Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Kata orang, Yogyakarta adalah surganya para pecinta wisata alam, baik wisata alam pegunungan dan khususnya lagi wisata pantai. Saking banyaknya, sampai-sampai orang bingung ingin mengunjungi pantai mana di Yogyakarta.

Hal ini karena setiap pantai di kota bakpia ini terkenal dengan suguhan pemandangan alam yang berbeda satu sama lain. Menghadirkan pesona tersendiri bagi para pengunjung, terutama salah satu pantai yang terkenal satu ini bernama pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran terletak berdekatan dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, bahkan untuk tiba di destinasi wisata yang satu ini, Anda bisa cukup dengan berjalan kaki menyusur bibir pantai.

Harga Tiket Masuk

Memiliki liburan yang seru, asyik, dan menyenangkan? Tak perlu dengan biaya yang mahal dan jarak yang sangat jauh. Di Yogayakrta Anda bisa menemukan wisata yang menyuguhkan pemandangan indah yang akan menciptakan liburan berkesan, bahkan dengan biaya yang murah alias terjangkau.

Harga tiket masuk pantai Ngobaran ini cukup terjangkau, hanya dengan membayar biaya Rp 5.000,-/orang saja Anda sudah bisa masuk ke kewasan wisata ini. Menariknya lagi, biaya tiket tersebut sudah termasuk beberapa pantai yang ada di sekitar Pantai Ngobaran.

Jika Anda membawa kendaraan, siap-siap untuk menyiapkan biaya retribusi parkir untuk warga sekitar. Biasanya, tarif untuk motor sekitar Rp 2.000,-, tarif untuk mobil Rp 5.000,-, dan tarif untuk bus Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

Rute

Rute yang bisa Anda lalui sangat mudah, cepat, bahkan tidak perlu bersusah payah. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Yogyakarta yang berjarak kurang lebih 65 kilometer dari lokasi pantai. Setelah itu, Anda bisa menuju jalan Jogja – Wonosari.

Indahnya Pantai Ngobaran

Sebaiknya Anda mengarah ke Piyungan Bantul hingga tiba di sebuah tikungan bernama Bokong Semar. Dari tempat tersebut Anda akan segera menemukan Hargodumilah. Selanjutnya melaju terus hingga sampai di Pathuk. Setelah sampai di Pathuk, lanjut ke Sambipitu setelah melewati sebuah tikungan Irung Petruk. Tidak jauh dari sana, Anda akan menemukan sebuah lapangan terbang untuk kemudian menuju ke Paliyan.

Kemudian dari Paliyan, lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Trowono hingga tiba di sebuah Pusiklat TNI AD. Dari sana Anda akan segera memasuki hutan Sodong dengan jalur yang baik namun berkelok. Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju ke kelurahan Desa Kanigoro dan Saptosari. Setelah menemukan simpang tiga, pilihlah arah menuju pantai Ngobaran yaitu arah kanan.

Jika Anda memulai perjalanan dari Klaten, terlebih dahulu menuju ke Cawas kemudian Karangmojo. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju ke Wonosari, Bantul, dan Siraman. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju ke Pulutan, Wiyoko, kemudian Paliyan. Dari sini rute yang Anda lewati sama dengan rute yang telah dibahas sebelumnya.

Obyek Wisata

Sebelum mengunjungi pantai Ngobaran pastinya Anda ingin mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi pantai dan apa saja obyek wisata yang dimilikinya. Beberapa obyek wisata tersebut adalah sebagai berikut.

1. Wisata Budaya

Gapura Pantai Ngobaran

Di pantai Ngobaran ini terdapat sebuah pura yang biasa digunakan sebagai acara adat. Di pantai ini biasanya juga diadakan upacara adat setempat. Seringkali acara ini diadakan saat bulan sedang purnama dan di bulan tertentu. Anda bisa melihat kegiatan adat ini sebagai salah satu wisata budaya.

2. Pemandangan Kegiatan Masyarakat Setempat

Di pagi hari saat air laut biasanya surut, Anda bisa melihat pemandangan para petani dan nelayan melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Ada yang sedang memanen rumput laut untuk diolah menjadi makanan yang bisa Anda beli di pantai. Ada juga nelayan yang mencari landak laut untuk dijadikan santapan.

3. Wisata Kuliner Landak Laut

Anda tentu sering memakan makanan seafood seperti ikan, cumi, udang, maupun kerang laut. Namun pernahkan Anda mencoba makanan dari landak laut? Jika belum, Anda harus mencobanya di pantai Ngobaran ini. memang belum ada warung yang menjual, namun Anda bisa memesan kepada penduduk sekitar untuk membuat masakan khas dari landak laut ini.

4. Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Ngobaran

Pencinta sunset harus mencoba berburu indahnya sunset di pantai eksotis ini. saat senja, langit yang berwarna khas sore hari akan menjadikan liburan di pantai ini semakin menakjubkan. Terlebih lagi dengan bebatuan karang yang menghiasi sekeliling pantai yang menambah kesan eksotis pada pantai Ngobaran ini. Maka tidak jarang saat senja hari, pengunjung ramai berdatangan untuk menunggu detik-detik pemandangan indah ini muncul.

5. Spot Foto

Bermain di Pantai Ngobaran

Pemandangan yang indah dengan liburan yang seru akan semakin lengkap jika Anda abadikan dengan kamera Anda. Berbagai spot foto hadir di sini untuk mempercantik foto Anda. Bahkan pemandangan pantai yang menawan, membuat mata tak ingin lepas melihat dan ingin mengambil gambar dalam bentuk foto. Anda bisa berfoto saat matahari tenggelang dengan latar langit senja dan bebatuan karang yang menambah kesan panorama yang eksotis.

Mengetahui bagaimana keindahan pantai Ngobaran saja memang tidak cukup. Anda perlu membuktikan dan merasakan sensasi liburan di pantai tersebut. Maka jangan ragu untuk mulai mempersiapkan liburan Anda ke tempat wisata alam di Yogyakarta ini. Ajak teman dan keluarga Anda agar tak hanya Anda yang menikmati keelokan pantai Ngobaran.

Ulasan Pengunjung

  • ali musthofa
    sebulan yang lalu
    Bukan wisata biasa, karna disini ada situs bersejarah dan Bangunan tempat ibadah umat Budha. Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.
  • cintya alavanna
    sebulan yang lalu
    Lokasinya lumayan jauh, sekitar 2 jam perjalanan dari kota jogja. Jalanan menuju pantai agak ekstrim. Tapi pas sampai nggak kecewa karena pantai nya bagus. Pasirnya sangat bersih & putih. Airnya juga biru, sewa tenda nya murah. Pesen minuman juga ada. Dipinggir pantai banyak yang jual macam-macam seafood kiloan dan langsung di goreng. Rasanya lumayan enak walaupun agak amis tapi sangat fresh. Beli cumi goreng 10rb udah dapet banyak. Cuma sayangnya waktu itu mataharinya terik jadi main airnya cuma sebentar.
  • Brian Media
    sebulan yang lalu
    Rasanya tak lengkap bila tidak memasukkan Pantai Ngobaran sebagai salah satu tempat tujuan di daftar tempat yang wajib dikunjungi di Jogja. Mengapa tidak? Pantai ini menawarkan pesona budaya dan suasana religi yang kuat, dan tidak bakal kamu temukan di pantai kawasan Gunung Kidul manapun. Di pantai ini juga terdapat candi yang digunakan sebagai tempat sembahyang.  Di pantai ini, kamu akan menemukan beberapa kehidupan beragama atau kepercayaan hidup berdampingan. Salah satunya, ada sebuah pura lengkap dengan patung dewa tampak berdiri tegak menghadap pantai. Jika kamu berjalan sedikit ke arah kiri, kamu akan menemukan sebuah rumah Joglo yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan upacara ritual bagi pengikut Kejawan. Selain itu, ada pula sebuah musala kecil bagi umat Islam untuk sembahyang.
  • Anung Nugroho Jati
    dalam minggu terakhir
    Tempatnya cukup jauh. jalannya halus tapi sempit. Pantainya blm begitu jadi. Pengelolanya swadaya masyarakat. Dan entah mengapa menurut saya kok penduduknya kurang begitu welcome ya? Salah satu contohnya pada tulisan plang perahu2an dibawah ini.
  • Grace Stepany
    dalam minggu terakhir
    Pantai sangat indah dan bersih ada 2 wilayah pantai khusus foto dan khusus bermain air disarankan untk tidak berenang di sini karena ombak nya besar ada banyak batu karang dan hewan air yg memanhakan mata di sekitar pantai ada banyak warung dan penginapan