Pantai Banongan

Pantai Banongan

Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68373, Indonesia.

9 Ulasan

Situbondo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini terkenal dengan adanya perkebunan teh dan juga tembakau.

Meskipun demikian, Situbondo juga dikenal memiliki deretan pantai yang eksotis. Ya, Situbondo ini terletak di kawasan pesisir Pulau Jawa. Tahukah Anda pantai apa saja yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur di Situbondo?

Salah satu pantai yang bisa dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Banongan. Untuk itu, kami akan membahas Pantai Banongan dalam sajian bacaan ringkas dibawah ini, yuk simak agar mengetahui objek wisata ini ya.

Sejarah Pantai Banongan

Pantai Banongan

Pantai ini bernama Pantai Banongan, dikarenakan memang nama tersebut diambil dari nama dusun di desa setempat. Agar mudah penyebutan dan mencari letak lokasi, maka pantai ini diberi nama dengan Pantai Banongan.

Tetapi nama pantai ini sebenarnya tidak hanya Pantai Barongan saja, sebagian masyarakat juga sering menyebutnya dengan Pantai Indah Firdaus. Nama ini muncul dan sering disebut dikarenakan memang pantai ini menyimpan keindahan di bawah laut yang terdapat berbagai jenis ikan dan juga terumbu karang.

Oleh sebab itu, sejak dahulu pantai ini menjadi objek wisata bahari yang memang memiliki daya tarik tersendiri. Hal lain dari adanya pantai ini yaitu bahwa pantai ini juga sering dipergunakan oleh TNI sebagai tempat berlatih militer lho.

Harga Tiket Masuk Pantai Banongan

Harga tiket masuk ke Pantai Banongan ini dikatakan cukup murah, yakni wisatawan hanya akan mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 saja. Dengan begitu, Anda sudah dapat memasuki dan menikmati wisata bahari Pantai Banongan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Banongan

Lokasi objek wisata Pantai Banongan ini berada di Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jarak pantai ini dengan alun-alun Situbondo adalah sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh 55 menit perjalanan.

Untuk akses jalan menuju pantai ini pun cukup mudah, Anda bisa mengendarai transportasi pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Jika dari alun-alun Situbondo maka ambil arah utara menuju Jl. Achmad Yani / Jl. Raya Pantura / Jl. Situbondo – Banyuwangi.

Rute Menuju Pantai Banongan

Lokasi objek wisata Pantai Banongan ini berada di Desa Wringinanom, Asembagus, Situbondo. Jarak pantai ini dengan alun-alun Situbondo adalah sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh 55 menit perjalanan.

Untuk akses jalan menuju pantai ini pun cukup mudah, Anda bisa mengendarai transportasi pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Jika dari alun-alun Situbondo maka ambil arah utara menuju Jl. Achmad Yani / Jl. Raya Pantura / Jl. Situbondo – Banyuwangi.

Kemudian belok kanan dan tetap masih berada ke Jl. Achmad Yani atau Jl. Situbondo – Banyuwangi, ikuti saja jalan tersebut hingga 27 kilometer. Selanjutnya belok kiri masuk ke Jl. Banongan dan ikuti saja jalan tersebut hingga ke Desa Waringin Anim Utara dan sampailah di Pantai Banongan.

Objek Wisata Pantai Banongan

Objek Wisata Pantai Banongan 2

Pantai Banongan ini sebenarnya sama seperti pantai-pantai yang berada di laut Selatan. Nah, beberapa daya tarik wisata di Pantai Banongan ini antara lain :

1. Pemandangan Pantai

Sesampainya di Pantai Banongan, wisatawan pasti akan merasakan pemandangan pantai yang begitu khas. Bagaimana tidak, karena pantai ini memiliki pemandangan nuansa lautan dengan terdapat perahu para nelayan yang berjajar di bibir pantai.

Selain itu terdapat juga pepohonan hijau yang turut menambah pemandangan. Anda pun dapat memanfaatkan pemandangan ini dengan melakukan hunting foto untuk mengabadikan momen berlibur Anda.

2. Suasana Sejuk

Berada di kawasan pantai ini maka terdapat jajaran pohon kelapa yang memang sengaja tumbuh dan dikelola karena pohon-pohon ini milik pemerintah kabupaten Sutubondo. Tak hanya pohon kelapa saja, pantai ini juga dikelilingi dengan pohon cemara yang begitu tumbuh kuat.

Oleh karena itu, dengan adanya jajaran pohon kelapa akan menambah suasana sejuk apalagi ditambah dengan pepohonan cemara yang rindang. Hal ini menjadikan suasana nyaman ditambah lagi dengan sumilir angin pantai ini.

3. Berenang

Aktivitas yang digemari oleh anak-anak dan remaja yaitu bermain air dan berenang. Hal ini pun dapat dilakukan sewaktu mengunjungi Pantai Banongan.

Tetapi sayangnya kawasan pantai ini tidak terdapat penyewaan pelampung atau ban untuk berenang. Sehingga, diharapkan jika berenang ataupun bermain air di kawasan bibir pantai saja ya! Hal ini agar wisatawan tetap waspada ombak yang datang dan terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan.

4. Pasirr Hitam

Sama halnya dengan karakteristik pantai selatan, pantai ini juga memiliki garis pantai dengan hamparan pasir hitam. Meskipun demikian, tekstur pasirnya cukup lembut kok, jadi bisa dipergunakan untuk bermain juga.

5. Area Bermain Anak

Berada tak jauh dari bibir pantai dan di bawah pepohonan cemara yang begitu rindang, Anda akan menemukan beberapa mainan anak-anak dengan warna-warni. Oleh karena itu, Anda pun bisa mengajak anak-anak untuk menyempatkan bermain di area ini.

Permainan yang tersedia pun seperti yang ada pada taman bermain pada umumnya, seperti perosotan, ayunan dan beberapa permainan anak yang bisa di panjat. Hal ini menjadi arena yang cukup seru bagi anak-anak.

6. Sunset

Tak hanya siang hari untuk berwisata di pantai ini, namun sore hari pun menjadi saat yang tepat untuk menikmati panorama pantai ini. Dikarenakan, pada saat cuaca cerah maka wisatawan dapat melihat pemandangan berupa matahari yang mulai terbenam.

Ombak yang mulai tenang pun cukup menambah nuansa hangat untuk menikmati sunset. Ditambah lagi adanya pancaran cahaya dengan warna kemerah-merahan yang turut menghiasi langit. Hal ini menjadikan keindahan alami bagi setiap orang yang memandangnya.

Fasilitas Pantai Banongan

Selain memiliki daya tarik wisata, fasilitas bagi wisatawan juga sudah tersedia dan dapat digunakan antara lain :

1. Tempat Parkir Kendaraan

Kendaraan yang Anda gunakan pun akan diarahkan untuk menuju tempat parkir yang sudah disediakan. Area ini pun cukup luas, sehingga dapat menampung kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun jangan lupa juga untuk memberikan jasa parkir para petugas ya.

2. Kamar mandi / MCK

Sebenarnya pantai ini memiliki beberapa kamar mandi bagi wisatawan. Tetapi kondisi kamar mandi ini seperti kurang terawat. Sehingga kedepan diharapkan agar ada pemeliharaan serta perbaikan dan juga wisatawan diharapkan menjaga kebersihan.

3. Gazebo

Adanya gazebo juga turut menjadi fasilitas pendukung pantai ini. Dengan begitu, wisatawan yang datang dapat bersantai di atas gazebo ini bersama dengan keluarga atau teman-teman. Apalagi gazebo ini menghadap ke lautan sehingga dapat dipergunakan sekaligus menikmati pemandangan pantai.

4. Warung Makan

Beberapa warung makan juga sebenarnya sudah tersedia di pantai ini. Namun, karena terkadang suasana pantai sepi jadi pedagang yang berjualan pun tidak selalu ada. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga maka sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri ya.

Begitulah informasi dan kondisi objek wisata Pantai Banongan dengan daya tarik dan fasilitas yang tersedia. Oiya, pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat berlatih para TNI.

Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki hamparan yang cukup luas sehingga bisa dipergunakan untuk latihan mendarat helikopter maupun digunakan untuk tank atau kapal selam. Namun sayangnya jika pada saat digunakan latihan militer oleh TNI, pantai ini tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan atau ditutup untuk umum.

Nah untuk waktu kapan digunakan latihan militer pun kita tidak mengetahui karena hal tersebut merupakan agenda dari TNI. Nah jika Anda datang ke Situbondo pun juga dapat mampir ke pantai lain seperti Pantai Jangkar.

9 Ulasan untuk Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur

  1. Pantainya msh asli… Udara tdk panas, ad gardu u lesehan cuma toiletnya perlu di perbaiki…jln nya jg perlu di perbaiki yg dkt pantai ….

  2. Pantainya bagus. Sayang tdk dikelola dg profesional. Prasarana kurang. Dan sampahnya ampun deh.

  3. Pantai yang jernih, htm yang sangat murah. Recommended sebagai tempat berwisata di pantai

  4. Pantai yang jernih, htm yang sangat murah. Recommended sebagai tempat berwisata di pantai

  5. Luas dan rindang cocok untuk piknik

  6. Salah satu pantai utara di daerah Asembagus, Situbondo. Akses jalannya masih perlu mendapat perhatian karena sebagian jalannya masih bergelombang. Tetapi keindahan pantainya akan tersaji di depan mata begitu sampai. Karena aksesnya masih kurang bagus, lokasi pantainya cukup sepi dikunjungi wisatawan. Jika ingin berteduh dari sinar matahari, ada banyak pepohonan yang rimbun di belakang pantainya. Tetapi, wiaatawan perlu membawa bekal sendiri karena tidak ada warung/tempat menyediakan makanan&minuman. Sinyal hp yang disediakan di sini sudah cukup baik (Telkomsel). Wisata yang cocok untuk melepas penat beraktivitas serta mencari ketenangan.

  7. Pantai sangat indah dan nyaman buat rekreasi sama keluarga tapi bawa bekal atau makanan sendiri dari rumah karena masih alami

  8. Salah satu kawasan pantai di Banongan, Situbondo, yang belakangan ini mulai dikelola sebagai daerah tujuan wisata.nnSekitar pantai suasananya sangat teduh dan rindang karena penuh dengan pepohonan cemara. Sudah ada beberapa fasilitas seperti gazebo, toilet, dan warung makanan.nnTiket masuk masih terbilang murah, viewnya lumayanlah. Lokasi agak masuk perkampungan dan lewat perkebunan, jalan masuk ke lokasi lumayan sempit tapi cukuplah untuk dilalui kendaraan roda 4.

  9. Pantai pasir hitam yang terbilang masih sepi, ada pohon pinus jadi memperindah sekitar pantai, htm ke pantainya 5 k,

Tinggalkan Balasan