Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263, Indonesia.

22 Ulasan

Ternyata Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini memiliki objek wisata bahari yang begitu menarik untuk dikunjungi lho.

Untuk menyambangi objek wisata pantai ini pun tidak harus melakukan perjalanan yang lama. Ditambah Anda bisa mendapatkan paket wisata komplit.

Lalu bagaimana ya caranya?

Komplit maksud kami yaitu saat mengunjungi satu pantai bisa berpindah mengunjungi pantai lain dengan menaiki perahu. Wah sepertinya menarik bukan?

Yap, Anda pun bisa mengunjungi Pantai Karang Pandan di Nusakambangan dengan paket wisata dari Pantai Teluk Penyu.

Pantai Karang Pandan

Penasaran bagaimana caranya dan informasi yang terkait pantai ini? Simak dulu dong bacaan di bawah ini, yuk!

Sejarah Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan merupakan pantai yang cukup dikenal oleh masyarakat Cilacap dan sekitarnya.

Mereka juga sering menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Pasir Putih Nusakambangan.

Jadi jika wisatawan bertanya dimana letak Pantai Pasir Putih Nusakambangan, maka pasti akan diarahkan menuju Pantai Karang Pandan ini.

Pantai Karang Pandan atau Pantai Pasir Putih ini merupakan pantai yang masih begitu alami dan bisa dibilang sebagai pantai yang cukup perawan.

Karena inilah maka tak heran jika pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat untuk berlibur.

Meskipun suasananya cukup sepi, namun pantai ini memiliki sajian panorama yang begitu mengagumkan.

Sehingga jika ada wisatawan datang ke pantai ini, mereka akan merasa betah dengan suasana yang dimilikinya. 

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Pandan

Jika Anda Berkunjung ke Pantai Karang Pandan ini pun tidak akan ditarik tiket masuk. Karena memang pantai ini cukup sepi dan seperti tidak ada pengelola yang berjaga. 

Hanya saja, Anda akan mengeluarkan uang sebelum sampai ke Pantai Karang Pandan ini, yaitu untuk menaiki perahu dan juga tiket masuk wisata Pantai Teluk Penyu saja, mengingat perahu ini berada di Pantai Teluk Penyu.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Pandan

Rute Menuju Pantai Karang Pandan

Letak Pantai Karang Pandan ini berada di ujung dari Pulau Nusakambangan tepatnya di bagian timur.

Oleh karena itu, untuk bisa sampai ke pantai ini, wisatawan harus menaiki kapal dari Pantai Teluk Penyu untuk bisa menuju ke Pulau Nusakambangan.

Tetapi sebelumnya, wisatawan haruslah berada terlebih dahulu di Pantai Teluk Penyu. Nah, saat berada di Pantai Teluk Penyu, Anda bisa mencari perahu yang siap mengantarkan Anda menuju Pantai Karang Pandan.

Untuk tarif sewa pulang-pergi pun juga beragam, sehingga Anda bisa melakukan tawar-menawar untuk mencapai harga kesepakatan dengan pemilik perahu. 

Menaiki perahu menuju ke Pantai Karang Pandan ini tentunya menjadi hal yang cukup menarik bagi wisatawan.

Selain itu, Anda pun bisa merasakan sensasi menaiki kapal sekaligus bisa menikmati perairan pantai yang begitu seru dan menawan.

Perjalanan pun akan semakin menyenangkan karena sesampainya di Nusakambangan, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri hutan. 

Ketika saat berjalan kaki menyusuri hutan in, sebaiknya tetap berhati-hati ya. Kami menyarankan agar sebaiknya memakai sandal outdoor karena jalannya cukup licin.

Selain itu, Anda Juga bisa membawa perbekalan seperti minum ya, agar tidak kehausan saat menyusuri hutan.

Setelah sekitar 15 menit maka sampailah Anda di Pantai Karang Pandan yang lokasinya cukup menguras tenaga ini. Meskipun demikian, hal ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang senang berjelajah alam. 

Objek Wisata di Pantai Karang Pandan

Objek Wisata Pantai Karang Pandan

Meskipun harus menaiki kapal dan juga berjalan kaki untuk bisa berada di Pantai Karangpandan ini, namun hal ini akan terbayar karena pantai ini memiliki daya tarik :

1. Suasana Alami dan Sejuk

Karena pantai ini cukup sepi dibanding dengan pantai-pantai lainnya, namun hal ini menjadi nilai tambah karena kawasan pantai ini masih begitu alami tanpa adanya sampah atau limbah yang biasa kita temukan.

Pepohonan hijau pun juga tumbuh subur di antara bebatuan dan karang-karang yang terletak secara alami.

Adanya pepohonan hijau inipun membuat suasana pantai akan terasa begitu sejuk karena melimpahnya oksigen di kawasan ini.

Hal ini pun dapat menjadi salah satu pilihan untuk berlibur dan bersantai dengan nyaman sehingga mampu membuat pikiran kita terasa segar dan bugar terlepas dari beban pikiran.

2. Gerombolan Monyet

Kondisi pantai yang masih begitu alami pun juga dibuktikan dengan adanya gerombolan monyet yang tinggal dan besar di kawasan ini.

Oleh karena itu, saat berada di pantai ini pun Anda bisa melihat monyet-monyet yang memang tumbuh liar dan bergelantungan di pepohonan.

Jadi, jika Anda membawa perbekalan makanan harus berhati-hati ya, agar tidak diambil oleh monyet-monyet ini.

Meskipun terkadang gerombolan monyet ini jahil dan ingin bermain bersama wisatawan dan pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk mengganggu habitat mereka, biarkan mereka tetap nyaman di kawasan pantai ini.

3. Perahu Yang Melintas

Walaupun saat menuju lokasi ini wisatawan harus mengendarai perahu, tetapi saat berada di pantai ini Anda pun bisa mengarahkan pandangan ke arah lautan.

Dengan begitu, Anda bisa melihat perahu ataupun kapal yang melintas di tengah lautan ini sehingga menambah pemandangan pantai yang begitu lengkap.

4. Pasir Putih

Karakteristik lain yang dimiliki Pantai Karang Pandan ini terletak pada hamparan pasir putih yang tampak begitu eksotis.

Sesuai dengan namanya, pasir putih di pantai ini pun tidak begitu halus, namun terdapat serpihan-serpihan karang dan koral.

Meskipun bertekstur sedikit kasar, namun pasir pantai ini begitu bersih dari sampah.

Maka dari itu, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk hunting foto, itung itung mengabadikan momen dengan menyimpannya di jepretan kamera.

Fasilitas Pantai Karang Pandan

Fasilitas Pantai Karang Pandan

Karena letaknya berada cukup tersembunyi dibanding dengan pantai-pantai yang berada di Cilacap, memang fasilitas di pantai ini pun juga kurang mendukung bagi wisatawan. Namun Anda masih bisa menemukan fasilitas pendukung seperti :

1. Kamar Mandi

Sebenarnya pantai ini sudah memiliki kamar mandi yang memang disediakan bagi para pengunjung yang datang. Namun sayangnya toilet ini kondisinya begitu memprihatinkan dan seperti tidak terawat.

2. Warung

Di area pantai ini juga terdapat sebuah warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan bagi para wisatawan. Memang tidak selengkap dan sebanyak seperti warung-warung pantai pada umumnya.

Namun adanya warung di pantai ini sangat membantu wisatawan yang kurang mempersiapkan bekal ketika berlibur di Pantai Karang Pandan.

Meskipun menjadi warung satu-satunya, untuk harganya pun juga tidaklah mahal. Namun, warung ini hanya akan buka pada saat akhir pekan atau musim liburan saja.

Sehingga jika Anda berkunjung pada hari biasa, sebaiknya tetap membawa bekal makanan dan minuman ya.

Nah, itulah informasi mengenai Pantai Karang Pandan, sepertinya cukup seru ya? Mulai dari cara menuju hingga daya tarik yang dimiliki pantai ini.

Jika Anda tertarik, maka ingat ya harus datang dulu ke Pantai Teluk Penyu agar bisa menuju Pantai Karang Pandan ini.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perbekalan yang nantinya akan mendukung liburan Anda ya. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menyenangkan!

22 Ulasan untuk Pantai Karang Pandan, Cilacap, Jawa Tengah

  1. I very nice beach, almost like a hidden paradise, haha. Tampaknya enak buat camping, tapi mengingat jaraknya yang hanya beberapa meter dari benteng, dimana si benteng ini cukup mistis, mungkin akan nggak terlalu nyaman di malam hari (cerita teman yg nginep seminggu). Tapi menarik banget tempatnya. A very good place to spending a day. Bisa lah bawa tenda terus sorenya pulang.

  2. I very nice beach, almost like a hidden paradise, haha. Tampaknya enak buat camping, tapi mengingat jaraknya yang hanya beberapa meter dari benteng, dimana si benteng ini cukup mistis, mungkin akan nggak terlalu nyaman di malam hari (cerita teman yg nginep seminggu). Tapi menarik banget tempatnya. A very good place to spending a day. Bisa lah bawa tenda terus sorenya pulang.

  3. Sebelum menuju Pantai Karang Pandan menyempatkan berkunjung ke Benteng Pendem. Sepanjang perjalanan melintasi hutan yg masih ada populasi kera hitam dan ayam hutan. Asyik, seru, dan menantang.

  4. Pantainya keren. Pasir putih bersih dan lembut di kaki. Pemandangan lansung menghadap birunya Samudera Hindia beserta kapal kapal besar yang akan berlabuh atau sedang berhenti. Ombaknya tidak terlalu besar. Fotogenik sekali. Termasuk pantai berkarang. Sayang sekali masih ada tangan nakal yang membuang sampah seenaknya. Jika kesini pagi pagi sangat menyejukkan hati. Disarankan untuk membawa bekal jika ingin kesini.

  5. Pantai bersih, pasir putih, dan pemandangan samudra hindia, pantai yg termasuk wilayah terluar Indonesia. Naik perahu dari teluk penyusekitar 10-15 menit, setelah itu dari Nusakambangan timur jalan lagi sekitar 15 menit melewati hutan-hutan dan bisa mengunjungi benteng pendem yang masih kokoh sejak zaman penjajahan Belanda

  6. Pantai Pasir Putih yang ada di Nusa Kambangan, harus nyebrang dr Pantai Teluk Penyu, ya. Lumayan baguslah kalau ga pasang dan disini bisa lihat kapal2 besar yg mau /habis bongkar muat minyak dr Pertamina.

  7. Pasir nya putih…sedikit kotor karena gelombang sedang besar

  8. bagus bgt tempat ni… klo punya fisik oke bs k pantai yg pasir putih yg d sebelahnya lg. tp jln kaki lumayan jg. jgn dech pke hills klo k sini. tp lelah kita terbayar dgn keindahan alamnya.. jgn lupa bawa baju lebih biar bs mndi2 d sn, tenang aj ada toiletnya kq😊😊😊😋

  9. Tiket masuk teluk Penyu 15rb… naik perahu kecil menyeberang 35rb/orang… sampai lokasi gratis mau jelajah bagian manapun bebas.. kalau ada receh ya masukkan ke kotak amal kebersihan seiklasnya

  10. A very nice place to visit. Meskipun harus jalan menembus hutan yang masih sangat rimbun. Tapi bagus pantainyaaa. Sewa perahu dari teluk penyu seorang 30rb. Tapi harus nunggu ada rombongan dulu, baru bisa nyebrang ke pulau nusakambangan.

  11. Mantap pantainya, cocok buat liburan, . Pas kesana pas liburan lebaran, ramenya luar biasa, kurang menikmati dadine lah wkwkkw

  12. PGue bingung review apa yaaa dimap bilang ini pantai karang pandan, tapi yaa disana tuh masih masuk pantai karangbolong di teluk penyu cilacap gitu. Jadi bingung dikit, sama sama sepulau tapi beda nama aneh aja

  13. Pantai ini SGT bagus,air lautnya jernih , pantai nya berpasir putih…masih alami

  14. untuk menyeberang ke pantai lumayan murah untuk sewa perahunya, kemarin sendiri PP 65rb

  15. menawarkan pasir putih dan pemandangan alam yang mempesona, butuh pengelolaan dan pengembangan lebih lanjut agar dapat menjadi obyek wisata yang lebih menarik, untuk kesana bisa menyewa perahu nelayan di sekitar pantai teluk penyu, pintar-pintarlah menawar sampai mendapatkan harga yang murah

  16. Pantainya berada diujung pulau nusakambangan bagian timur. Disini kita juga bisa mengunjungi situs beteng yg terkenal dgn sebutan Benteng Karang Bolong, yg berusia ratusan tahun peninggalan semasa penjajahan portugis,inggris,belanda dan jepang.Menurut saya akses kesitu sangat mudah dibanding pantai2 lainnya di pulau nusakambangan yg pernah saya kunjungi. Dan gak kalah bagus dgn pantai2 lainnya yg berada di pulau nusakambangan seperti pantai pasir putih,pantai karang bolong,pantai karang bandung,pantai kalipat,pantai karang tengah,pantai solok pipo,pantai kali kencana,pantai kalijati dan masih banyak lagi yg blm saya sebutkan. Hampir semua menampilkan keindahan masing2. Seperti bentuk karangnya yg unik dan bagus utk spot foto2. Selain itu pasirnya rata2 pasir putih. . Yg jelas safety first…jgn coba2 utk berenang. Sangat berbahaya. Rata2 ombak pantai di pulau nusakambangan sangat tinggi dan dan deras airnya.. Salam . Komoenitas Kapoek. #stop vandalisme

  17. Jarak tempuh jalan kaki lumayan jauh 1km.

  18. Mantap kalo berkunjung ke pantai penyu nyesel kalo ga mampir ke pantau karang pandan

  19. Pantai Karang Pandan ini bagus banget, jernih airnya, tapi kalau airnya lagi surut ya kalau lagi pasang ngga keliatan karena airnya tinggi. Ke pantai ini harus jalan dulu dari pantai nusakambangannya terus ngelewatin pantai karang bolong, ya lumayan jalannya bisa sampe setengah jam dan untuk ke pantai nusakambangannya juga kalian harus nyebrang dari pantai teluk penyu. Tarif nyebrangnya 25-50k/orang sebisa kalian nego sama nelayannya, itu untuk pulang pergi yaa. Hati hati yaa di pantainya di dalam karang2nya ada bulu babi, jangan sampai kalian tiba2 nyentuh ya bisa buat bengkak, aku saranin si pakai sendal kalau main2 di karangnya. Aku post juga contoh bulu babinya ya

  20. Selalu jadi tempat yg menyenangkan untuk dikunjungi.. Sayangnya sekarang sampahnya banyak sekali jadi terlihat kumuh

  21. Tidak untuk berenang, karna banyak karang dan bulu babi. Paling hanya main air menunggu ombak datang di bibir pantai. Suasana cukup tenang dan ada tukang jualan dgn harga standar.

  22. Pantai Karang Pandan berada di Pulau Nusakambangan Cilacap. Selain menjadi Al Catraz nya Indonesia, Nusakambangan juga menyimpan keindahan pantai pasir putihnya.

    Untuk menuju kesini, kita pertama masuk ke pantai Teluk Penyu. Harga masuk pantai Teluk Penyu Rp. 7.500 per orang. Setelah itu kita belok kanan sampai melewati Benteng Pendem. Lalu menepi dan naik perahu nelayan setempat. Ongkos naik perahu ke pulau Nusakambangan Rp. 20.000 per orang (bolak balik). Setelah sampai di Nusakambangan, kita jalan kaki menyusuri hutan.

    Di dalam hutan masih banyak ditemukan Kera, jadi hati hati guys. Sekitar 15 menit kita akan sampai di Pantai Karang Pandan ini. Di Nusakambangan sendiri ada 3 pantai lain, so datang di waktu yang tepat untuk bisa menikmati pasir putih dan birunya air laut. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan