Pantai Bletok

Pantai Bletok

Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68358, Indonesia.

15 Ulasan

Mengunjungi objek wisata pantai ternyata tak harus menuju ke suatu wilayah yang cukup jauh dari kota dan letaknya begitu sulit dilalui. Jika berada di Situbondo, maka Anda akan menemukan deretan pantai yang berada tak jauh dari akses jalan raya.

Salah satu pantai di wilayah ini yaitu Pantai Bletok, untuk bisa menikmatinya pun pengujung tidak harus melakukan perjalanan yang begitu lama dan sulit. Dikarenakan pantai ini berada di sebelah jalan raya yang cukup ramai.

Pantai yang berada di pesisir utara ini juga memiliki daya tarik yang berbeda lho. Nah, agar bisa mengetahui daya tarik dan informasi terkait dengan Pantai Bletok, sebaiknya simak dulu bacaan dibawah ini yuk!

Sejarah Pantai Bletok

Pantai Bletok

Adanya Pantai Bletok, merupakan anugerah yang telah diberikan Tuhan untuk masyarakat desa dan sekitarnya. Hal ini terlihat bahwa memang pantai ini menjadi salah satu ladang perekonomian masyarakat setempat.

Adanya perahu nelayan yang bersandar di bibir pantai, menandakan bahwa masyarakat sekitar menjadikan pantai ini sebagai tempat menangkap ikan. Masyarakat sekitar yang menjadi nelayan dan kemudian hasil tangkapan dari pantai ini yang didapatkan bisa dijual yang nantinya dapat menambah pertumbuhan perekonomian.

Namun, terlepas dari itu semua, pantai ini adalah sebuah pantai yang memiliki keindahan tersendiri. Oleh karena itu, pemerintah setempat telah menjadikan sebagai objek wisata bahari dengan melakukan berbagai pembenahan dan pembangunan untuk mendukung pariwisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Bletok

Terletak di pinggir jalan, maka wisatawan bebas untuk menikmati keindahan pantai ini. Karena memang pantai ini terbuka untuk umum selama sepanjang waktu selama 24 jam.

Pantai ini pun biasa dipergunakan oleh pengendara yang melewati jalan ini sebagai tempat untuk beristirahat sekaligus menikmati keindahan pantainya atau rest area sewaktu melakukan perjalanan ke tujuannya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Bletok

Rute Menuju Pantai Bletok

Tepatnya berada di Jalan Raya Pasir Putih, Mlandingan, Situbondo, Jawa Timur. Untuk menuju ke objek wisata ini pun sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Agar sampai di lokasi pantai ini, maka Anda cukup mengikuti jalur pantura. Jika dari Alun-Alun Situbondo, maka harus menempuh perjalanan sekitar 27 kilometer dengan membutuhkan waktu kurang lebih 34 menit.

Dari Alun-alun Situbondo ambil saja arah utara di Jl. KH. Wahid Hasyim menuju Jl. Achmad Yani / Jl. Raya Pantura / Jl. Situbondo – Banyuwangi dengan jarak 27 kilometer. Kemudian sampailah di objek wisata Pantai Betok yang ada di sebelah kanan jalan dengan tulisan Pantai Bletok berwarna orange dan biru.

Objek Wisata Pantai Bletok

Objek Wisata Pantai Bletok 2

Berada di Pantai Bletok, pengunjung akan disuguhkan dengan adanya objek wisata, dengan adanya :

1. Perahu Nelayan

Meskipun berada di pinggir jalan raya, namun pantai ini tetap digunakan oleh para warga setempat sebagai ladang mata pencaharian sebagai nelayan. Oleh karena itu, di pantai ini akan terlihat perahu-perahu milik nelayan dengan berbagai warna sebagai pembeda yang berlalu-lalang di perairan pantai.

Selain itu, terdapat juga beberapa perahu nelayan yang memang sedang terparkir di bibir pantai ini. Mungkin perahu tersebut telah selesai digunakan untuk berlayar mencari ikan, dan wisatawan pun dapat melakukan hunting foto dengan perahu ini.

2. Taman

Ketika melewati jalan raya yang berada di sisi pantai ini, pasti pengendara akan melihat sebuah tanaman dengan tanaman-tanaman yang tertata rapi. Tak hanya itu, taman di taman ini juga terdapat sebuah penanda dengan tulisan Pantai Bletok dalam ukuran yang cukup besar.

Oleh karena itu, para pengendara pasti menoleh ke arah pantai ini dan biasanya mereka akan mampir di pantai ini dan juga menikmati taman pantai yang sudah terbangun dengan rapi. Apalagi taman ini dilengkapi dengan jogging track dan beberapa bangku yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk duduk.

3. Dermaga

Tempat terbaik di pantai ini ternyata terletak di dermaga yang menjorok ke lautan di pantai ini. Dermaga ini terbuat dari tumpukan bebatuan yang memang ditata sedemikian rupa dengan begitu kuat, sehingga aman jika dilewati dan sebaga tempat nongkrong bagi para pengunjung.

Berada di dermaga ini, wisatawan dapat melihat pemandangan yang cukup cantik, tentunya dengan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi. Pada saat cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menikmati panorama pantai lengkap dengan terlihatnya Gunung Raung yang akan terlihat begitu cantik melalui dermaga ini.

4. Sunset

Objek Wisata Pantai Bletok

Saat hari mulai sore, merupakan salah satu pilihan yang cukup menarik untuk mendatangi pantai ini. Bagaimana tidak, jika saat sore hari tempat ini menjadi favorit para pengunjung untuk menikmati sunset dengan melihat panorama matahari yang mulai tenggelam.

Fasilitas Pantai Bletok

Fasilitas Pantai Bletok

Berada di pinggir jalan raya membuat kawasan pantai ini tidak begitu besar seperti enggan pantai-pantai lainnya. Walaupun demikian, namun di pantai ini sudah terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai, diantaranya :

1. Bangku Permanen Dan Jogging Track

Jika Anda hanya sekedar mampir di pantai ini saja saat melakukan perjalanan atau malah memang menyempatkan untuk berlibur di pantai ini namun tidak membawa tikar pun tak apa. Dikarenakan, pantai ini sudah dilengkapi dengan terdapat beberapa bangung permanen yang bisa digunakan untuk duduk oleh pengunjung.

Sehingga, Anda pun bisa menikmati suasana dan keindahan pantai dengan berduduk-duduk santai di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa jogging track, sehingga pengunjung pun bisa melakukan olahraga dengan melakukan jogging di pinggir pantai ini.

2. Warung

Ketika berada di pantai Bletok ini pun, para pengunjung tidak perlu takut lapar dan haus dan kesusahan mencari pedagang makanan atau minuman. Meskipun kawasan pantai cukup kecil, namun pantai ini juga memiliki warung-warung yang menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung.

Oleh karena itu, Anda pun hanya perlu menyiapkan uang cash untuk bisa membeli minuman atau makanan yang berada di kawasan pantai ini. Bahkan tak hanya makanan dan minuman kemasan saja, di pantai ini pun Anda bisa mencicipi menu ikan bakar khas Situbondo lengkap dengan sambal dan lalapan yang begitu sedap dan segar.

3. Free Wifi

Fasilitas lain yang terdapat di pantai ini yaitu berupa adanya jaringan Wifi. Pengunjung bisa dengan mudah mengakses internet dengan menggunakan fasilitas wifi secara gratis. Dengan adanya jaringan wifi ini maka pengunjung akan lebih betah dan nyaman berada di area pantai.

4. Area Parkir

Tempat parkir kendaraan juga sudah tersedia di pantai ini. Namun, lahan parkir yang disediakan tidaklah begitu besar, mengingat kawasan pantai ini juga tidaklah terlalu luas. Jika pada saat ramai pengunjung, maka area parkir ini akan penuh.

Itulah informasi mengenai Pantai Bletok, sedikit tips jika Anda akan mengunjungi Pantai Bletok ini untuk membawa sunblock pelindung kulit ataupun topi ya. Dikarenakan pada saat siang hari dan cuaca cerah maka pantai ini begitu terik.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengabadikan momen Anda dengan melakukan hunting foto di pantai ini. Meskipun pantai ini tidak diperuntukkan untuk berenang, tetapi pantai ini merupakan objek wisata dengan pemandangan yang begitu cantik dan latar belakang yang begitu menawan.

Namun, jika Anda menginginkan berwisata di pantai dengan daya tarik wisata lainnya, Anda dapat mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di Situbondo ini, salah satunya yaitu Pantai Pasir Putih Situbondo yang jaraknya tidak begitu jauh.

15 Ulasan untuk Pantai Bletok, Situbondo, Jawa Timur

  1. Sudah banyak berubah dibanding 3 tahun lalu..mantap..

  2. skg udh bgus ad tulisannya dl blm ada

  3. Pantai yang indah. Yuk sama sama kita rawat dan kita jaga

  4. Pernah mampir ke Pantai Bletok pas perjalanan pulang ke Surabaya. Letaknya gampang diketahui karena ada tulisannya gede gitu. Trus ada taman-taman beserta bangkunya juga disana. Tempatnya bersih, tapi pantainya biasa banget sih. Nggak terlalu luas juga.. . Kalau mau foto-foto disini bisa. Trus kalo mau makan, disini setauku cuma ada jualan es (Pop Ice), sama makanan ringan aja. Sejauh mata memandang, gaada makanan berat.. . Trus kalo mau parkir juga ada juru parkirnya yang membantu. Parkir motor cuma 2000. Mobil mungkin 5000 aja.

  5. tempatnya nongkrong yang asyik untuk keluarga sembari menikmati pemandangan pantai, gunung dan sunset

  6. Bagus klo pagi, klo sore airnya surut jauh.. jd pmndgnya kurang sip

  7. Pantai seadanya dan bisa dibilang memaksa menjadi tempat wisata. Tp untuk penghilang stres atau penat berpegian jauh, lumayan. Dan untuk tempatnya sendiri menyajikan sunset dan berada bersampingan dengan bukit. Lumayan rekomendasi untuk orang-orang yang dapat bersyukur.

  8. Tempat bagus buat foto pantai baru jarang ada pengunjung juga

  9. Cocok buat istirahat.. Apalagi dimalam hari banyak kuliner tradisional bisa dibeli. Salah satunya nasi karak

  10. Pantai yang dulu hanya sebuah pantai biasa, tempat singgah perahu yang berlalu lalang. Kino disulap menjadi salah satu tempat bersantai bersama keluarga yang cukup menarik.

  11. Tempatnya lumayan asik nih buat foto-foto apalagi gratis tis… Tempatnya mudah dijangkau karena dipinggir jalan. Jadi mudah mencarinya.

  12. Panti di tepi jalan raya Situbondo – Besuki. . Lumayan sejenak melepas lelah dalam perjalanan. Lumayan tertata baik dengan panorama bagus khas Pantai Selat Madura. . Silahkan mengunjungi sambil istirahat dapam perjalanan.

  13. Tempat strategis di pinggir jalan. View bagus untuk kategori pantai tanpa karcis masuk. Sangat instagrammable di kala malam hari. Free Wi-Fi juga

  14. Saya sangat menyukai tempat ini dikala sore hari, selain tempatnya bersih suasananya jg tenang kendati tempat ini berada dipinggir jalan raya. Sunset dsini benar² memuaskan mata

  15. bagus itu tempatnya pinggir jalan dann baru datang kita di sambut dengan tulisan pantai bletok dan ada taman nya

Tinggalkan Balasan