Pantai Kukup

23x dibaca

Pantai Kukup
Nama Pantai Kukup
Lokasi Jl. Pantai Sel. Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Berbicara tentang wisata di Yogyakarta, pastinya Anda akan menyebutkan beberapa nama tempat wisata salah satunya pantai. Ketika Anda mengunjungi kota gudeg ini, Anda akan disuguhi berbagai macam pantai dengan keindahan yang mempunyai ciri khas. Salah satunya pantai bernama Kukup yang dikenal sebagai pantai dengan ombaknya yang menggulung menawan.

Sebelum ke pantai Kukup dan menikmati keindahan obyek wisata di sana, Anda perlu mengetahui beberapa informasi penting. Informasi tersebut yaitu mengenai harga tiket masuk, akses maupun rute menuju pantai tersebut, dan apa saja obyek wisata yang bisa Anda nikmati. Sehingga Anda dapat bersiap-siap dan merencanakan liburan di pantai Kukup agar semakin seru dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti pantai lain di Gunungkidul, untuk dapat menikmati segala obyek wisata yang menarik di sana, Anda harus membayar tiket masuk. Namun tidak perlu khawatir, harga tiket masuk di pantai Kukup sangat terjangkau yakni hanya Rp. 10.000 setiap pengunjung. Dan untungnya lagi, selain murah, dengan tiket yang sudah Anda beli tersebut, Anda dapat mengunjungi 2 pantai eksotis lainnya yaitu pantai Krakal sekaligus Sundak.

Rute Menuju Wisata Pantai Kukup

Akses untuk pergi ke pantai cantik ini sangat mudah. Pantai yang terletak di sebuah desa bernama desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul ini ternyata letaknya bersebelahan dengan pantai Baron. Menuju ke pantai yang pesonanya sangat menakjubkan ini bisa dengan kendaraan bermotor maupun mobil namun jalurnya bisa dikatakan sangat berkelok. Jadi Anda harus berhati-hati saat di perjalanan.

Pantai Kukup mempunyai beberapa rute yang bisa Anda lewati. Rute yang pertama yaitu dimulai dari Jalan Jogja-Solo. Ikut jalan tersebut menuju ke arah Candi Prambanan. Tepat setelah Candi Prambanan terdapat simpang tiga. Ambil arah kanan dari simpang tiga tersebut lalu mengikuti jalan hingga sampai di jalan Baron. Dari lokasi ini Anda akan segera tiba di pantai Kukup.

Anda juga bisa melalui rute yang lain sesuai posisi Anda agar tidak terlalu jauh. Rute ini dimulai dari kota Yogyakarta. Jika Anda sedang berada di daerah kota, Anda bisa langsung menuju ke Jalan Ringroad Selatan. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di jalan Wonosari atau tepatnya simpang empat kedua setelah setelah terminal Giwangan. Kemudian ikuti jalan hingga tiba di Jalan Baron. Dari Jalan Baron, Anda akan melewati jalur yang sama dengan rute yang sudah dipaparkan di atas.

Obyek Wisata

Tahukah Anda beberapa obyek wisata andalan di pantai Kukup? Obyek wisata tersebut pastinya akan membuat liburan Anda semakin terasa berkesan, seru, sekaligus menyenangkan. Tak heran jika banyak orang berkunjung ke tempat wisata pantai ini dan ingin kembali lagi. Inilah beberapa objek wisata yang patut Anda coba di pantai Kukup ini.

1. Gardu pandang di pulau karang

Gardu Pandang Pantai Kukup

Inilah salah satu obyek wisata yang menjadikan pantai Kukup ini diburu oleh banyak wisatawan. Di pantai ini terdapat pemandangan khas berupa sebuah pulau karang yang terdapat sebuah gardu pandang di atasnya. Sangat strategis untuk berfoto dan melihat pemandangan matahari terbenam.

Anda pun bisa menuju atau menyeberang menuju pulau karang tersebut. Anda bisa menggunakan sebuah jembatan yang sudah disediakan pihak pengelola untuk pengunjung. Setelah menyeberang menggunakan jembatan, Anda terlebih dahulu akan menaiki bukit pulau tersebut. Sehingga mencapai puncak pulau karang dan menikmati pemandangan khas di sana.

2. Wisata budaya pantai Kukup

Tak hanya wisata alam yang bisa Anda lakukan di pantai satu ini. ternyata di pantai ini biasa digelar sebuah upacara adat yang bernama Sedekah Laut. Kegiatan berupa upacara adat ini biasanya dilakukan tepat saat bulan Suro (dalam penanggalan Jawa). Upacara ini disebut-sebut sebagai upacara persembahan kepada Ratu Pantai Selatan yang dilakukan dengan melarungkan berbagai sesaji yang telah disipakan ke laut. Upacara tersebut dipimpin oleh seorang ketua dari ahli kunci pantai Kukup.

3. Melihat aneka biota laut

Saat air laut surut, Anda bisa dengan mudah menemukan aneka biota laut dipinggiran pantai. Anda bisa menemukan banyak tersebar bulu babi yang berwarna hitam, kerang-kerang serta alga laut, berbagai macam ikan, dan lain sebagainya. Ikan dan kerang juga bisa Anda beli di toko-toko di sekitar pantai ini dalam bentuk hiasan karang dalam berbagai macam bentuk dan ikan hias.

4. Spot foto menakjubkan

Spot Foto Pantai Kukup

Liburan ke pantai tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen dalam bentuk foto. Di pantai ini, Anda akan disuguhi banyak sekali spot yang bagus untuk foto Anda. Misalnya ketika matahari tenggelam dan air sedang surut, perpaduan antara langit dan siluet bebatuan akan menghadirkan nuansa eksotis untuk foto Anda.

Selain itu Anda juga bisa berfoto di jembatan menuju ke pulau karang kecil. Tentunya pemandangan ini jarang Anda dapatkan di pantai-pantai lain. Anda pun dapat mengambil gambar dengan latar belakang bebatuan karang dan birunya langit serta dipadu dengan deburan ombak. Anda hanya perlu menyiapkan kamera dengan pose yang keren untuk mengabadikan momen liburan seru di pantai Kukup.

Liburan di tempat wisata alam seperti pantai Kukup memang menyenangkan sekaligus dapat menyegarkan pikiran yang suntuk. Apalagi jika liburan ke sana bersama orang-orang tercinta seperti sahabat atau orang tua. Dengan tarif tiket yang murah serta akses yang mudah Anda bisa menikmati semua keindahan pantai Kukup ini. Liburan pun akan semakin bermakna dan menyenangkan.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Kukup

  1. Pantai kukup ini memiliki keindahan alam yang berasal dari perpaduan bukit karang dan pantai berpasir putih yang di apit oleh sebuah bukit kapur yang ada di sekitar pantai. Menjadi daya tarik selain karena pasirnya yang putih, Satu hal yang membedakan pantai Kukup dengan pantai di Gunung kidul lainnya adalah keberadaan sebuah batu karang raksasa yang lokasinya agak menjolok ke laut dan di hubungkan oleh sebuah jembatan.. . Batu yang lebih mirip dengan pulau tersebut oleh pengelola dinamakan Jumino. Di batu karang tersebut sudah terdapat sebuah bangunan seperti gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Untuk bisa kesana pengunjung bisa melewati jembatan yang telah tersedia. Batu karang serta jembatan tersebut akan langsung mengingatkan seperti pada pantai Tanah Lot yang berada di Bali.. . Di atas batu karang besar ini, tempat yang cocok untuk menikmati senja terbaik di pantai ini. Anda dapat dengan leluasa menikmati proses matahari tenggelam, Sunset di sini merupakan salah satu sunset terbaik di jogja. Selain itu di atas batu ini juga merupakan tempat foto yang keren baik saat matahari terbit (sunrise) maupun saat matahari terbenam (sunset) dengan latar belakang laut lepas yang dapat menambah foto Anda lebih terlihat eksotis dan menarik. . . Di Pantai Kukup, pengunjung disarankan agar tidak berenang, karena selain ombaknya besar, pergerakan ombak sering tidak terduga. Sehingga bisa terseret ke laut dalam.

  2. Pantai Kukup di Gunungkidul adalah salah satu pantai yang dapat menjadi alternative atau pilihan objek wisata alam untuk berlibur. Tempatnya yang mudah dijangkau, pemandangan yang indah dan fasilitas yang memadai membuat pantai Kukup ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pantai kukup ini terdapat banyak gua-gua karang yang sering dipakai bermain oleh wisatawan dan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Beberapa dari gua-gua tersebut digenangi oleh air laut yang didalamnya juga terdapat biota laut lainya. Selain itu Di sebelah timur dari pantai Kukup ini terdapat sebuah pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino. Antara Pantai Kukup dan pulau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dapat dilewati oleh wisatawan yang akan melihat pulau tersebut dari dekat. Di pulau Jumino tersebut terdapat sebuah gardu pandang yang sengaja dibangun untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut lepas dari pulau tersebut. Untuk menuju gardu pandang tersebut kita bisa melewati tangga yang ada di dekat bibir pantai. Di pulau jumino kita bisa menikmati indahnya sunset maupun sunrise yang mengagumkan :))

  3. Pertama kesini waktu 1 Apr 2018 . Penasaran selain di Indrayanti ternyata ada pa tai yg rame dan keren juga.. . Di sini air nya JERNIH BANGET.. Serius bagus… Ikan,karang,bintang laut. Bisa liat tembus karna airnya jernih banget.. . Disini ada spot buat foto2 juga di pondok atas batu besar si atas tulisan KUKUP BEACH.. . Fasilitas : . -Ada kamar mandi ,ini bayar . Dan GAK REKOMENDASI PAKE KAMAR MANDI YG DEKET PANTAI. AIRNYA KERUH YANG JAGA NENEK2 JUGA TIDAK SOPAN.. Saya pribadi menyarankan buat ke toilet yang agak maju lagi ke arah tempat parkir. Disini toilet nya ga cuma 1 spot aja . Ada 2 spot. Tiap spot ada kira2 mungkin 7 toilet.. Saya mandi disini bayar 3000 tp nyesel karna air nya super duper keruh dan bau. 😭😭. . -Banyak banget yang jual makanan jajanan minuman kelapa asli juga ada. Saya beli kelapa harga 12RB aja dapet 1 buah ala pantai2 ga lengkap kalo ga beli kelapa😁 Saya jg sempet makan bakso dan mie kukup di salah 1 RM disitu. Disitu RM nya bny ga cuma 1 hidangan ala2 seafood tp ada yg non seafood jg kok.. . -PARKIR MOTOR BAYAR 3000. – Disini saya juga bayar biaya HTM itu 20K jadi masing2 orang 10K sebebernya cuma 9500 aja tapi 500 nya lagi biaya admin #LOL . . *JARAK . Pertama kita masuk ketemu loket HTM dlu itupun belom sampe masih cari pantainya lagi . KARNA TERNYATA HTM INI BISA DIPAKE BUAT KEBEBERAPA PANTAI LAINYA. Intinya masuk ke kawasan itu mau ke mana aja terserah tapi bayar HTM nya disitu dan segitu. . Ada ke PANTAI BARON juga. . Cumaa setelah sampe di pantai bayar duit parkir lagii 😅😅. . *SEBELUM SAMPAI LOKET HTM. Banyak yg jual WALANG GORENG . Harga 35k pake toples. Kalo yang sachet 10K doang tp saya ga beli karna jijik makan nya 😂😭. Cuma sempet tanya2 harga aja .. . *SARAN . Lebih baik isi bensin full ya sbm ke sini. Karna beli bensin eceran di sini mahal.. 1LT = 10K Bosss 😭 . Juga CEK RANTAI MOTOR DAN REM MOTOR.. Jalur kesini banyak naik turun nya. Bahkan ada jalan yg banyak pasir. Kalo ga bener2 bagus kondisi motor lebih baik jangan. Dr pada kecelakaan. Disini banyak BUS PARIWISATA lewat juga soalnya. . . Sekian – Semoga Info saya membantu ☺👍-

  4. Pantai ini sangat bersih pasirnya putih dan juga menyediakan beberapa alat pantai untuk disewakan seperti tikar dan ember emberan kecil untuk bermain pasir di Pantai kukup ini, di beberapa bagian pantai ini mulai dari sebelah Timur maupun barat terdapat beberapa bebatuan karang yang sangat besar. Dan air pantai ini sangatlah deras ombaknya dan juga di bagian atas karang sebelah Timur ada sebuah bangunan sperti pos dimana fungsinya untuk para turis dan tamu yang beristirahat maupun berfoto” dan juga menyewakan tempat untuk destinasi foto diatas karang dengan membeli, tiket seharga 5000 untuk foto” brsama kluarga, teman, pasangan.

  5. wahai sahabat turis local maupun tuoris non local kalau anda berkunjung ke pantai kukup jangan lupa berkunjung jg ke pantai baron hanya jarak berdekatan anda bisa menghemat waktu. jadi anda harus menikmati dgn santai gak usah buru buru , jgn lupa kalau ke pantai kukup naik ke puncak gunung di sana ada bangunan untuk bersantai dan anda sembari bersyukur .,kepada Tuhan yg maha esa itulah salah satu kuasa Alloh.semoga anda puas, selamat menikmati, hati hati jaga diri.smoga Alloh bersama kita Amien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *