Pantai Ngobaran

54x dibaca

Pantai Ngobaran
Nama Pantai Ngobaran
Lokasi Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Kata orang, Yogyakarta adalah surganya para pecinta wisata alam, baik wisata alam pegunungan dan khususnya lagi wisata pantai. Saking banyaknya, sampai-sampai orang bingung ingin mengunjungi pantai mana di Yogyakarta.

Hal ini karena setiap pantai di kota bakpia ini terkenal dengan suguhan pemandangan alam yang berbeda satu sama lain. Menghadirkan pesona tersendiri bagi para pengunjung, terutama salah satu pantai yang terkenal satu ini bernama pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran terletak berdekatan dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, bahkan untuk tiba di destinasi wisata yang satu ini, Anda bisa cukup dengan berjalan kaki menyusur bibir pantai.

Harga Tiket Masuk

Memiliki liburan yang seru, asyik, dan menyenangkan? Tak perlu dengan biaya yang mahal dan jarak yang sangat jauh. Di Yogayakrta Anda bisa menemukan wisata yang menyuguhkan pemandangan indah yang akan menciptakan liburan berkesan, bahkan dengan biaya yang murah alias terjangkau.

Harga tiket masuk pantai Ngobaran ini cukup terjangkau, hanya dengan membayar biaya Rp 5.000,-/orang saja Anda sudah bisa masuk ke kewasan wisata ini. Menariknya lagi, biaya tiket tersebut sudah termasuk beberapa pantai yang ada di sekitar Pantai Ngobaran.

Jika Anda membawa kendaraan, siap-siap untuk menyiapkan biaya retribusi parkir untuk warga sekitar. Biasanya, tarif untuk motor sekitar Rp 2.000,-, tarif untuk mobil Rp 5.000,-, dan tarif untuk bus Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

Rute

Rute yang bisa Anda lalui sangat mudah, cepat, bahkan tidak perlu bersusah payah. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Yogyakarta yang berjarak kurang lebih 65 kilometer dari lokasi pantai. Setelah itu, Anda bisa menuju jalan Jogja – Wonosari.

Indahnya Pantai Ngobaran

Sebaiknya Anda mengarah ke Piyungan Bantul hingga tiba di sebuah tikungan bernama Bokong Semar. Dari tempat tersebut Anda akan segera menemukan Hargodumilah. Selanjutnya melaju terus hingga sampai di Pathuk. Setelah sampai di Pathuk, lanjut ke Sambipitu setelah melewati sebuah tikungan Irung Petruk. Tidak jauh dari sana, Anda akan menemukan sebuah lapangan terbang untuk kemudian menuju ke Paliyan.

Kemudian dari Paliyan, lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Trowono hingga tiba di sebuah Pusiklat TNI AD. Dari sana Anda akan segera memasuki hutan Sodong dengan jalur yang baik namun berkelok. Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju ke kelurahan Desa Kanigoro dan Saptosari. Setelah menemukan simpang tiga, pilihlah arah menuju pantai Ngobaran yaitu arah kanan.

Jika Anda memulai perjalanan dari Klaten, terlebih dahulu menuju ke Cawas kemudian Karangmojo. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju ke Wonosari, Bantul, dan Siraman. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju ke Pulutan, Wiyoko, kemudian Paliyan. Dari sini rute yang Anda lewati sama dengan rute yang telah dibahas sebelumnya.

Obyek Wisata

Sebelum mengunjungi pantai Ngobaran pastinya Anda ingin mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi pantai dan apa saja obyek wisata yang dimilikinya. Beberapa obyek wisata tersebut adalah sebagai berikut.

1. Wisata Budaya

Gapura Pantai Ngobaran

Di pantai Ngobaran ini terdapat sebuah pura yang biasa digunakan sebagai acara adat. Di pantai ini biasanya juga diadakan upacara adat setempat. Seringkali acara ini diadakan saat bulan sedang purnama dan di bulan tertentu. Anda bisa melihat kegiatan adat ini sebagai salah satu wisata budaya.

2. Pemandangan Kegiatan Masyarakat Setempat

Di pagi hari saat air laut biasanya surut, Anda bisa melihat pemandangan para petani dan nelayan melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Ada yang sedang memanen rumput laut untuk diolah menjadi makanan yang bisa Anda beli di pantai. Ada juga nelayan yang mencari landak laut untuk dijadikan santapan.

3. Wisata Kuliner Landak Laut

Anda tentu sering memakan makanan seafood seperti ikan, cumi, udang, maupun kerang laut. Namun pernahkan Anda mencoba makanan dari landak laut? Jika belum, Anda harus mencobanya di pantai Ngobaran ini. memang belum ada warung yang menjual, namun Anda bisa memesan kepada penduduk sekitar untuk membuat masakan khas dari landak laut ini.

4. Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Ngobaran

Pencinta sunset harus mencoba berburu indahnya sunset di pantai eksotis ini. saat senja, langit yang berwarna khas sore hari akan menjadikan liburan di pantai ini semakin menakjubkan. Terlebih lagi dengan bebatuan karang yang menghiasi sekeliling pantai yang menambah kesan eksotis pada pantai Ngobaran ini. Maka tidak jarang saat senja hari, pengunjung ramai berdatangan untuk menunggu detik-detik pemandangan indah ini muncul.

5. Spot Foto

Bermain di Pantai Ngobaran

Pemandangan yang indah dengan liburan yang seru akan semakin lengkap jika Anda abadikan dengan kamera Anda. Berbagai spot foto hadir di sini untuk mempercantik foto Anda. Bahkan pemandangan pantai yang menawan, membuat mata tak ingin lepas melihat dan ingin mengambil gambar dalam bentuk foto. Anda bisa berfoto saat matahari tenggelang dengan latar langit senja dan bebatuan karang yang menambah kesan panorama yang eksotis.

Mengetahui bagaimana keindahan pantai Ngobaran saja memang tidak cukup. Anda perlu membuktikan dan merasakan sensasi liburan di pantai tersebut. Maka jangan ragu untuk mulai mempersiapkan liburan Anda ke tempat wisata alam di Yogyakarta ini. Ajak teman dan keluarga Anda agar tak hanya Anda yang menikmati keelokan pantai Ngobaran.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Ngobaran

  1. Tempat indah dengan bentukan alam yang menantang, hanya perlu sedikit penataan pedagang dan pengelolaan sampah. . Salah satu destinasi tersembunyi yang tentunya memperkaya khasanah wisata offroad pantai Jogja, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul yakni deretan Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Ngrenehan.. . wisata offroad pantai jogjaJajaran pantai ini masuk dalam satu jalur Ngrenehan , kurang lebih 28 KM dari kota Wonosari, Gunungkidul. Dari track jalurnya yang naik turun berliku dapat kita tebak bahwa jajaran pantai-pantai ini merupakan gugusan karang yang terangkat dari tektonis lempeng bumi. . . Dan benar saja, baik itu Nguyahan, Ngobaran maupun Ngrenehan memang penuh dengan karang di sepanjang jalurnya. Pasir putih dengan potongan remah karang juga memenuhi hamparan pantai-pantai ini, menjadikan eksotisme eksklusif seperti suasana di pantai-pantai Nusa Tenggara ataupun Indonesia Timur pada umumnya.. . Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan. Letaknya yang menjorok kedalam membuat pantai ini terlindung dari ombak besar Samudra Hindia. Tebing karang di tanjung kejauhan meredam gelombang laut, sehingga suasana tenang dengan percikan air kecil nan bening cocok untuk dermaga kapal kecil seperti milik para nelayan. Gugusan karang yang membentengi selain memberikan pemandangan yang indah dari berbagai sisi juga membuat pantai ini cenderung aman untuk pengunjung. Sekedar jalan-jalan diatas karang melihat warna-warni ikan maupun biota laut lainnya ataupun berenang dan bahkan snorkelling.. . Salah satu keunikan lain terdapat di Pantai Ngobaran. Suasana pantai Bali sangat kental mengingat disini terdapat bangunan pura dan memang seringkali digunakan untuk upacara keagamaan. Hampir seperti Tanah Lot Bali, pemandangan pura dengan view belakang gugusan karang dan buih ombak di kejauhan.. . Sesekali kita bisa menyaksikan penduduk sekitar berburu rumput laut maupun hewan karang. Tak hanya kaum lelaki, perempuan di sekitar pantai Ngobaran sangat pandai dalam perburuan, berjalan diatas karang diiringi debur ombak sambil sesekali menghitung pola gelombang yang akan datang.. . Tak jauh dari pantai Ngobaran terdapat pantai Nguyahan. Hampir mirip dengan dua pantai sebelumnya, Nguyahan lebih sering digunakan untuk penjemuran rumput laut hasil dari perburuan penduduk lokal. Sisi lain dua pantai sebelumnya juga sangat indah dilihat dari pantai ini. Dengan kelandaian bibir pantai yang lebih rendah, pengunjung dapat lebih leluasa memanjakan mata. Melihat warna-warni sekawanan ikan hias disela-sela karang dan rumput laut.. . Offroad Pantai Jogja. Suasana pantai di gunungkidul memang menjadi keragaman destinasi wisata offroad pantai Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Di Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyahan kita dapat menemukan berbagai spot dalam satu jalur track. Yang mana selain menghemat waktu juga memaksimalkan ragam kunjungan.

  2. Lokasi Pantai Ngobaran tidak jauh dari Pantai Ngrenehan, bahkan tiket masuk Pantai Ngobaran dengan Pantai Ngrenehan menjadi satu. Sampai ada yang bilang, tidak sempurna rasanya jika menikmati ikan bakar di pantai Ngrenehan tanpa mampir juga di pantai yang bertebing tinggi ini.. . Jarak kedua pantai itu kurang lebih hanya 2 kilometer. Tidak jauh bukan? Tanggung ah kalau nggak mampir.Banyak komunitas foto yang menawarkan jasa foto dengan harga yang lumaan di kantong

  3. pantai terdekat dengan pantai parangtitis bantul, namun sudah cukup jauh dari kota yogyakarta, di pantai ini kita hanya bisa menikmati pantai dari atas tebing, ada pantai yang sangat kecil namun tetap bagus sekali, untuk fasilitas dari parkir, toilet, mushala juga ada di pantai ini, di sini juga ada tempat untuk peribadatan warga penganut kejawen, ada bangunan seperti pura yang sangat bagus, di samping pantai ngobaran juga terdapat pantai nguyahan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai ngobaran, sebelum ngobaran juga terdapat pantai dengan nama pantai ngrenehan, di sini bisa membeli ikan langusng dari nelayan cukup siapkan bekal saja jika berkunjung ke tempat ini, warganya juga sangat ramah dengan para wisatawan yang datang, . . #LetsGuide

  4. Pantai terbaper, krn dulu dilamar disini sm suami 😂😂. Bagus banget kaya di bali . Ada pantai pasir putih, batu karang tmpt penduduk lokal cari rumput laut bangunan pura kaya di bali banget . Disini ada tempat khusus ziarah spiritual gitu. Tempat ini juga dilengkapi kamar mandi dan wc. Ada juga beberapa warung makan dan penjual suvenir. Pantai ini dekat dengan pantai ngrenehan dan nguyahan

  5. Bagus bgt, ada mata air nya yg ngalir ke laut,bisa berendam di antara celah batu karang tp kalo mau liat nunggu air laut nya surut, baru kita bisa turun . . Dan di antara air yg surut bisaliat byk di celah karang ikan ikan yg bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *