Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Pulau Nusa Kambangan, Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263, Indonesia.

20 Ulasan

Kabupaten Cilacap memang terkenal memiliki sebuah pulau yang begitu legendaris, pulau ini adalah Pulau Nusakambangan.

Mendengar namanya saja sudah membuat bulu kuduk kita merinding ya?

Hal ini dikarenakan wilayah tersebut dijadikan sebagai penjara sekaligus tempat eksekusi narapidana dengan hukuman tembak mati.

Selain itu, wilayah ini juga menjadi pulau yang begitu bersejarah, karena memang memiliki historical dan juga meninggalkan berbagai bangunan peninggalan pada masa kolonial.

Meskipun memiliki kesan yang begitu seram, wilayah ini juga dijadikan sebagai objek wisata sejarah dan pilihan berlibur yang menarik oleh para wisatawan.

Pantai Kalipat

Sisi lain dari wilayah ini dijadikan sebagai objek wisata pun bukan tanpa alasan, dikarenakan memang kawasan ini memiliki panorama yang begitu menarik dan menakjubkan.

Salah satu wisata yang begitu mengagumkan adalah wisata pantai. Nah, kali ini kami akan membahas Pantai Kalipat yang cukup menarik di pulau ini, langsung saja deh ya kita mulai pembahasan di bawah ini yuk!

Sejarah Pantai Kalipat

Pantai Kalipat ini merupakan salah satu pantai yang berada di Pulau Nusakambangan.

Pantai ini termasuk ke dalam pantai yang tersembunyi atau saat ini lebih dikenal dengan sebutan hidden gem, sehingga jarang diketahui dan dikunjungi oleh orang-orang.

Surga tersembunyi! Yap, pengunjung yang pernah mengunjungi pantai ini memujinya dengan sebutan tersebut.

Hal ini pun memang benar adanya ketika Anda sudah datang dan membuktikannya sendiri, dikarenakan memang kondisi pantai yang masih begitu alami, asri dan yang pasti memiliki panorama yang begitu indah.

Kealamian dan suasana yang begitu asri pun dituangkan dalam nama pantai ini yaitu Kalipat. Kalipat merupakan singkatan dari kata kali empat.

Dalam bahasa Jawa kata ‘kali’ merupakan sungai, dan ‘empat’ sendiri adalah maksud bahwa di pantai ini terjadi pertemuan antara 4 sungai, sehingga disingkat dengan Kalipat.

Sebutan untuk surga tersembunyi juga tak hanya dilihat dari kondisi pantai dan panorama yang dimilikinya saja.

Namun ternyata untuk bisa sampai ke Pantai Kalipat ini, wisatawan harus sedikit melakukan perjalanan yang tak sama seperti biasanya.

Hal ini sama seperti pepatah yang berbunyi “jika menginginkan hal indah, maka butuh pengorbanan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkanya”. 

Sejalan dengan pepatah tersebut, hal ini akan begitu terasa dan pasti akan menjadi kesan  bagi Anda saat berlibur di pantai ini.

Hal tersebut adalah saat wisatawan melakukan perjalanan dengan cara akses menuju lokasi ini. Apakah Anda bisa menebak bagaimana aksesnya?

Harga Tiket Masuk Pantai Kalipat

Sama seperti dengan destinasi wisata pantai di Nusakambangan lainnya, kawasan wisata pantai ini belum menerapkan harga tiket masuk. Dikarenakan memang belum adanya pengelolaan resmi sebagai objek wisata.

Meskipun tanpa memiliki harga tiket masuk, jika akan mendatangi pantai ini maka haruslah mengeluarkan kocek sebagai biaya transport ya. Dikarenakan, transport yang bisa Anda gunakan adalah perahu dengan menyusuri perairan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kalipat

Rute Menuju Pantai Kalipat

Destinasi wisata Pantai Kalipat ini terletak di Pulau Nusakambangan, tepatnya di Kecamatan Tambakreja, Kabupaten Cilacap.

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, maka Anda perlu menyeberang menggunakan perahu untuk mencapai lokasi tempat ini.

Memang letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Karang Pandan, sehingga wisatawan dapat memulai perjalanan seperti pada saat melakukan perjalanan menuju Pantai Karang Pandan.

Perjalananmya dengan menyewa perahu dari Pantai Teluk Penyu menuju Pantai Karang Pandan.

Sesampainya di Pantai Karang Pandan, Anda bisa berjalan kaki menyusuri hutan untuk bisa sampai ke Pantai Kalipat ini.

Namun jika Anda tidak mau memulai dari Pantai Teluk Penyu juga bisa, tetapi Anda harus mengunjungi Dermaga Seloko Cilacap terlebih dahulu untuk memilih perahu dengan tujuan Pantai Kalipat.

Jika memulai perjalanan dari Dermaga Seloko Cilacap, wisatawan akan menaiki perahu untuk menyeberang dengan estimasi waktu kira-kira sekitar 60 menit perjalanan.

Untuk perahu di Dermaga Selo ini setiap hari tersedia, namun ada batasan jam operasional penyeberangan yaitu mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Oleh karena itu, meskipun Pantai Kalipat ini dibuka setiap harinya 24 jam non stop.

Namun karena jam operasional penyeberangan hanya sampai pukul 4 sore, mau nggak mau wisatawan harus mengikuti peraturan tersebut untuk bisa kembali lagi ke Dermaga Seloko.

Sehingga, sebaiknya Anda bisa datang ke dermaga ini pada pagi hari ya, agar ketika berlibur di Pantai Kalipat terasa begitu puas.

Objek Wisata di Pantai Kalipat

Objek Wisata Pantai Kalipat

Pantai Kalipat ini memang memiliki panorama pantai yang begitu menawan, selain itu wisatawan juga dapat menemukan hal lain yang dimiliki Pantai Kalipat ini, seperti adanya :

1. Pasir Putih

Pantai yang berhadapan langsung ke samudera Hindia ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu bersih. Tekstur pantainya pun juga sedikit berbeda karena merupakan perpaduan pasir putih dan juga pasir besi.

Meskipun demikian, wisatawan bisa melakukan aktivitas di atas hamparan pasir putih yang bersih ini lho.

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti, bermain di pasir, tiduran di pasir bahkan juga menjadikannya sebagai spot foto.

2. Bermain Air

Selain memiliki pasir yang putih, pantai ini juga memiliki perairan yang berwarna biru dan jernih. Ombaknya juga tidak begitu besar, sehingga Anda bisa bermain air di bibir pantai ini.

3. Terumbu Karang

Di pantai ini juga terdapat terumbu karang yang masih terjaga. Pada saat perairan sedang surut, Anda pun bisa mendekati terumbu karang ini dan melihat kepiting atau udang yang sembunyi di balik karang-karang ini.

Namun, ketika berada di antara terumbu karang ini, kami mengingatkan agar tetap berhati-hati ya! karena permukaannya licin dan tajam.

4. Camping

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu dengan bermalam menggunakan tenda atau melakukan camping.

Kalau aktivitas ini kami rasa begitu cocok bagi Anda yang memang pencinta alam ya, mengingat jika melakukan camping di pantai ini seperti benar-benar teruji karena letak pantainya berada cukup tersembunyi.

Fasilitas Pantai Kalipat

Fasilitas Pantai Kalipat

Mengingat letak pantai ini cukup tersembunyi, maka Pantai Kalipat ini bisa disebut sebagai objek wisata dengan minim fasilitas bagi wisatawan. Karena memang pengelolaan objek wisata ini pun masih jauh dari kata memadai.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa menemukan fasilitas pendukung seperti dengan pantai-pantai lain yang memiliki toilet, tempat ibadah, dan warung makan.

Sehingga, pastikan terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Pantai Kalipat ini untuk membawa bekal yang cukup ya, mengingat perjalanan menuju pantai ini juga menguras tenaga. 

Demikian tadi informasi terkait dengan objek wisata Pantai Kalipat di Cilacap. Setelah membaca bacaan ini, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Jika iya, persiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan ketika berlibur ya, jangan lupa juga untuk membawa kamera mengingat pantai ini begitu menawan.

20 Ulasan untuk Pantai Kalipat, Cilacap, Jawa Tengah

  1. Penuh perjuangan bisa sampe sini, mulai dr hrs naik perahu, jalan kaki lewatin hutan.. Tp seneng sih kita bisa liat hewan kya monkey dll.. Pantai y bgus, air y bersih, pasir putih.. Dan gak rame.. Bwt santai nyaman bgt

  2. Kenapa diajukan saran perubahan nama? . Kali empat atau X4 ,bukan kalipat . Diambil dari 4 buah anak sungai atau kali yg berjumlah 4 arahnya ke pantai ini …air yg bersih jernih dan banyak udang satangnya..

  3. masih nuansa alam

  4. Kalipat = pertemuan 4 sungai wisata petualangan dalam pengembangan

  5. Semangat jalan kalo kesini

  6. Spot mancing Sangat strategis

  7. Sejarahnya kayak giman ya koq bisa di namakan kali papat..

  8. Ngga akan nyesel guys Dateng kesini . Tapi harus siap pegel 7 hari 7 malem wkwk

  9. Pantai yang tersembunyi di daerah selatan pulau nusakambangan, pantainya yang indah dan tempatnya sepi membuat pantai kalipat mempunyai nilai keeksotisan tersendiri, penuh perjuangan untuk menuju pantai kalimpat ini, pertama harus menyeberangi laut setelah itu diganti dengan jalan kaki yang cukup menguras tenaga, namun dibayar dengan keindahan pantai kalimpat

  10. Menyenangkan bakar hasil tangkapan laut dadakan..

  11. Masih natural indah sejuk dengan pasir putih dan karang yg indah . .tidak direkomendasi untuk berenang !!

  12. Masih natural indah sejuk dengan pasir putih dan karang yg indah . .tidak direkomendasi untuk berenang !!

  13. Luar biasa…keindahan alam dibalik pulau nusakambangan yang terkenal serem..

  14. Pantai tersembunyi dengan jarak tempuh kurang lebih 3km dari dermaga karang tengah

  15. Enak buat nYantaiii

  16. tempat paling syahdu … hehe

  17. bagus sih tapi perjalanannya jauh. agak kurang worth it

  18. Bsgus banget sih…

  19. Jangan sekali kali berenang disini guys bahaya

  20. Wajib banget dikunjungi, usahakan dateng pas surut jadi bisa liat banyak terumbu karang, bintang laut, dan biota laut lainnya

Tinggalkan Balasan