Pantai Losari

Pantai Losari

Desa Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112, Indonesia.

13 Ulasan

Apakah Anda tahu ikon kota Makassar yang paling terkenal? Ya, tentu saja ada Pantai Losari. Siapa sih yang tidak kenal pantai yang satu ini?

Kenal bukan berarti sudah pernah mengunjungi ya? Pastikan Anda mampir di pantai ini jika sedang berlibur di kota Makassar ya.

Apakah Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui informasi Pantai Losari? Silahkan simak ulasan berikut ini ya!

Sejarah Pantai Losari

Sejarah Pantai Losari

Pantai Losari terletak di Desa Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai ini ternyata memiliki cerita unik. Dahulu kawasan ini merupakan suatu tempat yang digunakan untuk berjualan ikan pada pagi hari hingga siang hari.

Ketika hari mulai siang maka pasar ikan tersebut berubah oleh para pedagang sebagai tempat berjualan berbagai makanan hingga malam hari.

Kawasan pantai tersebut berubah dipenuhi dengan deretan warung-warung tenda yang saling menyambung. Panjangnya pun bisa mencapai satu kilometer. Maka, kawasan ini dijuluki sebagai pantai dengan meja dan warung paling panjang.

Adanya aktivitas tersebut menjadikan pantai ini selalu ramai. Saat ini, warung-warung tersebut telah dipindahkan dan tidak lagi berada di sepanjang pantainya langsung melainkan berada di sekitar Pantai Losari, tepatnya di depan rumah Walikota Makassar.

Jika dilihat dari sejarah, Pada tahun 1945 panitia ini melakukan pembangunan yang merupakan ide dari walikota pada masa tersebut. Awal dari pembangunan ini dilakukan dengan pemasangan lantai yang terbuat dari beton yang memiliki panjang hingga 910 meter.

Pemasangan lantai ini bukan hanya sebagai pembangunan tetapi diharapkan menjadi pelindung kawasan pantai dari terjangan ombak. Setelah pembangunan tersebut, maka mulailah dibangun sarana dan prasarana lain yang berfungsi untuk menarik para wisatawan.

Nama Pantai Losari ini hingga kini belum diketahui asalnya, apakah diambil dari bahasa Belanda atau diambil dari bahasa Makassar.

Namun, jika diterjemahkan menggunakan bahasa Jawa,  “Los” berarti area yang digunakan untuk kegiatan jual beli dan “Ari” merupakan makna selaput pembungkus atau yang menyalurkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari

Pantai Losari Makassar

Meskipun Pantai Losari sangatlah terkenal dan populer tetapi Harga tiket masuk bagi wisatawan di Pantai ini tidak ada alias gratis.

Jadi Anda bisa datang sesuka hati mengajak teman ataupun keluarga untuk mengunjungi pantai ini.

Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini agar keindahan dan kebersihan pantai tetap terjaga meskipun dikunjungi oleh ramai wisatawan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Losari

Akses menuju Pantai Losari cukup mudah. Mengingat pantai ini merupakan pantai yang populer dan ramai maka Anda dapat memanfaatkan aplikasi google maps sebagai penunjuk jalan.

Apabila Anda dari Bandara Hasanuddin, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 45 menit perjalanan dengan mengendarai kendaraan bermotor, namun apabila dari pelabuhan Soekarno-Hatta hanya akan membutuhkan sekitar 20 menit saja.

Objek Wisata Pantai Losari

Apa saja objek yang bisa Anda temukan di pantai ini? Berikut daftarnya:

1. Bermain Di Pinggir Pantai

Wisata Pantai Losari

Perairan pantai ini cukup dalam, namun sejak 2018 Pemerintah setempat dan pengelola berusaha menciptakan wahana berupa pasir putih dan area renang.

Berkat pengelolaan itulah maka hingga saat ini, Pantai Losari memiliki wahana berenang dan pasir yang dapat digunakan oleh para wisatawan.

Para wisatawan juga dapat menikmati pantai hanya dengan melihat pemndangan pantai di pinggir pantai Losari ini. Pinggir pantai ini sudah dibangun sangat indah dan sangat memnajakan para wisatawan.

2. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Losari

Selain pantai ini begitu populer, ternyata Pantai Losari juga dinobatkan sebagai pantai dengan spot sunset terbaik. Anda bisa menikmati suasana ini ketika senja mulai tiba.

Pemandangan ini akan jelas jika cuaca pantai sedang cerah. Jangan lupa juga ya untuk mengabadikan momen sunset ketika berada disini karena begitu menakjubkan.

3. Mengunjungi Pulau Samalona

Rute Menuju Pantai Losari

Objek wisata ini juga menawarkan keindahan Pulau Samalona. Pulau Samalona ini berada di seberang pantai.

Jika Anda ingin mengunjunginya cukup mudah kok. Anda bisa berjalan melalui dermaga lalu menaiki perahu kayu yang sudah tersedia dengan menyewa pada pengelola atau penjaga.

Pulai ini terlihat kecil, namun memiliki keindahan yang cukup. Ketika berada di pulau ini, Anda bisa bermain pasir putih, menyelam dan bahkan berenang di air lautnya yang dangkal dan jernih.

4. Memancing

Mancing Di Pantai Losari

Jika Anda memiliki hobi memancing, tak perlu bingung. Karena pantai ini juga memiliki tempat yang bisa digunakan sebagai spot memancing.

Untuk ikan yang berada disini pun lumayan banyak dengan berbagai ukuran dari kecil hingga lumayan besar. Anda bisa mencobanya dan pastinya akan merasa asik mengingat cukup terdapat banyak ikan.

5. Bermain Futsal

Berbeda dengan pantai lainnya, ternyata di pantai ini telah tersedia tempat untuk bermain futsal loh. Tepatnya berada di tepian pantai.

Akan terasa begitu asyik jika Anda mengajak teman-teman atau komunitas organisasi untuk bermain futsal di pantai ini. Nah biasanya banyak pengunjung yang datang untuk bermain futsal pada sore hari.

6. Melihat Pantai di Anjungan

Pantai Losari Kota Makassar

Daya tarik lain dari Pantai Losari yaitu terdapat Anjungan. Anjungan-anjungan ini berada di tepi laut yang bisa dimanfaatkan oleh banyak pengunjung dalam berbagai kegiatan.

Uniknya, nama-nama anjungan ini diberikan berdasarkan nama suku yang ada di Makassar. Seperti Anjungan Bugis, Anjungan Makassar, Anjungan Toraja dan juga Anjungan Mandar.

7. Cafe dan Restoran Apung

Fasilitas Pantai Losari

Keunikan lain yaitu terletak berada di sisi sebelah selatan Pantai Losari. Dikarenakan Anda akan menemukan kafe dan restoran terapung.

Kafe dan restoran apung ini berada di atas kapal tradisional. Dengan menyediakan berbagai pilihan menu, seperti masakan ikan, cumi-cumi hingga lobster dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas di Pantai Losari

Mengingat pantai ini sudah dikelola sejak dahulu, maka berbagai fasilitas bagi pengunjung sudah tersedia, seperti:

1. Wifi

Berada di suatu wisata pantai biasanya para pengunjung kehilangan sinyal telepon seluler. Namun ketika berada di Pantai Losari ini, Anda tak perlu khawatir.

Adanya jaringan hotspot atau jaringan wifi yang sudah tersedia di pantai ini bisa dijadikan sebagai daya tarik untuk berlibur sambil merekam momen ke media sosial.

Hotspot wifi area ini juga dimaksudkan untuk memaksimalkan tawaran menarik sekaligus mempromosikan pantai losari melalui media sosial.

2. Area Parkir

Pantai Losari juga dilengkapi dengan fasilitas parkir area. Meskipun pantai ini tidak memiliki harga tiket masuk, namun sebaiknya anda tetap membayar parkir Rp. 3000 sampai Rp 10.000 tergantung pada jenis kendaraan yang diparkir sebagai imbalan jasa para pengelola.

3. Warung Makan

Berwisata memang akan menguras tenaga dan terutama membuat perut keroncongan. Namun, berada di pantai Losari tak perlu khawatir karena pantai ini juga memiliki warung makan.

Di kawasan pantai ini Anda akan menemui berbagai makanan khas makassar, seperti pallu butung, pisang epe, pisang ijo, sop konro, coto makassar dengan harga yang terjangkau sehingga tidak membuat kantong anda bolong.

4. Masjid Amirul Mukminin

Yang menjadi daya tarik sekaligus fasilitas pendukung di pantai ini yaitu adanya Masjid Amirul Mukminin. Masjid ini memiliki 2 menara dan 2 kubah.

Selain itu, masjid ini merupakan sebuah masjid yang dibangun secara terapung. Di atas berdiri kokoh dan mampu menampung sekitar 400 jamaah.

Nah, itulah informasi mengenai objek wisata Pantai Losari. Sangat menarik bukan? Oya, jangan lupa juga ya bila akan mengunjungi Pantai Losari sempatkan juga untuk mampir ke pantai di sekitar seperti Pantai Akkarena yang juga memiliki keunikan tersendiri.

Makassar memang tidak ada habisnya. Tidak hanya wisata alamnya saja lho! Anda juga harus berkeliling kota untuk mendapatkan suasana baru.

13 Ulasan untuk Pantai Losari, Makasar. Sulawesi Selatan

  1. Pak tolong Pengawasannya parkiran pantai losari diperketat… Satpol PPnya Harusnya berada ditempat dan lebih tegas lagi.. Karna baru saja saya dipaksa membayar parkiran dengan harga 5ribu dengan cara paksa, saya bilang parkiran dalam area pantai losari itu geratis… Tapi pemuda di area losari itu malah memaksa dengan alasan dia mau beli rokok dan minuman. . Mohon ketegasannya.. Pantai losari tempat wisata yg bagus tapi membuat para pengunjung resa dan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Terima kasih…

  2. Tempat yang sejuk dan indah . .. Jika Anda dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan transportasi kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda dari Bandara Hasanuddin, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 45 menit.

  3. Pantai yang harus dikunjungi apabila berkunjung ke Makassar. Merupakan tempat wisata yang menjadi trendmark Makassar. Selain pantai banyak spot dan kegiatan wisata yang dapat dilakukan dipantai tersebut, dimana pantai juga tempat berkumpulnya wisatawan serta warga sekitar Makassar. Banyak pula menu wisata kuliner khas Makassar yang ada disepanjang pantai yang mengundang lidah untuk segera dicicipi. Pantai juga sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti pameran, pertunjukan musik atau sekedar berkeliling menikmati suasana pantai. Di sekitar pantai juga ada sarana beribadah terutama “Masjid Terapung” yang juga menjadi ikon religi di Makassar. Akses menuju pantai sangat mudah dan banyak hotel atau penginapan di sekitar pantai sebagai tempat beristirahat.

  4. Suasana yang indah namun sudah sedikit terhalangi dengan adanya pembangunan CPI. Kedepannya mungkin akan sulit melihat sunset dari pantai Losari lagi

  5. Menjadi tujuan utama tempat wisata di tengah kota yang sangat indah di kala mau melihat sunset yang akan tenggelam di atas permukaan air laut. Di tambah dengan tersedia nya fasilitas berupa hotel yg berada tepat di dekat pantai Losari. Serta jejeran penjual pisang epe di kala soreh smpai tengah malam

  6. Pantai losari ini di sebut pantai tapi batas tamtainya di tembok tinggi dan disana ada berbagai macam patung contohnya patung pemain bola terbaik, patung kerbau termahal dan model2 rumah makassar, pahlawan dan yang paling unik pantai ini memiliki masjid yg mengapung di atas pantai keren sekali

  7. Sedih, penjual pisang epe nya gak deket pantai lagi. Jalan agak jauh keluar pantai gitu. Dan beberapa spot agak kotor karena sampah.

  8. Tempat rekreasi murah dan melihat sunset, ditambah terdapat kuliner pisang epe… Sayang sebentar lagi sunsetnya akan tertutup sama gedung2 tinggi…

  9. Tempat jalan-jalan yg bagus buat keluarga.nyaman.
    Cuman perlu tambahan petugas keamanan disana,mengingat banyak masyarakat kumpul disana.ini agar menjaga hal-hal yg tidak terduga,
    Terima kasih…

  10. T4x lumayan bguslah jrn dot view lgsg kepantai losari,kulinerx goodlah,porsix gede tp hrgax lumayan murah banget tp sygx g ad parkiranx.jd klo mw mkn disni pemirsa mendingan naik grab aj krn stgh mati muter” ttp aj g dpt parkiran

  11. Salah satu ikon kota makassar…!!!

    Semoga bisa tetap terjaga kebersihannya

    Pantai Losari

    Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

    Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

    Makanan

    Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer).[butuh rujukan]

    Salah satu penganan khas Makassar yang dijajak di warung-warung tenda itu adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat).

    Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari.

    Atraksi

    Pada sore hari, semua orang bisa menikmati proses atau detik-detik tenggelamnya matahari.

    Tahun 2006 pantai Losari tampil dengan wajah baru, dengan nama ikon: “Pelataran bahari”. Ini menambah ikon baru bagi Makassar.

  12. Ini ikon kota daeng..kalàu mau mkn pisang epe khas makassar..ke sini aja harganya murah dan enak sambil menikmati sunset di pantai losari..klu sore ini ramai banget banyàk penjual jd bisa jalan2 sambil wisata kuliner..pantainya bersih ada keamanannya.ada masjdi terapungnya jg.kalau ke makasar wajib ke panlos jelong2 guys.

  13. Tempatnya menarik,asik, dan sekaligus tempat nongkrong bareng keluarga,sahabat,dan tmpt buat muda mudi, cuma mahal sja brang jualan seperti rokok dan mnmannya.

Tinggalkan Balasan