Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung

Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281, Indonesia.

15 Ulasan

Selain terkenal dengan Pulau Nusakambangan, di Cilacap ini Anda bisa menemukan salah satu objek wisata pantai yang bernama Pantai Widarapayung.

Meskipun namanya tak sepopuler dengan pantai-pantai lainnya, namun pantai ini pernah menjadi sebuah sorotan pada media berita di tahun 2006.

Pantai ini ternyata tak begitu luas lho, namun pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan apalagi pada saat-saat tertentu.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai alasan pantai ini bisa viral serta ramai pengunjungnya  maka simak informasi dibawah ini yuk!

Sejarah Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung

Dibalik sebutan nama Pantai Widarapayung, ternyata memiliki mitos serta asal usul yang terkandung pada penyebutan pantai ini. Cerita ini bermula dari adanya sebuah pohon yang tumbuh dengan lebat.

Pohon yang dimaskud tersebut merupakan pohon bidara atau widara yang tumbuh cukup besar dan bentuknya menyerupai payung.

Nah, mungkin karena bentuknya menyerupai payung maka dinamakan sebagai widarapayung.

Pohon tersebut juga ternyata tidaklah seperti pohon biasa atau pada umumnya saja. Namun, dahulu kala pohon tersebut digunakan sebagai tempat beribadah dan tempat berteduh ketika cuaca panas maupun hujan datang.

Oleh karena itu, tempat ini sejak dahulu sudah sering dikunjungi untuk wisata rohani bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

Mereka yang berkunjung pun juga tidak dengan tangan hampa saja tetapi juga membawa bekal berupa tebu.

Masyarakat yang berkunjung pun akan semakin ramai ketika mendekati bulan suci Ramadhan, karena dipercaya sebagai tempat untuk mensucikan diri.

Oleh karena itu, pada data tersebut maka tak jarang pantai ini juga dipenuhi dengan pedagang yang berjualan bunga tabur yang nantinya akan digunakan oleh pengunjung untuk kemudian ditaburkan ke laut.

Mitos tersebut masih juga berkembang hingga saat ini, meskipun demikian, Pantai Widarapayung ini menjadi objek wisata bahari yang memiliki panorama yang cukup indah serta kawasan pantai yang terkenal bersih.

Itulah yang menjadi pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan terlepas dari mitos dan cerita yang beredar.

Apalagi masyarakat sekitar juga bersikap ramah kepada wisatawan yang datang sehingga memberikan kenyamanan.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat sebuah tugu payung, tugu ini menyimbolakan dan sebagai sejarah bahwa pantai ini pernah diterjang tsunami pada tahun 2006 silam.

Meskipun pernah diterjang tsunami yang memporak porandakan infrastruktur yang cukup parah, namun saat ini Pantai Widarapayung sudah melakukan pembedahan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Sehingga sudah memiliki beberapa fasilitas yang dapat wisatawan pergunakan saat berlibur di pantai ini.Β 

Harga Tiket Masuk Pantai Widarapayung

Jika Ada ingin berlibur di Pantai Widarapayung ini, maka cukup mudah, dikarenakan pantai ini dibuka setiap harinya tanpa libur.

Apalagi harga tiket masuknya pun sangatlah terjangkau yaitu Rp 3.000 hingga Rp 5.000, Sehingga Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk bersama-sama berlibur di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Widarapayung

Rute Menuju Pantai Widarapayung

Lokasi pantai Widarapayung tepatnya berada di Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dikarenakan Pantai Widarapayung ini berada di Kabupaten Cilacap, maka Anda haruslah terlebih dahulu berada di Cilacap.

Jika dari Cilacap pun maka harus menempuh perjalanan terlebih dahulu selama 53 menit menuju objek wisata Pantai Widarapayung.

Dari pusat kota Cilacap, ambil saja arah barat di jalan Muria menuju jalan Flores yang kemudian belok kiri ke jalan Gatot Subroto atau jalan Perintis Kemerdekaan atau jalan Tegal – Cilacap.

Kemudian lanjutkan saja perjalanan dengan lurus ke Jalur Gumilir – Purwokerto atau jalan Urip Sumoharjo yang kemudian belok kanan ke jalan Ahmad Yani Adipala.

Selanjutnya Anda dapat belok kanan menuju Jl. Binangun – Pantai Widarapayung yang memang jaraknya sudah cukup dekat dengan kawasan pantai.

Nah, jika Anda ingin akses jalan yang lebih cepat dan mudah pun juga bisa dengan memanfaatkan aplikasi penunjuk jalan yaitu Google Maps yang terdapat pada smartphone Anda.

Objek Wisata di Pantai Widarapayung

Objek Wisata Pantai Widarapayung

Pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan akan semakin ramai pada saat musim liburan ini pun memiliki objek wisata antara lain :

1. Nuansa Asri

Ketika wisatawan berada di Pantai Widarapayung ini, makan akan disuguhkan dengan adanya jajaran pepohonan kelapa serta tanaman hijau yang tumbuh begitu alami dan subur.

Hal ini lah yang menjadi suasana Pantai Widarapayung tampak menjadi asri nan sejuk.

Oleh karena itu, tak jarang wisatawan yang berteduh dibawah pepohonan ini untuk menikmati suasana pantai yang begitu asri.

Wisatawan juga menjadikan pepohonan ini sebagai spot foto yang begitu natural.

2. Acara Adat

Setiap tahun, pantai ini menggelar acara berupa ritual upacara adat tradisional atau biasa dikenal dengan sedekah bumi.

Upacara ini dilakukan oleh masyarakat sekitar Pantai Widarapayung atas rasa syukur dan bentuk terima kasih terhadap Tuhan atas limpahan rezeki yang di dapat dari adanya laut ini.

Adanya acara ini pun menarik wisatawan maupun masyarakat sekitar yang akan melihat prosesi upacara adat. Nah jika Anda penasaran dan tertarik ingin melihat acara adat ini maka sebaiknya datanglah pada saat bulan muharram.

Karena acara ini hanya digelar pada saat bulan tersebut dikarenakan dianggap lebih sakral daripada bulan-bulan lainnya.

3. Selancar

Hal lain yang menarik dari pantai ini adalah kondisi ombak pantai yang begitu pas untuk bermain selancar, bahkan pantai ini merupakan pantai yang disebut-sebut sebagai tempat yang berstandar internasional untuk berselancar.

Oleh karena itu, jika Anda menyukai dan bisa melakukan kegiatan berselancar di pantai, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut di pantai ini.

4. Andong atau Kuda

Hal menarik yang bisa Anda coba di pantai ini yaitu kegiatan menaiki andong atau pun menaiki kuda.

Jika Anda ingin merasakan sensasi tersebut, maka dapat menyewanya untuk berkeliling kawasan pantai.

Walaupun Anda belum berani menaikinya pun tak menjadi masalah, dikarenakan pemilik kuda dan andong ini akan selalu membantu dan mengawasi Anda ketika menaiki kuda.

Dengan menaiki kuda maupun andong ini tentunya menjadikan pengalaman berlibur yang begitu asik saat berlibur di Pantai Widarapayung.

Fasilitas Pantai Widarapayung

Fasilitas Pantai Widarapayung

Nah, seperti yang telah kita paparkan di atas bahwa pantai ini sudah memiliki fasilitas pendukung bagi wisatawan, fasilitas tersebut yaitu berupa :

1. Area Parkir

Pengelola sudah menyediakan lahan yang memang diperuntukkan sebagai area parkir kendaraan bagi wisatawan yang berkunjung di pantai ini.

Karena sudah disediakan area parkir yang cukup luas, maka wisatawan pun tak diwajibkan untuk membayar biaya parkir seperti pantai-pantai lainnya.

Meskipun demikian, kendaraan Anda yang terparkir di area ii pun tetap cukup aman.

2. Kamar Mandi

Saat berlibur di kawasan pantai ini pun Anda tak akan kesulitan mencari kamar mandi, karena memang sudah terdapat beberapa kamar mandi di pantai ini.

Sehingga Anda pun bisa memanfaatkannya untuk buang air ataupun bilas atau sebagai sarana MCK.

3. Tempat Duduk dan Payung

Jika Anda ingin bersantai namun tidak membawa tikar, Andapun bisa menyewa tempat duduk dengan view yang langsung menghadap ke pantai lengkap dengan payung warna-warni.

Sehingga, Anda pun bisa bersantai di bawah payung ini dengan sekedar duduk menikmati suasana pantai atau menunggu anak-anak yang sedang bermain di pantai  bersama keluarga.

4. Warung Makan

Di sekitar pantai ini juga terdapat warung makan yang berjajar yang memang siap menyediakan menu makanan dan minuman bagi para pengunjung.

Untuk harganya pun bervariasi dikarenakan terdapat pilihan menu makanan dan minuman mulai dari masakan seafood hingga makanan khas cilacap.

Oleh karena itu, Anda pun bisa mencobanya maupun menikmati menu makanan di pantai ini sekaligus menambah perekonomian masyarakat setempat.

5. Kolam Renang

Fasilitas berikutnya yang dapat digunakan bagi Anda yang membawa anak-anak yaitu berupa kolam renang.

Setelah bermain di pantai, Anda bisa mengajaknya untuk berenang di kolam renang yang menggunakan air tawar yang cukup besar bahkan di kolam renang ini juga terdapat juga bola warna-warni yang begitu menarik.

Cukup lengkap dan menarik ya Panai Widarapayung yang terletak di Cilacap ini?

Jika Anda tertarik, maka segera atur jadwal piknik Anda ke pantai ini yuk, ajak juga saudara ataupun orang terkasih Anda untuk juga menikmati berlibur bersama Anda di sini.

Nah, jika masih berada di Cilacap, lengkapi juga jadwal berlibur Anda dengan mengunjungi pantai-pantai lain tak kalah menarik.

Jangan lupa juga untuk menyambangi salah satu pantai terkenal di Cilacap lainnya yaitu Pantai Teluk Penyu.

15 Ulasan untuk Pantai Widarapayung, Cilacap, Jawa Tengah

  1. Pantai dengan ombak yang menawan, karcis masuk cukup dengan @Rp. 7.500,- bisa melihat indahnya Pantai Widara Payung ini. Anda juga bisa menyewa tempat duduk dengan kisaran harga Rp.5.000-Rp10.000,- dan bebas dari pengamen yang kadang mengganggu suasana anda.

  2. share pengalaman ya guys tentang pantai ini. aku usahain lengkap. . kalau sama orang sekitar suka dibilang WP (soalnya singkatan dari nama pantainya) pas awal masuk ada gapura gitu tulisannya pantai widarapayung, nanti masuk lumayan jauh ada loket masuk gitu. kemarin dapet yg harga Rp.7.500/orang, karena 2 orang jadi kena Rp.15.000. pas masuk disitu tu ada parkiran. nah awalnya aku kira itu udah sama parkiran kan? ternyata ga. jadi aja bayar parkir juga. kalau motor Rp.3.000 (sumpah dikira Rp.2.000 soalnya kalau di kota gitu) yaudah kan jalan. dari awal masuk lewat loket itu udah keliatan sih ga hidden palace gitu karena alam disana, warung udah ada tempat khususnya (aku bandingin sama pantai sodong) jadi pas ke pantainya. GOOD. SAMPAH SEMUA πŸ˜‚ rada nyesel karena sampai berceceran tapi itu pantai panjang banget jadi ada bagian yang sedikit sampah (tetep ada sampah lhoo ya) disana juga disediain kursi gitu kaya kursi gantung di taman-taman tapi bayar Rp.10.000. kalau mau cari tempat yang gaperlu pake basahin kaki, itu bisa jalan ke arah timur pantai. itu bisa buat foto2. terus juga banyak tanaman & pohon gitu jadi kalau mau ngadem bisa di bawah pohon biar ga ngeluarin duit tambahan πŸ˜‚ disana bisa main air (namanya juga pantai) + ada kepiting kecil-kecil gitu. seru. CUMA ada satu yg mesti diperhatiin. kalau kalian mau main air, usahain jangan yang di arah timur atau ke arah timur. pas aku main air disana ada binatang kaya kutu gitu yang suka gigit-gigit kaki kita. kata temenku sih namanya yutup(?). sumpah sih lumayan sakit gigitannya tapi banyak banget. bisa gerombolan naik ke kaki. tapi gaada efek yang aneh-aneh kok.. . PS: usahain cek bmkg di cilacap karena bakal jadi seru banget kalau suhu minimal 30Β°C. kebetulan kemarin 31Β°C jadi enak banget suasananya. cocok buat ngejemur 😍

  3. Tempat parkir cukup luas. Pantai memanjang dan landai. Karcis masuk murah dan terjangkau. Makanan cukup beragam tp ada penjual yg agak nakal karena jual mendoan satu biji 5000k meskipun besar. Fasilitas bermain termasuk minim.

  4. Sebetulnya wisata pantai ini biasa saja yang menjadi daya tarik adalah akses ke lokasinya yg mudah di jangkau dan masakan khasnya terkenal dengan mendoan yang lebarnya bisa segede tatakan mouse komputer πŸ˜„

  5. Pantai dengan laut biru dan pasir hitam yang ombak nya membuat setiap insan ingin menceburkan diri ke pantai(bukan bunuh diri loh ya),,, pokoknya view nya tuh masih Bener Bener pedesaan bgt,,, uppsss walaupun di desa tapi kalian gak perlu khawatir guys,,, Disana banyak pedagang kok,,, mau jajan apa aja juga ada πŸ˜‚

  6. Akses ke pantai ini sebenernya mudah, namun yang membuat tidak enak dipantai ini adalah kotor dan tidak banyak wahana, public srvicenya juga ndak banyak. Saya mengiranya disini ada yang jual seafood namun ternyata yg dijual kek indomie, mie cup yang mana penjual dan pembelinya membuang sampah sembarangan. Keadaan kotor sekali, dipantainya juga begitu. Namun kalau cuman melepas penat trus duduk disini saja keknya sudah cukup dengan sewa kursi 5rb rupiah dan sebiji kelapa muda cuman 10rb.

  7. Pantai yang berada dekat dengan daerah Buntu, Banyumas. Pasir hitam, kebersihan dan fasilitas kamar mandi, toilet, dan mushola perlu ditingkatkan. Tiket masuk murah, bahkan jika ke pantai dibawah jam 7 bebas keluar masu pantai. Pantai akan sangat sepi dan nyaman berlari disini ketika pagi hari pada waktu hari kerja. Keamanan disini perlu ditingkatkan. Di sekitar pantai banyak penjual makanan seperti mendoan jumbo, yutuk, es kelapa muda, pecel, dll. Cocok untuk liburan dengan keluarga atau teman yang murah meriah.

  8. Salah satu pantai di cilacap timur yg menghadap ke Lautan Lepas Samudera Hindia….Dengan ombak yg besar ,sangat cocok buat para penggemar olah raga Surfing…Di sini juga ada sekolah surfing WPSC (Widarapayung Surfing Club), Club Renang WPSC. Pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal terutama di akhir pekan. Dengan pantai yg sangat Landai dan dipenuhi pohon kelapa yg nyiur dan Pohon Pinus serta puluhan Warung2 Makanan khas Lokal, t4 ini cocok utk melepas penat bersama orang2 tercinta.

  9. bulan lalu tepatnya bulan september aku ke pantai widara payung bersama dua teman untuk masuk lokasi geratis sih gak bayar tipnya itu kesana pas sore hari kisaran jam 5 sore mah bisa masuk bebas momen pas berburu sunraise pas disana juga kondisi pantai nya bersih gak kaya dulu sampahnya banyak hehe .jangan lupa gays kalo kesana iangan nyampah yah biar kita enak semua wkwk 私はスケγƒͺです。salam kenal salam petualang

  10. pantainya masih bagus, asri, pas kesini bukan dijam liburan jadi agak sepi dan justru makin bagus tapi makin sore makin rame. overall worth it buat dikunjungi untuk sekedar melepas penat

  11. Pantainya sama kaya pantai pada umumnya. Disini tuh ada undakan dari beton tinggi tinggi jadi kalo turun harus hati hati takutnya pas loncat kesleo kakinya. Tempat parkirnya enak lumayan kalo lagi musim lebaran tuh ramenya minta ampun deh pantai ini. Parkirnya jadi jauh. Pantai ini lumayan kotor si menurutku pedaganya dekat banget sama bibir pantai mungkin sampahnya pada beterbangan karena anginnya kenceng banget. Disini ga ada kapal si cuma adanya kuda buat keliling keliling pantai

  12. Tempatnya lumayan bersih dan tidak terlalu padat pengunjung, sudah ada tembok pemecah ombak dan ada wahana kuda juga bendi dengan tarif 30ribu-25ribu kalau ATV sekitar 50ribu. Biaya masuk 7500 untuk dewasa, anak-anak biasanya tidak dihitung.

    Kamar mandi banyak namun bayar, parkir tanpa atap gratis dan lumayan untuk parkir mobil 15an, kalau yang ada atapnya bayar lagi karena lahannya punya warga. Bawa payung biar gak kepanasan.

  13. Pantai keren ombaknya indah untuk memanjakan mata meskipun tidak di peruntukan untuk mandi di sana karna ombaknya yang terlalu besar. Makanan disana juga murah murah, ada makanan khas seperti yutuk, pecel, tempe mendoan,dan lain lain. Di sini juga bagus untuk olah raga pagi sambil melihat pantai. Atau di sore hari unuk melihat sebja yang terbentang indah dan penuh warna

  14. Pantai widara payung merupakan salah satu pantai di cilacap. Pemandangan indah dengan hamparan pasir hitam yang luas. Banyak pengunjung yang memilih bermain air bahkan berenang di tepian pantai karena ombak yg tidak terlalu besar dan kondisi pantai yg landai. Terdapat banyak toko makanan yg siap menyajikan makanan ketika anda lapar,serta terdapar beberapa toko cinderamata untuk oleh oleh.

  15. Pantai Widarapayung merupakan Pantai pesisir selatan pulau Jawa yang ada di wilayah Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap, tepatnya di Desa Widarapayung Wetan. Dari Balai Desa Widarapayung Wetan ke arah selatan, sampai mentok, pantainya luas dan bersih karena sekarang sering dilakukan Kerjabakti bersih pantai.
    Untuk yang hobi wisata pantai, Pantai Widarapayung sangat cocok untuk wisata keluarga.

    Namun, lokasi pantai ini juga curam sehingga sangat berbahaha bagi anak anak yang berenang, khusus nya saat waktu sore, karena kondisi air laut mulai surut.

Tinggalkan Balasan