Kereta Gantung Pantai Timang

Pantai Timang

Alamat: 55881, Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(3.4/5) Baca ulasan

Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tarik wisata ini justru bukan terletak di pantai ataupun keindahan lautnya, tapi para pengunjung lebih tertarik akan wahana dan pulau kecil yang ada di sebrang pantai. Sebenarnya bukanlah gondola dan jembatan gantung yang di tekankan untuk menjadi daya tarik wisata di pantai ini.

Selain itu, jika anda mengunjungi pantai ini, anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai lain yang berada di sekitarnya seperti Pantai Seruni, Pantai Siung, Pantai Nglambor dan Pantai Pok Tunggal. Tidak ada salahnya jika anda mengunjungi pantai ini bersama keluarga maupun teman-teman, karena pantai ini memiliki wahana yang benar-benar menantang adrenalin dan wahananya membuat ketagihan ingin menaikinya lagi.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini merupakan tempat yang tepat bagi anda melakukan liburan seru bersama keluarga atau dengan teman-teman anda. Terlebih lagi anda bisa menikmatinya dengan harga tiket masuk yang terbilang murah atau dengan kata lain sangat terjangkau. Untuk Tiket masuk pantai hanya Rp 10.000,- per orang sudah termasuk kendaraan motor anda. Liburan pun tak harus mahal jika pergi ke pantai ini.

Akses Lokasi

Jika anda belum pernah sama sekali berwisata ke Pantai –pantai yang ada di daerah Gunung Kidul, anda akan merasa kesulitan untuk mencari rute yang menuju Pantai Timang ini. Namun anda bisa menggunakan rute yang dijelaskan dengan lengkap di bawah ini sehingga perjalanan anda semakin mudah dan tidak tersesat.

Rute dari Kota Yogyakarta ke lokasi berjarak sekitar 50 kilometer dan bisa di tempuh melalui jalur yang ke arah Wonosari. Kemudian dari daerah Wonosari anda melalui jalur yang ke arah Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron ada pertigaan ambil kiri yang ke arah Pantai Siung. Sampai di Pasar Dakbong belok ke Pantai Timang, anda bisa melihat petunjuk jalan yang menuju Pantai Timang.

Jalanan yang menuju lokasi masih bagus sampai masuk ke Desa sekitar Pantai Timang. Setelah beberapa ratus meter dari jalan desa, jalur yang akan anda tempuh penuh dengan bebatuan kapur mulai dari yang ukurannya kecil sampai ukuran besar. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tetap berhati-hati. Setelah itu baru ada jalur yang sudah di cor.

Pemandangan di sekitar perjalanan penuh dengan nuansa hijau, yang dapat membuat anda lupa bahwa sedang melewati jalan bebatuan. Tetap waspada terhadap jalan berbatu agar selamat samapi di tujuan anda yaitu pantai Timang. Setelah sampai di permukiman penduduk, anda akan segera bertemu pangkalan ojek yang menawarkan jasanya dari pintu masuk sampai ke parkiran Pantai Timang.

Pilihan Aktivitas

1. Gondola

Jembatan Pantai Timang

Daya tarik wisata di pantai ini adalah dengan keberadaan wahana Gondola yang dapat memacu adrenalin para pengunjung yang ingn mencoba menaikinya, bagaimana tidak, gondola tradisional yang terbuat dari kayu dan di gerakan dengan tenaga manusia.

Kemudian kita naiki untuk menyebrang laut yang di bawahnya ada ombak besar dan angin yang kencang membuat setiap pengunjung yang menaiki wahana ini berteriak. Entah bagaimana, malah pengunjung yang datang kesini dengan alasan merasa penasaran untuk menaiki gondola dan jembatan gantung, serta ingin merasakan sensasi berada di bukit karang dengan deburan ombak yang besar dan anginnya.

Namun kegunaan gondola bukan hanya untuk para pengunjung saja, warga sekitar / nelayan yang ingin mencari udang ke pulau itupun menggunakan jasa gondola ini. Karena angin serta ombak yang terlalu besar, tidak memungkinkan para nelayan / warga menyebranginya dengan perahu tradisional.

Gondola di sini bukanlah gondola modern, tetapi gondola tradisional yang dibuat dari kayu yang diikat dengan tali tambang. Alasan menggunakan tali tambang ini karena tali tambang di anggap lebih kuat jika terkena air laut dibandingkan dengan penggunaan sling yang terbuat dari besi atau baja.

Tiket naik gondola ini sebesar Rp. 200.000,- untuk bolak balik dari pantai ke bukit karang dan dari bukit karang ke pantai, awalnyauntuk menaiki gondola ini tidak dikenakan biaya, karena antusiasme pengunjung yang ingin mencobanya dan ingin berada di bukit karang, membuat warga menarifkan harga untuk perjalanan bolak balik.

2. Bukit Karang

Obyek wisata selanjutnya yaitu Bukit Karang. Ikon di Pantai ini adalah dengan keberadaan sebuah bukit karang yang besar di pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari pantai, di pulau ini juga sudah tersedia beberapa spot untuk berfoto. Pulau ini juga digunakan oleh para nelayan untuk mencari udang lobster.

3. Jembatan Gantung

Jembatan Pantai Timang

Selain bukit karanga, ada juga sebuah jembatan gantung. Saat ini sudah di bangun fasilitas jembatan gantung yang digunakan sebagai alternatif para pengunjung untuk menyebrangi laut menuju Bukit Karang. Tiket naik jembatan gantung sebesar Rp. 100.000,- untuk bolak balik dari pantai ke bukit karang dan dari bukit karang ke pantai lagi.

4. Makanan Olahan Laut

Di pantai ini juga menyediakan olahan lobster hasil tangkapan nelayan di Bukit Karang. Jika belum ada perubahan, harga per kilogramnya sekitar Rp.400.000,-. Liburan semakin lengkap dengan berwisata kuiner di pantai dengan pemandangan khas ini.

Karena fasilitas di pantai ini masih terbatas, disarankan agar anda mempersiapkan dan membawa perlengkapan keperluan anda. Karena masih sedikit yang berjualan makanan dan minuman, jangan lupa untuk membeli makanan sebelum sampai ke lokasi. Semoga liburan anda menyenangkan.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Timang

  1. Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan pantai indah Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju pantai ini Anda akan melakukan perjalanan yang cukup menantang serta menguji adernalin Anda. Jalan yang akan dilewati sungguh sangat terjal dan berbatu yang lumayan menguras tenaga. Jalan batuan di sepanjang perjalanan masuk menuju pantai Timang seperti pecahan karang yang lumayan tajam dan lancip dengan medan jalan yang bergelombang naik turun. Pengunjung pada pantai ini juga belum sebanyak pantai lainnya yang ada di Gunung kidul.. . Pantai Timang ini memiliki sebuah pemandangan eksotis dan sangat menawan dan di pantai ini memilik sebuah pulau yang bernama pulau Timang. Pulau Timang yang ada di pantai ini memang tidak seperti pulau-pulau pada umumnya, yang biasanya pulau berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Namun pada pulau timang ini tidak lebih hanya berupa bongkahan batu karang dan tajam serta memiliki tebing yang sangat curam.. . Untuk menuju pulau Timang ini Anda harus menyebrang dengan menggunakan semacam gondola tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu yang dirangkai sedemikian rupa dengan menggunakan tambang tali plastik yang sangat kuat sehingga dapat menopang berat badan, namun dibutuhkan tenaga manusia oleh beberapa orang agar gondola tersebut bergerak ke arah pulau Timang.. . Gondola itu sendiri mengantarkan pengunjung ke pulau Timang sejauh hampir 100 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari permukaan laut. Dibutuhkan mental yang kuat untuk menaiki gondola ini, karena sepanjang perjalanan menuju pulau Timang tersebut Anda bakal meluncur sendirian menaiki gondola di atas lautan yang memiliki ombak yang sangat besar dan terkadang mengenai siapapun yang akan menyebrang ke pulau tersebut.. . Di balik kerasnya perjuangan dan besarnya nyali untuk menuju kesana, semua akan terbayar oleh indahnya pulau Timang dan siapa sangka pulau ini merupakan tempat yang paling baik di Gunung Kidul untuk mencari hasil laut terutama lobster yang begitu sangat dicari-cari. Masyarakat setempat sering menggunakan gondola atau kereta gantung ini menuju pulau Timang untuk mencari lobster.. . Untuk pengunjung yang akan menggunakan jasa gondola ini dikenakan tarif Rp150.000/orang pulang pergi. Tapi, kalau Anda cuma mau foto saja tanpa nyebrang dikenakan biaya sebesar Rp50.000.

    5 April 2018, 05:38 WIB

  2. Pantai timang merupakan pantai dengan batu karang yg terjal n besar2..pantai timang tempat nelayan menangkap lobster tapi sekarang jadi tempat wisata juga mengundang adrenalin karena letak pantainya yg terjal penuh karang, perjalanan kesana yg hy berjarak 8 km dr pantai indrayanti dengan jalan berkelok ciri khas jln gunung kidul, jalan masuk ke pantai belum ada jln aspal hy jln setapak jika menggunakan mbl bisa tetapi hy jeep yg cocok, mbl mpv disarankan parkir di t4 tertentu dan dilanjutkan memakai jasa ojek motor ongkosnya 50K pp. . Pantai indah banget biru, pantainya msh perawan tapi gelombangnya gede bgt ga disarankan untuk mandi ataupun berenang, disana ada pulau karang yg letaknya berseberangan untuk bisa kesana ada jembatan atau gondola sederhana yg dibuat oleh para nelayan untuk menyebrang setelah menangkap lobster tp disewakan juga bg wisatawan tarif menyebrang jembatan 100K tarif naik gondola 150K cukup mahal memang mengingat medan yg ditempuh penuh perjuangan, spot2 photo ke laut lepas ada jg dikenakan tarif 5K-30K tergantung tempatnya..

    17 Juni 2018, 20:37 WIB

  3. Lokasi menuju kesana sulit harus sewa mobil jeap harga sekitar 400-600k dan kalo mau nyebrang ke pulaunya 1 orang bayar 100k mahal banget padahal cuma nyebrang jembatan đŸ˜‘ kantin nya murah tapi

    23 Juni 2018, 13:13 WIB

  4. Gak rekomen buat yg pengen menikmati pantai dengan santai.. Gak bisa masuk pake mobil sendiri, harus rental jip atau ojek yg sudah menghadang di jalan masuknya… Sewa jip minimal 300rb…. . Gak bakal rame pantai yg begini cara kelola nya…

    27 Juni 2018, 04:05 WIB

  5. Bagus sih KERENNN…!! Cuma Sayangnya untuk menuju tempat ini masih harus mengunakan mobil jeep/susuki katana dgn biaya 350 rbu PP dgn jarak kira² 3 km dari lokasi parkir mobil karena akses jalan masih bebatuan,,,dan setiap spot untuk foto dan menyeberang ke pulau tidak sedikit menguras isi kantong,mohon dinas pariwisata DIY segera turun tangan untuk mengelola kawasan ini,krn masih dimonopoli warga sekitar

    27 Juni 2018, 22:51 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Timang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *