Pantai Sorake

Pantai Sorake

Desa Botohilitano, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara 22865, Indonesia

16 Ulasan

Sumatera Utara memiliki banyak objek wisata yang indah dan tidak kalah dengan wisata mancanegara. Tidak hanya wisata Danau Toba dan Pulau Samosir saja yang namanya telah sampai ke luar negeri, namun juga terdapat pantai elok, Pantai Sorake namanya.

Objek wisata pantai memang menjadi lokasi favorit untuk berlibur. Seperti apa keindahan pantai ini? Daya tarik utama yang membuat destinasi wisata ini populer adalah ombaknya setinggi 15 meter.

Meskipun Pantai Sorake memiliki ombak yang cukup tinggi, tetapi kenapa pantai ini malah ramai wisatawan lokal maupun mancanegara ya? Yuk simak ulasan ringkas berikut ini.

Sejarah Pantai Sorake

Pantai Sorake

Pantai Sorake terletak berdampingan langsung dengan satu teluk kecil yang dinamakan Lagundri, sehingga keduanya sering disebut bersamaan sebagai Sorake – Lagundri.

Menurut cerita sejarah, pantai ini telah dikunjungi oleh wisatawan asing sejak zaman kolonialisme.

Pada tahun 1975 Kevin Lovett dan John Giesel, mereka adalah peselancar asal Australia yang berkunjung ke Pantai Sorake dan mencoba berselancar di pantai ini. Maka sejak itu Pantai Sorake didatangi oleh para peselancar dari berbagai negara.

Menurutnya, ombak Sorake termasuk yang terbaik di dunia. Maka tidaklah heran jika dari dulu hingga saat ini Pantai Sorake ramai dan ribuan turis terus mengalir ke Nias Selatan untuk menikmati ombak pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sorake

Pantai Sorake Nias Selatan

Pantai Sorake bisa dikunjungi kapan saja dan oleh siapa saja.

Dan untuk tiket masuknya juga cukup murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000 per orang untuk bisa memasuki kawasan Pantai Sorake.

Rute Menuju Pantai Sorake

Lokasi Pantai Sorake berada di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Nias.

Ada beberapa pilihan perjalanan untuk mencapai Pantai Sorake, berikut akan kami berikan informasi rute menuju Pantai Sorake:

Perjalanan Melalui Udara

Terdapat dua pilihan jika Anda ingin menggunakan transportasi udara. Yang pertama Anda bisa transit ke Bandara Kualanamu Medan atau langsung menuju Bandara Binaka yang berada di Gunungsitoli, Nias.

Pilihlah maskapai penerbangan yang melayani rute perjalanan menuju Gunungsitoli. Jika Anda sudah tiba di bandara, maka Anda bisa menyambung dengan transportasi umum ke Pantai Sorake.

Perjalanan Melalui Laut

Dari Kota Sibolga Anda dapat memilih transportasi menuju ke Gunungsitoli menggunakan penyebrangan jalur laut.

Anda bisa menggunakan kapal feri. Ada kapal feri dengan harga yang lebih murah namun dengan durasi penyeberangan selama 10-11 jam.

Jika Anda ingin sampai ke tujuan dengan cepat, menggunakan kapal feri cepat. Anda bisa sampai ke tujuan hanya dengan waktu 3 jam saja.

Perjalanan Melalui Darat

Dari pusat kota, Anda tinggal mengikuti rute ke Jl. Arah Idanogawo lalu menuju Jl. Sorake dan sampai di Pantai Sorake. Anda juga bisa menggunakan Google Maps, sebagai penunjuk jalan.

Objek Wisata di Pantai Sorake

Pantai Sorake selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Jika Anda hendak berlibur ke Pantai Sorake, sebaiknya mengetahui apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, antara lain:

1. Selancar

Rute Ke Pantai Sorake
source: instagram.com/andi_gultom/

Pantai Sorake dikenal sebagai pantai tepat untuk kegiatan selancar. Bahkan pantai ini menjadi pantai nomor dua terbaik untuk berselancar setelah pantai di Hawai.

Ketinggian ombak di pantai ini pun bisa mencapai 15 meter. Ombaknya bisa bergulung dengan utuh sampai ke bibir pantai dan memiliki 11 kali gelombang sebelum pecah dengan ketinggian gelombang antara 3 hingga 5 meter.

Ombak pantai ini memiliki 5 tingkatan, sehingga peselancar dapat melakukan atraksi dengan berbagai gaya di setiap tingkatan. Maka tidaklah mengherankan jika pantai ini menjadi tempat perhelatan akbar lomba selancar tingkat dunia.

2. Melihat Sunset

Harga Tiket Pantai Sorake
source: instagram.com/yogawildbornean/

Selain terkenal dengan ombaknya yang begitu tinggi, Pantai Sorake juga memiliki panorama yang tak kalah indah ketika sore hari.

Sunset yang ada di Pantai Sorake ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi para fotografer. Perpaduan warna jingga yang merona dengan ombak menggulung di sore hari akan membuat rasa damai ketika di Pantai Sorake.

3. Snorkeling dan Diving

Htm Pantai Sorake
source: shoreexcursionsgroup.com

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan ketika di Pantai Sorake yaitu snorkeling dan diving. Bagi Anda yang gemar menyelam wajib untuk mencoba snorkeling dan diving di Pantai Sorake.

Dikarenakan keindahan dalam laut pantai ini tak kalah menakjubkan dengan mengeksplorasi keindahan terumbu karang di Sorake yang bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Fasilitas di Pantai Sorake

Fasilitas Pantai Sorake
source: instagram.com/rizal_ory/

Fasilitas yang dibangun di obyek wisata Pantai Sorake sudah lumayan lengkap. Beberapa fasilitas di sana yang bisa Anda manfaatkan, seperti di antaranya :

1. Area Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga aman.

2. Gazebo

Fasilitas lain yang ada di pantai ini yaitu gazebo. Adanya gazebo-gazebo yang telah didirikan, Anda bisa dengan santai duduk-duduk sambil menikmati pemandangan air laut yang berwarna kebiruan, hamparan pasir putih dan juga langit biru yang menambah keindahan.

3. Tempat Makan

Tidak perlu bingung apabila Anda tidak ada waktu atau lupa untuk membawa bekal. Seperti Pantai Bali Lestari, di pantai ini Anda dapat menemukan restoran atau warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Jadi ketika Anda selesai bermain di pantai berjam-jam dan juga belajar surfing Anda bisa membeli makanan yang ada di kawasan pantai.

4. Toilet umum

Salah satu fasilitas penting yaitu toilet juga sudah disediakan. Toilet ini pun tersebar di kawasan pantai sorake.

Jadi Anda bisa melakukan bilas maupun berganti pakaian jika sudah selesai bermain air maupun surfing.

5. Toko souvenir

Tidak lengkap jika berwisata tidak membawa oleh-oleh. Di Pantai Sorake ada beberapa toko souvenir yang bisa Anda datangi.

Itulah ulasan Pantai Sorake Nias di Sumatera Utara meliputi  sejarah, info lokasi, harga tiket masuk dan rute menuju kawasan pantai.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang mencari lokasi wisata alam. Mari ajak keluarga dan sahabat untuk berwisata pantai. Siapkan sunblock dan baju renang, ya.

16 Ulasan untuk Pantai Sorake, Nias, Sumatera Utara

  1. Pantai sorake merupakan surganya bagi pecinta surfing (bermain selancar). Pantai ini juga masuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia bahkan disebut-sebut nomor 2 di dunia setelah Hawai. Di bulan juni-juli pantai sorake sangat ramai dikunjungi turis asing untuk berselancar karena ketinggina ombaknya bisa mencapai 10 m – 12 m.. . Selain tempat favorit untuk selancar, pantai sorake ini sangat unik karena tidak ditemukan pasir yang melandai dimana pantai pada umumnya, yang ada adalah batu karang yang bertebaran. Terumbu karang yang ada dipantai ini sangatlah indah untuk dipandang. Kemudian, di sekitar pantai sudah terdapat penginapan dan hotel sehingga tidak perlu repot lagi. Semoga ulasan ini bermanfaat. Salam damai🙏

  2. Seru, berselancar

  3. Udaranya segar, pantainya luas. Pokoknya weekend bersama keluarga menyenangkan

  4. Mantapp pantai berkarang cocok untuk surving….😍💖

  5. Bagus buat surfing…

  6. Pantai Sorake indah, gak kalah saing sama Bali.. Tempat nya agar di benahi lagi kedepan… . #gusittrans. #travelsumut. #niaspulauimpian. #chartermobilnias. #yaahowuniasfestival2018. #worldsurfleague2018. #niastalk

  7. Pantai sorake merupakan kawasan wisata untuk pecinta selancar. Memiliki ombak lumayan besar namun kawasan ini belum terlalu ramai dari segi bangunan. Untuk itu perlu mengembangkan lagi kawasan wisata agar tidak hanya untuk selancar tp juga untuk orang yang ingin memandang atau bersantai

  8. Pantai Sorake terletak di Nias Selatan tepatnya di Teluk Dalam. Pada saat itu aku menginap di penginapan Liliys Surf Camp. Pantai ini yang terbaik untuk melihat matahari terbit. Tidak rugi melakukan perjalanan jauh dari Gunungsitoli menuju Teluk Dalam 🙂

  9. ne tempat amazing gess..yg hoby selancar dtng k mari ges

  10. Pantai sorake, sangat indah ombak nya yang sangat bagus buat berselancar, dan banyak wisatawan asing yang sering berkunjung di sini buat berselancar.

  11. Besar nya ombak pantai membuat surga bagi sang peselancar

  12. Pantai yang indah. Cocok untuk yg suka surfing. Disini juga banyak rumah makan yang enak.

  13. Pantainya bagus. Ombaknya memang besar. Pantai ini sering disasar para wisman untuk surfing. Sayang, pas ke sini lagi ada pembangunan apa gitu yang dibuat pemerintah lokal. Mgkn semacam jalan setapak batu menuju ke bagian laut yang lebih dalam. Penataan kawasan juga belum bagus semoga masih bisa diperbaiki ke depannya.

  14. Indah sekali..masyarakatnya ramah..suatu saat akan kembali lagi ke sorake

  15. Pantai dengan Kualitas Ombak surfing nomor 2 terbaik di dunia. Disini sering di adakan liga surfing dunia (Nias Pro) oleh WLS. Pantai ini sekarang masih dalam tahapa penataan dinas pariwisata Kab. Nias Selatan sebagai tujuan Wisatawan di ujung bagian barat Indonesia.

  16. Pantai sorake adalah tempat ombak besar yg membuat wisatawan asing berdatangan untul berslancar ..I♥️Nias ku..

Tinggalkan Balasan