Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68358, Indonesia.

9 Ulasan

Jawa Timur memang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Maka tidaklah mengherankan jika daerah ini memiliki banyak pantai yang dengan memiliki karakteristik masing-masing yang memikat para wisatawan.

Tak terkecuali pantai yang berada di Kabupaten Situbondo juga memiliki pantai dengan sajian panorama yang indah. Pantai ini bernama Pantai Pasir Putih Situbondo.

Karena pantai ini cukup populer dan memiliki berbagai daya tarik wisata, maka kami akan memberikan ulasan serta informasi mengenai pantai ini melalui artikel berikut ini.

Sejarah Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Menurut letak geografis, Pantai Pasir Putih ini berada di bagian utara Pulau Jawa dan berada di Selat Madura.

Oleh karena itu, pantai ini menjadi sebuah kawasan perairan yang memiliki karakteristik ombak yang tenang dan tidak terlalu besar.

Hal tersebut menjadikan pantai ini menjadi sebuah objek wisata bahari yang cocok bagi tujuan keluarga untuk berwisata.

Maka dari itu pemerintah daerah bersama dengan pengelola selalu berupaya menjadikan Pantai Pasir Putih sebagai salah satu destinasi tujuan wisata yang umum dikunjungi.

Upaya tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya daya tarik wisata yang ditawarkan pantai ini dan juga adanya fasilitas pendukung bagi para wisatawan.

Maka tak heran jika setiap harinya pantai ini tak sepi dari wisatawan yang datang.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Situbondo

Untuk bisa memasuki kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo inipun tidaklah mahal karena tiket masuk wisata pantai ini hanya sebesar Rp 10.000 saja.

Dengan begitu, maka Anda sudah dapat menikmati keindahan alamnya dan berlibur menikmati suasana Pantai Pasir Putih Situbondo ini.

Namun, jika Anda datang menggunakan kendaraan, maka akan ada tambahan penarikan biaya yaitu untuk tarif parkir mobil Rp 5000, sedang untuk tarif kendaraan berupa motor adalah Rp 3000.

Penarikan ini akan langsung sekalian dibayarkan pada saat pembayaran tiket masuk objek wisata, dengan begitu maka Anda sudah bisa memasuki sekaligus memarkirkan kendaraan Anda dengan cukup aman.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo

Rute Menuju Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo ini merupakan objek wisata bahari yang dibuka pada pukul 06.00 hingga pukul 18.00 setiap harinya.

Mengingat letak pantai ini cukup strategis, maka menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer lho, sehingga Anda wajib menyempatkan berlibur di pantai ini.

Nah, untuk lokasinya berada di wilayah jalan utama arah Surabaya – Banyuwangi, dimana memang jalan ini begitu ramai dilalui oleh para pengendara menuju Bali maupun Bromo.

Jika dari Surabaya Bundaran Waru, ambil saja jalan keluar menuju jalan Raya Geluran atau jalan Raya Surabaya – Madiun kemudian ikuti saja jalan tersebut dan kemudian jalan menuju ke Gempol.

Selanjutnya, bergabung ke jalan Tol Waru – Juanda selanjutnya ambil jalan keluar menuju Sidoarjo – Porong – Gempol sekitar 1 kilometer.

Kemudian bergabung ke jalan Raya Pantura jalan Tol Surabaya Gempol, lalu ambil jalan keluar Gempol – Pasuruan menuju Bangkit/ Pasuruan, ikuti saja jalan tersebut kemudian ikuti jalan ke Probolinggo/ Situbondo.

Setelah keluar tol, Anda bisa belok kanan ke jalan Probolinggo – Wonorejo – Raya Leces. Kemudian arahkan ke jalan Sunan Prawoto dan menuju jalan Ronggojalu.

Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan kendaraan ke jalan Raya Dringu – jalan Raya Panglima Sudirman – jalan Raya Pantura dengan menempuh jarak sekitar 71 kilometer. 

Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo 2

Karena pantai ini cukup populer, maka tak heran jika pantai ini memiliki daya tarik yang mampu menaklukan hati para wisatawan untuk berkunjung, daya tarik dari wisata Pantai Pasir Putih Situbondo yaitu :

1. Pasir Putih

Sesuai dengan nama objek wisata dari pantai ini yaitu Pantai Pasir Putih, ternyata hal inilah yang memang menjadi salah satu daya tarik istimewa yang dimiliki pantai ini.

Dengan adanya hamparan pasir putih nan halus maka tak jarang wisatawan memanfaatkannya untuk sekedar bermain pasir, apalagi teksturnya begitu lembut dan empuk sehingga tidak akan terasa sakit saat dipijak tanpa alas kaki.

2. Berenang Atau Bermain Air

Selain bermain pasir, wisatawan dapat juga bermain air atau malah berenang di pinggir pantai ini.

Mengingat pantai ini memiliki perairan yang ombaknya cukup tenang, meskipun demikian maka wisatawan juga tetap harus berhati-hati saat bermain air maupun berenang ya !

Jika Anda ingin berenang namun takut melakukannya pun tak menjadi masalah, dikarenakan kawasan pantai ini terdapat penyewaan ban sebagai pelampung untuk berenang.

Biaya sewa pelampung ini sebesar Rp 10.000 hingga Rp 30.000 sesuai dengan ukuran dan bentuk yang Anda pilih untuk berenang. 

3. Perahu Layar

Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Ketika sampai di kawasan pantai ini, maka pandangan Anda pasti akan tertuju dengan terdapat banyaknya perahu dengan layar yang beragam.

Ternyata perahu-perahu tersebut bisa disewa untuk dinaiki lho, wah pasti asik ya. Untuk harga sewa prahu layar ini pun sekitar Rp. 150.000.

Dengan membayarkan tarif tersebut, maka Anda sudah bisa memakainya untuk menaiki pemandangan pantai dan mencoba sensasi berlayar diatas kapal di perairan Pantai Pasir Putih ini.

4. Perahu Kapal Dan Kano

Selain perahu layar, wisatawan pun masih bisa mencari sensasi lain saat berlibur di pantai ini dengan menaiki perahu kapal atau malah kano.

Untuk perahu kapal ini, Anda bisa mengajak saudara maupun teman-teman karena perahu ini pun mampu membawa penumpang hingga 7 orang dewasa lho.

Karena mampu menampung penumpang hingga beramai-ramai, mana untuk harga sewanya sekitar Rp. 250.000 untuk satu kapal.

Namun untuk harga sewa kano beragam, yaitu dengan tarif Rp 40.000 hingga Rp 70.000 dan Anda pun bisa menemuinya dalam waktu 1 jam 15 menit.

5.Taman Karang

Perahu kapal yang Anda naiki secara beramai-ramai tadi pun biasanya akan membawa wisatawan menuju hingga ke tengah lautan untuk melihat taman karang.

Taman karang merupakan tempat dimana terdapat kotak yang terbuat dari kaca, nah dari kaca tersebut maka wisatawan bisa melihat pemandangan bawah laut yang memiliki biota laut beragam.

Pemandangan ini sangat indah karena Anda dapat melihat terumbu karang yang indah di dasar pantai, pasti akan begitu seru ya.

6. Snorkeling Dan Diving

Pantai Pasir Putih menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang, sehingga terumbu karang di pantai ini nampak begitu alami dan cantik.

Untuk bisa melihatnya, maka Anda harus menyelam ke dalam perairan ini dengan melakukan snorkeling atau diving yang menjadi salah satu paket wisata yang ditawarkan pantai ini.

Sehingga jika wisatawan ingin menikmati keindahan biota lautnya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 225.000 per paketnya.

Selain untuk menyewa perlengkapan menyelam, Anda juga akan menikmati beberapa spot menyelam.

Terdapat 5 spot terumbu karang yang begitu cantik dengan jarak yang beragam yaitu di dekat dari daratan dan berada agak jauh di tengah laut.

Meskipun demikian, anda tak perlu ragu karena akan ditemani oleh petugas selam yang profesional.

7. Memancing

Jika Anda menginginkan hal menarik lainnya saat berlibur di pantai ini sih sebenarnya masih ada lagi lho, yaitu dengan melakukan kegiatan memancing.

Hal ini tentu menjadi sebuah kegiatan yang seru bagi para pecinta pemancing.

Karena selain memiliki ikan yang banyak, memancing di pantai ini dapat menikmati panorama keindahannya dengan air laut yang dimilikinya serta adanya gunung ringgit yang menghiasinya.

Fasilitas Pantai Pasir Putih Situbondo

Fasilitas Pantai Pasir Putih Situbondo

Mengingat pantai ini sudah menjadi perhatian Pemerintah Daerah Situbondo, maka fasilitas pendukung pun sudah dimiliki pantai ini, diantaranya terdapat :

1. Area Parkir Kendaraan

Anda pun dapat memarkirkan kendaraan yang Anda gunakan baik motor atau mobil di area parkir pantai ini.

Karena memang sudah memiliki tempat parkir yang bisa digunakan dan tempatnya pun cukup luas.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Pantai Pasir Putih ini ternyata memiliki toilet yang mudah didapatkan lho tentunya dengan air tawar yang bersih, sehingga Anda tinggal memilih saja akan menggunakan toilet yang di sebelah mana.

Toilet dan Kamar Mandi ini juga dilengkapi dengan tempat ganti baju.

3. Rumah Makan dan Kios

Jika Anda tidak sempat menyiapkan bekal maka jangan khawatir, karena Anda bisa menemukan beberapa rumah makan yang menjual menu makanan dan minuman yang beragam.

Jadi Anda dapat membelinya untuk mengganti tenaga Anda saat berlibur.

Desain rumah makan, pantai ini juga terdapat kios-kios yang menjual aneka souvenir dan juga baju pantai.

Dengan adanya kios-kios ini maka Anda Pun dapat membeli sebagai cinderamata atau oleh-oleh untuk saudara atau teman yang tidak ikut berlibur.

4. Mushola

Tempat beribadah seperti mushola jua sudah ada, sehingga wisatawan dapat melakukan beribadah pada waktu shalat tiba.

Namun, pada saat hari libur, musholla ini akan begitu ramai dan pelaksanaan shalat dilakukan secara bergantian karena tempatnya tidak terlalu besar.

5. Penginapan

Jika Anda berasal dari luar kota Jawa Timur atau mungkin masih ingin lebih menikmati pantai ini, maka Anda bisa melakukan persiapan lebih untuk bermalam di pantai ini. 

Karena di kawasan pantai ini sudah terdapat berbagai macam tempat menginap untuk menghabiskan agenda berlibur Anda, harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung pada fasilitas yang didapat.

Sehingga Anda dapat menentukan pilihan penginapan sesuai dengan budget liburan Anda kali ini.

Bagaimana dengan objek wisata Pantai Putih Situbondo ini? benar-benar layak menjadi destinasi wisata kan karena memang memiliki daya tarik hingga fasilitas yang cukup lengkap.

Maka, menjadi hal yang wajar jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Karena memang begitu populer, maka yuk segara atur weekend atau jadwal berlibur Anda untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih Situbondo ini bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.

Jangan lupa ya agar selalu menjaga kebersihan pantai ini agar tampak bersih dan cantik. Anda juga bisa mampir ke Pantai Bama yang juga berada di kota ini.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Pasir Putih Situbondo yang indah dengan pemandangan terumbu karangnya.

9 Ulasan untuk Pantai Pasir Putih Situbondo, Situbondo, Jawa Timur

  1. Bakalan indah banget kalau dijaga kebersihannya

  2. Lokasi deket jln raya propinsi,, jadi gampang banget gk pake susah klo mau kesini..

  3. Lokasi deket jln raya propinsi,, jadi gampang banget gk pake susah klo mau kesini..

  4. Easy notice. Beside main road situbondo -banyuwangi (jalur pantura)

  5. kurang tertata

  6. Bagus pemandangannya ..apalagi di pagi hari ..airnya jernih ..bisa lihat batu karang dlm laut..

  7. Indah dan asri

  8. Ombaknya tenang, enak buat berenang.. sunset keren. IG : @nayftss_

Tinggalkan Balasan