Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Alamat: Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Kata orang, Yogyakarta adalah surganya para pecinta wisata alam, baik wisata alam pegunungan dan khususnya lagi wisata pantai. Saking banyaknya, sampai-sampai orang bingung ingin mengunjungi pantai mana di Yogyakarta.

Hal ini karena setiap pantai di kota bakpia ini terkenal dengan suguhan pemandangan alam yang berbeda satu sama lain. Menghadirkan pesona tersendiri bagi para pengunjung, terutama salah satu pantai yang terkenal satu ini bernama pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran terletak berdekatan dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, bahkan untuk tiba di destinasi wisata yang satu ini, Anda bisa cukup dengan berjalan kaki menyusur bibir pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Ngobaran

Memiliki liburan yang seru, asyik, dan menyenangkan? Tak perlu dengan biaya yang mahal dan jarak yang sangat jauh. Di Yogayakrta Anda bisa menemukan wisata yang menyuguhkan pemandangan indah yang akan menciptakan liburan berkesan, bahkan dengan biaya yang murah alias terjangkau.

Harga tiket masuk pantai Ngobaran ini cukup terjangkau, hanya dengan membayar biaya Rp 5.000,-/orang saja Anda sudah bisa masuk ke kewasan wisata ini. Menariknya lagi, biaya tiket tersebut sudah termasuk beberapa pantai yang ada di sekitar Pantai Ngobaran.

Jika Anda membawa kendaraan, siap-siap untuk menyiapkan biaya retribusi parkir untuk warga sekitar. Biasanya, tarif untuk motor sekitar Rp 2.000,-, tarif untuk mobil Rp 5.000,-, dan tarif untuk bus Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngobaran

Rute yang bisa Anda lalui sangat mudah, cepat, bahkan tidak perlu bersusah payah. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Yogyakarta yang berjarak kurang lebih 65 kilometer dari lokasi pantai. Setelah itu, Anda bisa menuju jalan Jogja – Wonosari.

Indahnya Pantai Ngobaran

Sebaiknya Anda mengarah ke Piyungan Bantul hingga tiba di sebuah tikungan bernama Bokong Semar. Dari tempat tersebut Anda akan segera menemukan Hargodumilah. Selanjutnya melaju terus hingga sampai di Pathuk. Setelah sampai di Pathuk, lanjut ke Sambipitu setelah melewati sebuah tikungan Irung Petruk. Tidak jauh dari sana, Anda akan menemukan sebuah lapangan terbang untuk kemudian menuju ke Paliyan.

Kemudian dari Paliyan, lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Trowono hingga tiba di sebuah Pusiklat TNI AD. Dari sana Anda akan segera memasuki hutan Sodong dengan jalur yang baik namun berkelok. Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju ke kelurahan Desa Kanigoro dan Saptosari. Setelah menemukan simpang tiga, pilihlah arah menuju pantai Ngobaran yaitu arah kanan.

Jika Anda memulai perjalanan dari Klaten, terlebih dahulu menuju ke Cawas kemudian Karangmojo. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju ke Wonosari, Bantul, dan Siraman. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju ke Pulutan, Wiyoko, kemudian Paliyan. Dari sini rute yang Anda lewati sama dengan rute yang telah dibahas sebelumnya.

Obyek Wisata di Pantai Ngobaran

Sebelum mengunjungi pantai Ngobaran pastinya Anda ingin mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi pantai dan apa saja obyek wisata yang dimilikinya. Beberapa obyek wisata tersebut adalah sebagai berikut.

1. Wisata Budaya

Gapura Pantai Ngobaran

Di pantai Ngobaran ini terdapat sebuah pura yang biasa digunakan sebagai acara adat. Di pantai ini biasanya juga diadakan upacara adat setempat. Seringkali acara ini diadakan saat bulan sedang purnama dan di bulan tertentu. Anda bisa melihat kegiatan adat ini sebagai salah satu wisata budaya.

2. Pemandangan Kegiatan Masyarakat Setempat

Di pagi hari saat air laut biasanya surut, Anda bisa melihat pemandangan para petani dan nelayan melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Ada yang sedang memanen rumput laut untuk diolah menjadi makanan yang bisa Anda beli di pantai. Ada juga nelayan yang mencari landak laut untuk dijadikan santapan.

3. Wisata Kuliner Landak Laut

Anda tentu sering memakan makanan seafood seperti ikan, cumi, udang, maupun kerang laut. Namun pernahkan Anda mencoba makanan dari landak laut? Jika belum, Anda harus mencobanya di pantai Ngobaran ini. memang belum ada warung yang menjual, namun Anda bisa memesan kepada penduduk sekitar untuk membuat masakan khas dari landak laut ini.

4. Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Ngobaran

Pencinta sunset harus mencoba berburu indahnya sunset di pantai eksotis ini. saat senja, langit yang berwarna khas sore hari akan menjadikan liburan di pantai ini semakin menakjubkan. Terlebih lagi dengan bebatuan karang yang menghiasi sekeliling pantai yang menambah kesan eksotis pada pantai Ngobaran ini. Maka tidak jarang saat senja hari, pengunjung ramai berdatangan untuk menunggu detik-detik pemandangan indah ini muncul.

5. Spot Foto

Bermain di Pantai Ngobaran

Pemandangan yang indah dengan liburan yang seru akan semakin lengkap jika Anda abadikan dengan kamera Anda. Berbagai spot foto hadir di sini untuk mempercantik foto Anda. Bahkan pemandangan pantai yang menawan, membuat mata tak ingin lepas melihat dan ingin mengambil gambar dalam bentuk foto. Anda bisa berfoto saat matahari tenggelang dengan latar langit senja dan bebatuan karang yang menambah kesan panorama yang eksotis.

Mengetahui bagaimana keindahan pantai Ngobaran saja memang tidak cukup. Anda perlu membuktikan dan merasakan sensasi liburan di pantai tersebut. Maka jangan ragu untuk mulai mempersiapkan liburan Anda ke tempat wisata alam di Yogyakarta ini. Ajak teman dan keluarga Anda agar tak hanya Anda yang menikmati keelokan pantai Ngobaran.

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngobaran

  1. Pantai Ngobaran merupakan salah satu gugusan pantai di Kabupaten Gunungkidul. Kami mendapatkan informasi bahwa kawasan pantai ini merupakan wisata sepaket tiga pantai yang lokasinya berdampingan, yaitu Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Nguyahan.. Pantai Ngobaran terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngobaran merupakan pantai yang memiliki sejarah yang panjang karena berkaitan dengan sejarah akhir masa keberadaan kerajaan Majapahit dan zaman kerajaan islam di Indonesia. Nama Ngobaran berasal dari kata kobaran yang berarti terbakar.. . Perjalanan menuju ke pantai Ngobaran berbeda dengan menuju ke kawasan pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya seperti deretan pantai Baron, Kukup, dan Krakal. Lokasi pantai Ngobaran berada disebelah barat dari kota Wonosari sehingga setelah melewati Hutan Pendidikan Wanagama kami berbelok ke kanan menyusuri jalanan menuju Kawasan Suaka Margasatwa Paliyan. Perjalanan dilanjutkan hingga menembus jalur baru penghubung Pantai Baron dengan Pantai Parangtritis kemudian mengikuti arah ke Pantai Ngobaran.. . Tiba di kawasan Pantai Ngobaran, para pengunjung termasuk kami disambut dengan suasana mistis pantai ini. Bau menyan dan wewangian kadang terlintas di hidung. Wajar, mengingat di kawasan ini banyak berdiri bangunan yang digunakan untuk bersembahyang, bersemedi, dan bertirakat. Beberapa pura dibangun ditempat ini baik buat beribadah umat Hindu maupun Kejawen. Kendaraan langsung kami parkir di gubuk-gubuk yang menyediakan jasa parkir demi keamanan dan melindungi kendaraan dari terik sinar matahari.

    19 Mei 2018, 05:14 WIB

  2. berasa di uluwatu bali…nice destination,view.Pantai yg bagus dengan pemandangan yb indah serta cuaca yg memyejukan..betah lama2 disini…tp sayanh banyak spot foto yg kita harus keluarin receh buat isi kotak…mudah2 kedepan jalan masuk di perlebar dan dipaerbaiki…

    19 Juni 2018, 04:56 WIB

  3. Pantainya cukup asyik. Ada beberapa spot tersembunyi yg bisa kalian eksplorasi. Terlebih buat temen2 yg doyan banget sama photography. Kalau bisa nemu spot yg asoy dan sepi bisa foto2 sampe memori jebol. Oh ya.. di pantai ini juga terdapat pura, banyak juga yg berfoto ala di depan gapura seperti kebanyakan rumah di bali. Worth it banget buat ke sana

    21 Juni 2018, 18:37 WIB

  4. Pemandangan indah dan apik…tersedia spot foto di pinggir pantai di atas batu karang htm hanya 3 ribu rupiah.. Kawasan pura juga cukup apik cuma kebersihan nya perlu di tingkatkan.. Tempat ini bersebelahan dengan pantai nguyahan yang bisa di jangkau dengan berjalan kaki.

    21 Juni 2018, 20:41 WIB

  5. Pemandangannya bagus, kalo ksini jd brasa di bali deh krn ada puranya, tp kebersihan perlu ditingkatkan (pas ksana ada tumpukan sampah pas di depan puranya itu, blm dibersihkan) jd mengurangi keindahan.. Banyak spot foto yg menarik.. Datang ksini agak pagian, msh sepi, suasananya nyaman bgt..

    23 Juni 2018, 23:05 WIB

  6. Sebagian besar digunakan untuk bangunan pura rumah ibadah agama hindu yg bergaya arsitektur hindu. Mempunyai ruang yg twrbuka dibuat stage buat fotofoto. Purabyg terbuka di. Tepi karanv pantai

    29 September 2018, 00:07 WIB

  7. Hari ini tgl dimana orang selalu membicarakan sambil memperdebatkan ttg bangsa ini dan peristiwa dengan PKI, dan aku hari ini memilih untuk menikmati keindahan yg ada dinegeriku ini, terinspirasi dg kebersamaan para nelayan, serta mencicipi gurihnya bawal dan kepiting, terimakasih Allah, bawalnya benar2 gurih

    29 September 2018, 22:07 WIB

  8. Seperti umumnya pantai di Gunungkidul, pantai Ngobaran berpasir putih. Uniknya, di sana banyak ditemukan arca-arca seperti di Bali. Oh iya, ada juga sebuah pura yang masih aktif digunakan. Pengunjungnya terbilang ramai lah. Mobil dan motor bisa parkir sangat dekat dengan pantai. Eit, bagi anda yang mau dolanan banyu, pantai ini saya kira kurang cocok, karena pasirnya tak terlalu luas dan banyak batu batuan terjalnya. Kalau mau mainan air, bisa turun ke pantai sebelah baratnya, yak, Pantai Nguyahan. Nggak jauh kok dari Ngobaran ini. Cekidooot

    1 Oktober 2018, 12:48 WIB

  9. Akses kesini udah lumayan. Pantai benar2 indah. Terbayarkan setelah perjalanan yg kumayan lama dr pusat kota jogja. Jangan berharap makan seafood disini ehehe ( mahal dan seadanya bgt)

    4 Oktober 2018, 23:40 WIB

  10. Keren, ada candi-candi nya.. Perjalanannya emang cukup jauh buat nyampe ke sini, tapi setelah sampai sana capeknya kebayar.. 1 jam lebih perjalanan nglewatin gunung, bukit, jalan lika liku sampai sana disuguhi pemandangan yang cantik.. Udah kayak mini bali.. Yang lagi di jogja jangan lupa mampir ke sini.

    5 Oktober 2018, 07:28 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngobaran

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *