri pohon-pohon mangrove tersebut dan menjadikannya spot foto yang menarik.

Ketika surut Anda dapat berjalan menikmati keindahan pohon mangrove lebih dekat. Ukuran pohon mangrove ini bervariasi ada yang besar dan kecil.

Uniknya mangrove yang kecil dengan ranting kecil, daun-nya yang belum terlalu rimbun, maka rantingnya terlihat meliuk-liuk seakan-akan pohon mangrove ini sedang menari.

Ranting pohon ini tidak lurus melainkan meliuk-liuk, dan di kala air surut membuat “pohon menari” semakin terlihat epik dan maksimal.

Bentuk pohon mangrove yang unik inilah menambah unsur artistik saat Anda mengambil foto disini. Perpaduan panorama surut-nya air laut dan keindahan “pohon menari” ini menyajikan sebuah pemandangan yang menawan.

Seperti menggambarkan sebuah keindahan yang memiliki karakter yang kuat, hal ini juga dipengaruhi pengaruh cahaya yang ada di Pantai Walakiri ini.

4. Bermain Pasir dan Berjemur

Pasir putih yang lembut memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan berjemur atau dengan bermain pasir.

Kegiatan yang seru dimana Anda dapat bermain bersama anak-anak membentuk istana pasir atau permainan pasir menarik lainnya.

5. Berenang

Wisata Pantai Walakiri Sumba Timur

Pasir di pantai yang ada di Sumba Timur ini rata-rata berwarna putih. Seperti pantai Londa Lima atau Pantai Puru Kambera.

Air di Pantai Walakiri cenderung jernih dan juga bersih, ditambah dengan ombak yang cenderung tenang sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang. Dan untuk berenang di pantai ini Anda harus melakukannya di saat pasang yakni pagi hingga siang hari.

Jadi jika Anda berencana untuk berenang di Pantai Walakiri ini, usahakan untuk datang lebih pagi dan jangan lupa untuk membawa perlengkapan berenang karena di tempat ini belum menyediakan penyewaan alat renang.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Walakiri yang ada di Pulau Sumba Timur ini. Keindahannya tidak perlu diragukan dan cocok bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata untuk liburan akhir pekan nanti.

13 Ulasan untuk Pantai Walakiri, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

  1. Pantai Walakiri, indah sepanjang hari, bisa berenang di pantai, mancing bemain di pasir.. Terdapat warung makan, minuman dan kelapa muda.. Tempat mandi, WC berbayar. Serta tempat ganti pakaian.. Penginapan tersedia cukup representatif untuk menginap.

  2. Salah satu destinasi wisata terbaik di Sumba Timur. Terkenal sebagai spot sunset dan rumpun bakaunya yang biasa disebut bakau menari. Cocok untuk berbulan madu karena suasananya yang romantis saat senja tiba. Apalagi akses mudah, jalan bagus dan sinyal yang bagus (sudah 4G).. . Waktu terbaik:. 1. Jika ingin berenang, disarankan di siang hari saat laut pasang, warna hijau tosca yang eksotis menambah keindahan pantai ini.. 2. Jika ingin menikmati sunset, disarankan di sore hari saat laut surut, sehingga anda bisa bermain diantara rumpun bakau berhias cahaya senja.. . Saran:. 1. Jangan memanjat pohon bakau, sudah beberapa yang tunbang… Hikz 😭. 2. Jangan buang sampah sembarangan… 3. Abadikan momen terbaikmu disini..

  3. Salah satu ikon dan tujuan destinasi favorit di Sumba. Pantai ini dikenal karena pohon bakaunya yang cukup tinggi di pinggir pantai. Posisi bakau ini, tepat menghadap ke arah matahari terbenam, sehingga spot bakau di pantai ini menjadi spot andalan untuk mengabadikan matahari tenggelam di Pulau Sumba

  4. Salah satu Pantai dengan pasir putih yang bersih dan masih alami, dapat menanti anda mengunjungi sambil menunggu sunset terbenam. Tanggal 12-14 Juli 2018 berlangsung Festival Sandalwood dan Kain Tenun Ikat Sumba berlangsung di Waingapu, Puncak acara salah satunya di lokasi padang savana laipori dan pantai walakiri Kelurahan Watumbaka Kabupaten Sumba Timur

  5. Jujur masuk pantai ini emang saya nggak ada info atau goggling dulu.. Kebetulan lewat perjalanan dr waijelu ke waingapu. . Sepintas baca plang kecil pinggir jalan yang ada tulisan pantai walakiri.. Langsung aja masuk..!!!. Ternyata bagus banget.. Dan bodonya saya nggak taunkalo ada pohon” bakau yg instagrambel banget….!!!. Pengen balik lagi kalo ada waktu lagi… #journeytoeast

  6. Walakiri beach tempat yang sangat indah.. untuk foto sun set. Dengan pohon dancing yg lucu2 bentuk nya spot walakiri menjadi terkenal utk para fotografer bukan saja dri Indonesia tetapi juga dri manca negara . Area nya luas d sepanjang pantai .. sangat baik d kunjungi saat pasang surut dan dekat dengan kota waingapu ..

  7. Yg menjadi icon pantai ini adalah pohon bakaunya. Namun sayang jumlah pohon bakaunya kian menurun bahkan tidak lebih dari 10 pohon. Nah faktor iconic inilah sebenarnya yg menjadi daya tarik utama pantai walakiri. Karena itu bagi setiap pengunjung patut menjaga etika yang baik ketika berkunjung kepantai ini saat berburu foto dan video di pohon bakaunya.. Bakau mini yg ada di pantai walakiri tumbuhnya tidak seperti pohon bakau pada umumnya yg tumbuh pada endapan lumpur di pesisir pantai, karena pohon bakau mini yg dikenal dgn dancing trees ini tumbuh di atas karang bepasir dan akarnya yg hanya menyebar di atas permukaan karang inilah yg menyebabkannya rentan dan mudah rusak ataupun tumbang. Sehingga dengan sedikit gangguan skalipun akarnya akan mudah tercabut karena hanya berada di atas permukaan pasir. Ada beberapa faktor kenapa pohon bakau disana cepat punah dan jumlahnya kian berkurang yaitu faktor alam dan manusia. . 1. Faktor alam.. Kerusakan pohon bakau mini di walakiri biasanya gelombang air laut yg menerpa pohonnya sehingga mudah goyah.. Namun jika di teliti lebih jauh pohon-pohon bakau disana tetap tumbuh dan berkembang walaupun diterpa gelombang laut.. . 2. Faktor manusia. Keterbatasan pemahaman manusia “pengunjung” ttg pohon bakau mini ini juga menjadi salah satu faktor “utama” terjadi kerusakan. Beberapa contoh praktek foto atau video yg mengabaikan kelangsungan hidup pohon bakau mini pantai walakiri oleh manusia “pengunjung”.. a. Menggantung barang bawaan pada dahan-dahan bakau.akibat beban yg berlebihan akar pohon bisa tercabut dan bakan dahan atau pohonya patah. Karena sifatnya pohon bakau ini sangat garing. Kalau mau di sanding pohon bakau masa pohonya sangat ringan skali.. b. Memanjat pohon bakau akibatnya sama sperti point a. Di atas. Mudah tercabut dan patah. c. Besandar pada pohon bakau. Jika sudah goyah akarnya maka akan sangat mudah tumbang, ditambah lagi terpaan gelombang laut.. . Nah praktek praktek kegiatan seperti inilah yg kerap menimpa pohon bakau mini walakiri. Walaupun sudah sering di ingatkan tetapi masi ada sya pengunjung yg menyalahinya.. . Marilah bijak dalam berperilaku.

  8. Sangat bagus untuk tempat nongkrong muda mudi, apalagi jika saat sore hari, kita disuguhi pemandangan yg sangat indah. Dibalik tanaman bakau menari ada cahaya sunset nan memukau.

  9. Pantai yang indah dan natural, salah satu destinasi recommend di sumba timur. Selain indah juga teduh,ada beberapa warung, toilet umum, tempat parkir mobil

  10. Ketika kesini air sedang pasang, dan tidak bisa mendekat ke pohon bakau yang jadi icon Pantai Walakiri, jangan khawatir.. . Masih banyak hal yang bisa kita explore disana, deretan pohon kelapa yang berjajar di pinggir pantai, bisa kita gunakan untuk berfoto-foto, apalagi ada beberapa pohon kelapa yang menjuntai ke depan. Sangat seru naik-naik bareng sahabat.. . Disini tersedia warung-warung penjual makanan, toilet, mushola.. . Kita bisa juga berjalan dan berlari di sepanjang pantai, dan main ke tengah pantai, yg terdapat pasir timbul tanpa air laut.. . Disewakan juga perahu, yang bisa mengantar kita keliling pohon bakau.

  11. Bersyukur sekali bisa dikasih kesempatan kesini.nPantainya biasa aja sih, tapi karena ada bakau, jadinya bagus.

  12. Pantainya sangat indah dan cantik serta iconik banget dengan pohon itu,, bangga pernah kesini,, dan semoga bisa ke pantai ini lagi.

  13. Tempat bagus. Namun harus tepat waktu biar bisa foto di pohon bakau

Tinggalkan Balasan