Pantai Nguyahan

Alamat: Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Pantai Nguyahan berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebenarnya pantai ini berdekatan dengan pantai lain yaitu Ngobaran, dimana jarak keduanya hanya sekitar 200 meter. Jadi, jalur menuju kedua pantai tersebut adalah sama.

Pantai ini termasuk pantai yang masih sangat alami dan belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya.Pantai Nguyahan juga termasuk dalam pantai yang relatif kecil sehingga tidak banyak fasilitas yang tersedia di sana. Meskipun demikian, pantai ini mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Nguyahan

Sebenarnya untuk masuk ke Pantai Nguyahan tidak dikenakan tiket masuk, hanya saja pengunjung membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk untuk ke objek wisata pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Torohudan, dimana harus dibayar ketika berada di pantai Ngobaran.

Selain itu, jika pengunjung menggunakan transportasi sepeda motor, juga akan dikenakan biaya tersendiri sebagai ongkos parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Kebanyakan parkir dilakukan di pantai Ngobaran kemudian pengunjung berjalan menuju Pantai Nguyahan. Namun jika tidak ingin jalan kaki, maka pengunjung juga bisa memarkir motornya di Pantai Nguyahan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nguyahan

Akses menuju Pantai Nguyahan bisa menggunakan transportasi roda dua seperti motor maupun roda empat seperti mobil.Adapun rute yang ditempuh jika dari Yogyakarta adalah melewati Piyungan – Patuk – Gading atau lapangan udara lalu belok kanan – Playen – Paliyan – Pasar Trowono – Kanigoro – Pantai Nguyahan.

Selain itu juga ada rute lain yang bisa ditempuh dan sedikit lebih cepat jika dibanding di atas. Dimulai dari Yogyakarta kemudian Piyungan – Parangtritis – Panggang – Saptosari – Pasar Trowono – Kanigoro dan terakhir sampai ke Pantai Nguyahan.

Obyek Wisata di Pantai Nguyahan

1. Pantai yang Landai dan Berpasir Putih

Pantai Nguyahan mempunyai warna pasir yang putih dan lembut yang menambah keindahan pemandangan disana. Selain itu bentuk pantai ini landai sehingga tepat dan aman untuk bermain-main di sekitar laut, seperti halnya bermain bola, voli, dan sebagainya.Jadi, pantai semacam ini sangat cocok juga untuk bersantai sambil memandangi keindahan alam sekitar.

2. Pemandangan Batuan Karang di Tepi Laut

Ketika air laut sedang surut, pengunjung akan disuguhi pemandangan batuan karang yang indah. Bukan hanya itu, di sela karang terdapat ikan-ikan kecil yang bervariasi menyangkut di sana. Hal itu pastinya bisa menambah daya tarik pantai ini.

Selain itu juga ada pemandangan rumput dan ganggang laut yang menyangkut di karang dan sekitarnya. Adanya karang yang ditumbuhi rumput laut tersebut membuat warna tepi laut lebih indah dan tampak kehijauan. Pemandangan semacam ini bisa menjadi spot foto bagi pengunjung yang menyukai fotografi.

3. Pemandangan Memanen Rumput Laut

Sebagaimana pemandangan rumput laut yang tumbuh di batuan karang dan sekitarnya, menjadi nilai guna tersendiri bagi masyarakat sekitar. Banyak warga yang memanen mengambil rumput laut sedikit di tengah laut. Hal itu sering terjadi ketika hari-hari biasa atau di luar hari libur.

Hal itu bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi pengunjung terkait dengan kehidupan masyarakat pesisir pantai. Belum tentu di pantai lain juga terdapat pemandangan yang sama, sehingga hal ini bisa menjadi momentum untuk mengebadikannya dengan memotret dan sebagainya.

4. Terdapat Banyak Gubuk Sederhana

Di Pantai Nguyahan terdapat banyak gubuk sederhana yang disediakan khusus bagi para pengunjung oleh warga sekitar. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk sekedar santai atau makan-makan sambil menikmati keindahan panorama alam lautan.

Disamping itu juga ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman di sana. Hanya saja makanan dan minuman yang tersedia di warung Pantai Nguyahan tidak banyak pilihan menu, sehingga cukup untuk mengisi perut lapar dan dahaga.

5. Pemandangan Bukit di Sekeliling Pantai

Pantai Nguyahan dikelilingi oleh bukit yang cukup tinggi. Hal itu menambah keindahan pemandangan pantai yang terlihat kehijauan. Pengunjung bisa melihat pemandangan Pantai Nguyahan dan lautan dari atas bukit, namun harus tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan diri. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai spot foto baik swafoto maupun objek foto itu sendiri.

6. Bisa dijadikan Tempat Memancing

Pantai Nguyahan termasuk dangkal sehingga cukup aman untuk sekedar bermain-main air di tepi laut. Ketika air sedang surut banyak orang yang memancing di sekitar pantai, khususnya ke arah selatan hingga lantai karang tidak terlihat atau di tengah laut. Hal ini membuat suasana pantai lebih asri dan natural.

7. Tersedia Fasilitas Sederhana untuk Kebutuhan Pengunjung

Di pantai Nguyahan tersedia beberapa fasilitas untuk kebutuhan para pengunjung seperti area parkir, warung makan, tolite, dan sebagainya. Fasilitas tersebut masih sederhana dan belum ada pengelolaan dengan baik.

8. Asal-usul Dibalik Nama Pantai Nguyahan

Dahulu pantai ini sering digunakan untuk pembuatan garam karena air laut yang ada di sekitarnya sangat mudah untuk dijadikan sebagai garam. Warga sekitar kemudian menjadikan hal itu sebagai patokan penamaan pantai yang berasal dari kata “uyah”  (bahasa Jawa) yang berarti garam dan menjadi “nguyahan” yang berarti tempat pembuatan garam.

Aktifitas pembuatan garam di sekitar pantai Nguyahan kini juga masih berjalan. Beberapa warga terlihat masih bertani garam dan pengunjung bisa menikmati pemandangan ini ketika sedang perjalanan menuju lokasi destinasi wisata pantai Nguyahan.

Demikian ulasan tentang pantai Nguyahan yang tidak kalah menariknya dengan pantai lain yang ada di daerah Gunung Kidul. Pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam Anda baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan Yogyakarta sendiri dan tidak boleh melewatkan destinasi wisata pantai ini.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Nguyahan

  1. Masih satu lingkungan dengan Pantai Ngobaran. Pantai Nguyahan ini menyuguhkan suasana pantai yang begitu khas Gunungkidul. Deburan ombak Samudera Hindia, memberikan nuansa serasa kita di ujung dunia.. Dulunya menjadi pantai yang tersembunyi, setelah dibuka dengan dibikinnya jalan cor, pantai ini seolah harus dikunjungi dalam satu rangkaian mulai Pantai Ngrenehan, Torohudan, Ngobaran .. kemudian Nguyahan.. Fasilitas sudah komplit, memadai, dan pelayanan rata-rata bagus dan ramah.

    23 Juli 2018, 18:02 WIB

  2. Pantainya relatif lbh sepi, krn org lebih banyak ke pantai yg kearah timur, deretan Baron, Drini dll. . Banyak tempat selfie dan yg unik pantai ini ada pura nya, jd lbh berasa seperti di Bali di bandingkan di Jogja

    23 Juli 2018, 21:07 WIB

  3. Salah satu pantai yang bgus buat bermain air, pantai ini terletak di kanigoro, kec saptosari, gunungkidul, diy. . Di pantai ini sdah menyediakan kamar mandi jga tempat parkir luas, rumah makan,

    4 Agustus 2018, 20:52 WIB

  4. Bayar masuk nya per orang 5 ribu rupiah. Akses masuk nya melewati pantai ngobaran dulu baru setelah tanjakan ada pantai nguyahan.. ombaknya tinggi. Tapi banyak tenda tenda bisa tdran santai di pinggir pantai. Kalo lihat sebelah kanan ada pantai tersembunyi lagi harus jalan lewat pinggir pantai bisa menelusuri pinggir pantai. Hati hati ketusuk duri. Banyak siput laut sama bintang laut. Parkir mtr 3000. Kamar mandi antara 2000-3000 cuci cuci. Mandi 4000. Kadang wisatawan yang bawa anak kecil suka jorok klo bekas makanan buang sembarangan bikin kotor. Tolong kesadarannya jgn merusak alam

    22 Agustus 2018, 19:23 WIB

  5. pantai di sepanjang wonosari memiliki tekstur yg hampir sama, yaitu gk terlalu dalam tapi banyak karang dan batu yg memisahkan pasir pantai dengan air laut, jadi sedikit aman untuk anak kecil sekedar bermain air, kalau bisa hindari waktu pasang

    12 September 2018, 01:55 WIB

  6. Pantai ini cocok buat kamu yang mau camping tapi deket dengan pemukiman warga.. Ni liat keseruan kita.

    28 September 2018, 18:38 WIB

  7. Pantai yang sangat bagus.. dilihat dari atas bagus banget… Cocok untuk Anda yang liburan ke pantai bersama pacar ataupun keluarga… Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Ngobaran… Parkiran luas, banyak warung, banyak toilet juga… Jalan menuju ke pantai ini sudah diperluas dan diperbaiki..

    2 Oktober 2018, 01:39 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Nguyahan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *