Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211, Indonesia.

17 Ulasan

Cilacap memang menjadi salah satu kabupaten di Jawa tengah yang terkenal karena memiliki sumber daya alam tambang. Meskipun demikian, daerah ini pun juga cukup dikenal akan potensi wisata alam yang terletak pada pesisir selatan Pulau Jawa.

Maka tak mengheran jika pantai-pantai yang berada di Cilacap ini cukup terkenal. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai Pantai Teluk Penyu Cilacap. Sudah pernahkah Anda mengunjungi pantai ini?

Biasanya pantai ini dikunjungi untuk kegiatan wisata anak SD. Namun siapa saja bisa kok datang ke pantai ini. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai pantai ini simak dulu ya informasi di bawah ini.

Sejarah Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu merupakan sebuah objek wisata bahari yang berada di Cilacap. Pantai ini biasa dikunjungi oleh liburan keluarga maupun rombongan.

Hal ini dikarenakan pantainya memiliki daya tarik serta akses yang mudah.

Menyinggung sejarah penamaan pantai ini yaitu Teluk Penyu, nama ini muncul karena dahulu di kawasan pantai ini terdapat banyak penyu dan juga menjadi tempat berkembang biaknya penyu-penyu tersebut.

Maka dari itu wilayah ini disebut sebagai Teluk Penyu atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Teluk Penyu.

Namun, seiring berjalannya waktu, ekosistem penyu di pantai ini semakin terganggu dengan adanya ulah para tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Karena hal itulah maka penyu – penyu pun mengalami kesulitan untuk bertahan hidup dan susah untuk diselamatkan.

Maka sejak saat itulah, wisatawan jarang sekali menemui penyu-penyu tersebut. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan wisatawan untuk berlibur di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Meskipun objek wisata Pantai Teluk Penyu ini begitu populer, harga tiket masuk pantai ini  masih sangat terjangkau lho.

Sehingga Anda pun bisa mengajak saudara ataupun teman-teman untuk bersama-sama berlibur di pantai ini dimana harga tiketnya pun tidak dibedakan antara orang dewasa maupun anak-anak.

Harga tiket masuk objek wisata Pantai Teluk Penyu ini adalah Rp. 10.000. Untuk tarif ini pun tetap berlaku sama antara hari biasa maupun hari libur tiba.

Pantai ini pun juga dibuka 24 jam di setiap harinya, sehingga Anda pun bisa berkunjung kapanpun Anda mau.

Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Penyu

Rute Menuju Pantai Teluk Penyu

Sebenarnya berkunjung ke pantai ini menjadi satu paket wisata dengan Pulau Nusakambangan dan Benteng Pendem. Namun Anda juga diperbolehkan kok jika hanya mengunjungi pantai ini saja.

Letak Pantai Teluk Penyu ini pun juga cukup strategis karena memang tidak jauh dari jalan raya serta jaraknya cukup dekat dengan pusat kota Cilacap yaitu hanya sekitar 5 kilometer saja.

Waktu yang kana Ada butuhkan pun kurang lebih hanya 12 menit perjalanan lho. Sangat cepat bukan?

Jika dari pusat kota, maka langsung saja ambil arah barat laut di Jl. Muria menuju Jl. Flores. Kemudian belok kanan ke Jl. Gatot Subroto /  Jl. Tegal – Cilacap, selanjutnya belok kiri ke Jl. Jawa.

Anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan belok kanan ke Jl. Dokter Soetomo.

Setelah itu, arahkan menuju Jl. Manunggal dan belok kanan e Jl. Lingkar selatan. sesampainya di jalan tersebut Anda bisa mengikuti papan penunjuk jalan yang sudah terpasang sebagai pemandu arah menuju Pantai Teluk Penyu.

Objek Wisata di Pantai Teluk Penyu

Objek Wisata Pantai Teluk Penyu

Meskipun harga tiket masuknya cukup murah, namun ketika berada di Pantai Teluk Penyu ini wisatawan akan disuguhkan dengan adanya daya tarik wisata berupa : 

1. Bermain Air dan Pasir Laut

Berwisata di pantai kurang lengkap rasanya jika Anda tidak bermain pasir dan laut. Anda pun tentunya bisa bermain air di pantai ini. Meskipun ombaknya tidak begitu besar namun wisatawan perlu berhati-hati ya!

Tak hanya bermain air saja, wisatawan pun juga dapat bermain pasir di kawasan pantai ini. Meskipun memiliki pasir yang begitu hitam, namun teksturnya begitu lembut dan bersih.

Sehingga Anda pun bisa membuat istana pasir atau sekedar menggambar-gambar di pasir ini bahkan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menghangatkan badan dengan berjemur.

2. Jembatan

Jembatan yang berada di Pantai Teluk Penyu ini memanjang dan mengarah ke lautan. Dengan Adanya jembatan ini biasa digunakan oleh para pengunjung untuk memancing ataupun menjadi tempat hunting foto.

Namun, kami menyarankan agar wisatawan tetap berhati-hati di jembatan ini ya! Dikarenakan memang jembatan ini menjorok ke laut apalagi wisatawan harus berjalan di bagian pinggir dari jembatan ini sebab di tengahnya berongga.

3. Kapal Tanker

Pesisir pantai Cilacap memang dekat dengan kilang minyak milik PT Pertamina. Sehingga tak heran jika ketika berada di pantai maka Anda akan melihat kapal tanker pengangkut minyak yang berlalu-lalang di lautan.

Dengan terlihatnya kapal tanker ini maka menjadi salah satu ciri khas dari Pantai Teluk Penyu dengan memiliki pemandangan yang cukup menarik.

Hal ini karena tidak semua pantai memiliki pemandangan dengan terlihatnya kapal tanker yang berjalan di perairan diantara kapal-kapal nelayan.

4. Perahu Nelayan dan Memancing

Jika wisatawan ingin mencoba sensasi mengelilingi perairan Pantai Teluk Penyu ini pun dapat menaiki perahu nelayan yang memang disewakan bagi wisatawan.

Dengan menaikinya, maka wisatawan dapat melihat panorama lebih dekat lagi dan juga bisa berjumpa dengan ikan-ikan yang berada di permukaan laut.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki hobi memancing pun dapat mencoba memancing di Pantai Teluk Penyu ini di tengah laut.

Untuk bisa berada di tengah laut pun wisatawan harus menaiki perahu dan menyewa dengan tarif sewa antara Rp 70.000 hingga Rp 100.000.

5. Acara Sedekah Laut

Untuk menyaksikan keunikan lain yang digelar setiap tahunnya di pantai ini, pengunjung bisa datang pada bulan suro atau bulan muharram.

Karena pada bulan tersebut, masyarakat sekitar mengadakan ritual berupa sedekah laut. 

Hal ini disebut sebagai bentuk rasa syukur atas keberkahan dan keamanan yang telah diberikan kepada Tuhan atas nikmat yang telah diberikan dengan adanya pantai in.

Nah, pada saat inilah masyarakat serta wisatawan yang berkunjung begitu ramai hanya untuk melihat prosesi sedekah laut ini.

6. Sunset

Mengingat pantai ini dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya, hal ini pun dapat digunakan oleh wisatawan dengan menunggu datangnya sore di pantai ini.

Kegiatan menunggu ini pun bukan tanpa alasan, karena pemandangan sunset pantai ini begitu menawan.

Fasilitas Pantai Teluk Penyu

Fasilitas Pantai Teluk Penyu

Karena menjadi objek wisata pantai yang banyak dikenal dan ramai dikunjungi, maka wisatawan pun juga sangat mudah menemukan fasilitas di pantai ini, karena sudah tersedia:

1. Tempat Parkir Kendaraan

Memang akses menuju lokasi pantai ini cukup mudah dengan kendaraan roda dua maupun roda empat apalagi di kawasan pantai ini juga sudah terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas.

Sehingga, wisatawan dapat memarkirkan kendaraannya di area ini yang kemudian dapat ditinggal untuk berlibur di kawasan pantai.

2. Toilet

Di kawasan pantai ini juga sudah terdapat toilet yang bisa digunakan untuk buang air maupun bilas. sayangnya kondisinya kurang terawat dan juga saat ramai wisatawan harus antri terlebih dahulu.

3. Warung Makan dan Oleh-oleh

Pantai Teluk Penyu ini memang sudah menjadi jujukan para wisatawan baik pemudik maupun memang untuk berlibur.

Oleh karena itu, maka tak heran jika objek wisata ini terdapat banyak warung makan yang begitu beragam dengan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang cukup murah.

Selain itu, bagi Anda yang berlibur pun juga dapat membeli cinderamata maupun makanan khas Cilacap yang dijajakan di warung oleh-oleh pantai ini.

Sehingga orang-orang terdekat Anda pun dapat merasakan kesan berlibur Anda di Pantai Teluk Penyu ini.

Kurang lebih begitulah informasi mengenai objek wisata Pantai Teluk Penyu yang berada di Cilacap.

Nah, selain Pantai Teluk Penyu, Anda juga bisa menyempatkan mengunjungi Pantai Kalipat yang letaknya tidak begitu jauh. 

17 Ulasan untuk Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah

  1. Pantainya bersih, karena emang sedikit pengunjungnya sih. Saya kesini karena lagi berkunjung ke rumah teman. Karena lokasi rumahnya deket banget sama pantainya jadi ga bayar apa-apa. Tapi kalo parkir di pinggir (ada semacam titik kumpulnya) cuma bayar parkir doang.. Ombaknya besar, terus ga ada wahana apa-apa. Kalo mau cari yang ada wahananya bisa ke Benteng Pendem, sekitar 15 menit dari sini.

  2. Masuk area pantai 7.5k per orang. Parkir 5k. Pantai yang indah dengan pasir coklat kehitaman nya. Sayang sepertinya kurang dirawat dan dijaga. Banyak sampah plastik berserakan di pantai. Ditambah lagi pipa2 dan kendaraan besar pertamina lalu lalang. Banyak kedai2 yang kotor dan tak terawat. . Makanan khasnya tempe mendoan dan lontong. Dengan bumbu kacang dan kecap rawit. Enak dan murah…. . Seafood juga cukup fresh. . Dicoba aja biar ga penasaran..

  3. Luar biasa pantai nya tapi sayang pemda kurang promosi dan mensuport keindahan pantai nya.serta fasilitas yang memadai demi perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.ayo majukan pariwisata pantai penyu.

  4. Pemandangan yg indah di sore hari berlatar belakang p.nusakambangan… Tapi sayang kurang banyak nya tempat sampah… Lebih di tingkatkan kebersihan nya dalam menjaga kelestarian sekitar..selain teluk penyu ada juga benteng Pendem peninggalan Belanda..

  5. Semua harus bergerak cepat harus bersinergi tidak mementingkan ego sektoral. Demi memajukan pariwisata Kabupaten Cilacap supaya tambah maju untuk kepentingan bersama jika pantai Teluk penyu rame pengunjung otomatis pendapatan daerah meningkat dan TNI AD pun dapat bagian dari bagi hasil pengelolaan Teluk penyu karena memang status lahan ini milik TNI AD.

  6. Tempat wisata dengan harga yang cukup terjangkau.. Pantainya cukup indah dengan pasir berwarna hitam.. Namun sayang agak kotor.. Di sekitar pantai ada warung2 yg menyediakan makanan dan minuman.. Seperti degan, teh panas, makanan khas laut atau seafood dan tentu tak ketinggalan makanan khas mendoan dan tahu masak.. Selain itu juga banyak pedagang2 kaki lima yg berjualan di sepanjang pantai, rata2 berjualan bakpau dan siomay,, jika ingin menyebarang ke pulau nusakambangan timur(bukan tempat napi) untuk melihat pantai berpasir putih atau melihat benteng cagar alam bisa dengan menyewa kapal yg ada di sepanjang pantai dengan tarif per kepala 30rb (maksimal 10 orang) ..biasanya hanya untuk menyeberang ke cagar alam nusakambangan timur..atau dengan tarif paket 350-400rb per kapal dengan beberapa tujuan, mengelilingi sekitar pertambangan pertamina 70, pintu masuk ke nusakambangan, pertambangan semen, dan cagar alam nusakambangan timur..

  7. sebelumnya saya minta maaf apabila ulasan saya ini tidak menngenakan. saya bulan juni 2019 kemarin berkunjung ke teluk penyu bersama teman sekantor untuk acara perpisahan salah satu teman kantor kami. Pantainya indah tapi sayang kotor dan kurang perawatan. Yang kedua banyak tukang minta-mintanya dan masyaaloh bolak balik hapir 10 menit sekali gantian. Yang ketiga tak ketinggalan pengamennya ga mau kalah gantian dengan tukang minta-mintanya. semua itu amat mengganggu pengunjung dan apa lagi kalau pengamennya ngodor alias harus dikasih uang tidak liat apa itu ada acara atau bukan mereka nylonong saja. tolong buat pemda atau pengelola dan paguyubannya diperhatikan masukan pengunjungnya. kami ingin rekreasi menikmati keindahan pantai teluk penyu tapi tidak nyaman.

  8. Pantai yang terletak di bagian Selatan Pulau Jawa ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun luar. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai sambil menikmati hidangan berupa sea Food ataupun panganan seperti mendoan. Pengunjung juga dapat menikmati wisata dengan menggunakan kapal yang disewakan oleh para nelayan. Pada hari-hari biasa, suasana ramai ditemui pada pagi hari ataupun petang hari. Bagi pengunjung yang ingin bermain air tidak perlu khawatir, karena tersedia kamar mandi yang dapat digunakan untuk berbilas selepas bermain air.

  9. Akses menuju pantai cukup mudah. Fasilitas juga cukup memadai. Terdapat kuliner khas Banyumasan, sea food, dll. Di Pantai ini juga bisa menuju Cagar Alam Pulau Nusakambangan dengan pasir putihnya. Namun, untuk kebersihan pantai terkadang perlu diperhatikan

  10. Ombak tdk besar sprti klo di pantai…. Bisa lihat kapal” besar jg dsna…. . Indaahhh!

  11. Ya mungkin pantai kebanggam cilacap, pantai nelayan, saya sarankan anda menyeberang sekalian ke pulau nusa kambangan dengan biaya per orang rp 30.000 di 2019 mungkin sekarang masih segitu. Di nusa kambangan ada monyet juga selain napi. Bisa di cek youtub aku baricon channel saat aku liburan di nusa kambangan

  12. Pantai Teluk Penyu
    Bagi saya tempat ini, tempat yang paling cocok untuk melepas penat dari aktivitas kesibukan anda. Di Pantai ini anda akan disuguhkan pemandangan yang bagus, dan kehidupan para nelayan. Dan dari tempat ini anda bisa menyebrang untuk melihat pulau nusakambangan menggunakan kapal. Untuk tarifnya kurang lebih 25.000 per pax. Anda disini tidak perlu khawatir lapar, banyak pedagang2 makanan yang menyediakan berbagai macam jajanan dengan harga yang dibilang masih relatif murah.
    Satu pesan dan harapan besar dari saya untuk pemerintah Kota Cilacap ” tolong jaga kebersihan kondisi Pantai – Pantai yang berada di Cilacap ini, karena tempat ini bisa menambahkan pendapatan untuk daerah ini. Besar harapan saya hal tersebut dapat terealisasikan”
    Semoga bermanfaat dan selamat liburan

  13. Pantai yang memberikan banyak kenangan dari kecil sampai saat ini.

    Keindahan senja nya selalu menjadi kenangan hiyahiyahiya

    Namun disayangkan adanya sampah di pingiran pantai , sehingga kebersihan tidak seperti dulu lagi

    Dan mohon pihak terkait menertibkan parkir (pakai tiket lah), lalu retribusi. Retribusi ni kalau saya pakai motor ga ditarik, sekalinya pakai mobil dicegat. Apa retribusi khusus yang pakai mobil ya? Hehehe

  14. Pantai Teluk Penyu merupakan salah obyek wisata yang paling dikenal di Cilacap, Jawa Tengah. Selain didukung dengan panorama yang indah, Teluk Penyu juga berad di kawasan wisata utama di Cilacap, bersebelahan dengan Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan. Benteng Pendem sendiri merupakan bekas markas pertahanan tentara Belanda, sedangkan Pulau Nusakambangn dikenal sebagai ‘pulau penjara’. Nusakambangan bisa kita kunjungi menggunakan perahu yang disewakan para nelayan disekitar pantai tersebut.

    Dibalik namanya, Pantai Teluk Penyu memang memiliki sejarahnya sendiri. Menurut cerita masyarakat setempat dulunya di Pantai Teluk Penyu ini banyak terdapat penyu yang hidup dan berkembang biak. Namun kini penyu-penyu tersebut berimigrasi ke Bali dan Lombok karena padatnya lalu lintas kapal-kapal milik Pertamina.

    Kondisi Pantai Teluk Penyu yang cukup sejuk dan tidak terlalu panas menjadi alasan uatam kenapa penyu-penyu itu datang untuk bertelur. Terlebih didukung dengan tidak adanya hewan predator yang mau memakan penyu-penyu tersebut. Karena banyaknya penyu-penyu di pinggir tepi pantai maka pantai ini disebut Pantai Teluk Penyu.

    Teluk Penyu memiliki kontur pantai yang landai sehingga para pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas disini seperti berjemur, bermain bola, berlain, bermain voli pantai, bahkan membuat istana pasir. Disini juga terdapat banyak beton-beton pemecah ombak yang bisa dijadikan untuk duduk sambil menikmati angin laut, tempat lompatan untuk berenang, dan banyak juga yang menggunakan pemecah ombak ini sebagai tempat untuk memancing.

    Pantai Teluk Penyu juga terkenal dengan tradisi sedekah laut-nya. Setiap tahun, Teluk Penyu sellu dipadati wisatawan yang ingin melihat bagaimana prosesi sedekah laut tersebut. Tradisi sedekah laut merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki dan perlindungan berupa keselamatan saat melaut. Tradisi ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Ratu Pantai Selatan, Nyai roro kidul

  15. Pantainya bersih..
    Bisa sekalian benteng pendem juga..
    Pantainya yang panjang sehingga kita bisa cari tempat yang nyaman…dekat jg Dengan TPI bisa sekalian borong ikan lautnya…ada pemandangan di ujung pantai yg indah sepi dan asri…dan jarang yang jalan2 sampai di sini…ayo siapa yang bisa menemukan spot indah itu…

  16. Pengalaman pertama disini sungguh luar biasa sekali.

  17. Indah sekali pantainya

Tinggalkan Balasan