Pantai Prigi

Bila berkunjung ke Jawa Timur pernahkan Anda mendengar kata Trenggalek? Bila belum, kata itu adalah suatu wilayah di Jawa Timur. Di wilayah ini terdapat objek wisata Pantai yang belum lama dibuka dan menarik perhatian para wisatawan lokal maupun asing. Pantai itu ialah Pantai Prigi yang berlokasi satu kawasan dengan Pantai Pasir Putih.

Pantai Prigi berlokasi di Jalan Raya Pantai Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek yang berjarak 35 kilo meter dari pusat kota. Pantai Prigi menyajikan pemandangan Pantai pasir putih yang menawan dan indah bagi setiap pengunjung yang datang. Untuk itu, bila Anda sedang berada di Jawa Timur tak ada salahnya mampir ke Pantai Prigi untuk sekedar melepas penat.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Prigi

Bila Anda berminat untuk datang ke Pantai Prigi dan memiliki dana yang pas-pasan jangan urungkan niat karena tiket masuknya murah. Untuk masuk ke Pantai ini Anda harus membayar parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2000,-/kendaraan dan Rp 5000,-/kendaraan. Sedangkan untuk tiket masuknya Anda harus membayar Rp 7000,-/orang untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp 10.000,-/orang untuk weekend. Walaupun biaya masuknya terjangkau, fasilitas yang disediakan tetap memadai dan tidak akan membuat pengunjung yang datang kecewa. Disini tersedia persewaan alat berenang dan juga persewaan alat bermain air seperti banana boat serta pelampung. Selain itu, di Pantai Prigi juga terdapat suatu dermaga kecil yang biasa digunakan sebagai tempat berlapuhnya sebuah kapal. Di pelabuhan kecil ini biasanya para pengunjung berfoto untuk mengabadikan momen yang ada dengan pemandangan laut yang indah. Tak hanya itu saja, jalan yang akan Anda lalui menuju Pantai Prigi sangat baik dengan petunjuk jalan yang membantu. Sehingga bagi siapa pun yang akan berkunjung jangan takut kesasar atau salah jalan karena banyak papan penunjuk jalan.

Rute Menuju Pantai Prigi

Jarak Pantai Prigi dari pusat Trenggalek yaitu 35 kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam bila jalanan lancar. Rute yang harus Anda tempuh yaitu dari pusat kota menuju arah timur ke Jalan Dusun Tanggung. Terus ikuti arus jalan menuju Jalan Raya Bandung – Prigi dan Anda akan melewati Watoelimo, lalu tetap jalan lurus ke depan. Setelah itu Anda akan melewati sebuah pos polisi Gemaharjo, kemudian terus ikuti jalan menuju Jalan Raya Pantai Prigi. Bila telah sampai disini tandanya sebentar lagi Anda akan tiba dan menginjakkan kaki di Pantai Prigi yang menawan. Dari Jalan Raya Pantai Prigi diperlukan waktu sekitar enam menit saja menggunakan kendaraan beroda dengan jarak tiga kilo meter.

Objek Wisata Pantai Prigi

1. Taman

Hal yang mungkin jarang ditemukan di suatu Pantai ialah adanya taman dan di Pantai Prigi tersaji taman yang indah. Taman ini khusus disediakan bagi Anda yang tidak menyukai aktivitas air, namun tetap ingin menikmati sejuknya Pantai. Anda dapat berduduk santai sembari ditemani hembusan angin Pantai dan pemandangan birunya laut yang menenangkan jiwa. Taman ini sangat membantu pengunjung yang datang bersama si kecil yang tentunya belum bisa diajak bermain air. Sehingga mereka dapat diajak berkeliling taman atau sekedar duduk santai sambil memberi makan sang buah hati. Taman ini sengaja dibuat oleh Pemkot Trenggalek untuk menambah daya tarik dari Pantai Prigi yang satu kawasan dengan Pantai Pasir Putih ini.

2. Jogging Track

Fasilitas ini berada disekeliling taman yang dijelaskan pada nomor satu dan memang sengaja dibuat pemerintah Trenggalek sebagai fasilitas tambahan. Fasilitas ini bebas digunakan oleh semua pengunjung yang datang tanpa dipungut biaya tambahan karena sudah masuk ke dalam biaya tiket masuk. Bila datang pagi hari, tak ada salahnya sembari berlarian di pantai.

3, Berenang

Datang ke Pantai rasanya kurang afdol bila tak berenang atau bermain air saja, untuk itu Pantai Prigi adalah solusi terbaik. Di Pantai ini ombaknya tenang dan tidak terlalu besar, walaupun ombaknya masih lebih besar dari Pantai di sebelahnya. Pantai Prigi aman digunakan untuk berenang bersama kerabat asal tetap menjaga keselamatan diri dan orang terdekat.

4. Off Road Motor Traill

Bagi Anda pecinta motor traill, Pantai ini adalah pilihan terbaik untuk berlibur karena disini tersedia fasilitas off road. Selain dapat menikmati indahnya pemandangan Pantai, Anda juga tetap dapat melakukan hobi yang disukai. Fasilitas ini sengaja dibuat untuk menambah fasilitas Pantai Prigi sehingga pengunjung ketagihan berkunjung ke Pantai Prigi di Trenggalek ini.

5. Wisata Kuliner

Setelah lelah bermain air di Pantai, santap kuliner menjadi hal yang paling dicari pengunjung maka disini disediakan berbagai warung. Pada tahun 2017 lalu, warung yang ada di Pantai Prigi mulai ditata agar tak terlalu dekat dengan bibir Pantai. Penataannya yang apik semakin menambah kenikmatan saat Anda memakan dan minum sesuatu di warung Prigi tentunya.

Ulasan Pengunjung

  • Asty SUPERBABY
    dalam minggu terakhir
    Pantai ini begitu legendaris... Sebelum ada pantai2 baru ditemukan dan di buka pantai prigi sudah termasyhur sejak lama. Akses nya sdh sangat mudah... Dekat dengan keramaian... Mudah untuk wisata kuliner.... Mau menginap pun tinggal pilih... Selain pantainya yg indah... Pengunjung bisa naik perahu... Melihat pabrik pemindangan ikan... Dan berbelanja ikan asap.Liburan murah meriah tapi seru... Di pantai dekat prigi byk olahraga air yg bisa dipilih.. Ada banana boat dan flyng fish... Tepatnya di pantai karanggongso... Gugusan pantai pantai sekitar prigi layak dikunjungi untuk melepas penat... Yuk ke Prigi lagi....😄
  • igde brahma
    4 bulan lalu
    Salah satu tujuan wisata yang sangat wajib dikunjungi kalau mau ke trenggalek, dsini kita sangat dimanjakan dengan panorama pantai yg sangat indah karena di daerah teluk... Disamping itu juga. Pantai ini sendiri berada di antara perbukitan jadi ada nilai tambah untuk tempat wisata ini... Untuk makanan dan minuman disini tidak bakalan membikin kantong jebol.. 😁😁😁.cuma disayangkan perilaku masyarakat yang kurang dalam menyikapai sampah yang mereka buat sendiri, alangkah baikknya kalau di sediakan petugas kebersihan yang profesional agar keindahan di pantai ini gag berkurang. Untuk akses jalan kebetulan banyak lubang.
  • Adi Wibowo
    sebulan yang lalu
    Sebenarnya pantai Prigi terbagi menjadi beberapa lokasi (3-5) , jadi yg di nilai tergantung pilihan lokasinya.
  • santoso kawi
    4 bulan lalu
    Sangat nyaman bagi anak2 bermain air dan bagi orang tuanya bisa sambil menikmati makanan hasil laut untuk muda mudi jg bisa santai sambil menikmati suasana laut
  • Hadi Muzakki
    3 bulan lalu
    Hmm ... Gimana yaaaa ... Keindahannya itu loch ... Penuh pesona ... Berenang, naik perahu, makan, minum, semua top markotop ... Dalam waktu dekat, saya akan kembali ...