Pantai Pathek

Pantai Pathek

Unnamed Road, Gelung, Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351, Indonesia

13 Ulasan

Situbondo memang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Maka dari itu daerah ini memiliki beberapa pantai. Pantai tersebut tidak hanya indah namun juga menghasilkan sumber daya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Pathek. Selain menjadi tempat wisata, pantai ini berfungsi sebagai tempat para nelayan mencari ikan.

Sehingga, tak heran jika pantai ini terdapat perahu-perahu nelayan yang turut menghasi panorama pantai. Nah, untuk lebih mengetahui informasi lebih dalam mengenai pantai ini, silahkan simak bacaan di bawah ini.

Sejarah Pantai Pathek

Pantai Pathek

Menurut cerita Pantai Pathek memiliki arti Patek yaitu anak bangsawan dari Polandia. Konon, yang memberikan nama pantai tersebut adalah orang Belanda yang dahulu tinggal di kawasan pantai ini.

Namun, menurut kebanyakan orang mengira bahwa pantai ini berada di Desa Patek, padahal sebenarnya Desa Patek sendiri berada di sebelah tenggara pantai. Terlepas dari penyebutan nama pantai ini, masih ada cerita sejarah lainnya namun juga menjadi perdebatan masyarakat.

Perdebatan ini mengenai pendaratan Hayam Wuruk, bahwa pantai ini menjadi wilayah yang pertama kali salah satu raja Majapahit, Hayam Wuruk menginjakkan kaki. Menurut kitab Negarakertagama, menyebutkan bahwa Hayam Wuruk merapat di sebuah pantai yang memanjang dari utara ke selatan.

Dan menurut aktivis sejarah, Pantai Pathek inilah yang memiliki posisi seperti tersebut. Namun, terlepas dari itu semua, Pantai Pathek merupakan sebuah pesisir yang memberikan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Karena wilayah ini bisa digunakan masyarakat sekitar sebagai salah satu tempat mencari mata pencaharian sebagai nelayan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pathek

Hingga saat ini, untuk bisa menikmati suasana di kawasan Pantai Pathek ini tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Oleh karena itu, objek wisata ini menjadi salah satu pilihan para wisatawan untuk berlibur menghilangkan rasa penata ataupun bersantai.

Jika Anda akan berkunjung ke pantai ini, karena merupakan objek wisata tanpa biaya tiket masuk, maka Anda bisa mengajak keluarga ataupun teman-teman secara beramai-ramai untuk berlibur bersama. Dengan begitu, maka Anda liburan di Pantai Pathek ini pun menjadi lebih seru.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pathek

Rute Menuju Pantai Pathek

Pantai Pathek terletak di Desa Gelung Panarukan Situbondo, lokasinya berada 10 kilometer dari Alun-alun Situbondo. Untuk perjalanan menuju lokasi pantai ini pun akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan.

Rute yang akan dilalui yaitu dari Alun-alun Situbondo, ambil saja ke arah utara di Jl. KH. Wahid Hasyim menuju Jl. Achmad Yani atau Jl. Raya Pantura sepanjang 60 kilometer, selanjutnya belok kiri dan masih berada di Jl. Achmad Yani dan kemudian belok kanan ke Jl. Seroja.

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan belok kiri ke Jl. Kenanga sepanjang 2,3 kilometer, lalu belok kanan ke Jl. Alas Malang dan ikuti papan petunjuk jalan menuju Pantai Pathek, karena jalan tersebut sudah berada di wilayah kawasan pantai. Selain itu, Ada pun juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk jalan.

Objek Wisata Pantai Pathek

Objek Wisata Pantai Pathek

Meskipun untuk memasuki kawasa panai ini secara gratis tanpa tiket masuk, bukan berarti pantai ini tidak memiliki objek wisata ya, beberapa daya tarik wisata dari pantai Pathek adalah :

1. Bermain Air

Karena memiliki karakteristik ombak yang tidak begitu besar, maka wisatawan dapat sekedar bermain air laut di pinggiran.

Namun kami menyarankan agar tetap selalu waspada dan berhati-hati ya karena pantai ini tidak memiliki penjaga pantai yang bertugas. Menaiki PerahuTernyata perahu-perahu di kawasan pantai ini tak hanya digunakan oleh nelayan untuk melaut saja, namun juga ada perahu yang diperuntukkan bagi wisatawan.

Jadi, jika Anda tertarik untuk berkeliling pantai dengan menaiki perahu, Anda bisa menyewa perahu untuk bisa menemuinya dan pastinya dapat menikmati pemandangan pantai secara lebih dekat lagi.

2. Lokasi Memancing

Objek Wisata Pantai Pathek 2

Pantai Pathek ini menjadi salah satu lokasi yang digemari oleh para pemancing. Mereka biasa memancing secara tradisional di siang hari. Cara memancingnya juga dilakukan dengan merendam setengah badan di perairan pantai.

Biasanya para pemancing di pantai ini tak hanya sekedar memandang sebagai aktivitas menyalurkan hobi saja. Namun, mereka juga menghasilkan ikan yang dapat untuk dijual kembali atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, tak jarang para pemancing tradisional yang datang ke pantai ini setiap harinya.

3. Sunset

Pada saat sore hari pun pantai ini malah cukup ramai lho, dikarenakan masyarakat sekitar berdatangan untuk sekedar nongkrong dengan menunggu panorama matahari tenggelam. Apalagi panorama sunset ini tampak begitu tenang ditanah siluet kapal-kapal para nelayan yang menghiasi keindahan saat senja tiba.

Nah, jika Anda memang menyempatkan dengan menunggu sunset pantai ini, maka jangan lupa juga untuk membawa kamera ya. Agar Anda bisa mengabadikan panorama sunset maupun menjadikan panorama sunset sebagai background foto Anda ketika berada di Pantai Pathek.

Fasilitas Pantai Pathek

Fasilitas Pantai Pathek

Meskipun pantai ini cukup ramai pada hari libur, namun pantai ini belum dikelola secara baik sebagai objek wisata. Oleh karena itu, maka fasilitas belum terlalu lengkap, tetapi Anda bisa menemukan :

1. Rumah Makan

Mengingat lokasinya berada tidak jauh dari jalan raya, maka pantai inipun biasa dipergunakan oleh para pengendara untuk beristirahat dan menikmati cita rasa masakan yang disediakan di rumah makan kawasan pantai ini. Anda pun juga bisa memesan makanan saat berwisata di pantai ini untuk mengisi energi kembali.

Apalagi aroma ikan bakar yang begitu menggugah selera makan, dan ternyata rasanya pun begitu lezat, maka wajib Anda coba. Selain itu masih banyak menu masakan seafood lainnya yang tak kalah enak yang lengkap dengan sambal khas Jawa Timur dan lalapan.

2. Gazebo

Meskipun belum dikelola oleh pemerintah setempat, namun pantai ini memiliki beberapa gazebo yang berada di kawasan pantai dan bisa Anda gunakan. Anda Pun bisa bersantai sambil menikmati cemilan dengan view yang langsung menghadap ke pantai dengan hembusan angin laut yang sejuk.

3. Toilet

Untuk fasilitas toilet, sayangnya toilet ini berada di setiap warung atau rumah makan yang berada di kawasan pantai. Jadi, Anda harus menuju rumah makan atau warung terlebih dahulu untuk bisa menggunakan toilet.

Kurang lebih begitulah informasi dan ulasan terkait dengan objek wisata Pantai Pathek. Jika Anda berkunjung ke objek wisata pantai ini, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan ya! agar pantai ini tetap bersih, mengingat belum adanya pengelolaan secara resmi dan pemeliharaan objek wisata secara berkala.

Dikarenakan memang pantai ini digunakan sebagai tempat bersandarnya perahu nelayan memang dirasa kurang pengembangan apalagi memang pantai ini belum dikelola secara resmikan. Namun, bukan suatu masalah bagi wisatawan, jika masih memiliki sisa waktu berlibur pun Anda bisa menyempatkan untuk mengunjungi Pantai Tangsi yang jaraknya juga tidak terlalu jauh dari pantai Pathek.

13 Ulasan untuk Pantai Pathek, Situbondo, Jawa Timur

  1. Untuk tempat rekreasi keluarga, dan tempatnya juga g begitu jauh dri rumah…. 😊

  2. Agak kotor dan kurang indah, banyak sampah yg terbawa ombak dan mengotori bibir pantai. Jika dikelola dengan baik mungkin bisa menjadi destinasi wisata andalan kota Situbondo, karena di beberapa titik tersembunyi terdapat pemandangan yang sangat bagus

  3. Reuni SMP 84 PANJI

  4. Pantainya cocok untuk menghilangkan penat.. ada ikan bakar yang enak di sekitar sini, tunggu postingan saya brktnya.. 😁👍

  5. Jarak antara pantai demgan jalan raya sangat dekat. Sebenarnya hampir tidak ada pasir pantainya, karena laut dan karang lamgsung berbatasan dengan beton milik warung-warung makanan hampir di sepanjang garis pantai.. . Tempat ini lebih cocok untuk wisata kuliner dengan suasana pantai. Di mana harga rata-rata masih termasuk standart.. . Waktu yang menarik untuk ke tempat ini adalah sore hari, sekalian menikmati suasana senja.

  6. Tempat wisata paling murah meriah, sayang kurang bersih karena banyak sampah bertebaran.

  7. Bagus. Salah satu alternatif Wisata di Situbondo. Hanya perlu dijaga kebersihannya dari sampah. Penataan warung makan juga sangat diperlukan.

  8. Tempat nongkrong yang enak. Pada akhir pekan hampir dipastikan tempat ini ramai

  9. Hampir setiap tahun ke sini bersama keluarga naik pick up seru banget klu ke sini tempat.a sejuk tempat kamar mandi.a lumayan nyaman

  10. Pantai Masi asli ..bagus…tp krg sarana nya untuk TMT wisata

  11. Pantai Pathek terletak di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur. Karenanya, pantai nelayan ini juga dikenal dengan nama Pantai Gelung. Lokasi geografisnya yang berada di jalur pantura, membuat Pantai Pathek kerap disinggahi para pengendara untuk sekadar beristirahat sambil melihat suasana pantai yang teduh.nnSayangnya, Pantai Pathek tidak mendukung untuk kegiatan snorkeling, mengingat air di bibir pantainya yang keruh. Meski demikian, pantai ini menjadi spot favorit bagi para pemancing tradisional untuk melempar pancing. Dengan teknik merendam setengah badan di pantai, para pemancing tradisional banyak terlihat di siang hari. Menurut pengakuan salah seorang pemancing, hasil tangkapan ikan yang mereka dapat biasanya digunakan untuk konsumsi pribadi.nnSebagai pantai nelayan, Pantai Pathek menjadi lokasi bersandar banyak perahu nelayan. Di sore hari, pemandangan pantai ini didominasi oleh aktivitas para nelayan yang ingin mencari ikan diperairan Selat Madura. Meskipun dikenal sebagai pantai nelayan, Pantai Pathek juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti penginapan dan rumah makan dengan sensasi terapung.nnSelain itu, Pantai Pathek juga dilengkapi pendopo di sepanjang garis pantainya. Menikmati kuliner khas pesisir sambil merasakan keteduhan Pantai Pathek menjadi salah satu kegiatan favorit yang banyak dilakukan pengunjung. Tidak mengherankan jika Pantai Pathek menjadi salah satu alternatif destinasi wisata pantai yang selain murah, juga menawarkan kemeriahan bagi pengunjungnya

  12. Berpotensi besar menjadi tempat wisata besar hanya saja minim fasilitas,kebersihan pantai rendah,dan monotone

  13. Pantainya asri. Ombaknya kecil. Baik utk mandi. Sayang tsk berpasir putih.

Tinggalkan Balasan