Pantai Lumban Bul-Bul

Pantai Lumban Bul-Bul

Desa Lumban Bul-Bul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22312, Indonesia.

18 Ulasan

Tahukah Anda objek wisata favorit yang berada di Balige? Ya, Pantai Lumban Bulbul namanya. Pantai ini mulai berkembang setelah Danau Toba ditetapkan menjadi destinasi unggulan nasional.

Pantai ini merupakan lokasi wisata yang cocok untuk keluarga, karena selain menawarkan pemandangan yang indah, pantai ini juga dangkal sehingga cocok untuk bermain anak-anak.

Lalu, apa saja sih yang membuat menarik pantai ini? Berikut akan kami ulas secara singkat mengenai pantai Lumban Bulbul.

Sejarah Pantai Lumban Bulbul

Pantai Lumban Bulbul Balige Tobasa

Pantai bulbul merupakan wisata pantai yang tergolong baru. Namun tahukah Anda kenapa bisa disebut baru?

Jadi, ketika tahun 2014, Pantai Lumban Bulbul ini masih dipenuhi dengan semak rumput dan bambu. Air yang ada di pantai ini pun dipenuhi keramba dan jaring apung milik para nelayan dan penambak.

Pada saat itu pun masyarakat setempat yang bekerja sebagai pertanian dan perikanan terperangkap jerat kemiskinan. Anak-anak yang ada di sekitar desa tersebut banyak yang putus sekolah dan bahkan hingga kekurangan gizi.

Munculnya permasalahan tersebut, membuat masyarakat sekitar untuk bermusyawarah dan berniat membangun pantai tersebut sebagai objek wisata untuk menambah perekonomian setempat.

Setelah melakukan musyawarah, maka masyarakat sekitar sepakat untuk mengelola pantai menjadi salah satu objek wisata. Bahkan mereka melakukan iuran untuk menyewa alat berat membantu membersihkan kawasan pantai.

Sejak saat itulah semak belukar mulai hilang dan kawasan ini menjadi bersih. Warga sekitar pun mengelola lebih dengan dibantu pemerintah setempat untuk membangun dan mengelola fasilitas pendukung untuk kenyamanan wisatawan.

Kemudian pada tahun 2016, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Balige. Sejak saat itu pantai ini semakin banyak dikenal bahkan hingga jumlah wisatawan ke Pantai Lumban Bulbul meningkat.

Harga Tiket Masuk Pantai Lumban Bulbul

Hingga saat ini, untuk memasuki Pantai Lumban Bulbul, tidak ada retribusi atau tiket masuk yang dibebankan kepada wisatawan.

Namun, apabila Anda membawa kendaraan seperti motor atau mobil, Anda akan dikenakan biaya parkir sebagai balas jasa pengelola parkir.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lumban Bulbul

Pantai Lumban Bul Bul 1

Pantai Lumban Bulbul terletak di Desa Lumban Bul-Bul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Jarak pantai ini dari Balige kurang lebuh sekitar 2 km.

Untuk menuju pantai ini, Anda bisa mengunakan kendaraan sewaan atau kendaraan umum. Salah satu moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju pantai ini adalah Ojek.

Sejak dijadikannya Danau Toba menjadi destinasi wisata nasional, maka dibuka juga penerbangan langsung dari Jakarta ke Silangit. Jadi, memudahkan para wisatawan yang berasal dari luar pulau untuk berlibur di sini.

Sedangkan, pantai Lumban Bulbul yang berada di Balige, berjarak 18 kilometer dari Bandara Silangit. Dari Bandara Silangit, Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan mobil atau motor yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan. 

Anda juga bisa memanfaatkan Google Maps untuk menuju ke Pantai Bulbul dengan memilih rute terbaik, sehingga Anda dapat memaksimalkan liburan di tempat ini.

Objek Wisata di Pantai Lumban Bulbul

Berwisata ke pantai belum lengkap tanpa mandi di pantai. Namun di pantai ini anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Seperti apa kegiatan di pantai ini?

1. Bermain Air dan Pasir

Wisata Di Pantai Bulbul Balige

Pantai Bulbul ini merupakan pantai yang unik dan lain daripada pantai pada umumnya. biasanya pantai memiliki air asin tetapi pantai ini memiliki air yang tawar. Selain itu, kabarnya  pantai ini ternyata hanya memiliki tinggi sekitar pinggang orang dewasa saja lho.

Jadi, bagi Anda yang ingin bersantai bersama dengan keluarga khususnya anak-anak, lokasi ini sangat cocok. Anda juga bisa menyewa ban pelampung untuk berenang cukup dengan harga sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Selain anak-anak dapat berenang di pinggiran pantai dengan aman, karena cukup dangkal. Mereka juga bisa bermain pasir sepuasnya, jangan khawatir karena pasir pantai ini cukup bersih.

2. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Bulbul Balige

Ketika hari mulai sore, ternyata disini Anda dapat menyaksikan sunset yang sangat indah. Anda juga bisa memandangi Pulau Samosir di kejauhan yang berwarna hijau dengan awan yang mulai berwarna orange. 

3. Spot Foto

Obyek Wisata Pantai Bulbul

Ternyata, pantai ini juga cocok untuk Anda yang gemar berfoto. Bagaimana tidak? Karena pengelola telah menyediakan berbagai spot foto yang menarik para wisatawan.  

Anda bisa memanfaatkan spot foto yang sudah disediakan untuk menambah koleksi foto Anda ketika berlibur ke pantai ini.

4. Wahana Air

Wisata Pantai Bulbul Balige

Untuk menambah daya tarik wisata, di pantai ini juga terdapat beberapa wahana air yang bisa Anda sewa. Beberapa wahana seperti kano dan kapal yang bisa Anda naiki.

Jangan khawatir, karena wahana yang terdapat di Pantai Bulbul juga relatif terjangkau, untuk menyewa kano sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 (tersedia ukuran kecil dan besar). Sedangkan untuk menyewa kapal sekitar Rp 10.000/ jam.

5. Tempat Bermain Anak

Pantai Lumban Bulbul Balige

Selain melihat pemandangan dan melakukan berbagai aktivitas seperti diatas, di kawasan pantai ini juga terdapat wahana bermain bagi anak-anak.

Wahana ini berada di dekat pantai. Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain disini seperti ayunan, papan loncat, dan lainnya.

Fasilitas Pantai Lumban Bulbul

Berikut daftar fasilitas yang bisa Anda temukan di Pantai Lumban Bulbul:

1. Toilet

Tidak perlu ragu untuk berlibur di Pantai Lumban Bulbul, dikarenakan pengelola juga sudah menyediakan toilet untuk para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Pengelola juga selalu memberikan secara berkala agar tetap nyaman digunakan. Meskipun demikian, jangan lupa bagi Anda yang sedang berlibur disini, untuk tetap menjaga kebersihan ya.

2. Pedestrian

Fasilitas selanjutnya yaitu pedestrian. Anda bisa berjalan-jalan mengitari kawasan pantai tanpa takut terkena pasir pantai, karena disini juga terdapat pedestrian yang sudah rata.

3. Open Stage

Pada awalnya pantai Lumban Bulbul ini hadir dari gagasan para masyarakat sekitar, namun saat ini pemerintah daerah setempat bekerjasama untuk mengelola wisata ini. 

Hal ini diwujudkan dengan adanya open stage yang berada di kawasan pantai,. Openstage ini digunakan ketika adanya penampilan sekaligus mengenalkan budaya asal daerah yang mampu menambah daya tarik wisatawan.

4. Tempat makan

untuk menambah perekonomian masyarakat sekitar, mereka juga membangun beberapa tempat makan bagi para wisatawan Pantai Lumban Bulbul.

Anda bisa memesan makanan dan minuman yang tersedia sekaligus menambah penghasilan para warga setempat.

Harga makanan dan minuman yang dijual pun ternyata relatif murah. Anda dapat mencoba memesan makanan mie gomak, mie goreng, gorengan dan makanan khas Balige lainnya yang tersedia di tempat ini.

5. Homestay

Dinas terkait juga telah membina para warga setempat dan memberikan arahan untuk beberapa rumah warga setempat yang dijadikan sebagai homestay bagi para wisatawan yang ingin bermalam. 

Untuk harga homestay mulai dari Rp 200.000 per malam, Anda bisa memilih homestay yang sesuai. Setiap kamar juga sudah berlantai keramik. Selain itu, seprei dan sarung bantal diganti setiap saat, jadi tetap bersih dan nyaman ketika digunakan.

Banyak wisata pantai yang dekat dengan pantai ini. Beberapa diantaranya yaitu Pantai Sorake, Pantai Borus dan pantai-pantai lainnya yang berada di Nias Sumatera Utara. Anda dapat mengunjungi pantai-pantai ini setelah berkunjung ke pantai Bulbul.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Lumban Bulbul Balige, Danau Toba yang terlihat sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga Anda.

Ayo, tunggu apalagi untuk berlibur disini. Segera agendakan untuk berlibur ke pantai ini ya karena sangat mempesona.

18 Ulasan untuk Pantai Lumban Bul-Bul, Toba Samosir, Sumatera Utara

  1. Tempat rekreasi yang berlokasi di balige. Terdapat pondok-pondok untuk berteduh bersama keluarga dan wahana permainannya juga. Tapi saat saya berkunjung sudah tidak seperti di gambar yang terdapat di Google atau yang lainnya dikarenakan kurang terjaga dan terawat.

  2. destinasi wisata populer di Balige…. Sesungguhnya lokasi cukup menarik, pasirnya putih, cukup panjang di antara pantai danau Toba yang lain. Pantainya cukup aman untuk dipakai berenang… dan jangan lupa, ini adalah danau bukan laut… sehingga tubuh tak terlalu lengket seperti di laut.

  3. Temat nya asik,ada wahana air , kamar mandi yg lumayan bersih,dan tersedia tempat makan enak di dekat pantai

  4. Tempat wisata yang sangat bagus.pemandangan alam yang bagus dan indah.seperti dipantai dengan pasir putih tapi airnya tawar.bisa main air sepuasnya..

  5. Saya sangat senang dengan keindahan pantai bul bul Karna udaranya sangat sejuk apalagi wkt pagi hari

  6. Tolonglah mari sama sama jaga kebersihan danau toba jangan buat keramba dan membiarkan ikan mati dan kerang kepa mati di biarkan mengapung , bahkan ketika saya kepinggiran sekitar 1 meter ada kotoran manusia yang terapung miris sekali, untuk toiletnya tempat pengumupulan kotoran manusia sudah penuh dan meleber sampai ke luar .mari sama sama jaga kebersihan danau cantik kita itu tmksh😊

  7. Tempatnya bersih, beberapa sarana rekreasi ada di sini, lingkungan sekitar khas daerah perkampungan di tanah batak, ada beberapa rumah adat yg cukup menarik juga

  8. Pantainya asyik.. bersih.. bebas dari sampah.. biaya masuk nya juga gratis.. wahana nya lengkap.. tempat ini cocok untuk santai keluarga.. dan buat anak dibawah umur juga

  9. Perlu perbaikan sarana dan prasarana agar lbh menarik minat wisatawan dalam negeei dan luar,,fasilitas sangat minim,,toilet kotor hiksss

  10. Pemandangannya indah, udara sejuk dibalut angin yg berhembus semilir . Tp sayang tuh di pinggir pantai , warung n lapak souvenirnya kurang tertata rapi..

  11. Pantai yang bersih dan terhitung baru ini cocok buat pasangan yang lagi kasmaran . Keluarga bahkan bagi anda yang sedang bersedih disini pas buat memuangkan segala isi hati

  12. Objek wisata yang indah yang sangat ramai di kunjungi krena cocok untuk membawa keluarga bersantai.sewa tikar cukup murah,sewa AtV 50 ribu setengah jam.

  13. Salah satu pantai yg cocok dikunjungi untuk libur keluarga. Bersih dan keamanan terjaga. Tp harga pondok di pantai ini termasuk mahal. Disediakan sport foto berbayar juga disana. Banyak wahana permainan yang cocok buat anak anak muda.

  14. Pantai bulbul memiliki pemandangan dan pasir yang panjang nan indah,pada saat pagi hari kita dapat menikmati keindahan dari Sunrise an saat sore hari diiringi oleh Sunset.. Alangkah indahnya kebudayaan dari pantai bilbul.pokoknya pantai bulbul indah dan menarik begitu juga masyarakat yang lebih sopan dan ramah

  15. Sebagai pantai tradisional, dikelola dengan swadaya masyarakat. Fasilitas sederhana tapi sudah ada sarana seperti banana boat dan ftv

  16. Alamnya bagus… Sayang airnya kotor. Mungkin harus dikelola dengan lebih bagus lagi. Seperti kamar mandi, tempat parkir dan gazebo. Tapi untuk wisata murah meriah udah bagus lha

  17. Sebenarnya tempat ini bisa menjadi rekomendasi sebagai salah satu objek wisata di Toba Samosir. Karena semua kekayaan dan keindahan alam Danau Toba masih dimiliki tempat ini. Dan kembali lagi, manusia juga yang merusaknya. Masih banyak kekurangan di sana sini. Fasilitas di objek wisata ini kurang terjaga seperti asal jadi saja, tidak ada kreativitas penduduk untuk menarik wisatawan. Harga makanan dibandingkan dengan rasa makanan sangat berbeda jauh, tidak sesuai. Belum lagi toilet umum (yang dibuat oleh pemerintah bukan masyarakat setempat) masih ada pungli. Semoga pemerintah yang berwenang mampu mengatasi semua masalah ini, sehingga Danau Toba bisa mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi. Dan sampai saat ini, Lumban BulBul belum bisa saya rekomendasikan sebagai salah satu objek wisata di Toba Samosir. Dan pada akhirnya semua alam yang sedemikian rupa diciptakan Tuhan dirusak oleh masyarakat setempat yang hanya mengharapkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan keindahan atau pun investasi wisata jangka panjang. Maaf saja. Ketimbang Lumban BulBul lebih baik habiskan uang Anda untuk berwisata ke Kaldera, karena sampai tulisan ini saya buat tempat ini benar-benar menampilkan keindahaan alam Danah Toba yang luar biasa, karena dikelola dari hati oleh Pemerintah Pusat yang memang ingin menambah pesona dan keindahan Danau Toba dengan kearifan lokal.

  18. Pinggir pantai danau Toba berpasir putih sangat bagus untuk aktivitas renang dan banyak tempat untuk istirahat dipinggir pantainya

Tinggalkan Balasan