Pantai Sari Ringgung

Alamat: Jl. Way Ratai KM.14 Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35141, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pemerintah Kota Lampung nampaknya kini sedang gencar mengembangkan potensi yang ada terutama objek wisata hari seperti objek wisata Pantai. Salah satu Pantai baru yang hadir di Lampung yaitu Pantai Sari Ringgung, Pantai ini mulai ramai dikunjungi pengunjung. Bukti keseriusan pemkot Lampung untuk mengembangkan Pantai ini direalisasikan dengan memasang baliho raksasa di jalan utama pusat kota. Pantai Sari Ringgung terletak di Jalan Way Ratay Km 14 tepatnya di Desa Sidodadi, Teluk Pandan dan Kabupaten Pesawaran. Pantai ini masih sejalur dengan salah satu Pantai terkenal lainnya yang ada di Kota Lampung yaitu Dewi Mendapa. Pantai ini mungkin sama dengan Pantai-Pantai pada umumnya, namun keunikan yang dimiliki Pantai Sari Ringgung memang menarik perhatian pengunjung.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sari Ringgung

Pantai yang resmi dibuka pada tahun 2014 setelah mengalami renovasi dan beberapa pengembangan ini mengenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000. Harga tiket dapat berubah kapan pun karena tarif ditentukan oleh hari dimana pengunjung, hari biasa atau pada hari libur. Bila Anda datang di masa liburan, tarif yang dipatok akan lebih mahal karena pengunjung yang datang ramai. Selain tiket masuk, Anda juga dikenakan biaya parkir sesuai kendaraan yang dibawa, motor atau mobil atau mungkin datang memakai bus. Biaya parkir yaitu Rp 5000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil serta untuk bus dikenakan biaya yang lebih mahal. Pantai ini buka mulai pukul 06.00 hingga pukul lima sore sehingga Anda dapat berlama-lama menikmati keindahannya. Terkait akses jalan menuju Pantai tak ada yang perlu dikhawatirkan karena jalan sudah baik dengan aspal dan tidak membahayakan. Fasilitas yang disediakan disini juga memadai seperti ada kamar mandi dengan jumlah yang mencukupi dan terdapat warung penjual makanan minuman. Tak hanya itu saja, di Pantai Sari Ringgung terdapat persewaan alat-alat snorkeling dengan harga yang terjangkau.

Rute Menuju Pantai Sari Ringgung

Jarak yang harus ditempuh menuju Pantai Sari Ringgung dari kota Bandar Lampung yaitu 25 kilo meter dengan waktu satu jam. Perjalanan yang Anda tempuh dapat lebih lambat atau lebih cepat sesuai kondisi jalanan saat Anda pergi dan juga kecepatan kendaraan. Rute yang harus dilalui yaitu ikuti arus Jalan Pajajaran dan Jalan Hanoman. Lalu belok ke arah kiri menuju Jalan Teuku Umar kemudian akan menemukan jalan dengan dua pilihan, pilih jalan ke kanan. Saat itu Anda telah berada di Jalan Raden Intan dan terus lanjutkan perjalanan di jalan tersebut. Setelah melakukan perjalanan di Jalan Raden Intan selama kurang lebih 1,5 kilo meter, belok ke kanan menuju Jalan Ahmad Yani. Tanda-tandanya yaitu di tengah jalan berdiri sebuah Tugu Adipura, lalu lanjutkan perjalanan di Jalan Ahmad Yani sekitar 700 meter. Kemudian akan kembali menemukan dua pilihan jalan dan pilih jalan kiri, lalu berbelok ke kiri menuju Jalan Wolter Monginsidi. Sekitar dua kilo meter setelah itu, belok ke arah kanan menuju Jalan Basuki Rahmat. Kemudian berbelok ke arah kanan menuju Jalan P. Emir Moh. Noer, lalu belok ke kiri menuju Jalan Sumur Putri. Setelah itu belok ke arah kiri ke Jalan Saleh Raja Kusuma Yudha, lanjutkan perjalanan menuju Jalan R.E. Martadinata. Lanjutkan perjalanan dengan jarak sekitar sebelas kilo meter yang melalui Jalan R.E. Martadinata dan Jalan Raya Way Ratay. Dari situ, Anda sudah dekat dengan lokasi Pantai hanya berjarak sekitar dua kilo meter dari Jalan Raya Way Ratay. Ikuti petunjuk jalan yang ada untuk sampai di Pantai Sari Ringgung, lalu bayar tiket masuk dan tiket parkir. Setelah itu, Anda dipastikan telah resmi masuk ke kawasan Pantai dan menginjakkan kaki di Pantai berpasir putih dengan air yang bening ini.

Objek Wisata di Pantai Sari Ringgung

1. Masjid Terapung

Objek wisata pertama yang ada di Pantai ini yaitu masjid terapung yang memiliki nama Masjid Al Aminah. Masjid ini resmi dijadikan objek wisata religi oleh Pemkot Lampung pada tahun 2015 silam dan ramai dikunjungi. Keunikan yang ada yaitu masjid ini dibangun dengan kayu yang sederhana dan dikelilingi tambak ikan para nelayan.

2. Pasir Timbul

Objek wisata pasir timbul mungkin objek yang paling banyak dicari karena hal ini mirip dengan pasir yang ada di Maldives. Pasir ini alami dari laut dan tidak dibuat-buat oleh warga atau pun petugas yang ada di Pantai Sari Ringgung. Untuk menuju objek wisata ini, Anda harus memakai perahu yang disewakan oleh petugas denganbiaya tertentu.

3. Spot Snorkeling

Bila datang ke Pantai, salah satu hal yang ingin dilakukan wisatawan yaitu snorkeling, namun terkadang malas membawa alat-alatnya secara pribadi. Untuk itu, datang ke Pantai ini menjadi solusi terbaik karena dapat melakukan snorkeling dengan alat yang disewakan. Anda dapat menikmati indahnya pesona bawah laut di Pantai Sari Ringgung dengan biaya yang terjangkau.

4. Spot Berenang dan Bermain Anak

Bila Anda datang dengan keluarga khususnya membawa sang buah hati ajaklah mereka ke objek wisata kedua. Di pasir timbul, semua pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti berenang dan sekedar bermain air. Tak hanya itu saja, disediakan pula arena bermain anak seperti perosotan dan lainnya di area sekitar pantai agar anak nyaman.

5. Pondok dan Gazebo

Di Pantai Sari Ringgung disediakan sebuah gazebo dan pondok yang dihiasi payung dan kursi Pantai dengan sistem sewa. Anda dapat menyewa tempat ini untuk bersantai sembari menikmati pemandangan Pantai dan sejuknya angin yang menghampiri. Gazebo ini sangat cocok untuk Anda yang datang secara rombongan agar biaya sewa per orang lebih murah.

 

 

 

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sari Ringgung

  1. Pantai nya bagus banget, bersih, banyak wahana bermain untuk anak-anak, bagi yang muslim juga bisa sholat di masjid yang ada ditengah laut, ada pasir timbul nya juga, terus bisa naik ke atas bukit lewat tangga yang tersedia, nah pemandangan dari atas juga bagus banget, bisa liat sunset dengan puas, liat keseluruhan pantai nya.. Dan pemandangan lainnya, pokok nya gak bakal nyesel deh kalo ke sari ringgung

    14 Maret 2018, 00:30 WIB

  2. Tempatnya bagus, Fasilitas lengkap,, bnyk kamar mandinya, tmpt makan, sm souvernir, cuma disana ga ada tempat berteduh selain saung2.. jadi mesti sewa saung.. bisa sih duduk di sampingnya.. cuma g enak sm yang jaga.. hehe. . Arena tempat seluncuran nya mohon di perhatikan lagi.. karena sudah mulai keropos.. karena khawatir pengunjung bisa terluka.. ini saran ya.. bukan menjelek-jelekkan.. ✌

    29 April 2018, 05:07 WIB

  3. Great view for someone need a vitamin sea. Kalo mau foto2 bagus, datangnya pagi2 karena blm terlalu ramai. Pantainya masih bersih, dan ada gubuk2 peristirahatan (berbayar).

    4 Mei 2018, 19:46 WIB

  4. Pantai yang luas, bersih, banyak fasilitas yang sangat lengkap disini mulai dari pondokan, tempat bilas/kamar mandi, wahana bermain anak, lapangan terbuka, hingga wahana bermain di air, serta dengan tambahan tempat yang memiliki view gunung Krakatau dengan nama “Krakatau View”, untuk naik kesana diperlukan sedikit usaha menaiki banyak anak tangga hingga bisa sampai diatas bukit dan menyaksikan indahnya pemandangan ciptaan tuhan dari atas bukit. Dengan akses yang mudah pantai ini sangat ramai diminati baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar Lampung.

    14 Mei 2018, 09:02 WIB

  5. View nya luar biasa

    24 Juni 2018, 18:02 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sari Ringgung

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *