Pantai Pasir Putih

Alamat: Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Salah satu kota yang ada di tanah Sumatera yaitu Kota Lampung yang dikenal dengan keripik pisang aneka rasa. Tak hanya itu saja, Lampung juga dikenal akan objek wisata Way Kambas yang selalu ramai dikunjungi. Tak berpuas diri sampai situ saja, Lampung melebarkan sayap di dunia pariwisata dengan mengembangkan objek wisata pantai.

Salah satu pantai yang terkenal di Kota Lampung adalah Pantai Pasir Putih yang berada di kawasan Lampung bagian selatan. Pantai ini menyajikan panorama yang menawan karena pasirnya yang putih nan lembut serta bersih. Pantai Pasir Putih berlokasi tepat di Ranggai Tri Tunggal, Katibung yang sebenarnya lebih dekat dengan Pulau Jawa.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pasir Putih

Bagi traveller harga tiket menjadi hal utama yang dipikirkan karena hal ini terkait dengan berapa dana yang harus dibawa. Bila Anda tertarik untuk datang ke Pantai Pasir Putih, siapkan biaya Rp 20.000 per orang untuk membayar tiket masuk. Tiket masuk akan lebih murah bila Anda datang secara rombongan memakai mobil atau bus pariwisata.

Tarif yang Anda bayar untuk tiket masuk sudah termasuk biaya untuk membayar parkir sehingga tak perlu melakukan pembayaran lagi. Tarif yang dipatok memang sedikit mahal dari tarif yang biasanya dipatok oleh objek wisata pantai lainnya. Namun, tarif yang Anda bayarkan akan sesuai dengan fasilitas dan juga pemandangan yang akan diperoleh.

Pemerintah Kota Lampung memang sedang gencar memajukan pariwisatanya khususnya objek wisata bahari seperti pantai, Pantai Pasir Putih ialah salah satunya. Fasilitas yang ada di pantai ini cukup memadai diantaranya toilet, kamar mandi, rumah makan dan persewaan alat-alat pantai. Alat pantai yang disewakan seperti alat snorkeling dan alat untuk berenang seperti pelampung dari karet.

Untuk menggunakan fasilitas tersebut, Anda diharuskan membayar sejumlah rupiah sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Menu yang ada di rumah makan hampir sama seperti menu di pantai-pantai lain contohnya menu ikan bakar dan ikan asap. Tak hanya menu makan besar saja, di pantai ini juga terdapat penjual makanan dan minuman ringan.

Rute Menuju Pantai Pasir Putih

Jarak Pantai Pusir Putih dari pusat kota Bandar Lampung yaitu 23 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Rute yang harus dilalui yaitu ikuti Jalan Pajajaran sejauh satu kilo meter lalu belok ke kanan menuju Jalan Urip Sumoharjo. Lanjutkan perjalanan Anda sejauh hampir tiga kilo meter lalu akan menjumpai suatu persimpangan jalan.

Setelah itu, pilihlah jalan yang belok kiri menuju Jalan Soekarno Hatta dan terus ikuti arus jalan hingga Jalan Trans Sumatra. Jalan ini cukup panjang, Anda akan melewati beberapa tempat seperti sebuah perusahaan semen, situs kuno, perusahaan makanan dan juga stasiun. Sepanjang jalan ini memang terdapat banyak sekali perusahaan-perusahaan besar dan juga sebuah PLTU.

Perjalanan Anda di Jalan Trans Sumatra akan menempuh jarak sejauh 18 kilo meter panjangnya, Anda hanya dianjurkan mengikuti jalan tersebut. Setelah 18 kilo meter jauhnya, Anda akan sampai di tujuan yaitu Pantai Pasir Putih yang berada di kanan jalan. Bayarlah tiket masuk dengan biaya tertentu lalu bayar biaya parkir kemudian Anda baru diizinkan masuk ke area pantai.

Bila Anda ingin ke Pantai Pasir Putih dari lokasi keberangkatan Teluk Betung, rute yang ditempuh yaitu ikuti Jalan Ikan Layur. Kemudian ikuti jalan menuju Jalan Ikan Pari dan Jalan Sultan Hasanudin serta Jalan W.R. Supratman. Lalu pilih jalan menuju arah Jalan Yos Sudarso, ikuti terus jalan itu sejauh enam kilo meter panjangnya.

Setelah itu belok ke kiri menuju Jalan Tik. Ambon yang kemudian belok ke kanan menuju Jalan Trans Sumatra. Jalan ini adalah jalan yang sama saat Anda melakukan perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Terus ikuti jalan sejauh sembilan kilo meter untuk sampai di Pantai Pasir Putih. Setelah sampai, lakukan hal yang sama yaitu membayar tiket masuk dan parkir terlebih dahulu.

Objek Wisata di Pantai Pasir Putih

1. Spot berenang

Objek wisata pertama yang ada di pantai ini yaitu sebagai spot berenang atau hanya sekedar bermain air. Ombak yang berada di Pantai Pasir Putih cukup tenang sehingga aman digunakan untuk berenang baik orang dewasa maupun anak kecil. Walau izin untuk berenang ada, jangan sampai lengah untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang sekitar.

2. Spot snorkeling

Seperti yang telah dijabarkan di paragraf di atas, di pantai ini tersedia warung yang menyewakan alat bermain air. Pantai Pasir Putih sangat cocok Anda kunjungi bila Anda memiliki hobi bermain snorkeling, namun malas membawa alatnya sendiri. Alat-alat yang disewakan tentunya tidak akan menguras kocek Anda terlalu dalam karena harganya relatif murah.

3. Spot surfing

Objek wisata ketiga yaitu pantai ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk bermain surfing walau ombak yang ada tenang. Para pengunjung yang datang terlihat kerap melakukan aktivitas selancar dan tetap enjoy dengan ombak yang tidak tinggi. Karena ombaknya yang tenang, pantai ini cocok digunakan untuk para pemula yang ingin belajar berselancar.

4. Kano

Objek wisata yang ke empat yaitu adanya kano yang disewakan dan dapat digunakan oleh semua pengunjung yang datang. Anda dapat berkeliling di lingkungan sekitar pantai dengan membayar biaya tertentu yang pastinya tidak mahal. Kano biasa disewakan dengan biaya Rp 20.000 per orang dan dapat pula disewa secara rombongan atau kolektif. Bila Anda tertarik untuk menyewa kano, jangan lupa membawa alat seperti kamera untuk mengabadikan momen yang ada. Dengan kano Anda akan diajak berkeliling menikmati indahnya panorama pantai di Lampung Selatan ini. Tak ada salahnya berfoto di beberapa titik yang memiliki background menarik yaitu birunya air laut yang berpadu dengan cerahnya langit.

5. Wisata kuliner

Wisata kuliner menjadi salah satu objek wisata yang paling dicari oleh para wisatawan setelah mereka lelah beraktivitas. Di Pantai Pasir Putih Anda dapat menikmati aneka kuliner yang siap memanjakan lidah. Menu yang disajikan sebagian besar terkait dengan hewan-hewan laut dengan menu utama ikan, harga yang harus dibayar pun tidak mahal.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pasir Putih

  1. Pasirnya putih lembut, dgn pemandangan laut yg eksotik. Cocok buat istirahat sejenak buat yg lelah berkendara, krn lokasi pas di pinggir jalan raya

    15 Juni 2018, 08:57 WIB

  2. Destinasi wisata yg asik untuk keluarga serta menyuguhkan pemandangan yg indah…..air pantai juga jernih, pasir putihnya bersih lembut….mungkin dr segi perawatan perlu ditingkatkan di sekitar pantai agar lbh bersih dan tertata, pengunjung pun akan merasa nyaman dibuatnya…..tp overall recommended utk yg menghabiskan waktu liburan

    17 Juni 2018, 20:22 WIB

  3. Tempat wisata strategis dekat jalan lintas dan namanya sangat terkenal bukan hanya di pulau sumatera tetapi sampai kepulau seberang tetapi pengelolaan masih kurang pantai masih bnyak karang berbahaya untuk anak-anak,pulau condong termasuk pulau yg bisa berpotensi tetapi harus dibenahi baik fasilitas maupun keamanannya.

    21 Juni 2018, 07:21 WIB

  4. Ini pantai paling sering di kunjungi.. akses nya dekat dengan jalan besar ( jalan Lintas Sumatera ) tempat ini aman karena di jaga TNI.. dari saat saya TK.. SD.. maupun Sekarang beberapa kali sudah kesana.. sewa kapal & wahana juga terjangkau.. makanan juga terjangkau.. tiket masuk juga terjangkau.. apalagi saat nyebrang ke monkey island.. nuansa sangat indah.. tetapi saat di monkey island harap hati2 karna banyak ikan karang beracun menurut penduduk lokal.. di dekat pantai ada beberapa penginapan seperti homestay.. jadi untuk wisatawan dari luar kota tidak usah khawatir akan menginap..

    24 Juni 2018, 08:03 WIB

  5. Pasir pantai bagus. Jarak dari pusat kota tidak terlalu jauh. Disekitarnya masih banyak pantai lain yg bisa dikunjungi. Fasilitas untuk bilas sebaiknya ada yang terbuka dan gratis

    24 Juni 2018, 23:50 WIB

  6. Hati2 kalau tidak pakai sepatu karet dan berjalan agak ke tengah karena karangnya tajam-tajam dan banyak bulu babi. Kena tusuk bisa demam. pengalaman pribadi soalnya. hehe. Tetapi duduk di tepi pantai dengan sewa tikar rasanya nyaman sekali. Pikiran jadi rileks sambil memandangi pulau kecil di seberang sana.

    7 September 2018, 22:15 WIB

  7. Wisata pantai yang indah di Camp Pasir Putih milik Korem 043 Garuda Hitam, lokasi sangat strategis, berada di pinggir jalan raya Bakauheni-Bandar Lampung, Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

    16 September 2018, 12:52 WIB

  8. Karena tempat ini legend bisa dibilang begitu karena pantai ini sangat terkenal di seluruh indonesia..siapa yg tdk tau dengan pasir putih lampung

    19 September 2018, 01:24 WIB

  9. Wisata pasir putih dan pulau pahawang begitu menawan. Selama disini kami dimanjakan pemandangan yang menyejukan mata. Dengan harga yang terjangkau, kuliner laut yang murah meriah, dan penduduk lokal yang begitu ramah membuat segala sesuatunya magnificient! Sarannya bila kesini jangan lupa pakai spf untuk melindungi kulit. Oyaa jangan lupa coba banana boat juga karena asyik banget!

    15 Maret 2019, 23:06 WIB

  10. Tempatnya enak….. Pantai nya bersih….. Tapi menantang keberanian karna agak mistis….. Beberapa minggu yang lalu sy n klurga ke pulau condong….. . Banyak makhluk halus tapi bagi yg bisa melihat 😁😁. Tapi ya tidak mengganggu….. Asal jangan sembarangan aja ya kalo main ke pulau condong…… Slalu baca ayat2 suci al-qur’an biar gk merasa takut

    28 Maret 2019, 07:32 WIB

  11. Bagus kok pantainya, lumayan bersih datang pagi pagi. Pas datang ke sana pas lagi sepi dan bersih jadi berasa milik sendiri wkwk. Airnya pasang, tapi pas banget enak buat berenang. Orangnya di sana baik baik banget. Bisa sewa ban renang dan kano dengan harga terjangkau. Saran aku sih datang pas lagi air pasang dari pada pas surut. Kalau surut katanya banyak bulu babi dan jauh sampai ke tengah. Ada sewa kapal ke pulau sebrang untuk snorkeling juga, cuma kmrn ga coba krn sepi, lumayan harganya kalo sewa kapal sendirian

    17 April 2019, 16:11 WIB

  12. Pantainya bersih &View-nya bagus. View pulau karang & gunung Rajabasa. Kekurangan nya, adalah: adanya bangunan – bangunan pelabuhan di kiri-kanannya

    21 April 2019, 13:11 WIB

  13. Alhamdulillah pas sampai sini diwaktu yg tepat karna Pemandangan sansetnya mantul banget…. ……………………………………………………………………… …………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………… …………………………………………………………………….

    4 Mei 2019, 19:21 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pasir Putih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *