Pantai Permisan

Pantai Permisan

Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263, Indonesia.

18 Ulasan

Kota Cilacap terkenal dengan sebuah pulau yang fenomenal yaitu Pulau Nusakambangan. Pulau ini selalu dipadang mengerikan bagi para orang-orang. Karena menjadi tempat pengasingan dan eksekusi tahanan.

Meskipun pandangan tersebut begitu melekat, ada sisi lain yang dimiliki pulau ini karena memiliki beberapa pantai yang begitu luar biasa.

Salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Permisan. Pantai ini masih begitu terjaga keaslian dan kealamiannya, sehingga jika orang yang sudah mengetahui informasi mengenai pantai ini, akan tertarik untuk mengunjunginya.

Nah, jika Anda belum mengetahui informasi terkait dengan pantai tersebut, maka sebaiknya baca terlebih dahulu artikel ini ya.

Pantai Permisan

Siapa tahu dengan membaca informasi mengenai artikel ini dapat membantu memberikan rekomendasi wisata bagi Anda untuk melakukan berlibur.

Sejarah Pantai Permisan

Konon katanya, pantai ini tak terlepas dari cerita legenda Raja Pakualaman. Raja Pakualaman adalah seorang penguasa yang mempunyai putri berparas cantik.

Namun sang putri terkena wabah penyakit yang hanya bisa disembuhkan dengan air mata kuda sembrani.

Oleh sebab itu, maka Sang Raja mengirim utusan untuk mendapatkan obat tersebut. Tetapi upaya yang dilakukannya selalu gagal dan pada akhirnya Sang Putri lah yang memutuskan untuk berangkat sendiri mencari obat tersebut.

Namun, karena merasa kelelahan dalam perjalanan yang begitu jauh, sang Putri beristirahat dan mandi di pantai yang berada di sisi selatan Pulau Nusakambangan ini untuk menyegarkan badan.

Pada saat mandi di pantai ini, Sang Putri mengalami kejadian yang tragis. Sang Putri terseret ombak sampai ke tengah laut dan terjepit di batu karang hingga meninggal.

Ketika dilihat dari kejauhan, yang tampak hanyalah sebagian anggota badannya saja tanpa busana, maka disitulah terlihat batu karang yang menyerupai bentuk dari alat kelamin perempuan.

Cerita lain juga terjadi di pantai ini, yaitu ada perompak yang berniat jahat dan berlabuh di Pulau Nusakambangan. Namun saat kapal akan berlabuh, pantai ini tak terlihat dan bahkan seperti tanpa adanya pantai.

Karena merasa ada hal yang janggal, maka perompak itu melakukan izin dan permisi kepada yang baurekso Pulau Nusakambangan.

Setelah melakukan izin, maka secara tiba-tiba pantai ini tampak begitu saja. Oleh karena itu pantai ini disebut dengan nama Pantai Permisan.

Selain memiliki cerita legenda, ternyata pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan dan tes bagi Kopassus yang merupakan salah satu elit militer di Indonesia. Sehingga pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Kopassus.

Pantai ini juga pernah terkena tsunami pada tahun 2006 dan mengalami kerusakan yang menghancurkan gardu pandang. Meskipun demikian, hingga saat ini, keindahan yang dimilikinya tetap terjaga dan masih begitu alami.

Harga Tiket Masuk Pantai Permisan

Pantai yang dikenal karena panorama cantik ini menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Nusakambangan.

Apalagi bagi orang yang mengunjungi para narapidana, pasti akan meluangkan waktu untuk mampir sekaligus berlibur di pantai ini.

Meskipun dikenal memiliki keindahan dan memiliki legenda yang begitu melekat, untuk memasuki pantai ini wisatawan tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk.

Karena memang pantai ini tidak memiliki loket tiket masuk, sehingga menjadi objek wisata yang gratis.

Namun, karena memang berada di dekat lapas-lapas dan menjadi objek wisata restricted area, maka untuk bisa sampai di pantai ini harus melalui beberapa pemeriksaan,

Hal ini karena memang wilayah tersebut merupakan kawasan yang cukup ketat akan keamanan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Permisan

Rute Menuju Pantai Permisan

Pantai Permisan ini berada di sebelah selatan Pulau Nusakambangan. Tidak sama seperti pantai lain di pulau ini yang harus melalui beberapa akses jalan yang cukup menguras tenaga.

Lokasi wisata Pantai Permisan ini tepatnya berada di Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Permisan ini lebih mudah dikunjungi lho. Nah, untuk bisa menuju Pantai Permisan, Anda harus terlebih dahulu berada di Pelabuhan Sodong yang berada di Tambakreja Cilacap.

Di Pelabuhan Sodong, Anda bisa memilih kapal Pengayoman II untuk menupang menuju Pulau Nusakambanagan.

Setelah sesampainya di Pulau Nusakambangan, Ada bisa melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi Pantai Permisan dengan menggunakan bus.

Uniknya, bus yang mengantarkan Anda merupakan sebuah bus milki lapas. Oleh karena itu, bus tersebut memiliki ruang isolasi dengan jeruji besi dan pintu yang begitu aman.

Tentunya hal ini merupakan pengalaman berlibur yang cukup baru ya, karena menggunakan transportasi yang digunakan sebagai evakuasi tahanan.

Perjalanan dengan menggunakan bus ini pun akan menempuh jarak sekitar 15 kilometer dengan waktu sekitar 20 menit perjalanan.

Ketika melakukan perjalanan menuju pantai, maka nuansa sepi akan begitu terasa dan juga wisata sejarah akan begitu kental dengan adanya beberapa bangunan peninggalan masa kolonial yang cukup menarik.

Apalagi saat melakukan perjalanan menuju objek wisata Pantai Permisan ini, wisatawan akan melihat dan melewati banyak lapas narapidana.

Berbagai lapas tersebut yaitu Lapas Kembang Kuning, Lapas Batu, Lapas Besi, dan juga Lapas Permisan.

Objek Wisata di Pantai Permisan

Objek Wisata Pantai Permisan

Memang pantai-pantai yang berada di Pulau Nusakambangan masih jarang untuk dikunjungi oleh wisatawan, padahal pantai Permisan ini memiliki daya tarik berupa :

1. Panorama Pantai

Rasanya memilih objek wisata Pantai Permisan ini bukan menjadi pilihan yang salah, malah wisatawan akan terpesona dengan keindahan yang dimilikinya.

Saat cuaca cerah, wisatawan akan dihadapkan dengan langit biru dan laut yang juga berwarna biru jernih, ditambah lagi dengan hembusan angin yang menyegarkan.

Apalagi di pantai ini juga terdapat batuan karang, sehingga ketika ombak mengenai karang ini akan terdengar suara deburan ombak yang khas yang seolah menjadi alunan musik alami.

Keadaan ini membuat pengunjung akan terhanyut suasana pantai yang begitu tenang.

Oleh karena itu, dengan adanya pemandangan pantai ini, Anda bisa menggunakannya sebagai terapi dengan melepaskan segala kepenatan yang ada.

2. Pasir Putih

Hal lain yang dimiliki Pantai Permisan ini adalah hamparan pasir yang begitu putih. Pasirnya pun begitu bersih, tidak terdapat sampah karena daerah ini termasuk kedalam wilayah yang dibatasi.

Oleh karena itu, ketika berada di pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas dengan bermain pasir pantai maupun berjemur di atas hamparan pasir putih yang dimilikinya. 

3. Monumen Pisau Komando

Tak terlepas dari sejarah Pantai Permisan, di kawasan lepas pantai ini tepatnya berada di lautan, Anda mungkin akan merasa hal berbeda ketika melihat sebuah batu karang yang cukup besar.

Bagaimana tidak terlihat aneh, jika pisau raksasa tertancap di bagian atas batu karang tersebut.

Ternyata batuan tersebutlah yang dikenal sebagai batu Syahrir atau juga sering disebut sebagai Monumen Pisau Komando.

Oleh karena itu, adanya batuan ini menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki Pantai Permisan, wisatawan juga sering berfoto dengan background pemandangan tersebut, sungguh pemandangan yang cukup unik ya.

Fasilitas Pantai Permisan

Fasilitas Pantai Permisan

Karena memang pantai ini sering digunakan sebagai pembaretan Kopassus dan juga menjadi objek wisata, maka di pantai ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti :

1. Toilet

Ketika berada di Pantai Permisan, wisatawan tak harus kesusahan ketika ingin buang air kecil maupun melakukan bilas.

Karena di lingkungan pantai ini sudah terdapat toilet dengan air tawar yang cukup bersih, sehingga bisa dipergunakan bagi wisatawan yang memerlukannya.

2. Area Parkir

Pantai ini juga memiliki sebuah tempat yang memang dipergunakan sebagai area parkir. Area parkir yang telah disediakan ini juga berada di lahan yang cukup luas, sehingga dapat menampung bus.

3. Musholla

Fasilitas tempat ibadah juga sudah disediakan di kawasan pantai ini. Sehingga apabila Anda hendak melakukan ibadah solat tak perlu kesusahan untuk mencari tempat yang cukup bersih.

Nah, itulah informasi terkait dengan Pantai Permisan yang memiliki daya tarik serta legenda.

Jika Anda tertarik untuk melakukan berlibur di pantai ini, kami menyarankan agar mempersiapkan perbekalan Anda untuk berlibur ya! Jangan lupa juga untuk membawa kamera agar dapat melakukan hunting foto ya.

Anda pun bisa melakukan tour atau wisata bahari dengan mengunjungi beberapa pantai. Ada Pantai Teluk Penyu, Pantai Widarapayung dan lain lagi. Yuk segera agendakan ke Cilacap.

18 Ulasan untuk Pantai Permisan, Cilacap, Jawa Tengah

  1. pantai yang ikonik dengan pisau komando yang tertancap diatas gugus karang ini bagus dengan pasir yang putih walaupun tidak seputih yang saya harapkan tapi kebersihan pantainya masih terjaga, tidak terlalu banyak sampah karena terletak termasuk di daerah yang dibatasi (restricted area). di pantai ini sudah terdapat sarana MCK dan ada tempat yang bisa digunakan untuk beribadah.. pantai ini adalah tempat pelantikan dan pembaretan anggota baru Kopassus TNI-AD

  2. Pantai tempat pembaretan pasukan komando. Pantainya bagus kok, ditambah karang karang yang membuat pemandangan makin eksotis

  3. Tempatnya kereen, penuh kenangan. Tapi hati2 ombaknya gede..temen pernah ada yg kebawa kameranya

  4. Pantai yg indah

  5. Pantai pasir putih yang sangat indah& alami,meskipun akses kesana sulit,. BTW Disebut juga pantai kopassus,karena para kopassus dilantik di sini..

  6. Batu karangnya bagus…. . Tapi gak sembarang bisa kesini.. Alhamdulillah bisa kesini saat Job Assesment Jabfung Pembimbing Kemasyarakatan Kemenkumham

  7. Pantai yang sangat indah berada di selatan pulau nusakambangan, langsung menghadap pantai selatan. Ada pulau dengan patung pisau/belati komando yang mana sering digunakan untuk acara militer

  8. kalo lagi ada jadwal khutbah jumat dilapas permisan, ak sempatin mampir sini.

  9. Kren banget

  10. Pantai permisan.nusakambangan.cilacap.tempat yang sangat asri.pantainya msih sangat alami.karena jarang dikunjungi orang.nusakambangan yang selalu dipandang mengerikan oleh orang diluar sana.ternyata menyimpan keindahan yanh sangat luar biasa.salah satunya pantai permisan yang terletak diujung pulau nusakambangan

  11. Tempat yg berkesan

  12. T4 yg bagus buat foto² karena ada pisau komando kopasus raksasa

  13. pantai yang indah jadi tempat candra dimuka latihan kopasus disini, pantai pasir putih yang tenang, hanay saja akses menuju ke sini susah, disamping harus menyeberang dengan kapan, perjalanan yang jauh ke lokasi dari pelabuhan dan perlu ijin karena disini harus melewati dan bertepu dengan narapidana yang di hukum disini. di pelabuhannya bertemu dengan napi yang menjalani sisa masa hukuman, jaualan batu akik. siapakan bekal kalau ke sini,susah mencari makan dan minum disini

  14. Pasir putih, banyak kerang lagi euy si ade girang banget nemu kerang idup owalah

  15. Wisata pantai yang menakjubkan,masih alami dan bebas dari polusi

  16. Tempatnya emang bener bener dijaga ketat sih. Harus ijin juga kalo mau kesini. Ombaknya besar banget. Tapi pantainya bagus dan bersih. Tp tetep hati hati karna banyak bulu babi🤣

  17. Pantai yang Joss gandhos kotos2, keren pantai pasir putih yang beautiful beach view lah. Untuk akses ke pantai ini cukup ketat. Beruntung kami dapat ijin untuk gowes bareng ke pantai permisan ini.

  18. Pantai yg sangat indah. Ombak nya cukup bikin ngeri jg. Hehe

Tinggalkan Balasan