Pantai Tapak Kera

Alamat: Merak Belantung, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551, Indonesia

(4.1/5) Baca ulasan

Lampung merupakan salah satu kota yang banyak menyimpan pesona keindahan alam. Masih banyak obyek wisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara warga setempat dengan pemerintah.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah beberapa pantai terletak jauh dari kota dengan akses jalan yang kurang mendukung. Contohnya adalah jalannya sempit, kurang bagus dan masih terpencil seperti Pantai Tapak Kera. Meski membutuhkan perjalanan yang panjang namun semua itu terbayar setelah Anda menikmati panorama alam yang eksotis dari Pantai Tapak Kera.  

Harga Tiket Masuk di Pantai Tapak Kera

Untuk menikmati keindahan alam di sekitar pantai tersebut maka Anda hanya membayar uang retribusi sejumlah Rp 20.000,00.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera terletak di Dusun Kenjaru, Desa Merak Belatung, Lampung Selatan. Lokasi tersebut dapat ditempuh selama dua jam dari Kota Bandar Lampung. Selain itu, untuk pergi ke Pantai Tapak Kera dibutuhkan hiking sekitar 30 menit sebelum Anda dapat menikmati panorama yang sangat indah di pantai tersebut.

Obyek Wisata di Pantai Tapak Kera

Berikut ini merupakan beberapa obyek wisata yang terdapat di sekitar area Pantai Tapak Kera:

1. Asal usul Pantai Tapak Kera

Awal mulanya pantai Tapak Kera ini disebut warga sebagai Penapa Kekha. Dalam bahasa indonesia arti dari nama tersebut adalah kera yang bertapa. Dulu konon di pantai tersebut banyak hidup kera.

Saat air laut surut kera – kera berjemur di pinggir pantai sembari mencari makan dan bermain. Namun, kini kera – kera itu sudah tak dapat ditemukan lagi di Pulau Karang, yaitu berada di seberang pantai.

2. Cerita Mitos tentang Pantai Tapak Kera

Warga di sekitar pantai memiliki kepercayaan bahwa ada siluman buaya yang tinggal di daerah tersebut. Sebagai simbolnya terdapat batu karang yang mirip dengan buaya. Warga setempat menganjurkan agar para wisatawan selalu berhati – hati baik sikap maupun ucapan saat berkunjung di Pantai Tapak Kera.

3. Keindahan Panorama Alam yang Natural

Pantai Tapak Kera masih sangat natural karena kondisi di pantai tersebut masih asli  sehingga dapat dijumpai air laut yang berwarna jernih, banyak pepohonan berjajar di sekitar pantai. Selain itu, anda juga dapat melihat batu karang yang besar dan menarik menyambut kedatangan Anda.  

4. Struktur Batu Karang yang Eksotis

Batu karang yang berada di tepi pantai terukir indah layaknya seolah – olah diukir oleh manusia. Namun, pada kenyataannya keindahan itu terbentuk secara alami. Sungguh kita harus selalu bersyukur atas ciptaan Tuhan yang luar biasa dan tidak dapat dibuat oleh manusia.

5. Menikmati Berenang saat Air Laut Surut

Saat air laut surut maka anda dapat menikmati kolam renang untuk berendam saja atau untuk berenang. Untuk keamanan maka Anda dianjurkan untuk tidak berenang saat air laut pasang.

6. Hiking di Tepi Pantai

Bagi Anda para pecinta hiking dapat mencoba menelusuri bebatuan di pantai ini yang sangat curam. Tentu hal ini menjadi tantangan yang menarik saat berhasil menelusuri batuan di pantai tersebut.

7. Obyek yang Menarik untuk Berfoto

Hal wajib yang harus selalu dibawa saat Anda berwisata adalah kamera. Kamera sangat berguna untuk mengabadikan momen penting di berbagai spot di Pantai Tapak Kera.

8. Pantai Berpasir Putih

Di Pantai Tapak Kera ini memiliki pasair putih. Pasir itu sangat bersih, ditambah lagi angin sepoi – sepoi yang turut bersemilir serta ombak yang datang silih berganti menjadikan pemandangan di pantai ini semakin indah dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga atau teman.

9. Melihat Sunset di Pantai Tapak Kera

Anda pun dapat menikmati indahnya matahari terbenam atau yang sering dikenal sebagai sunset di sore hari. Hal ini tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Pantai Tapak Kera karena melihat sunset di pantai tentu Anda tidak dapat menikmati momen spesial ini setiap hari.

Nah, itulah beberapa obyek yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Tapak Kera. Meski membutuhkan usaha yang ekstra untuk mengakses pantai tersebut namun semua itu telah terbayarkan dengan pesona keindahan alami dari Pantai Tapak Kera.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Tapak Kera

  1. Kondisi jalan ngga bagus dan blm di garap. Jauh dan mobil tidak bisa masuk,, perjalanan masuk masih hutan serem klo dah sore

    25 Juni 2018, 21:43 WIB

  2. Destinasi bagus cuma klo musim hujan dari areal parkir menuju pantai jln nya msh byk kumbangan tanah merah

    3 Juli 2018, 06:55 WIB

  3. Gak bakall nyesel klo ksini mahh yahhh wlopun hrus tracking dulu bbrp menit buat kepantainyaa tp seru bgt apalg sm tmen2 apa kluarga gak akn nyesel wlopun perjalan kesna btuh 5 jam dr metro🤣krna bru prtma kali kesna dn kita lewt dlm😂

    11 Juli 2018, 02:18 WIB

  4. Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai dan bingung memilih pantai mana yang cocok pantai tapak kera adalah pantai yang cocok untuk anda berlibur bersama keluarga ataupun bersama teman-teman ataupun gebetan nah di pantai ini juga ada banyak pohon mangrove dan pacarnya juga masih putih Nah jangan tunggu lama-lama Silakan anda berlibur di sini daripada ada di rumah sendirian

    25 Juli 2018, 22:57 WIB

  5. saya memang suka sama yg namanya pantai dan pantai ini… wow…. jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, dari jalan utama menuju parkir sekitar 10 menit. dan dari parkiran menuju pantainya… harus jalan kaki sekitar 10 menit juga,. sebenernya pantainya enggak terlalu luas, tapi pemandangannya dan batu batu alamnya wow enggak diragukan lgi… keren lah pokoknya, amazing… amazing dan amazing

    10 Agustus 2018, 20:24 WIB

  6. Tempatnya bagus pakrir motor 1 motor 10rb untuk uang kebersihan kami bayar 20rb tdi, ada plang tertera di laraang berenang tanpa terkecuali kurang jelas mungkin tidak di perbolehkan untuk berenang,, tadi pas kami di sana suasana lagi panas dan ombaknyanya lumayan besar,, untuk t4 ada ambenya bisa buat duduk santai bersama2 ada 2 ayunanya juga hanya t4 parkir dengan pantai jaraknya cukup jauh sampai berkeringat kami berjlan menyusuri hutan karna mau ke pantainya,,, td petugas kamr mandi juga tidak ada jadi tidak bisa ke kamar mandi 1lagi bagi yg beragama muslim jika sudah memasuki wakti sholat mending jangan masuk dulu karna di t4 ini tidak menyediakan musholah kami saja harus nunggu pulang dan di pedesaan/pintu keluar /masuknya baru ada musholah di situ smoga kedepan bisa lebih indah dan lebih bersih

    25 Agustus 2018, 06:10 WIB

  7. Suasana sejuk.. Tapi gak bisa berenang karna ombak terlalu gede dan banyak bebatuan

    29 September 2018, 23:08 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Tapak Kera

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *