Pantai Kukup

Pantai Kukup

Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Berbicara tentang wisata di Yogyakarta, pastinya Anda akan menyebutkan beberapa nama tempat wisata salah satunya pantai. Ketika Anda mengunjungi kota gudeg ini, Anda akan disuguhi berbagai macam pantai dengan keindahan yang mempunyai ciri khas. Salah satunya pantai bernama Kukup yang dikenal sebagai pantai dengan ombaknya yang menggulung menawan.

Sebelum ke pantai Kukup dan menikmati keindahan obyek wisata di sana, Anda perlu mengetahui beberapa informasi penting. Informasi tersebut yaitu mengenai harga tiket masuk, akses maupun rute menuju pantai tersebut, dan apa saja obyek wisata yang bisa Anda nikmati. Sehingga Anda dapat bersiap-siap dan merencanakan liburan di pantai Kukup agar semakin seru dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Kukup

Sama seperti pantai lain di Gunungkidul, untuk dapat menikmati segala obyek wisata yang menarik di sana, Anda harus membayar tiket masuk. Namun tidak perlu khawatir, harga tiket masuk di pantai Kukup sangat terjangkau yakni hanya Rp. 10.000 setiap pengunjung. Dan untungnya lagi, selain murah, dengan tiket yang sudah Anda beli tersebut, Anda dapat mengunjungi 2 pantai eksotis lainnya yaitu pantai Krakal sekaligus Sundak.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kukup

Akses untuk pergi ke pantai cantik ini sangat mudah. Pantai yang terletak di sebuah desa bernama desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul ini ternyata letaknya bersebelahan dengan pantai Baron. Menuju ke pantai yang pesonanya sangat menakjubkan ini bisa dengan kendaraan bermotor maupun mobil namun jalurnya bisa dikatakan sangat berkelok. Jadi Anda harus berhati-hati saat di perjalanan.

Pantai Kukup mempunyai beberapa rute yang bisa Anda lewati. Rute yang pertama yaitu dimulai dari Jalan Jogja-Solo. Ikut jalan tersebut menuju ke arah Candi Prambanan. Tepat setelah Candi Prambanan terdapat simpang tiga. Ambil arah kanan dari simpang tiga tersebut lalu mengikuti jalan hingga sampai di jalan Baron. Dari lokasi ini Anda akan segera tiba di pantai Kukup.

Anda juga bisa melalui rute yang lain sesuai posisi Anda agar tidak terlalu jauh. Rute ini dimulai dari kota Yogyakarta. Jika Anda sedang berada di daerah kota, Anda bisa langsung menuju ke Jalan Ringroad Selatan. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di jalan Wonosari atau tepatnya simpang empat kedua setelah setelah terminal Giwangan. Kemudian ikuti jalan hingga tiba di Jalan Baron. Dari Jalan Baron, Anda akan melewati jalur yang sama dengan rute yang sudah dipaparkan di atas.

Obyek Wisata di Pantai Kukup

Tahukah Anda beberapa obyek wisata andalan di pantai Kukup? Obyek wisata tersebut pastinya akan membuat liburan Anda semakin terasa berkesan, seru, sekaligus menyenangkan. Tak heran jika banyak orang berkunjung ke tempat wisata pantai ini dan ingin kembali lagi. Inilah beberapa objek wisata yang patut Anda coba di pantai Kukup ini.

1. Gardu pandang di pulau karang

Gardu Pandang Pantai Kukup

Inilah salah satu obyek wisata yang menjadikan pantai Kukup ini diburu oleh banyak wisatawan. Di pantai ini terdapat pemandangan khas berupa sebuah pulau karang yang terdapat sebuah gardu pandang di atasnya. Sangat strategis untuk berfoto dan melihat pemandangan matahari terbenam.

Anda pun bisa menuju atau menyeberang menuju pulau karang tersebut. Anda bisa menggunakan sebuah jembatan yang sudah disediakan pihak pengelola untuk pengunjung. Setelah menyeberang menggunakan jembatan, Anda terlebih dahulu akan menaiki bukit pulau tersebut. Sehingga mencapai puncak pulau karang dan menikmati pemandangan khas di sana.

2. Wisata budaya pantai Kukup

Tak hanya wisata alam yang bisa Anda lakukan di pantai satu ini. ternyata di pantai ini biasa digelar sebuah upacara adat yang bernama Sedekah Laut. Kegiatan berupa upacara adat ini biasanya dilakukan tepat saat bulan Suro (dalam penanggalan Jawa). Upacara ini disebut-sebut sebagai upacara persembahan kepada Ratu Pantai Selatan yang dilakukan dengan melarungkan berbagai sesaji yang telah disipakan ke laut. Upacara tersebut dipimpin oleh seorang ketua dari ahli kunci pantai Kukup.

3. Melihat aneka biota laut

Saat air laut surut, Anda bisa dengan mudah menemukan aneka biota laut dipinggiran pantai. Anda bisa menemukan banyak tersebar bulu babi yang berwarna hitam, kerang-kerang serta alga laut, berbagai macam ikan, dan lain sebagainya. Ikan dan kerang juga bisa Anda beli di toko-toko di sekitar pantai ini dalam bentuk hiasan karang dalam berbagai macam bentuk dan ikan hias.

4. Spot foto menakjubkan

Spot Foto Pantai Kukup

Liburan ke pantai tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen dalam bentuk foto. Di pantai ini, Anda akan disuguhi banyak sekali spot yang bagus untuk foto Anda. Misalnya ketika matahari tenggelam dan air sedang surut, perpaduan antara langit dan siluet bebatuan akan menghadirkan nuansa eksotis untuk foto Anda.

Selain itu Anda juga bisa berfoto di jembatan menuju ke pulau karang kecil. Tentunya pemandangan ini jarang Anda dapatkan di pantai-pantai lain. Anda pun dapat mengambil gambar dengan latar belakang bebatuan karang dan birunya langit serta dipadu dengan deburan ombak. Anda hanya perlu menyiapkan kamera dengan pose yang keren untuk mengabadikan momen liburan seru di pantai Kukup.

Liburan di tempat wisata alam seperti pantai Kukup memang menyenangkan sekaligus dapat menyegarkan pikiran yang suntuk. Apalagi jika liburan ke sana bersama orang-orang tercinta seperti sahabat atau orang tua. Dengan tarif tiket yang murah serta akses yang mudah Anda bisa menikmati semua keindahan pantai Kukup ini. Liburan pun akan semakin bermakna dan menyenangkan.

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Kukup

  1. Pertama kesini waktu 1 Apr 2018 . Penasaran selain di Indrayanti ternyata ada pa tai yg rame dan keren juga.. . Di sini air nya JERNIH BANGET.. Serius bagus… Ikan,karang,bintang laut. Bisa liat tembus karna airnya jernih banget.. . Disini ada spot buat foto2 juga di pondok atas batu besar si atas tulisan KUKUP BEACH.. . Fasilitas : . -Ada kamar mandi ,ini bayar . Dan GAK REKOMENDASI PAKE KAMAR MANDI YG DEKET PANTAI. AIRNYA KERUH YANG JAGA NENEK2 JUGA TIDAK SOPAN.. Saya pribadi menyarankan buat ke toilet yang agak maju lagi ke arah tempat parkir. Disini toilet nya ga cuma 1 spot aja . Ada 2 spot. Tiap spot ada kira2 mungkin 7 toilet.. Saya mandi disini bayar 3000 tp nyesel karna air nya super duper keruh dan bau. 😭😭. . -Banyak banget yang jual makanan jajanan minuman kelapa asli juga ada. Saya beli kelapa harga 12RB aja dapet 1 buah ala pantai2 ga lengkap kalo ga beli kelapa😁 Saya jg sempet makan bakso dan mie kukup di salah 1 RM disitu. Disitu RM nya bny ga cuma 1 hidangan ala2 seafood tp ada yg non seafood jg kok.. . -PARKIR MOTOR BAYAR 3000. – Disini saya juga bayar biaya HTM itu 20K jadi masing2 orang 10K sebebernya cuma 9500 aja tapi 500 nya lagi biaya admin #LOL . . *JARAK . Pertama kita masuk ketemu loket HTM dlu itupun belom sampe masih cari pantainya lagi . KARNA TERNYATA HTM INI BISA DIPAKE BUAT KEBEBERAPA PANTAI LAINYA. Intinya masuk ke kawasan itu mau ke mana aja terserah tapi bayar HTM nya disitu dan segitu. . Ada ke PANTAI BARON juga. . Cumaa setelah sampe di pantai bayar duit parkir lagii 😅😅. . *SEBELUM SAMPAI LOKET HTM. Banyak yg jual WALANG GORENG . Harga 35k pake toples. Kalo yang sachet 10K doang tp saya ga beli karna jijik makan nya 😂😭. Cuma sempet tanya2 harga aja .. . *SARAN . Lebih baik isi bensin full ya sbm ke sini. Karna beli bensin eceran di sini mahal.. 1LT = 10K Bosss 😭 . Juga CEK RANTAI MOTOR DAN REM MOTOR.. Jalur kesini banyak naik turun nya. Bahkan ada jalan yg banyak pasir. Kalo ga bener2 bagus kondisi motor lebih baik jangan. Dr pada kecelakaan. Disini banyak BUS PARIWISATA lewat juga soalnya. . . Sekian – Semoga Info saya membantu ☺👍-

    2 April 2018, 10:26 WIB

  2. tempatnya cukup bersih, apalagi pas surut aman buat main anak2, bisa ajak anak cari ikan kemudian dilepaskan lagi, pasirnya putih, banyak tukang foto yg buntutin, cukup murah sebenernya 1foto 10rb sudah cetak, kalau gak mau cetak bisa minta kirim file, lebih murah malahan 3file 10rb,, lumayan yg mau foto dg hasil jernih ala DSLR,, parkir gak terlalu jauh juga, jalan juga gak lama,dipinggir2 jalan banyak yg jual ikan laut/udang/rumput laut,, saranin kalau mau lgsg dimakan nunggu yg anget aja,,

    2 Juni 2018, 18:34 WIB

  3. Pantai berpasir putih yang cukup cantik. Anak-anak bisa bermain air disini tentunya dengan pengawasan orang tua. Lahan parkir cukup luas, ada toilet/kamar mandi dan musholla. Jangan lewatkan pantai yang satu ini karena cukup eksotis untuk dinikmati. Letak disamping pantai Baron.

    26 Juni 2018, 02:56 WIB

  4. kalo datang ke pantai ini kita pasti akan ditawarkan jasa pemotretan…pemotretan dengan properti juga ada..dengan harga murah kamu bisa dapatin foto yang keren2.sengaja datang kesini mo liat sunset tapi hari itu cuaca tidak mendukung..Ya sudahlahalhasil dengan bujukan dan rayuan para fotografer(jasa pemotretan)sayapun akhirnya melakukan sesi pemotretan bak seperti model.

    26 Juni 2018, 03:43 WIB

  5. Pantainya ok, pasirnya putih halus, tapi karena pantai kukup menghadap samudera Hindia jadi ombaknya cukup besar dan disarankan untuk tidak berenang. Akan tetapi prasarana & sarana di pantai kukup terbilang kurang layak, harus ada pembenahan dari pemerintah setempat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke pantai kukup.

    26 Juni 2018, 04:15 WIB

  6. tempat yg mantap utk berwisata…. sebaiknya kalau berangkat k pantai ini jadwalkan utk tiba sekitar sore hari…karna sudah tdk terlalu ramai. ..dan lebih asik menikmatu pemandangan…..air sudah mulai surut danbisa menikmati foto2 diatas karang….

    15 Juli 2018, 04:03 WIB

  7. Pantai dengan paket komplit,,, mungkin karena pantai ini merupakan salah satu dari tiga pantai yang pertama populer di gunung Kidul (baron, kukup, krakal), di pantai ini kita bisa menghabiskan waktu seharian tanpa ingin pindah tempat,,, karna pantai yg lumayan luas,, tidak terlalu panas,, angin jg tidak terlalu kencang,, ada karang2 besar yg bisa kita susuri,, jd kita bisa menikmati pantai dr atas tebing,,,. Di kukup jg banyak penjual makanan yg tidak hanya menyajikan makanan khas pantai saja,, banyak pilihan menu seperti bakso, mie ayam, lotek, dan yg pasti udang, ikan, cumi dan sajian khas pantai lainnya,,. Penjual souvenir, baju dan oleh2 pun tertata rapi di pantai yang sejuk ini,,, saya berkali kali datang dan tak pernah bosan,,,

    17 Juli 2018, 17:51 WIB

  8. Penginapannya murah, cuma 100rb (di hari prtama lebaran) , hr biasa mungkin lbih murah lagi…lebaran 2018 saya menginap di penginapan sido rukun…paling deket dari bibir pantai kukup…so..bisa menikmati suasana pantai di malam dan subuh hari…indaaahhh…

    18 Juli 2018, 20:42 WIB

  9. Pantai yg indah. Persis seperti pantai di bali. Dengan pemandangannya yang indah serta orang orangnya yang ramah tama. Dan menyajikan makanan laut yang beraneka ragam lainnya sehingga banyak orang orang yang berpergian kesana untuk melihat secara langsung pantai kukup ini. Gak perlu pergi ke bali kalo mau liat pantai. Jogja juga ada pantai yang indahnya seperti bali. Udara yang segar juga membuat ingin kita datang lagi ke kukup

    19 Juli 2018, 00:59 WIB

  10. Pantai ini terletak di kawasan selatan Kabupaten Gunungkidul. Kabupaten Gunungkidul memang sangat terkenal dengan potensi eisata pantai yang seakan tidak pernah habis, dan selalu menarik untuk di eksplor. Pantai yang cantik dengan pasir putih, ada bukit2 kecil, ada jembatan menuju pulau kecil diseberang pantai. Pantainya juga cukup teduh. Banyak spot foto yang ciamik. Instagramable. Pemandangan dari atas bukit2 disekitar pantai ini juga sangat baguuuss. Recommended sebagai salah satu pilihan wisata pantai.

    23 Juli 2018, 18:42 WIB

  11. Salah 1 pantai yang ada di kawasan pantai sepanjang gunung kidul, suasana yang masih asri, parkiran yang luas, namun sayangnya kita ga bisa main air laut dari pasir, soalnya banyak batu karang. Tapi jangan khawatir pemandangan di tempat ini ga kalah kerennya di bandingkan pantai2 lain yang ada di sekitarnya, buat yang prewed jg cocok.

    28 September 2018, 16:38 WIB

  12. Pantai dengan keindahan alam mempesona. Pantai pasir putih ini banyak karang. Akan terlihat karang di mulut pantai saat air surut. Pantainya bersih, namun masih juga ada satu dua yg buang sampah sembarangan. Akan lebih bagus jika ditambah tong sampah di bawah deket pantai agar lebih terlihat bersih. Ada pula gardu pandang untuk selfie yang menakjubkan…

    28 September 2018, 21:59 WIB

  13. Bagus, bersih, tapi saya lebih suka sama yang pesisir laut nya pasir, kalau karang agak takut-takut wkwk. Rasanya geli takut. Kalau disini karang-karang, jadi jalan nya sambil lihat-lihat takut nginjak bulu babi. Disini banyak kelomang nya imut wkwk

    10 Oktober 2018, 01:14 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Kukup

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *