Pantai Bama

Pantai Bama

Pantai Bama, Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

9 Ulasan

Jawa Timur memang populer karena memiliki destinasi wisata yang begitu beragam. Bahkan beberapa objek wisata ini bisa dikunjungi dalam satu waktu sekaligus lho karena memang berada di satu kawasan.

Objek wisata apakah yang kami maksud? Apakah Anda sudah bisa menebaknya? Atau malah bingung apa saja objek wisata ini? Baiklah kami akan memberitahu objek wisata ini.

Objek wisata ini adalah Pantai Bama yang letaknya berdekatan dengan banyak objek wisata lainnya. Ternyata pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran yang juga merupakan objek wisata alam yang populer di Jawa Timur. Untuk mengetahui lebih lanjut objek wisata ini, simak artikel dibawah ini yuk!

Sejarah Pantai Bama

Pantai Bama

Pantai Bama merupakan sebuah pantai yang masih begitu alami dan lestari hingga kini. Pantai ini berada di dalam kawasan konservasi lindung Taman Nasional Baluran.

Namun, jika dilihat secara administratif, pantai ini terletak diantara 2 perbatasan wilayah kabupaten yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Tetapi, karena pintu masuk berada di Kabupaten Situbondo, maka pantai ini berada di Banyuwangi.

Ternyata, Pantai Bama ini memiliki karakteristik pantai yang berbeda dengan pantai lain di Situbondo maupun Banyuwangi lho. Sehingga pantai ini memang memiliki pesona wisata tersendiri bagi para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Bama

Nah, karena akses masuk Pantai Bama ini merupakan satu pintu dari Taman Nasional Baluran, maka wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini haruslah masuk dalam kawasan Taman Baluran. Dengan begitu, tiket masuk pantai ini dibayarkan pada saat memasuki Taman Baluran, karena memang sudah include wisata Pantai Bama.

Untuk harga tiketnya pun lumayan murah karena sudah bisa menikmati objek wisata taman dan juga pantai, namun ada perbedaan harga bagi wisatawan lokal dan turis. Bagi wisatawan lokal hanya akan membayar tiket masuk Rp. 20.000 saja per orang, namun untuk wisatawan mancanegara harga tiket masuknya adalah Rp. 150.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Bama

Rute Menuju Pantai Bama

Jika dari alun-alun Situbondo, untuk dapat sampai ke lokasi Pantai Bama maka Anda harus menempuh jarak sekitar 74 kilometer dengan jangka waktu 1 jam 42 menit perjalanan. Meskipun jaraknya lumayan jauh, namun akses jalannya sudah bagus sehingga cukup nyaman dilewati.

Dari alun-alun Situbondo, arahkan kendaraan ke utara di Jl. KH. Wahid Hasyim Menuju Jl. Achmad Yani atau Jl. Situbondo – Banyuwangi, belok kanan dengan melanjutkan mengikuti Jl. Situbondo – Banyuwangi / Jl. Raya Pantura dengan jarak tempuh kurang lebih 60 kilometer.

Kemudian arahkan kendaraan Anda belok kiri ke Jl. Entry Taman Nasional Baluran, lalu belok kiri lagi menuju Jl. Savana Bekol Taman Nasional Baluran. Selanjutnya Anda dapat belok kanan dengan menyusuri jalan menuju Jl. Pantai Bama dengan jarak sekitar 3 kilometer.

Objek Wisata Pantai Bama

Objek Wisata Pantai Bama

Objek wisata Pantai Bama memang berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Maka dari itu banyak objek wisata atau spot berbeda dari kebanyakan pantai di Jawa Timur.

Kami sudah merangkum beberapa daya tarik wisata Pantai Bama yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi pantai ini, yaitu :

1. Pasir Putih

Pantai Bama ini ternyata memiliki hamparan pasir putih yang begitu eksotik lho. Wisatawan pun biasanya menjadikan pasir ini sebagai tempat berfoto karena memang tekstur pasirnya seperti dengan pantai yang ada di Bali atau di luar negeri.

Selain sebagai tempat berfoto, Ada pun bisa membawa peralatan bermain pasir seperti ember dan sekop untuk sekedar bermain pasir di pantai ini atau malah membangun istana pasir. Agar lebih seru berlibur di pantai ini, Anda pun bisa mengajak keluarga, anak-anak ataupun teman-teman untuk bersama-sama bermain pasir pantai.

2. Kera Ekor Panjang

Mengingat pantai ini berada di lokasi Taman Nasional Baluran yang memang menjadi habitat beberapa satwa, maka tak heran jika wisatawan ketika sampai di Pantai Bama ini akan disambut oleh kawanan kera ekor panjang. Hal ini menjadi salah satu daya tarik pantai ini, karena wisatawan bisa melihat kera-kera yang berkeliaran secara bebas.

Nah, karena adanya kera-kera yang berkeliaran, jangan mengganggu satwa tersebut ya agar mereka tetap nyaman dan juga sebaiknya berhati-hati dalam membawa barang bawaan Anda. Dikarenakan terkadang kera-kera ini akan jahil dan mengambil makanan Anda.

3. Dermaga Mangrove

Kawasan pantai ini juga dikelilingi dengan pepohonan hijau yang subur, pepohonan ini merupakan tanaman mangrove yang memberikan kesan sejuk. Dengan adanya pepohonan ini pun Anda dapat sekedar berjalan-jalan menyusuri kawasan ini tepatnya pada bagian sisi barat pantai. Karena di kawasan ini juga terdapat sebuah jembatan hingga ke arah pantai.

Sehingga, wisatawan tak hanya menikmati kesejukannya saja, Anda pun bisa memanfaatkan pohon mangrove dan jembatan ini sebagai salah satu spot foto. Hasilnya pun akan begitu natural jika diambil dalam jepretan kamera yang sesuai.

4. Snorkeling

Pantai Bama ini memang masih terjaga kelestarian alamnya, maka tak heran jika di dalam perairan pantai ini masih menyimpan keindahan biota laut yang begitu kaya dan beragam. Perairan ini pun begitu jernih dan memiliki ombak yang landai. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan aktivitas snorkeling.

Bersnorkling dengan menyelam ke dasar laut untuk melihat secara langsung keindahan biota laut yang ada sangat seru lho, namun penyelam dilarang menyentuh terumbu karang dalam perairan ini ya karena sangat dilindungi kealamiannya. Anda pun bisa menyewa peralatan snorkeling di kawasan pantai ini karena memang sudah disediakan bagi para wisatawan yang akan menyelam.

5. Sunrise Dan Sunset

Panorama yang masih bisa Anda temukan secara alami di pantai ini yaitu sunset dan sunrise. Dengan melihat matahari mulai muncul di pagi hari atau malah ketika matahari mulai tenggelam di bagian barat, semua bisa Anda saksikan sekaligus merasakan suasana pantai yang begitu damai.

Namun, untuk melihat panorama sunrise atau sunset, maka Anda harus melapor ke petugas terlebih dahulu, mengingat pantai ini satu pintu dengan Taman Nasional Baluran sedangkan jam operasional taman hanya mulai jam 07.30 WIB hingga 16.00 WIB saja.

Fasilitas Pantai Bama

Fasilitas Pantai Bama

Pantai Bama ini tidak banyak dikunjungi oleh para wisatawan saat hari-hari biasa, namun akan bertambah ramai jika saat musim libur tiba. Meskipun demikian, pengelola sudah membangun dan menyediakan fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang lho, dengan adanya :

1. Kamar Mandi

Berada di kawasan pantai ini maka Anda akan menemukan beberapa toilet dengan air yang bersih. Toilet ini memang disediakan bagi para pengunjung yang sedang berkunjung di pantai ini, sehingga Anda pun juga bisa menggunakan toilet ini jika memang memerlukannya.

2. Warung Makan

Hal unik akan ditemukan di Pantai Bama ini lho, memang sudah tersedia warung makan dengan beberapa pilihan menu makanan bagi wisatawan. Namun tempatnya begitu unik karena dibatasi dengan pagar strimin. Hal ini difungsikan dengan tujuan terhindar dari kera-kera yang datang untuk mengambil makanan. Cukup unik ya?

3. Musholla

Fasilitas beberapa tempat beribadah seperti musholla juga sudah ada. Kondisinya pun baik karena memang bangunan permanen dengan alas keramik. Namun sebaiknya Anda membawa peralatan alat sholat sendiri ya agar lebih nyaman saat menggunakannya.

Ya, itulah informasi terkait dengan objek wisata Pantai Bama yang memang satu kawasan dengan Taman Nasional Baluran. Sangat menarik bukan? Yuk segera atur jadwal berlibur Anda di Situbondo ini untuk berkunjung di objek wisata ini.

Jika berlibur mengunjungi Pantai Bama ini dirasa masih kurang dan ingin lebih mengexplore objek wisata bahari di Situbondo, Anda pun bisa berkunjung ke pantai lainnya di dekat pantai ini salah satunya yaitu Pantai Banongan.

9 Ulasan untuk Pantai Bama, Situbondo, Jawa Timur

  1. Perjalanan ditempuh kurang lebih selama setengah jam dari Savana Bekol menggunakan sepeda motor, dengan kondisi yang tidak jauh berbeda dengan jalan masuk ke Savana Bekol tetapi agak lebih mendingan hanya batu2 lepas yang mengganggu.. Sepanjang perjalanan akan menemui sekumpulan rusa dan monyet yang lumayan dekat dengan jalan, perlu hati-hati dengan monyetnya jangan diganggu atau php kasih makan.. Kondisi pantai sepi dan tenang, ombak kecil, air laut jernih dan pasir putih, dikelilingi oleh hutan bakau lumayan lebat yang dihuni oleh monyet-monyet yang sedang bermain-main kadang meminta makanan, cocok untuk melepas penat berlama-lama tinggal sambil menunggu sore hari datang.. Tips:. – Datang dipagi hari saat binatang penghuni keluar mencari makan. – jangan buang sampah sembarangan

  2. Kalau mau ke sini harus bersakit-sakit dahulu melewati jalanan terjal sepanjang 15 kilometer dari pintu masuk TN Baluran, baru bisa berenang-renang kemudian. Pada bulan April, ombaknya relatif tenang dan sangat menarik wisatawan untuk berenang. Sesekali, kita juga bisa melihat ikan belanak melompat dari air laut di tepi pantai berair biru toska menawan ini. Sampah plastik entah dari Pantai Bama sendiri atau sampah kiriman dari pantai sekitarnya cukup mengganggu pemandangan. . . Selain pantai berpasir putih, pantai Bama juga menjadi tempat pelestarian pohon mangrove. Ada trek khusus yang bisa kita susuri untuk menuju dermaga mangrove. Air di sekitaran hutan mangrove berwarna coklat keruh. Ada pula trek khusus untuk melihat ratusan spesies burung yang berhabitat di Baluran. . . Di bibir pantai, ada banyak pepohonan rindang dan ayunan dari kayu. Selalu waspada saat membawa barang bawaan kita terutama yang ada makanannya. Pasalnya, pantai ini (dan hutan Baluran) menjadi habitat ratusan (bahkan mungkin ribuan) kera ekor panjang yang sangat penasaran alias kepo dengan barang bawaan manusia. Jangan pernah memberi makanan ke satwa ya, karena itu bisa mengubah perilaku mereka. . . Kalau lapar, kita bisa menikmati sajian makanan dan minuman di Kantin Bama yang dikelola oleh warga Desa Wonorejo yang bersebelahan dengan TN Baluran. Harganya pun tidak terlalu mahal untuk di pantai yang jauh dari keramaian manusia.

  3. Sempat underestimate dengan pantai ini, kirain airnya gak biru, dan atmosfirnya biasa saja, akan tetapi anggapan itu langsung sirna ketika sampai di tempat ini. Pantai ini terlihat bersih, dengan ombak yang kecil dan air yang biru. Weekendpun tidak terlalu ramai, tapi jika ingin relax dipantai saya sarankan untuk kesana di weekdays.. but be carefull with your belongings, karena banyakk sekali monyet2 jahil yang ada di sekeliling anda 😁

  4. Pantainya bersih dan terjaga karena terletak di kawasan konservasi. Hanya saja monyetnya nakal suka mencuri makanan.. Bagi wisatawan yang berkunjung kesana, sudah dihimbau bahwa DILARANG memberi makanan pada hewan. . Menurut pengakuan ibu-ibu di kantinnya, monyet jadi nakal karena terbiasa diberi makan oleh pengunjung, sehingga monyet mencuri apabila tidak diberi. . Mari sama-sama menjaga alam dengan tidak memberi makanan hewan di lingkungan konservasi.

  5. Pantai bama terletak di sekitar daerah situboondo jawa timur, termasuk dalam paket wisata taman nasional baluran jadi kalo mau kesini mesti masuk ke taman nasional baluran melewati hutan dan padang savana bekol baru nanti akan dampai di pantai bama, pantai bama memiliki pamandangan yang keren dimana disana memiliki pantai yang jernih dan terdapat juga hutan mangrove yang menambah daya tarik pantai tersebut.

  6. Pantainya bagus, masih alami dan banyak Kera berkeliaran. Hanya saja kebersihan Pantainya kurang terjaga.

  7. Pas banget di buat liburan bersama keluarga ataupun pasangan kekasih.

  8. kawasan terujung dari baluran, hati hati disini banyak monyet yg nakal suka mengambil makanan.

  9. Jalan dikit dari parkiran, pantainya sepi

Tinggalkan Balasan