Pantai Wartawan

Alamat: Way Muli, Rajabasa, Waymuli, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35552, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai Wartawan merupakan salah satu pantai yang terletak di Lampung. Nama dari pantai tersebut diambil dari nama profesi warga lokal yang mengelola pantai tersebut, yaitu sebagai wartawan.  Saat berkunjung ke pantai ini sangat menyenangkan karena harga tiketnya murah dan terjangkau, obyek wisatanya menarik dan pantai tersebut mudah diakses menggunakan kendaraan.

Pantai Wartawan sangat terkenal dengan adanya sumber air panas yang multifungsi. Selain anda menikmati pemandangan alam yang sangat menarik, Anda juga dapat menikmati sensasi memasak menggunakan air panas di tepi pantai. Anda dapat menikmatinya saat surut.

Harga Tiket Masuk di Pantai Wartawan

Harga tiket masuk menuju Pantai Wartawan ini adalah sebanyak Rp 2.500,00 per orang. Hal ini belum termasuk parkir. Parkir untuk sepeda motor Rp 2.000,00 sedangkan untuk mobil Rp 5.000,00. Pantai ini dibuka mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 sehingga Anda dapat puas dalam menikmati panorama indah di Pantai Wartawan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wartawan

Pantai Wartawan sangatlah mudah untuk diakses. Pantai tersebut terletak di Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Rute perjalanannya juga cukup bagus karena melewati jalan raya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Pantai tersebut tak jauh dari pelabuhan Bakauheni, yaitu berjarak 31 km. Sedangkan dari pusat Kota Kalianda berjarak 18 km.

Obyek Wisata di Pantai Wartawan

Berikut ini adalah beberapa obyek yang viewnya bagus di Pantai Wartawan:

1. Sumber Air Panas Pantai Wartawan

Sumber air panas di sekitar pantai berasal dari Gunung Anak Krakatau yang mana gunung tersebut masih aktif. Air panas tersebut dapat Anda lihat saat surut, yaitu di pagi atau sore hari. Saat air laut pasang maka sumber air panas tidak terlihat, hal ini dikarenakan sumber air panas tertutup dengan permukaan air laut.

Suhu dari air panas yang muncul di tepi Pantai Wartawan mencapai 80 derajat celcius, sehingga Anda dapat memasak di sekitar pantai. Anda dapat melakukannya saat air laut surut. Pantai ini memang lain dari pada yang lainnya. Banyak hal – hal menarik yang dapat Anda jumpai di pantai tersebut.

2. Manfaat Air Panas

Hal menarik yang dapat Anda jumpai di pantai tersebut antara lain adalah air panas yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk merebus telur, ikan, udang, menyedu kopi dan lain – lain. Selain itu, air panas tersebut juga dipercaya dapat mengobati penyakit seperti rematik, gatal – gatal dan lain – lain.

3. Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Wartawan

Jika Anda berkunjung di saat para nelayan pulang dari melaut, Anda juga dapat ikut memasak hasil tangkapan mereka menggunakan air panas yang ada di tepi pantai. Oleh karena itu, liburan di pantai adalah menjadi salah satu hal wajib yang Anda lakukan sembari mengisi waktu luang Anda bersama keluarga.

4. Hal – hal yang Perlu Disiapkan Saat Anda akan Mengunjungi Pantai Wartawan

Berwisata adalah salah satu momen yang menyenangkan. Anda dapat melepas penat seketika. Namun, ada beberapa hal yang harus dan wajib Anda bawa saat berkunjung ke obyek wisata, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sangat disayangkan jika kita pergi berwisata tanpa kamera. Hal ini dikarenakan dengan adanya kamera Anda dapat mengabadikan momen – momen penting sebagai kenang – kenangan. Apalagi Pantai Wartawan ini banyak terdapat spot yang bagus untuk difoto sehingga sangat disayangkan jika terlewat begitu saja.
  • Kotak P3K. Bermain ke pantai sangat disayangkan jika tidak bermain air. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membawa peralatan kesehatan dan obat – obatan untuk mengantisipasi saat diperjalanan ada yang sakit. Selain itu, ada baiknya jika Anda membawa peralatan seperti tisu, sabun, sampo, baju ganti dan lain – lain.
  • Anda dapat membawa bahan makanan yang simpel dan sederhana seperti telur jika Anda ingin merasakan masak menggunakan air panas di pantai tersebut. Hal ini sangat menari, meskipun berada di pantai namun air panas tidak terasa asin.

5. Fasilitas yang Disediakan di Area Pantai Wartawan

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda jumpai di sekitar pantai, antara lain adalah mushola, kamar mandi, tempat parkir yang sangat luas, tempat penginapan dan lain – lain.

6. Hotel atau Penginapan

Anda jangan khawatir terhadap harga hotel atau penginapannya, karena harga penginapan di sekitar pantai ini masih terjangkau. Di sana juga terdapat tempat makan yang sekaligus Anda dapat melihat pemandangan alam yang indah.

7. Tempat yang Bagus untuk Berlibur dengan Keluarga.

Saat libur telah tiba, pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan pantai tersebut sangat indah. View nya yang bagus sangat cocok bagi Anda yang suka fotografi. Pastikan Anda membawa kamera yang hasil gambarnya bagus agar dapat mengabadikan momen spesial Anda bersama keluarga.

8. Membuat Video Vlog

Anda juga dapat mendokumentasikan perjalanan Anda saat berwisata ke Pantai Wartawan melalui sebuah video vlog. Anda dapat mengoleksi banyak gambar dan rekaman video untuk disusun dan di edit menjadi video vlog wisata dan membaginya di akun sosial media Anda sehingga dapat menginspirasi orang lain.

Nah, itulah beberapa obyek wisata yang dapat Anda lihat saat Anda berkunjung ke daerah wisata di Pantai Wartawan. Sebelum Anda meninggalkan tempat tersebut, sialhkan di cek kembali barang bawaan Anda dan jangan lupa untuk mengabadikan momen – momen terindah dengan background pemandangan alam dan pantai yang sangat bagus.

22 Ulasan dari Pengunjung Pantai Wartawan

  1. Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yg indah dengan pasir yg bersih,nilai lebih pantai ini terletak pada sumber air panas yg berada di pantainya,bila air laut sedang surut,anda akan menemukan beberapa sumber air panas alami yg suhu nya mencapai 100°C

    4 Juni 2018, 04:49 WIB

  2. Lokasi jauh buanget, biaya masuk mahal kalo buat kualitas tempay yang gak kerawat, kotor, dan gak ramah anak karena curam pantainya. Bibir pantai sedikit. Mendingan anyer (di banten) atau ancol (di jakarta). Udah kerawat, harga tiket masuk sama, bisa buat jalan jalan sama keluarga ataupun pasangan. Gak recommended banget deh. Nyesel banget udah jauh jauh kesini 😒

    9 Juni 2018, 20:59 WIB

  3. tempanya lumayan enak dan nyaman, mungkin kalau lebih baik lagi dalam perawatan dan dikelola lagi dengan baik, bisa jadi tujuan wisata favorite ni

    3 Juli 2018, 18:17 WIB

  4. Tempat yg cocok buat berlibur dgn keluarga terutama pantainya yg ramah dn nyaman pemandangan yg indah. Sejuk bisa mancing berenang panjat tebing atau mendaki gunung.ada air panas.nya bisa buat rebus rebus. Pantai wartawan gunung botak sungguh elok..

    10 Juli 2018, 11:02 WIB

  5. Bersih loh,kalo lagi disekitaran kalianda coba mampir,gak jauh kok sekitar 30 menitan doang pake mobil,

    19 Juli 2018, 10:43 WIB

  6. Pantai yang bagus.. Nyaman dan indah pemandanganya rindang pula pepohonannya jadi sejuk sangattt…. Matap….

    10 September 2018, 04:04 WIB

  7. Pantai indah….. Private beach…. Area indah, teduh dan view pemandangan yang menakjubkan.. Langsung bisa melihat Gunung Krakatau…. Pantau yang Memiliki kelebihan… 1. Sumber Air panas dimulut pantai yang super panas… 2. Sumber Air Jernih dari sumur disamping tempat bilas. 3. Cocok bagi anda yang suka selfi. 4. Ziarah makam waliyullah…. . Recommend buat anda yg sedang berlibur ke Lampung…. Jalan menuju tempt nya baik dan beraspal..

    24 September 2018, 16:12 WIB

  8. Nama pantai yang satu ini tergolong unik, mengingatkan kita pada satu profesi yang berhubungan dengan berita. Namanya Pantai Wartawan, pantai yang berada di kawasan Way Muli, Pesisir Selatan Rajabasa.. . Nama wartawan yang disandangkan pada pantai ini konon berhubungan dengan pengelola pantai yang dahulu dikelola oleh warga lokal yang berprofesi sebagai wartawan. Pantai yang berada di area sempit antara Jalan Lingkar Gunung Rajabasa, lereng gunung, dan laut ini menyajikan pemandangan hamparan pantai yang sangat indah lengkap dengan air biru dan panorama pulau-pulau yang ada disekitarnya.. . Selain memiliki nama yang unik, pantai ini juga memiliki karakteristik unik yang terletak pada sumber air panas yang bercampur dengan air laut. Sumber air panas yang berada di pantai ini memiliki suhu 80 derajat celsius yang uniknya tidak memiliki rasa yang asin meskipun tercampur dengan air laut.. . Sumber air panas di pantai ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, seperti reumatik dan penyakit kulit. Untuk pengunjung yang ingin menikmati sumber air panas ini diharapkan tetap jaga jarak dengan sumber air panas ini, karena sangat berbahaya jika terpeleset masuk didalamnya.. . Selain menikmati air panas, di pantai ini pengunjung juga disajikan dengan pemandangan birunya air laut dan pepohonan di sekeliling pantai. Jika langit cerah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Anak Gunung Krakatau di tengah laut.

    18 Oktober 2018, 06:57 WIB

  9. I came to this beach on February 2018. Waktu itu bukan musim liburan jadi jebetulan pantainya sepi. Cuacanya panas, jadi air lautnya bagus banget. Biruu bagus diliatnya. Pantainya emang pas dipinggir jalan gitu aja ga ada pintu masuk nya, bebas. Masuk kesitu ga bayar, cuma kasih uang sukarela aja buat numpang parkir mobil di rumah warga. Suasananya sejuk banget. Pasir nya bener bener alus. Pantainya juga bersih. Kalo cuma buat foto foto nikmatib pemandangan sama angin pantai disini udah pas banget.

    8 November 2018, 23:53 WIB

  10. Pantai wartawan sekarang banyak pengembang an dan perubahan yg amat drastis. Saya bangga tinggal di sekitar pesisir Lampung Selatan banyak pantai yg indah dan tentram

    30 November 2018, 06:18 WIB

  11. sekedar singgah melepas lelah sebelum lanjut gowes ke kalianda

    3 Desember 2018, 19:15 WIB

  12. Tempat paling lengkap semua ada. Pantai, gunung, Air panas, pasir putih, pasir hitam, kolam renang, batu lapis, cafe, Goa, wisata rohani, sumur bidadari, hotel, dll. . . Sangat refresrntatif…

    23 Maret 2019, 00:32 WIB

  13. Pantai Wartawan merupakan salah satu pantai yang terletak di Lampung. Nama dari pantai tersebut diambil dari nama profesi warga lokal yang mengelola pantai tersebut, yaitu sebagai wartawan. Saat berkunjung ke pantai ini sangat menyenangkan karena harga tiketnya murah dan terjangkau, obyek wisatanya menarik dan pantai tersebut mudah diakses menggunakan kendaraan.. . Pantai Wartawan sangat terkenal dengan adanya sumber air panas yang multifungsi. Selain anda menikmati pemandangan alam yang sangat menarik, Anda juga dapat menikmati sensasi memasak menggunakan air panas di tepi pantai. Anda dapat menikmatinya saat surut.. Pantai Wartawan sangatlah mudah untuk diakses. Pantai tersebut terletak di Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.. . Rute perjalanannya juga cukup bagus karena melewati jalan raya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Pantai tersebut tak jauh dari pelabuhan Bakauheni, yaitu berjarak 31 km. Sedangkan dari pusat Kota Kalianda berjarak 18 km.

    24 Maret 2019, 16:37 WIB

  14. Pantai Wartawan merupakan salah satu pantai yang terletak di Lampung. Nama dari pantai tersebut diambil dari nama profesi warga lokal yang mengelola pantai tersebut, yaitu sebagai wartawan. Saat berkunjung ke pantai ini sangat menyenangkan karena harga tiketnya murah dan terjangkau, obyek wisatanya menarik dan pantai tersebut mudah diakses menggunakan kendaraan.. . Pantai Wartawan sangat terkenal dengan adanya sumber air panas yang multifungsi. Selain anda menikmati pemandangan alam yang sangat menarik, Anda juga dapat menikmati sensasi memasak menggunakan air panas di tepi pantai. Anda dapat menikmatinya saat surut.. Pantai Wartawan sangatlah mudah untuk diakses. Pantai tersebut terletak di Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.. . Rute perjalanannya juga cukup bagus karena melewati jalan raya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Pantai tersebut tak jauh dari pelabuhan Bakauheni, yaitu berjarak 31 km. Sedangkan dari pusat Kota Kalianda berjarak 18 km.

    24 Maret 2019, 16:37 WIB

  15. Kalau dulu 3 bln yg lalu air jernih,brsih dan bnyak bebatuan

    26 Maret 2019, 05:49 WIB

  16. Kalosebelum tsunami kmren keren tp gk tau skrng apa sdh baik apa lom

    12 April 2019, 20:06 WIB

  17. Bagus ada tempat parkirnya juga pantai itu cocok untuk foto selfi

    6 Juni 2019, 17:52 WIB

  18. Banyak pantai yg lbh bagus berdekatan dgn tempat ini, gratis pula.

    7 Juni 2019, 18:49 WIB

  19. Deket air panas itu Kalo kita nyebut ya Teri. Asik buat mandi pasir ya bagus sblm diterjang tsunami

    18 Juni 2019, 02:00 WIB

  20. Salah satu pantai yg ingin kita tuju dikalianda karena katanya menawarkan keunikan yaitu air panas alami yg keluar didekat pantai tersebut. Sayangnya, kata penjaga pantai akibat tsunami selat Sunda akhir 2018 lalu sumber air panas tersebut sudah tertutup batu besar. Jadi sudah hilang. Ombak besar dan berkarang, tidak bisa digunakan untuk berenang

    23 Juli 2019, 02:30 WIB

  21. Bagus banget buat nongkrong, ngabisin waktu sama kawan kawan..

    28 Juli 2019, 00:19 WIB

  22. pantai dengan pasir putih dan bersih yang menarik dengan view gunung krakatau, pulau sebesi dan sebuku.

    28 Juli 2019, 09:14 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Wartawan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *